Tuesday, 28 October 2008

Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank

Selain Google PageRank, Alexa Rank juga sering digunakan untuk melihat peringkat blog Anda. Alexa merupakan anak perusahaan Amazon yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Penggunaan Alexa Rank ini menjadi kebutuhan bila Anda hendak mengikuti program yang dapat mengahasilkan uang (monetize) untuk blog Anda seperti ReviewMe, Text Link Ads, Sponsored Reviews, Ask2link. Kenapa? Karena Alexa Rank merupakan salah satu persyaratan dalam proses penyeleksian diterima / tidaknya blog Anda.

Perbedaan Google PageRank dan Alexa Rank:

1. Kalau Google PageRank menilai blog Anda berdasarkan penting atau tidaknya suatu situs di dunia internet terutama di dunia web. Hal ini terutama tergantung dari banyak atau sedikitnya backlink dari blog-blog lain, terutama dari blog yang sejenis. Tapi tidak semua link dihitung oleh Google, link dari link farm akan difilter, bahkan penggunaan link farm dapat menyebabkan Google marah dan menjatuhkan penalti. Menurut Google, kita tidak dapat mengontrol situs yang me-link ke situs kita, tapi kita dapat mengontrol mau ngelink ke situs mana. Karena itu untuk meningkatkan Google Page Rank kita perlu mendapatkan back link yang berkualitas.

Sedangkan Alexa Rank menilai blog kita dari banyak sedikitnya trafik / pengunjung blog kita. Data trafik / pengunjung blog ini didapat Alexa dari informasi pengguna internet lain yang juga memasang Alexa toolbar pada browser internet mereka.

2. Angka Google PageRank mulai dari 0 - 10. Semakin tinggi angkanya berarti peringkat blog tersebut semakin bagus (blog dengan Google Page Rank 7 lebih bagus daripada blog yang memiliki Google Page Rank 1).

Angka Alexa Rank berkebalikan dengan Google PageRank. Semakin rendah nilai Alexa Rank justru makin bagus. Nilai yang terbaik untuk Alexa PageRank adalah 1.

Nah apa sih aplikasi dari Google PageRank dan Alexa Rank ini?
Semakin tinggi Google PageRank blog Anda dan semakin rendah nilai Alexa Rank blog Anda, berarti blog Anda makin bagus, merupakan blog yang populer, memiliki banyak trafik dan diperhitungkan di dunia internet. Akibatnya blog Anda akan memiliki nilai jual yang tinggi, pemasang iklan akan antri memasang iklan di blog Anda. Nah kalau sudah begitu, mencari uang di internet akan jadi mudah. Karena itu yuk kita terus belajar strategi internet marketing.




Reblog this post [with Zemanta]

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



22 comments:

seno said...

Makasih infonya bro.

Belajar Internet Marketing said...

Hai, salam kenal untuk Seno. Alexa rank Anda sudah bagus tuh. Saat ini 289.046. Jumlah visitor Anda juga banyak, hari ini sampai pukul 22.04 jumlahnya 113, page views 130. Hm harusnya saya yang belajar dari Anda nih.
Thanks ya sudah mampir. Sukses buat Anda.

Yudi said...

wah...kalo alexanya bagus apa SEO nya pasti bagus ?
Punyaku jeparamebel.com daftar alexa 4 hari yll skrg masih 3.6juta..sampai kapan dibawah 1jt yah..
txs..

Belajar Internet Marketing said...

Alexa lebih berhubungan dengan jumlah pengunjung. Semakin banyak pengunjung dengan IP unik, semakin kecil nilai Alexa. Kalau baru daftar 4 hari wajar kok nilai Alexa segithu. Tenang aja, Alexa rajin mengupdate datanya. Pelan tapi pasti bisa kok di bawah 1 juta. Temanku pernah pakai iklan, dalam 1 hari pengunjungnya 100 lebih, Alexa-nya langsung turun drastis.
Salam kenal.

yudi lagi said...

amin dehh..sempet sih kemaren ikut2 link refferal..tapi bener2 butuh usaha ya..tiap hari kita harus visit 30 site punya orang lain..dst..biar site kita diposisi paling atas..khan jadi kemungkinan dikunjungi orang lebih banyak..
boleh berbagi pengalaman ga..rata2 yang dibutuhkan agar site kita ke depan pasti OK itu sehari berapa unik visitor?
kebetulan aku lagi blajar SEO..maklum lagi jualan produk jadi khan semakin bagus SEO semakin situs kita gampang ditemukan orang..

Salam Kenal ya..
Tengkyu

Belajar Internet Marketing said...

Wah terus terang saya enggak tahu tuh harus berapa unik visitor agar site kita ok. Yang ada untuk mengikuti program tertentu seperti kliksaya.com butuh 10.000 pageviews per bulan, program CPM mis Casale Media butuh 10.000 unik visitor per month (bisa dibaca di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/program-pendulang-dollar-cpm.html).
Kalau untuk melejit di search engine kayaknya backlink yang lebih berperan, baik itu internal linking, inbound links, dan outbond links. Ini yang lagi saya pelajari dari Tantangan 120 hari Anne Ahira

yudi lagi said...

10rebu klik yah..wahh ganti duit aja deh..11rebu :D..
thanks anyway..good luck ya..

Belajar Internet Marketing said...

Good luck juga buat Anda.

Abu Saifurrahman said...

mbak,salam kenal
bagaimana tahu alexa rank blog saya ya..
mohon dicekkan.

http://lembahsemut.blogspot.com/
atau di
http://buahjeruk.blogspot.com/

trima kasih ya mbak

Belajar Internet Marketing said...

Saya sih masang Alexa toolbar, jadi bisa tahu Alexa Rank semua blog. Ok coba saya check ya...
yang lembahsemut.blogspot.com AlexaRank #9, itu Alexa-nya blogger, artinya karena blog tersebut masih baru jadi belum terdeteksi Alexa-Rank-nya.

buahjeruk.blogspot.com AlexaRank di angka 20.503.666. Hm blog lemonade ini menarik, tinggal dioptimasi aja (teknik SEO), tingkatkan jumlah pengunjung, tukar link dengan blog sejenis. Semoga sukses ya.

yudi lagi said...

ada cara buat nambahin trafiknya..coba pake global translator yg terbaru kalo ga salah 34 bahasa,support indonesia lg..dari log referer yg aku liat banyak hasil query dari asli bahasa mereka..tapi ya itu..perlu space + bandwidth yg guedee..
untuk 1rb page hasil translate dibutuhkan sekitar 30MB..kalo dikalikan 34 bahasa jadi brapa tuh..malah jadi keder sendiri..liat space yg cepet naik + bandwidth tinggal separo..*garuk2* tuker link yuk :P hehehe

Belajar Internet Marketing said...

Bagus enggak hasil terjemahan dari Global translator?
Hehe kalau sudah pakai hosting sendiri emang masalah bandwidth jadi krusial.
Tukaran link? Ok, website Anda mebel Jepara ya, saya taruh di blog yang yusisetiawati.blogspot.com ya...
Kalau punya blog tentang internet marketing boleh tukaran link dengan blog ini (katanya sebaiknya tukaran link dengan blog sejenis). Ok?
Thanks ya. Salam sukses.

yudi said...

lumayan loh..naekin pengunjung..lebih berwarna pengunjungnya..walaupun emang kelemahannya ya hasil terjemahan akan pasti terlihat lucu..tapi yg penting maksute nangkep gitu..

Belajar Internet Marketing said...

Denger-denger bule suka sama mebel Jepara ya...Temanku cerita kalau tamu bulenya datang, sering minta dianterin ngeliat mebel yang "antik". Wow iya ya pengunjung blog-mu banyak dari Amerika, Hongkong, Korea, Prancis. Bagus tuh...Lagian di sana khan kebanyakan orang ngeliat gambar dan harganya khan...Sukses ya.

Himawan said...

salam kenal Himawan
mba saya mau naya nih,, untk dapat melihat alexa rank web kita caranya gimana,,,ada situsnya gk,,,? terima kasih

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga. Untuk melihat Alexa rank bisa lewat Alexa toolbar, Alexa widget atau di situsnya Alexa. penjelasannya ada di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/tips-meningkatkan-alexa-rank.html
Salam sukses

agung said...

salam kenal...makasi banget info2nya...

Belajar cara optimasi kata kunci said...

Salam kenal dan salam sukses juga buat Agung.

dhablue said...

Hii...infonya keren abizz thanks ya sekalian di approved dunk

Belajar Internet Marketing said...

Hai Dhablue
Thanks sudah berkunjung. Di approved apanya ya?
Salam kenal dan salam sukses.

ivan said...

Nice info boss..
Ada trik baru nih buat naikin PR secara otomatis

disini boss..

ivanumerouno said...

Nice info boss..
Ada trik baru nih buat naikin PR secara otomatis disini brow..

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online