Ciri-ciri Blog yang Disukai Google

Dalam membuat blog, tentunya kita ingin situs kita dapat menempati urutan atas bila disearch di Google dengan kata kunci tertentu, memiliki Google PageRank tinggi, dsb. Nah untuk itu kita perlu tahu bagaimana sih ciri-ciri blog yang disukai oleh Google dan hal apakah yang harus kita hindari karena tidak disukai oleh Google. Menurut Jubilee Enterprise dalam bukunya '80 Trik Rahasia Google AdSense' berikut ini ciri-ciri kualitas design dan konten yang baik menurut search engine Google:

1. Blog dengan susunan dan link teks yang jelas. Setiap halaman harus dapat dicapai paling sedikit dengan satu link teks yang statis.

2. Blog yang menawarkan site map kepada pengunjung dengan link yang langsung menuju ke bagian penting dari blog Anda. Apabila dalam site map terdapat lebih dari 100 link, sebaiknya pisahkan site map ke halaman yang berbeda.
Untuk membuat site map, dapat dipelajari di Mendaftarkan Blog ke Google dan Membuat Site Map. Untuk memeriksa jumlah link dapat digunakan tools Submit Express, kita tinggal mengisi URL blog kita, klik submit. Maka akan terlihat meta tag report, meta tag analysis dan web page analysis. Di web page analysis kita dapat melihat jumlah URL dalam halaman blog kita.

3. Blog yang berisi informasi yang berguna, padat dan jelas, serta secara akurat dapat menggambarkan konten blog.

4. Cari kata kunci yang banyak dicari orang dan pastikan blog Anda mengandung kata kunci tersebut.

5. Usahakan untuk menggunakan teks, bukan gambar. Jika ingin menampilkan gambar, jangan lupa memberi 'alt tag' di dalam source code. Robot Google tidak mengenali gambar.

6. Pastikan judul tag dan atribut ALT yang Anda gunakan benar-benar akurat dan menggambarkan website.

7. Rajin memeriksa apakah ada link yang mati atau kode HTML yang salah. Salah satu tools yang bisa digunakan untuk mengecheck broken link adalah Validator.

8. Apabila menggunakan halaman dinamis (seperti URL yang mengandung karakter tanda "?"), berhati-hatilah karena tidak setiap search engine dapat mengindeks halaman dinamis. Usahakan untuk membuat parameter sesingkat mungkin dan sedikit saja.

9. Pastikan link dalam halaman blog dalam jumlah yang rasional (tidak lebih dari 100 link).

Berikut adalah ciri blog yang tidak disukai oleh Google dan harus dihindari:

a. Hindari teks atau link teks yang tidak terlihat (warna teks atau link yang serupa dengan warna background, teks berada di belakang gambar, menggunakan CSS untuk membuat link yang kecil, atau menggunakan ukuran huruf 1).

b. Jangan menggunakan halaman yang cloaking, seperti menampilkan konten halaman yang berbeda antara ke search engine dan ke pengunjung.

c. Jangan mengirimkan query otomatis ke Google, misalnya menggunakan tool atau software seperti WebPosition Gold untuk memposisikan ranking blog dalam hasil pencarian Google dengan berbagai macam query.

d. Jangan mengisi halaman blog dengan kata kunci yang tidak relevan.

e. Jangan membuat banyak halaman, subdomain atau domain dari hasil duplikasi konten (mempunyai konten yang sama).

f. Jangan membuat halaman blog dengan maksud yang jahat, seperti phising atau memasang virus, trojan, atau badware yang lainnya.

g. Hindari halaman 'doorway' yang hanya dibuat untuk search engine atau pendekatan 'cookie cutter' lainnya seperti blog dengan konten yang tidak asli dan tidak bermakna, yang hanya untuk mengikuti program affiliasi semata.

h. Jika blog Anda diikutsertakan dalam program affiliasi seperti Google AdSense, pastikan blog Anda mempunyai nilai tambah. Tawarkan konten yang unik,asli dan relevan sehingga pengunjung memiliki alasan mengunjungi situs Anda.

Comments

  1. Apakah Blog ini hanya khusus di blogger saja? bagaimana dengan wordpress dan multiply?

    ReplyDelete
  2. Yah harap maklum deh, yang punya masih pemula nih. Belum ngerti multiply. Kalau wordpress ada di materi hari ke 8, 9, 10 kursus E-course 29 hari BBI. Kalau belum daftar, coba masuk ke www.belajarbisnisinternet.com, masukkan nama dan alamat email. Lumayan dapat tambahan ilmu gratis :)

    ReplyDelete
  3. OK tak coba deh semoga bermanfaat. Sabtu kemaren ada pesta blogger di Jakarta datang ngak? O,ya satu pertanyaan apa bedanya nama blog dengan title blog semisal kita daftar di blogger? Kelihatannya kok rancu tapi memang demikian adanya, terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Enggak dateng, kejauhan sih...
    Kalau kita melakukan pendaftaran di blogger, langkah 1. Ciptakan sebuah account Google
    langkah 2. Beri nama blog Anda, yang terdiri dari a. Judul blog
    b. Alamat blog (URL)
    Jadi anggap aja nama blog itu judul (title) dengan alamat URL-nya
    Bener enggak ya?

    ReplyDelete
  5. bisa ada yang tau web atau blog apa yg tidak di sukai google ?

    ReplyDelete
  6. Tuh sudah ada uraian blog yang tidak disukai Google, tuh yang poinnya a,b,..h

    Salam kenal

    ReplyDelete
  7. Boleh tuch mas tipsnya, posting artikel tentang cara ningkatin trafic dunk, saya masih newbie nieh, maen ke www.moneymakerarticle.blogspot.com ya!

    ReplyDelete
  8. Hai Ikmal,
    salut deh semakin banyak anak muda yang sudah melek internet. Nih strategi meningkatkan traffic blog http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/aplikasi-seo-untuk-meningkatkan-trafik.html
    Salam kenal dan salam sukses ya

    ReplyDelete
  9. oh gitu ya caranya ,terima kasih ya

    ReplyDelete
  10. Salam kenal dan salam sukses untuk Wiyartisari

    ReplyDelete
  11. mas blog gw gag di terima di adsense...
    Katanya ada kesalahan pada konten yang aq pasang...
    Mhon bantuan nya mas...
    http://wecanfriend.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. Hi,

    A good post on Informasi. We are VA4World a virtual assistant firm who provide admin support service for SME’s all over the world. We would like to hear your feedback.

    Thanks,
    Sridhar – VA4World for viral marketing, SEO and admin support

    ReplyDelete
  13. thanks... sharing yg bermanfaat...salam sukses y...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengetahui Statistik Pengunjung Blog

Mendaftarkan Blog ke Google dan Membuat Sitemap

Strategi dan Syarat Web / Blog Disetujui Google Adsense