Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu ilmu yang perlu kita pelajari agar situs yang kita buat bisa muncul di urutan atas saat orang memasukkan kata kunci tertentu pada search engine. SEO ini sangat bermanfaat bila kita ingin memperoleh trafik gratis dari search engine, terutama Google search. Hal ini karena sebagian besar orang bila ingin mengetahui informasi tentang sesuatu, akan pergi ke Google dan mengetikkan kata kunci yang dicarinya. Bila situs kita memuat kata kunci tersebut tapi tidak optimal maka akan berada di urutan yang entah ke berapa, padahal sebagian besar orang akan langsung memilih artikel yang terdapat dalam urutan terdepan. Jadi itulah alasannya mereka kita perlu belajar SEO dan mengoptimalkan situs kita.

Nah langkah untuk pengoptimalan situs ini ada 2 jenis yaitu
1. Pengoptimalan pada situs kita yang meliputi pemilihan keyword (kata kunci), meta tags, content (isi situs).
2. Pengoptimalan di luar situs kita, yaitu kegiatan yang kita lakukan agar search engine berpikir kalau situs kita adalah situs terkenal / situs yang penting (populer).

Dalam kegiatan SEO ini kita adu pintar sama robot, kalau kita ingin bisa masuk dalam peringkat atas Google, berarti kita perlu tahu apa sih maunya si robot, hal-hal apa yang perlu kita lakukan agar situs kita bisa disenangi si robot. Untuk mengecheck seberapa populer situs kita, salah satu tools yang menarik adalah marketleap, di sini kita selain dapat mengecheck:
1. Link popularity situs kita di Google / AOL / HotBot dan Yahoo! Fast / AltaVista . Kita bisa dibandingkan dengan 3 situs lainnya, bisa dengan situs kita yang lain (bagi yang memiliki beberapa situs, bisa juga membandingkan dengan situs 'pesaing'). Hasilnya situs yang kita check tingkat pupularitasnya akan diberi tanda bintang, bisa terlihat di mana letak situs kita dibanding 3 situs lain yang telah kita pilih tadi, juga ditampilkan hasil situs-situs lainnya (industry benchmark report). Selain itu kita dapat mengecheck trend history report.

2. Search engine saturation dimana kita dapat mengecheck berapa halaman situs kita yang sudah diindex oleh Google / AOL / HotBot, MSN, Yahoo!/ AOL/ AltaVista. Kita dapat membandingkannya dengan 5 situs lainnya.

3. Keyword verification, kita dapat melihat jika kita mengecheck dengan kata kunci tertentu, di situs mana aja diantara AOL, Google / AOL / HotBot, Lycos Pro, MSN, Netscape, Yahoo! / fast / AtaVista, yang sudah memuat artikel itu di 3 halaman pertamanya (masuk urutan 30 besar).

Dengan mempelajari hal tersebut, kita jadi bisa mengetahui di mana letak kekurangan dan kelebihan kita,selain itu kita juga dapat memantau posisi situs lain, mungkin sebagai benchmark / pembanding. Kita juga dapat mengetahui bagaimana hasil pengoptimalan dengan teknik SEO kita. Di search engine mana situs kita unggul, di search engine mana situs kita lemah. Artikel mana yang sudah bagus teknik SEO-nya, mana yang masih kurang. Itulah manfaat SEO. Menarik bukan?

Nah untuk dapat meningkatkan peringkat situs kita ini, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, diantaranya situs kita harus memiliki back link yang berkualitas. Back Link ini adalah link + deskripsi situs kita yang terdapat di situs lain. Untuk mendapatkan back link berkualitas, situs kita harus nge-link ke situs lain yang memiliki Google PageRank tinggi. Usahakan mencari situs yang serupa atau satu topik.

Ada banyak cara untuk mendapatkan back link ini. Materi tentang teknik dan manfaat SEO ini bisa dibuka kalau kita sudah mengikuti kursus Asian Brain pada bulan kedua (kecuali bagi yang mengambil paket hemat). Di sana Bu Guru Ahira menjelaskan dengan gamblang langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan. Kalau ada yang berminat membaca langsung penjelasan Bu Guru Ahira daftar aja ke Asian Brain, atau baca dulu artikel sebelumnya tentang kursus Asian Brain.

Comments

  1. Nice info, thank you.

    ReplyDelete
  2. sayang Google Pagerank ku turun 1, busy mode ON. Jadi, blog tidak terurus :D
    Salam kenal ya ^_^

    ReplyDelete
  3. Hai Hanum...
    Mahasiswa Gunadarma?
    Salam kenal dan salam sukses ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengetahui Statistik Pengunjung Blog

Mendaftarkan Blog ke Google dan Membuat Sitemap

Strategi dan Syarat Web / Blog Disetujui Google Adsense