Tuesday, 14 October 2008

Mendaftarkan Blog ke Technorati

Seperti yang telah kita bahas di artikel Manfaat SEO, agar situs kita terlihat penting di mata search engine, kita butuh banyak situs lain yang nge-link ke situs kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mendaftar ke social media site. Sebenarnya ada banyak social media site tapi kali ini kita akan membahas tentang Technorati.

Technorati merupakan search engine untuk mencari blog, selain itu technorati juga merupakan social media site tempat para user dapat memposting blog. Technorati dapat mendatangkan traffik, tidak hanya di komunitas technorati, tapi juga dari search engine seperti Google dan Yahoo. Technorati merupakan ukuran dari kepopuleran blog. Dengan technorati, kita juga dapat mengetahui bila ada situs lain yang nge-link ke blog kita.

Cara Mendaftarkan Blog ke Technorati:
Untuk mendaftar ke technorati, kita pergi ke situs http://technorati.com. Setelah itu klik sign in atau join. Di sana tertulis bahwa sebagai member technorati kita berhak mengklaim blog kita, membuat personal technorati profile, dan pembaca dari seluruh dunia akan dapat membaca apa yang kita tulis. Technorati bebas biaya membership.

Kemudian isikan nama asli kita (nama depan dan nama belakang), nama member Anda (minimal 4 karakter), email (tulis 2 kali, isi dengan email Anda yang aktif dan masih berfungsi. Email dan confirm email harus diisi dengan alamat email yang sama), password (minimal 6 karakter, tulis 2 kali, harus sama persis). Jika Anda salah dalam mengisi misalkan password dengan confirm password berbeda isinya, maka proses registrasi akan diulang lagi.

Setelah itu ketik kata yang terlihat di layar komputer Anda, lalu centang 'I agree to abide by Technorati's Privacy Policy and Term of Use' dan untuk mengklaim blog Anda centang juga 'I have a blog and would like to claim it now' . Setelah itu klik join.

Untuk proses claim blog Anda, masukkan Url blog kemudian tekan begin claim. Selanjutkan Anda dibawa ke halaman blogger dan ditanya apakah Anda mau menceritakan pada http://technorati.com kalau Anda memiliki blog tersebut. Bila iya, maka Anda akan diminta mengisi data-data tentang blog Anda dan deskripsi singkatnya.

Di Technorati blog sudah digolongkan menurut direktori / topik. Kita dapat melihat blog yang sedang popular, kita juga dapat search mencari blog yang memuat topik tertentu. Bila Anda ingin memasang widget technorati, masuk ke Blogger central, widgets, nah di sana Anda dapat memilih widget yang dapat Anda pasang di blog Anda.

Untuk melakukan Ping! (pemberian isyarat kepada website atau layanan blog tertentu kalau blog kita telah diupdate) dapat dengan cara masuk ke tab Blogger central, lalu masuk ke sub tab ping. Di kotak url isi alamat lengkap blog kemudian klik Ping! Lakukan ping hanya jika Anda mengupdate situs Anda. Bila terlalu sering ping tanpa alasan, bisa dianggap spam. Nah sekarang kita sudah terdaftar pada tehnorati, sudah dapat memanfaatkan layanannya. Kini kita dapat mengetahui siapa saja blog yang mendukung blog kita. Semoga trafik blog Anda makin meningkat.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



17 comments:

Azenadex said...

Numpang belajar cara daftar ke technorati. trimakasih.

http://ptc-update.blogspot.com

Belajar Internet Marketing said...

Silakan aja baca-baca, gratis kok :)
Eh PTC itu yang program klik-klik iklan ya? Gimana sih sistem kerjanya? Jelasin pakai bhs Indonesia aja ya...thanks

che_3z said...
This comment has been removed by the author.
che_3z said...

Thanks BOS infonya..

Belajar Internet Marketing said...

Eh saya bukan BOS kok. Ok salam kenal, kok blog Anda enggak bisa diakses? Salam sukses juga.

awink said...

kok saya g bisa claim blog yah?

Belajar Teknik Optimasi Kata Kunci said...

Coba lagi ya, mungkin saat itu koneksi internet kurang mendukung atau di situs technorati lagi keluar monsternya :)

habibie reza said...

Saya juga gagal claim, gimana yah?
There was a problem finding your claim code, gitu tuh? ada yang bisa bantu?
Terimakasih banget sebelumnya. :)

Belajar Internet Marketing said...

Tadi saya coba ini tuh hasilnya:
Congratulations, your blog supports OpenID! When you complete your claim with OpenID, we’ll send you to your blog to log in, and they’ll send you back to verify that you’re the owner.

(Note: some blogs may require you to log in before you complete your claim with OpenID. If you have trouble, you can visit your blog to log in, then come back and complete your claim.)

Terus kita diminta sign in ke blogger.
Coba Anda check blog Anda ada open ID-nya enggak...Semoga sukses.

wdnur said...

Akan langsung dipraktekkan, mantap deh!

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses untuk Wdnur.

Elqorinz said...

salam kenal namaq elqorinz aq mau tanya cara mengaktifkan RSS gimana ? kalau bisa kirimin ke emailq elqorinz@gmail.com

http://elqorinzx.blogspot.com/

Belajar Internet Marketing said...

Hai Elqorinz
kayaknya jawaban pertanyaan Anda ada di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/berlangganan-artikel-gratis-via.html

maxhavelaar said...

Saya beberapa kali daftar tapi selalu gagal claim, malah sudah pernah mengcopy kode HTMLnya tapi tetap gak bisa, apa ada proses yang gak lengkap ya, mohon pencerahannya. Trims...

Belajar Internet Marketing said...

Kayaknya memang ada aturan tambahan saat kita mau klaim blog di technorati. Kita diminta memverifikasi kalau kita betul si pemilik blog. Caranya dengan memasang kode yang dipersyaratkan.

Memang lebih rumit sih tapi bagus juga untuk mencegah blog kita diakui sebagai milik orang lain :).

Salam kenal dan salam sukses.

waspbook said...

thx, infonya.Kl blog bhs Indon bisa gak ya?

Mastor Sepang said...

thanks atas infonya....!!

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online