Sunday, 19 October 2008

Asian Brain (Anne Ahira) vs Formula Bisnis (Joko Susilo)

Kemarin saat memeriksa Histats saya untuk melihat kata kunci apa saja sih yang digunakan orang sehingga bisa sampai ke blog saya, ternyata salah satu kata kuncinya adalah 'Anne Ahira Joko Susilo'. Memang sih saya pernah menulis tentang kedua orang tersebut, tapi penasaran juga artikel saya yang mana ya yang diarahkan Google untuk kata kunci 'Anne Ahira Joko Susilo'. Ternyata yang dituju Google untuk kata kunci tersebut adalah artikel "Berguru dari Blog Lain". Padahal artikel tersebut tidak memuat secara mendetail tentang Anne Ahira dan Joko Susilo. Karena itu pada artikel kali ini saya coba paparkan secara lebih mendalam. Apalagi setelah mengecheck di internet banyak banget kontroversi yang terjadi. Saya tidak ingin memperuncing perdebatan, hanya ingin mengupasnya dari sisi seorang murid karena kebetulan saya anggota Formula Bisnis dan Asian Brain. Sekedar sharing pengalaman pribadi.

Terus terang saya sudah menjadi member Formula Bisnis cukup lama, yaitu akhir tahun 2005, saat itu saya memang sedang mencari peluang bisnis di internet. Saat membaca Sistem Mesin Uang Otomatis (SMUO) saya penasaran. Karena waktu itu ada tulisan yang intinya kalau saya tidak segera mendaftar sampai tanggal tertentu, harga akan naik dan saat itu pendaftar dibatasi hanya kurang beberapa orang lagi sebelum harga naik. Saat itu biaya pendaftaran tidak sampai Rp 100.000,00.Karena takut tidak dapat harga murah, saya segera mendaftar.

Begitu account saya diaktifkan, saya bisa mendownload ebook yang dijanjikan. Saat itu sih kesan di benak saya 'ya ampun kunci suksesnya ternyata saya harus membuat ebook seperti ini juga tha, aduh mau nulis tentang apa?'. Tapi masih ada peluang menjadi tenaga reseller khan, lumayan dapat komisi 50% setiap ada orang yang tertarik membeli buku. Komisi ini hanya kita terima 1 kali saja, jadi kalau kita mau terus berpenghasilan sebagai reseller, kita perlu aktif menjual ebook tersebut. Jadi sama seperti kalau Anda menjadi agen penjual buku misalnya, hanya bedanya buku berwujud, kalau ebook (elektronik book) bisa dibaca langsung lewat komputer setelah kita mendownloadnya. Tapi kalau mau dijadikan berwujud juga bisa kok, Anda print aja ebook tersebut.

Nah karena kita harus aktif sebagai tenaga penjual, maka strategi utamanya promosi. Beberapa tahun lalu saat saya membaca kalau saya harus mendaftar ke berbagai search engine dan direktori, iklan baris, dsb terus terang saya bingung, sama sekali tidak mengerti bagaimana caranya. Beberapa halaman dari ebook saya print, terutama bagian strategi promosi, saya baca berulang kali tapi masih tetap bingung juga. Oon ya...

Beberapa hari kemudian, setelah tanggal yang menyatakan kalau ebook SMUO mau naik, saya kembali masuk ke website Formula Bisnis, tapi ternyata harganya masih tetap sama, tetap juga masih ada kesempatan untuk beberapa orang, tapi tanggalnya sudah diundur sampai beberapa hari kemudian. Perasaan saya waktu mengetahui hal tersebut tentu saja kecewa berat, wah saya sudah tertipu nih.

Karena merasa tertipu saya jadi malas mereferensikan Formula Bisnis ke teman. Ditambah lagi tidak terlalu mengerti apa yang harus dikerjakan, yah akhirnya saya simpan hasil print out ebook tersebut di laci dan tidak saya buka lagi. Begitu pula dengan situs formula bisnis sudah saya lupakan sampai suatu ketika...

Beberapa waktu belakangan ini, fenomena blog makin mewabah. Saya dibelikan suami saya buku 'Build and Hack Your Blogger Now!' karangan Adam Pahlevi Baihaqi yang saat menulis buku tersebut masih duduk di bangku kelas IX SMP Negeri 1 Gresik. Sebuah buku yang menarik tapi tetap saja saya bingung, iya sih membuat blog itu gampang, tapi mau nulis apa?

Beberapa minggu setelah membelikan buku tersebut, suami saya kembali menunjukkan suatu situs yaitu www.asianbrain.com. Saya disuruh mempelajarinya. Terus terang saya waktu itu merasa enggan, tapi saya paksakan membaca dan saya coba mendaftar untuk mendapat free modul. Toh gratis begitu pikir saya.

Dari hasil membaca tersebut, saya baru tahu kalau Asian Brain itu tempat kursus internet marketing. Di Asian Brain kita dibimbing belajar setahap demi setahap dan secara detail oleh Anne Ahira. Terus terang saja deh meskipun katanya Anne Ahira marketer kelas dunia, pernah masuk televisi, berbagai majalah, koran, dsb tapi karena saya kuper dan kurang informasi tetap saja tidak merasa kenal. Ya sama juga khan anak teknik jarang yang mengenal Philip Kotler,yang katanya dewa marketing. Sedangkan anak ekonomi jarang juga yang tahu Perry, kamus teknik kimia yang super tebal itu (Intinya sih kalau kita tidak mempelajari atau tertarik dengan suatu topik, maka semua informasi yang ada, cenderung kita abaikan. Bener enggak ya?).

Tapi begitu saya mau membuka diri untuk menerima dan mencari informasi, muncul titik terang. Timbul ide kenapa saya tidak ikut kursus internet marketing terus menulis blog tentang informasi strategi belajar internet marketing ya... Kemudian ketika membaca tentang pelajaran affilate marketing dari Bu Guru Anne Ahira, saya jadi teringat pada ebook formula bisnis yang telah saya beli beberapa tahun lalu. Saya bongkar arsip email saya, yup ketemu. Saya baca lagi, anehnya kesan saya kok berbeda ya dengan dulu. Untunglah kalimat di sales letter Formula Bisnis yang membuat saya dulu 'merasa tertipu' itu sekarang sudah tidak ada lagi.

Saat ini saya jadi merasa kalau Belajar Internet Marketing itu Menarik. Apalagi karena belajarnya step by step dan ada yang membimbing jadi banyak hal yang dulu sama sekali tidak saya mengerti, sekarang sedikit demi sedikit mulai terlihat gambarannya.

Nah sekarang kita ke pokok persoalan tentang Asian Brain (Anne Ahira) vs Formula Bisnis (Joko Susilo). Saya tidak membahas ke pribadi dan masa lalu mereka, melainkan lebih menitikberatkan pada metode pengajaran dan bagaimana cara menghasilkan uangnya. Sebenarnya artikel tentang formula bisnis pernah saya tulis sebelumnya di artikel 'Bagaimana Cara Menciptakan Sistem yang Membuat Uang Mengalir ke Rekening Kita' dan artikel tentang Asian Brain di ' Kursus Internet Marketing Online? Emang Perlu?'. Sekarang mari kita lihat perbedaan dan persamaan keduanya.

1. Baik Bu Guru Anne Ahira maupun Bapak Joko Susilo sama-sama mengajarkan kita tentang bisnis internet marketing.

Bedanya di Formula Bisnis lebih fokus pada menghasilkan uang dengan cara membuat ebook (diajari step by step bagaimana cara membuat ebook seperti milik Bapak Joko Susilo, bagaimana strategi promosinya, kiat-kiat sukses, dsb), di update terbarunya juga ada materi tentang blog.

Sedangkan di Asian Brain, Bu Guru Ahira mengajarkan internet marketing secara lebih menyeluruh mulai dari bagaimana kita membentuk mindset sukses internet marketer, mengorganisir komputer, cara mencari ide, mendapatkan passive income dari google adsense, teknik dan manfaat SEO (Search Engine Optimization), belajar membuat blog (Wordpress), cara cepat berpromosi, Google Adwords, otomatisasi bisnis, berbagai media promosi, online marketing journal, dan banyak lagi materi lain. Selain itu banyak pula tools yang dapat kita pakai secara gratis (sudah termasuk dalam biaya keanggotaan) seperti website dan adsense templete, adsense page generator, Asian Brain Automated Content Engine (versi Beta), press release finder, dsb.

2. Keanggotaan Formula Bisnis hanya perlu dibayar 1 kali, berlaku untuk seumur hidup. Materi pengajarannya (ebook) langsung kita terima begitu transfer pembayaran kita diproses dan keanggotaan kita diaktifkan. Saat ini untuk menjadi anggota Formula Bisnis Rp 200.000. Garansi 12 bulan penuh uang kembali, dan double garansi jika Anda sudah menerapkan metode 3 langkah SMUO tapi tidak berhasil.

Keanggotaan Asian Brain karena merupakan kursus bulanan, biayanya juga dibayar per bulan. Khusus bulan pertama ada diskon sehingga Anda hanya perlu membayar Rp 149.000 (garansi uang kembali selama 10 hari pertama) tapi untuk bulan-bulan selanjutnya biayanya Rp 199.000. Materi pelajaran diberikan setahap demi setahap.

3. Anda memiliki pilihan baik untuk program affiliasi Formula Bisnis maupun Asian Brain (boleh ikut, tidak juga tidak masalah).

Jika Anda berminat untuk menjadi tenaga reseller Formula Bisnis atau turut andil dalam menjual ebook SMUO (Sistem Mesin Uang Otomatis), Anda berhak mendapat komisi 50% (Rp 100.000 untuk biaya keanggotaan sekarang). Komisi ini langsung ditransfer ke rekening Anda oleh pembeli ebook yang membeli melalui URL / referensi Anda. 1 orang hanya akan mentransfer 1 kali.

Jika Anda menjadi affiliate marketing Asian Brain, Anda akan mendapat komisi 25% tapi rutin setiap bulan, selama Anda dan klien Anda masih menjadi anggota Asian Brain (terus membayar biaya keanggotaan). Komisi Anda akan dibayar setiap tanggal 25 dengan minimum komisi Rp 50.000.

4. Di Formula Bisnis Anda akan BEP (balik modal) setelah berhasil menjual 2 buah ebook. Jadi penjualan selanjutnya sudah bisa dianggap sebagai keuntungan Anda.

Di Asian Brain, uang kursus Anda akan gratis selama Anda memiliki 4 klien yang tetap mengikuti keanggotaan Asian Brain. Anda akan mendapatkan keuntungkan jika dapat mempertahankan 5 orang atau lebih klien aktif. Bila Anda berhasil menjadi 3 besar top affiliate yang berhasil merekrut member baru pada 1 bulan, maka Anda berhak mendapat double commision.

5. Bila Anda anggota Formula bisnis, saat menemui kesulitan tentang hal yang berkaitan dengan bisnis internet, Anda bisa mengirim email ke tim@formulabisnis.com, atau bisa juga dengan meninggalkan komentar di blog Pak Joko Susilo. Sebenarnya tanpa menjadi member pun Pak Joko Susilo tetap akan menanggapi pertanyaan Anda.

Bagi anggota Asian Brain, keberadaan Asian Brain support team dan Asian Brain forum sangat membantu. Di saat kita ingin bertanya, membutuhkan support, menemui jalan buntu, dsb kita dapat memanfaatkan sarana tersebut. Saya pernah merasa terbantu sehingga waktu itu saya menulis artikel 'Untung Ada Asian Brain Support Team'. Selain itu di Asian Brain ada gathering dan event, saat di mana kita bisa bertemu dengan member Asian Brain lainnya dan Bu Guru Ahira di dunia nyata.

Nah setelah mengetahui perbedaan dan persamaan antara Asian Brain dan Formula Bisnis, mana nih yang lebih menarik? Jawabannya tergantung Anda, apa yang ingin Anda cari dan pelajari. Kalau Anda hanya ingin menjadi tenaga penjual ebook, ya pilih saja gabung dengan formula bisnis, seriuslah dengan cara aktif promosi baik lewat media online maupun offline. Bisa lewat iklan baris, milis, forum, menjadi advertiser baik melalui cara yang gratis maupun yang membayar, kirim sms ke teman, dsb. Targetnya tentu saja komisi sebesar-sebesarnya, semakin banyak Anda menjual semakin banyak keuntungan yang dapat Anda raih.

Atau Anda ingin meniru jejak sukses Pak Joko Susilo, ingin membuat ebook tandingan? Tidak masalah juga karena di ebook SMUO dijelaskan cukup detail, step by step langkah apa yang perlu Anda lakukan agar dapat berhasil.

Lain lagi kalau Anda ingin belajar internet marketing secara lebih menyeluruh, misalnya strategi internet marketing, mindset, berbagai macam cara promosi dan cara mendapat uang, mulai dari Google AdSense (pay per click), pay per lead, pay per sale, teknik SEO yang benar, update materi-materi terbaru, dsb. Nah Asian Brain yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda tersebut.

Sebenarnya bagus mana sih fokus atau belajar semuanya? Kalau Anda tanya seperti itu jawabannya seperti pada pertanyaan bagus mana buka toko sepeda atau supermarket? Tentunya semua ada plus minusnya khan. Tergantung keahlian dan minat Anda juga. Pak Joko Susilo sukses karena fokus di penjualan ebooknya, sedangkan Bu Guru Ahira sukses karena beliau banyak belajar macam-macam hal seputar internet marketing, makanya bisa buka kursus internet marketing. Nah kalau kita sendiri bagaimana? Mungkin Anda bisa mempelajari keduanya dulu sebelum mengambil keputusan. Mau menjalankan keduanya secara beriringan juga tidak ada masalah. Yang penting serius, mau belajar, dan mau kerja keras karena bisnis internet marketing tidak menawarkan kekayaan secara instan. Bagaimana? Sudah siap melangkah? Kalau belum simpan saja informasi ini, siapa tahu suatu saat Anda membutuhkannya.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



19 comments:

Belajar Internet Marketing said...

Boo aboo.... lengkap sekali reviewnya mengenai kedua program belajar itu.

Saya bacanya sampai habis loh. Jadi kamu berbakat juga tuh nulisnya. Apalagi cara ceritanya sesuai dengan pengalaman pribadi banget. :)

Bagus. Saya suka, fair dan obyektif sekali.

Pertahankan terus kesukaan menulisnya, suatu hari saya akan melihat kamu sebagai salah satu pemilik produk seperti mereka yang kamu ceritakan!

Mantap!

Belajar Internet Marketing said...

Wah Pak Kusuma suatu kehormatan banget nih Bapak sudah mampir ke blog saya. Apalagi nama yang kita pakai kebetulan sama nih Belajar Internet Marketing :-)

Terima kasih atas pujiannya. Jalan saya masih panjang nih, semoga tidak patah semangat di tengah jalan. Saya ingin sukses. Thank you atas dukungannya. Sukses juga buat Pak Kusuma.

Belajar Bisnis Internet said...

Yah supaya namanya nggak sama, sekarang saya rubah jadi: "belajar bisnis internet" saja, nggak boleh ikutan yah :)...

kehormatan? jangan gitu ah... kita sama-sama masih belajar dan masih melangkah panjang kok... segalanya bisa terjadi, bisa saja Yusi melesat lebih cepat dari saya... dan saya persilahkan tuh untuk nyalip... kalau mau. :0

Supaya cepat maju sama-sama saling dorong dan tarik menarik saja... gitu yah? :)

Saya dengan sesama pebisnis online juga rutin berhubungan dan membantu satu sama lain, itu maksudnya. :)

Saya yakin nggak patah ditengah jalan, kalau lihat semangat dan cara memulainya yang sudah tepat.

Belajar Internet Marketing said...

Hehe tapi belajar bisnis internet juga sudah ada lho tuh situsnya http://belajarbisnisinternet.com, itu lho yang ngasih E-course gratis...

Oke deh kita saling ngasih semangat biar bisa sama-sama sukses. Thank you ya

djoko b. hermanto said...

Ia saya mengenal Ibu Guru Anne Ahira ketika artikel beliau ditulis di Kompas Minggu beberapa tahun lalu. Setelah itu beliau muncul di acara TAHU TVRI sekitar April/Maret 2008 silam dan fotonya di muat di halaman sales letter Asian Brain Com dan sempat saya rekam acara itu. Beliau juga membeberkan cara sukses di internet marketing.Kuncinya mau jatuh bangun, trial and eror atas suatu masalah dan mau berkorban untuk mencapai cita-cita tersebut.
Apalagi ketika biodata beliau di tulis di blog anak asuhnya tentang kesuksesannya di internet marketing dan kini sudah menyandang predikat Hajah bersama Ibundanya tercinta dan berpose dengan Tukul Arwana bukan di Empat Mata tapi di Tanah Suci Mekah Al Mukaromah.
Sedangkan Pak Joko Susilo sendiri saya pribadi tidak kenal beliau. Saya kenal ketika E Book nya saya beli dan kini juga saya praktikkan.
Pak Kusumo pemberi komentar ini juga saya kenal ketika jalan-jalan mampir ke blognya. Saya posting pertanyaan di blog nya dan beliau lihat blog saya lalu mengusulkan agar saya menulis blog khusus tentang apa yang sekarang selalu saya praktikkan, lakukan dan sebelumnya belajar yaitu Reiki.
Setelah itu saya mampir ke blognya si Cah Bagus Bayu Mukti yang doyan pecel Madiun dan lalu terdampar ke blog Jeng ini. Semuanya membawa pencerahan dalam merajut komunikasi di dunia maya khususnya pembelajaran melalui internet dan manfaat internet sendiri dalam memberikan kontribusi informasi positif kepada pengunjungnya. Oleh karena itu saya sendiri sebagai praktisi Reiki dan telah merasakan manfaat Reiki dalam menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh jasmani sekaligus olah jiwa melalui meditasi, perlu sharing kepada pencinta blog yang mungkin tertarik dan mau belajar Reiki agar mau belajar Reiki. Situs Reiki sendiri dengan varian tradisi Reiki yang banyak di ulas di internet tentunya membingungkan pengunjung blog. Nah saya berusaha menulis apa adanya berdasarkan pengalaman pribadi secara sederhana dan mudah dicerna. Tentunya bagi yang sudah praktisi Reiki bisa memahami tapi yang non praktisi Reiki pun juga bisa mendapatkan akses Reiki untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan secara gratis. Medianya melalui Internet setelah itu bagi yang berminat dapat gabung setiap jam 22 s/d 22.30 malam di kota masing-masing juga di negara luar Indonesia. Nah Jeng Strategi Internet Marketing, teruslah berkarya dengan menulis membagikan pengetahuan internet marketing kepada pengunjung blog. Saya akan selalu bertamu dan membaca artikelmu, sukses dan sehat selalu. Amin.

Belajar Internet Marketing said...

Wow komentarnya panjang banget...
Thanks atas sharingnya. Semoga Anda sukses dengan Reiki-nya. Jangan putus asa, maju terus pantang mundur.

taufik said...

fair banget artikelnya...jadi tambah bingung kalo harus milih salah satu.
so...enaknya pilih yang mana nih...Bu Anne ato Pak Joko ya..

Belajar Internet Marketing said...

Tergantung tujuan Anda sih. Kalau Formula Bisnis memberi panduan cara membuat e-book seperti milik Pak Joko Susilo, gimana cara promosinya, gimana cara membuat sistemnya jadi otomatis, viral marketing, dsb.

Kalau Bu Anne Ahira mengajarkan internet marketing lebih menyeluruh, tentang mindset, Google AdSense, Pay Per Lead, Adwords, affiliate, dsb.
Informasi mana yang Anda butuhkan? Anda pingin membuat ebook, atau sudah punya ya? Dhanistore milik Anda? Sekarang ingin belajar lainnya? Atau mau fokus di e-book?
Selamat memilih. Sukses untuk Anda.

wen said...

Wah ini murid yang baik atau marketer yang baik ya, semoga dengan adanya murid seperti anda akan berhasil mengkolaborasikan dua orang yang namanya merajai dunia internet sekarang ini didalam satu produk yang lebih mengharubiru

Belajar Internet Marketing said...

Hai salam kenal. Hehe sekedar membantu menjawab pertanyaan orang yang datang melalui Google, yang pingin tahu tentang Asian Brain dan Formula Bisnis. Kebetulan saja saya ikut kedua affiliate tersebut.
Salam sukses untuk Anda.

yati rachmat said...

Salut buat penulis yang telah mengupas sedemikian gamblang tentang kedua pakar internet marketer. Saya baru berjalan 6 bulan jadi member Formulabisnis. Masih jadi Reseller. Tapi sambil berjalan saya banyak belajar tentang dunia maya berkat jadi member Formulabisnis. Walaupun saya baru menghasilkan sedikit dari yang paling sedikit, gak masalah. Saya enjoy dengan belajar melalui Formulabisnis yang bikin saya lebih pintar dari sebelumnya. Cuma memang nasib baik belum berpihak kepada saya. Jadi saya akan tetap maju bersama Formulabisnis sampai suatu saat saya bisa buktikan bahwa FORMULABISNIS IS THE BEST buat PARA PEMULA.

Belajar Internet Marketing said...

Salut juga buat Tante Yati yang memiliki semangat tinggi dalam belajar internet marketing dan pantang menyerah.
Saya doakan Tante segera berhasil di bisnis online ini. Salam sukses...

TEdi said...

ikut nimbrung bingung nih. seandainya pengen du duanya pilih mana dulu? yang paling tepat?
tks

Belajar Internet Marketing said...

Saran saya pilih Asian Brain, Anda akan mendapat peta atau gambaran seperti apa sih internet marketing itu. Apalagi ada promo bulan pertama gratis lho...
Silakan ke http://ambil.info/asianbrain dan dapatkan keanggotaan gratis bulan 1.
Salam sukses

leemonzz said...

waduh mantap sekali reviewnya...tadi siang saya bingung mau bergabung dengan formula binis atau asian brain. sekarang aku jadi lebih tau, dari review anda. karena jika liat review orang lain, mereka cenderung hanya memberikan komentar yang sama, itu-itu aja.
jadi dengan begini saya bisa lebih tau mana yang harus saya pilih,.

oh ya, apa isi formula bisnis cenderung untuk menjual ebook? apa memang berpengaruh untuk anda?
Terima kasih.

Belajar Internet Marketing said...

Isi formula bisnis memang cenderung ke bagaimana cara membuat ebook Anda sendiri dan bagaimana cara mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller.
Sedangkan Asian Brain isinya lebih komplit mulai dari cara riset, membuat website, adsense, SEO, dsb.
Selamat memilih. Salam sukses

manajemen resiko said...

masih gabung dng asian brain ga mbak"
saya penasaran dengan fitur outsouerce backlink satu arah.

Belajar Internet Marketing said...

Saya masih gabung dengan Asian Brain. Backlink 1 arahnya ditunda, waktu itu Bu Guru menjelaskan alasan penundaan tsb lewat video.
Saat ini yang lagi seru dibahas tantangan v 3 tentang you tube.
Salam sukses

Rustama Efendi said...

Enak banget baca reviewnya. Saya juga member di formula bisnis, tapi macet di program affiliatenya.terutama promosi (Buat landing page, autoresponder, opt-in) Kelihatannya perlu kursus husus bidang ini. Mungkin mba ada saran supaya program affiliatenya jalan ?
Terimakasih.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online