Sunday, 14 September 2008

Hari Gini Belum Punya Blog?

Hmm judul di atas kayaknya sok banget ya, padahal umur blog ini juga baru beberapa hari, isi artikelnya masih sedikit, tampilan blognya sederhana, pengetahuan si pembuat blog ini juga masih minim banget. Yup Anda benar, tapi meski masih jelek yang penting khan saya sudah mulai melangkah, sedang proses belajar internet marketing. Kata Bu Guru Ahira yang penting take action, lakukan 5P: Praktek-Praktek-Praktek-Praktek-Praktek.

Pak Joko Susilo juga bilang kalau blog bisa mendatangkan uang tanpa henti masuk ke kantong Anda. Terus ada yang bertanya kepada Pak Joko bagi yang belum punya blog bagaimana? Jawaban Pak Joko Susilo gampang saja: kenapa belum punya blog?

Mengapa sih kita perlu membuat blog?
Karena teknologi informasi terus berkembang pesat. Sekarang blog sedang mewabah. Kalau kita tidak mau belajar kita bisa ketinggalan zaman. Sebagai contoh dulu sekretaris yang handal dituntut bisa mengetik 10 jari menggunakan mesin ketik, terus ketika orang mulai beralih ke komputer, bagaimana nasib sekretaris yang tidak mau belajar komputer?

Pada saat komputer baru ada, banyak orang yang masih buta komputer. Saat pertama belajar komputer, cara menghidupkan komputer aja bingung, sekarang anak kecil umur 2-3 tahun aja banyak yang sudah bisa menghidupkan, mengoperasikan, dan mematikan komputer sendiri. Kita lihat kemajuan teknologi begitu pesat. Saat ini mengerti komputer sebatas Windows, Ms Word, Excell, dan mengerti internet sebatas email, chatting, browsing, download, YM mungkin masih tidak apa-apa karena kita lihat masih banyak kok teman yang seperti itu, teman yang juga enggak ngerti blog. Tapi bila Anda terus menunda-nunda untuk belajar, beberapa saat lagi di saat semua orang sudah menguasai blog dan Anda masih tidak tahu apa-apa, hal apakah yang akan terjadi? Ingat Gerakan Revolusi eBisnis sedang berlangsung, maukah Anda ikut andil di dalamnya atau hanya sebagai penonton?

Saat ini blog sudah mewabah, ketika saya membaca buku "Build and Hack Your Blogger Now!" saya tertegun ketika melihat Tentang Penulis, kenapa? Penulis buku tersebut Adam Pahlevi Baihaqi lahir tahun 1993, saat menulis buku masih duduk di bangku kelas IX SMP Negeri 1 Gresik. Bayangkan anak semuda itu sudah pandai membuat blog, bahkan berhasil menulis buku tentang hal tersebut.

Kalau kita baca Jawa Post hari ini (Minggu, 14 September 2008) di bagian Metropolis, ternyata pejabat, polisi, wakil walikota juga sedang dilanda demam ngeblog. Kenapa blog ini begitu mewabah, begitu heboh, dan menjadi trend? Hm apa sih blog itu?

Blog berasal dari kata weblog yang memiliki arti catatan web atau diary web. Jadi blog adalah online journal / online diary yang ditulis dan dipublikasikan agar dapat dibaca orang banyak. Blog adalah tempat dimana kita dapat membuat diri kita menjadi global (diketahui orang).

Ada bermacam-macam blog, ada yang tentang hacker, politik, analisa saham, geografi, internet marketing, dan masih banyak lagi. Hal yang ditulis di blog juga bermacam-macam , ada orang yang menjadikan blog menjadi semacam diary yang bisa diakses terbatas (person viewing), ada juga yang bisa diakses bebas (publik viewing). Ada juga orang yang membuat blog tentang anak-anaknya, misalnya dari proses kehamilan , kelahiran, dan proses tumbuh kembangnya. Ada blog yang khusus membahas internet marketing, ada yang membahas analisa teknikal saham, dsb. Kita tinggal memilih topik mana yang menjadi minat / hobby kita.

Mengapa Blog Menjadi Mewabah?

Karena banyak sekali manfaat yang kita dapat dari hasil nge-blog ini. Berkat blog produk (barang / jasa / informasi) kita cepat dikenal, dalam cakupan yang luas (bahkan bisa menjangkau setiap sudut dunia) dengan biayanya pun minim. Blog dapat digunakan untuk memperkenalkan diri kita pada dunia, untuk membangun bisnis, mengembangkan jaringan (network), dsb. Blog juga bisa berfungsi sebagai press release, mencari feedback, pelurusan informasi, dsb tergantung kebutuhan dan kemauan kita.

Dalam belajar internet marketing, memiliki web / blog merupakan suatu kebutuhan, terutama bagi yang serius ingin berhasil. Web / blog merupakan syarat mutlak bila kita ingin ikut program per per click, terutama google adsense yang menarik itu.

Tertarik tapi Masih Bingung?

Bagi pemula yang pingin punya blog tapi masih bingung enggak tahu apa yang harus dilakukan, tenang aja, jangan nyerah dulu, kita belajar bareng yuk!

Ingatkah Anda beberapa waktu lalu ketika mulai mengenal komputer, kita belajar mengetik di komputer, cara membuat tabel, bahasa pemrograman, dsb. Kemudian ada internet, kita mulai belajar membuat email, belajar chatting, YM? Nah kalau Anda sudah berhasil melalui semua tahapan itu kenapa ragu untuk belajar membuat blog? Membuat blog bukan hal yang sulit. Belajar internet marketing juga merupakan hal yang menarik lho!

Ok, untuk mulai belajar kita mulai di blog yang gratis dulu aja ya. Ada beberapa situs yaitu Blogger, Blog City, Yahoo 360, MSN Live Spaces, dan Wordpress. Katanya sih yang paling gampang di Blogger, selain itu blogger milik google jadi dengan memiliki account di blogger lebih memudahkan kita untuk mendaftar Google Adsense.

Untuk membuat blog komputer kita harus terkoneksi dengan internet. Ketikan alamat url http://www.blogger.com, tekan enter.

Langkah pertama
yang harus dipatuhi sebelum kita bisa membuat blogger adalah memiliki email di Google (Gmail). Bagi yang belum memiliki gmail dapat mendaftar di mail.google.com, kemudian tekan link sign up for Gmail. Ikuti aja petunjuk yang ada.

Setelah itu kita perlu memikirkan apa topik, nama blog, dan alamat blog yang akan kita gunakan. Bagi yang hanya ingin belajar / coba-coba enggak usah kuatir, tulis aja apa yang terlintas di kepala terlebih dulu, yang penting kita sudah mencoba praktek. Nanti semua yang kita tulis itu bisa disimpan atau dihapus kok. Yang penting jangan takut mencoba, tanpa praktek kita tidak pernah bisa. Untuk tahap awal tulisan Anda meski sudah dipublikasikan, hanya dapat diakses terbatas oleh Anda dan orang-orang yang Anda beritahu alamat url Anda. Butuh beberapa proses untuk mendatangkan traffik dan membuat artikel Anda bisa diketahui orang banyak. Jadi enggak perlu malu dan ragu lagi, ayo mulai praktek.

Langkah kedua
: Aktivasi " Name your blog". Pada bagian ini isi Blog Title dengan judul Blog kita. Pada blog yang sedang Anda baca ini Title-nya: Informasi Strategi Belajar Internet Marketing dan Cara Menghasilkan Uang. Kemudian isi Blog Address (URL) sebagai nama panggil situs kita. Pada blog ini pengisian URL-nya adalah strategi-internet-marketing (dalam pengisian tidak perlu diberi akhiran blogspot lagi dan tidak boleh ada spasi). Setelah diterima alamat url lengkap blog ini menjadi http:// strategi-internet.marketing.blogspot.com
Catatan: Untuk title dan url ini jangan ditiru ya, Anda harus mencari ide sendiri karena bila sudah digunakan orang lain, maka akan ditolak.

Selanjutnya klik continue untuk menuju tahap selanjutnya, bila gagal kemungkinan besar karena nama url yang kita gunakan telah terdaftar dan digunakan orang lain, coba check availibility. Bila sudah digunakan orang lain, maka kita harus mengubah nama blog address (url) kita. Jika sudah terisi dengan benar maka kita akan menuju langkah selanjutnya.

Langkah ketiga
: Aktivasi "Choose a templete"
Kita dapat memilih design template yang kita inginkan. Bila Anda suka mengutak-atik templete dan ingin memodifikasinya dengan menggunakan templete di website lainnya disarankan memilih yang minima templete, tapi jika Anda sudah merasa cocok dengan salah satu templete yang disediakan blogger ya tidak masalah. Setelah melakukan pilihan, klik templete.
Setelah ketiga langkah itu selesai kita lakukan, kita akan mendapat kotak selamat dari Blogger: Your blog has been created! Klik aja gambar panah start posting.

Sekarang silakan Anda mencobanya. Jika sudah selesai, jangan lupa sign out. Bila lain waktu Anda ingin masuk lagi, ketik alamat www.blogger.com kemudian lakukan sign in. Bagaimana sudah siapkah Anda praktek belajar membuat blog?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



1 comments:

Narutopedia said...

Narutopedia Express is exclusive encyclopedia about everything in naruto anime like character biographies, jutsu, hidden village, handseal, jinchuriki, akatsuki, and other skills

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online