Saturday, 4 October 2008

Rahasia Situs yang Sukses dengan Google AdSense

Untuk bisa sukses dengan Google AdSense, kita harus membuat website atau blog yang memenuhi spesifikasi dan persyaratan AdSense. Selain itu website atau blog kita harus memiliki trafik yang tinggi, punya target market tertentu, banyak pengunjung potensial, yang memang benar-benar tertarik dengan topik yang kita sajikan. Karena iklan yang diberikan Google AdSense sesuai dengan tema situs kita, maka besar kemungkinannya pengunjung potential tersebut mengklik iklan AdSense tersebut dan dollar pun akan mengalir.

Terus apa sih rahasia situs yang sukses dengan Google AdSense, kenapa mereka bisa sukses?

1. Karena memiliki target market / pangsa pasar tertentu
Kalau kita perhatikan dari delapan situs sukses pada topik terdahulu, mereka semua memiliki target market tertentu misalnya Plentyoffish biro jodoh gratis target marketnya orang yang ingin mencari pasangan, Free Web Layouts target marketnya orang yang mencari layanan layout gratis untuk websitenya, Ask The Builder target marketnya orang yang ingin konsultasi mengenai permasalahan pertukangan, AdSense Secret target marketnya orang yang ingin mengikuti jejak sukses Joel Comm dan mengetahui rahasia suksesnya, dsb.

2. Kebanyakan situs tersebut menyediakan jasa / produk gratis
Plentyoffish, Digg, Weblogs, Ask the builder, Free web layouts, AdSense Secret, Digital Point solution dan free keyword suggestion tool semuanya menyediakan layanan gratis. Terus bagaimana mereka bisa menghasilkan uang?
Karena gratis tentunya peminatnya semakin banyak, misalkan di Free Web Layouts. Di situs ini iklan Google AdSense terlihat menyatu dengan situs, iklan yang ditampilkan pun sesuai / sama temanya seperti Free Layouts Website, Myspace Layouts, Myspace Profile. Iklan ini yang pertama kali terlihat kalau kita membuka situs ini. Misalkan saya atau Anda sedang mencari layanan layout gratis untuk website besar kemungkinan kita akan mengklik iklan Free Layouts Website yang sebenarnya merupakan Google AdSense. Meskipun pemiliknya menyediakan layanan gratis tapi berkat AdSense pundi-pundi dollar banyak mengalir ke pemilik situs Free Web Layouts.

3. Situs yang menyediakan tips, nasehat dari ahlinya
Sebagai contoh situs AdSense Secret milik Joel Comm dan Ask The Builder milik Tim Carter.

4. Menyediakan produk atau jasa yang banyak dicari orang
misalnya Free Web Layouts menyediakan jasa layout gratis untuk membuat website, Plentyoffish menyediakan jasa pencari jodoh, Digg media sosial yang banyak dipakai internet marketer untuk optimasi blog / website, dsb.

5. Situs yang memiliki kolom komentar / forum
misalnya Digital Point Solution yang memiliki All Other Tools Forum

6. Memiliki peringkat atas di search engine dan
Google PageRank tinggi
Kalau kita perhatikan kedelapan situs yang sukses dengan Google AdSense tersebut semuanya memiliki PageRank tinggi dan jika disearch dengan kata kunci tertentu, menduduki peringkat atas di search engine.
Sebagian besar dari kita jika mencari sesuatu informasi di internet sering mencarinya lewat search engine, misalnya Google dan Yahoo. Seringkali meski informasi tentang kata kunci yang kita cari jumlahnya ribuan, paling kita menelusuri sampai 10 - 20 artikel. Untuk itu jika kita ingin situs kita populer dan memiliki trafik tinggi penting sekali upaya pengoptimalan situs agar dapat mendapat PageRank tinggi dan menduduki peringkat atas di search engine.

Jadi rahasia jika kita ingin membuat situs yang sukses dengan Google AdSense adalah sebaiknya kita membuat situs gratis yang menarik, menawarkan produk / jasa / informasi dengan target market tertentu, situs ini harus bisa menarik banyak pengunjung potensial. Untuk itu kita harus memilih tema yang memang kita kuasai (hobby, pekerjaan, keahlian, rahasia sukses), atau tema yang bisa memberikan keuntungan bagi kita (misalkan mencari ceruk pasar / niche, mencari topik yang banyak dicari orang namun masih sedikit pesaingnya). Kemudian kita harus mengemas Google AdSense dengan baik, meletakkan pada tempat yang tepat, harus terlihat menyatu dengan situs kita sehingga entah disadari atau tidak pengunjung akan tertarik mengklik iklan AdSense tersebut. Selain itu kita harus bisa membuat situs ini memiliki peringkat atas di search engine, populer, dan memiliki Google PageRank tinggi. Bagaimana? Mungkin ada yang bisa menambahkan?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

mas don said...

Hem.. Tepat sekali. Dan jangan pernah menyuruh orang untuk ngeklh adsense kita, takut kebaned hehe.. Makasih ya udah ngeshare tips praktisnya, sukses.

jomblang said...

masa betul itu mas.....


ajarin aku dong mas...????


gmn cara tu dpt uang $20 ja....


blog kita hrs di isi kan iklan ya toh mas......???

Belajar Internet Marketing said...

To Mas Don,
Yup betul tuh, jangan main curang. Minta tolong teman ngeklik adsense kita resikonya kena banned...

To Jomblang
Kalau ingin mendaftar Google Adsense nih panduannya http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/langkah-mudah-mendaftar-google-adsense.html
Kalau sudah keterima Google adsense kita tinggal pasang kode HTML-nya, secara otooatis iklan muncul di blog kita.

Salam sukses.

erwin said...

menjadi sebuah inspirasi..

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online