Sunday, 14 September 2008

Belajar Internet Marketing Itu Menarik Lho!


Ternyata semakin kita mempelajari internet marketing semakin banyak informasi baru yang menarik. Ada banyak cara untuk mencari uang melalui internet marketing, salah satunya dengan mengikuti program affiliate marketing.

Program affiliate marketing ini ada beberapa macam:
1. Pay-per-sale affiliate program
Kita akan memperoleh keuntungan bila ada orang yang membeli produk melalui link affiliate kita. Barang dan jasa yang sering dipasarkan dengan cara ini adalah penjualan ebook atau software. Contoh program ini sudah dibahas pada postingan terdahulu yaitu dengan menjadi reseller ebook formula bisnis yang menawarkan komisi 50% bagi para resellernya yang berhasil menjual produk tersebut.
Mengapa komisinya bisa sebesar itu? Karena affiliate merchant (dalam contoh ini Bapak Joko Susilo) tidak mengeluarkan ongkos produksi yang besar. Penjualan ebook melalui internet tidak membutuhkan biaya pembelian kertas, biaya percetakan, biaya transportasi, ongkos kirim, dsb. Bahkan untuk membuat website tersebut Bapak Joko Susilo hanya membutuhkan modal awal Rp 350.000 dengan rincian Rp 125.000 untuk membeli domain FORMULABISNIS.com, Rp 75.000 untuk menyewa hosting selama 2 bulan pertama, dan Rp 150.000 untuk biaya sewa warnet untuk mencari bahan produk informasi. Bayangkan dengan modal sekecil itu Pak Joko Susilo bisa sesukses ini.
Kunci sukses Pak Joko Susilo adalah menemukan ide menjual produk Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO). Kita dapat mengikuti jejak suksesnya dengan menciptakan ide produk informasi lainnya yang bisa laris dijual. Dengan menjadi member formula bisnis kita dapat mempelajari bagaimana strategi, formula 3 langkah cara mencari uang melalui SMUO. Bila kita merasa belum mempunyai ide dan belum mengerti cara membuat web tapi ingin ikut sukses dengan cepat, ikuti aja program per-per-sale yaitu dengan menjadi tenaga reseller dengan komisi 50%.

2. Recurring Affiliate Program
Di recurring affiliate program ini, affiliate merchant akan memberi kita komisi secara berkala atau periodik. Penawaran program ini biasanya dilakukan oleh suatu jasa langganan bulanan, contohnya web hosting, auto responder, keanggotaan website seperti Asian Brain IMC.
Komisi yang ditawarkan tidak terlalu besar, sebagai contoh dengan mengikuti program affiliate marketing Asian Brain kita mendapat komisi 25% dari anggota yang berhasil kita rekrut selama anggota tersebut masih menjadi member Asian Brain. Memang komisi ini tidak sebesar komisi pada per-per-sale affiliate program, tapi bisa rutin kita terima per bulan. Yuk kita lihat perbedaannya:

a. Pay-per-sale affiliate program (sebagai contoh menjualkan ebook Formula Bisnis):
- komisi besar tapi hanya diberikan sekali saja (saat ini dengan merekrut orang menjadi member formula bisnis komisi yang kita terima 50% yaitu Rp 100.000)
- untuk menjadi member program tersebut kita juga cukup membayar sekali untuk seumur hidup (untuk saat ini Rp 200.000)
- komisi per anggota juga hanya dibayar sekali (Rp 100.000 per anggota baru)
- untuk dapat sukses kita harus rajin mencari anggota baru.

b. Recuring affiliate program (sebagai contoh affiliate marketing Asian Brain):
- komisi tidak terlalu besar tapi dibayar secara periodik (Di Asian Brain komisi per anggota yang berhasil kita rekrut 25% yaitu Rp 50.000)
- untuk menjadi member kita membayar bulanan (program promosi untuk bulan pertama Rp 149000, untuk bulan-bulan selanjutnya Rp 199.000/bulan)
- komisi kita terima secara periodik (untuk Asian Brain setiap tanggal 25 setiap bulan), selama kita dan anggota tersebut masih member (Rp 50.000 x jumlah anggota yang berhasil kita rekrut/bulan)
- Memberi kita kesempatan mendapat penghasilan per bulan. Semakin banyak member baru yang kita rekrut penghasilan kita semakin bertambah namun penghasilan dari member lama tetap kita terima sepanjang kita dan mereka masih menjadi member Asian Brain.

Program mana yang lebih menarik? Dua-duanya menarik kok, kenapa enggak dicoba semua? Baik informasi yang diberikan di formula bisnis maupun informasi di Asian Brain memungkinkan kita belajar informasi marketing sambil menghasilkan uang. Menarik bukan?

3. Pay Per Lead Affiliate Program
Pada pay-per-lead affiliate program, kita akan mendapat bayaran flat untuk setiap prospek (lead) yang memenuhi kualifikasi tertentu kemudian kita bawa ke situs merchant melalui link affiliate kita. Program pay-per-lead terbaik biasanya datang dari situs asuransi, kredit rumah, dan applikasi pinjaman.
Keuntungan yang dapat diraih mulai 25 sen untuk setiap leads atau prospek yang datang ke website sampai $25 atau lebih untuk leads yang mengisi aplikasi dengan lengkap. Kalau mau tahu contoh program pay-per-lead ini tanya langsung ke ahlinya aja Bu guru Ahira yang sering mendapat orderan khusus dari luar negeri, baik untuk penjualan rumah, asuransi, bahkan kuda!

4. Pay Per Click Affiliate Program
Pada pay per click affiliate program, kita akan mendapat bayaran saat link iklan di situs kita diklik oleh pengunjung. Program pay per click yang populer adalah Google's Adsense. Kita hanya perlu menyediakan ruang iklan pada situs kita dan setiap ada orang yang mengklik iklan tersebut, kita akan mendapat sedikit uang. Eit tapi jangan berani mengklik iklan milik sendiri lho ya, bisa ketahuan dan kita bisa dikeluarin dari program ini.

5. Pay Per Search Affiliate Program
Dalam program pay per search affiliate program ini, kita akan mendapat penghasilan bila ada pengunjung yang melakukan search / mencari informasi pada "search box" khusus yang ada di situs kita, lalu mengklik salah satu link dari hasil pencariannya. Jadi pay per search ini adalah program yang membuat kita menjadi search engine seperti www.google.com atau www.yahoo.com.

6. Hybrid Program
Hybrid program adalah affiliate merchant yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda. Misalkan komisi 10 sen apabila ada pengunjung yang mengklik iklan dan komisi 15% apabila terjadi penjualan. Selain itu ada juga merchant yang memberi bonus bila kita berhasil memperoleh penjualan dengan target tertentu. Contoh lainnya semakin banyak penjualan semakin tinggi komisi yang kita terima.

Gimana? Menarik bukan belajar internet marketing itu? Ayo kita belajar bareng.




Reblog this post [with Zemanta]

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



5 comments:

Narutopedia said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

mobil keluarga ideal terbaik Indonesia said...

menarik dan menggiurkan

Baby Center said...

dapetin uang saku tambahan nih ceritanya

mobil ideal said...

Guru Internet Marketing bagi Pemula dan Orang Gaptek

mobil keluarga ideal terbaik said...

belajar marketing juga belajar bersabar

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online