Mengintip Situs yang Sukses dengan Google AdSense

Untuk membuat situs yang bisa sukses didaftarkan ke Google AdSense dan meraih penghasilan dari AdSense tentunya memerlukan persiapan yang matang. Agar kita dapat termotivasi dan lebih yakin dengan Google AdSense ini, yuk kita intip situs orang-orang yang telah sukses meraih dollar dari program AdSense. Kita cari tahu apa sih kunci sukses mereka.


Adam Pahlevi Baihaqi dalam bukunya "Monetizing" Your Blogger Now! membahas delapan orang yang berhasil dalam dunia AdSense, sebelumnya hal ini telah ditulis oleh John Chow (Making Money Online Blogging Tips). Kedelapan orang itu adalah:

1. Markus Frind, penghasilan rata-rata $300.000/bulan
Pemilik situs Plentyoffish.com (http://www.plentyoffish.com). Plentyoffish.com is Social Dating.
Markus Frind warga kota Vancouver bersama istrinya mengelola situs Plentyoffish, situs jodoh terbesar di internet. Plentyoffish.com ini menerima sekitar 500 juta page views per bulan dan menghasilkan lebih dari $10,000 per hari.

Sebagai blog servicenya, Plentyoffish menggunakan jasa WordPress.org. Situs ini membutuhkan empat buah server untuk mengoptimalkan traffic yang begitu besarnya. Namun demikian untuk mengelola situs ini Markus hanya dibantu istrinya yang bertugas menjawab email-email, dan situs ini dibuat dan dimanajemen dari rumah.

Dalam tulisannya The Paradigm Shift adapt or die, Markus Frind CEO Plentyoffish.com menulis banyak artikel yang menarik. Diantaranya Any Idiot can make millions off Google, How to make a lot of money online via AdSense, Small companies and Google AdSense is the future, dan artikel-artikel lainnya.

Kunci sukses situs ini karena Plentyoffish menjadi yang pertama, Plentyoffish tidak seperti biro jodoh tradisional lainnya. Plentyoffish is 100%free, No Charges Ever. Put Away your Credit Card. Anda berminat? Coba aja masuk ke situsnya.

2. Kevin Rose, berpenghasilan $250.000/bulan
Pemilik situs Digg - All News, Videos & Images (http://digg.com)
Kevin Rose membuat situs Digg pada bulan Desember 2004 dengan modal $1000. Digg merupakan salah satu situs berita terbesar di internet dengan anggota lebih dari 400,000 orang dan lebih dari 200 juta page views per bulan.

Tahun ini Digg bakal menghasilkan $3juta dari kombinasi Google AdSense dan Federated Media, dengan komposisi sekitar 80% dari Google AdSense.

Sebenarnya Digg adalah penyedia layanan social content. Fungsi Digg adalah tempat pengguna internet berbagi cerita atau berita yang diperoleh dari web / blog lain. Pembaca dapat memberikan vote dengan cara men-digg artikel tersebut yang menandakan bahwa artikel tersebut disukai. Semakin banyak artikel mendapat digg, berarti semakin favorit dan berkesempatan berada di halaman pertama dig.com sehingga dapat dilihat jutaan pengunjung digg.com.

Di digg.com juga disediakan sarana untuk berkomentar dan berkomunitas sesuai topik yang dipilih. Karena Digg.com merupakan media sosial yang memiliki banyak anggota, para internet marketer sering menggunakan Digg.com dalam rangka mengoptimasi blog / website.

Di Indonesia juga telah ada situs yang sejenis dengan Digg.com yaitu Lintas Berita / Berita Terpilih (http://www.lintasberita.com) dan Kilasan.Com - Kilasan Berita dari Anda untuk Kita semua (http://www.kilasan.com). Mampukah mereka mengikuti jejak sukses Digg.com?

3. Jeremy Schoemaker, berpenghasilan $140.000/bulan
Pemilik situs ShoeMoney Skills to Pay the Bills (http://www.shoemoney.com)
Jereny Schoemaker, seorang Search Engine Marketer (SEM) yang jago internet marketing. Schoemaker sangat tahu bagaimana memanfaatkan Google AdSense dan AdWords sekaligus.

Jeremy Schoemaker memulai bisnis onlinenya dengan membuat situs game sederhana untuk Macintosh. Saat itu dia masih duduk di bangku kuliah. Berbekal pengalaman tersebut , dia dapat mendirikan perusahaan dotcom, yaitu ShoeMoney Media Group. Produknya diantaranya Auction Ads (sekarang merger dengan ShoppingAds), Below a Buck (situs lelang produk dengan harga di bawah 1$), dan Elite Retreat (seminar bisnis online).

4. Jason Calacanis, berpenghasilan $120.000/bulan
Pemilik situs weblogs.com A VeriSign Service (http://www.weblogs.com)
Sebelum Jason Calacanis menjual Weblogs,Inc kepada AOL senilai $25 juta, Calacanis mendapat $4.000 per hari dari Google AdSense.

Karena kehebatan Weblogs, oleh Google, Webblogs dipakai sebagai contoh keberhasilan dalam dunia AdSensening. Setelah AOL turun tangan, keuntungan bersih Weblogs bakal lebih dari $120.000 sebulan dari Google AdSense.

5. David Miles Jr. & Kato Leonard, berpenghasilan $100.000/bulan
Pemilik situs Free Web Layouts -Myspace Layouts, Backgrounds, Graphics, Codes, & and more! (www.freeweblayouts.net)
David Miles Jr. & Kato Leonard mendapat penghasilan dari situs mereka FreeWebLayouts.net yang memberi secara gratis templete untuk MySpace.com

6. Tim Carter, berpenghasilan $ 30.000/bulan
Pemilik situs Ask The Builder - The Home Improvement Resource www.AskTheBuilder.com
Tim Carter, Nationally Syndicated Newspaper Columnist, adalah seorang tukang kayu dan ahli perpipaan terdaftar dan punya acara radio sendiri, juga sering tampil di televisi. Tim Carter mendirikan AskTheBuilder.com di tahun 1995 dengan tujuan mengumpulkan sejawatnya sesama tukang kayu di situsnya.
Pendapatan Tim Carter dari AdSense berkisar $1.400 per hari dan terus berkembang. Hal ini karena Carter sangat antusias dengan AdSense dan tetap fokus pada pengembangan isi situs. Carter juga membuat semacam built-in tools untuk mengukur kinerja iklan dan melakukan perubahan untuk memaksimalkan pendapatan. Orang-orang datang ke Carter untuk minta tolong dan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kolom, nasehat, tulisan Carter dan dari iklan AdSense.

7. Joel Comm, berpenghasilan $24.000/bulan
Pemilik situs AdSense Secret (http://adsense-secrets.com), Make Money Online - Joel Comm's Blog, Google AdSense Breaking News.
Joel Comm seorang get rich quick. Joel Comm merupakan New York Times Best Selling Author and Social. What Google Never Told You About Making Money with AdSense merupakan e-book yang dibuat Joel Comm dan menjadi best seller.

8. Shawn Hogan, berpenghasilan $10.000/bulan
Pemilik situs Digital Point Solutions (http://www.digitalpoint.com), Free Keyword Suggestion Tool (Wordtracker Suggestion Tool & Overture Bid Tool Combined) & Keyword Generator, All Other Tolls Forum.
Shawn Hogan mendapatkan $10.000/bulan dari Google AdSense dengan menggunakan model pembagian keuntungan yang unik. Google membayar Digital Point sebesar $10.000/bulan tanpa tergantung berapa banyak orang yang mengklik iklan.

Itu semua sekilas tentang delapan orang yang sukses dengan Google AdSense, masih banyak lagi yang lainnya. Anda berminat mengikuti jejak mereka?

Comments

  1. Kalau membuat cerita suskes orang, jangan lupa tahun kejadiannya. Plentyoffish.com sudah tidak bisa menghasilkan uang sebanyak itu sekarang dan bahkan pendapatan adsensenya drop karena smart pricing dan mereka sudah ketinggalan dalam hal teknolog web 2.0.

    Kadang kita menulis ulang cerita tanpa mencantumkan waktu kejadiannya. Dalam internet business, semua bisa berubah dalam hitungan detik. Hanya sebuah masukan.

    ReplyDelete
  2. Cerita di atas diambil dari Buku "Monetizing" Your Blogger Now!yang terbit April 2008. Mengenai Plentyoffish thanks infonya. Saya blogger pemula nih, thanks atas masukannya.
    Saya sudah langganan RSS dari blog Anda. Ok saya akan belajar lagi.

    ReplyDelete
  3. Postingan yang bagus..
    saya baru buat blog untuk google adsense, tolong bantuannya ya..

    ReplyDelete
  4. Jangan terburu-buru mendaftarkan blog Anda. Tunggu sampai minimal 7-10 postingan. Terus tambahkan affiliate lain misal Amazon (tujuannya agar tidak terlihat sebagai situs yang sengaja made for adsense).
    Blog Anda sudah bagus, tinggal ditambah postingannya.
    Cara pendaftaran ke adsense lihat artikel ini:http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/langkah-mudah-mendaftar-google-adsense.html
    Semoga sukses.

    ReplyDelete
  5. MBAK YUSI..TOLONG DONG KASIH TAU BGMANA CARA EDIT BLOG KYK BLOG ME INI BIAR CUANTIQQ AND ADUHAI KAYAK MBAK... kirim ke anesaka@gmail.com
    http://vbcode.my-php.net
    TQ

    ReplyDelete
  6. hai Yohan,
    website Anda sudah bagus tuh. Pakai program apa?
    Kalau buat blog kayak gini ini di www.blogger.com.
    Salam kenal

    ReplyDelete
  7. saya setiap cukup 10 dollar kok langsung disabled kenapa yaa ?
    dan sekarang saya bikin blog www.makesflash.com
    bgmn menurut mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengetahui Statistik Pengunjung Blog

Mendaftarkan Blog ke Google dan Membuat Sitemap

Strategi dan Syarat Web / Blog Disetujui Google Adsense