Sunday, 26 October 2008

Tips Mendatangkan Pengunjung Blog

Dalam membuat blog kita tentunya ingin dapat mendatangkan banyak pengunjung / trafik. Dalam internet marketing, trafik atau pengunjung merupakan hal yang penting dan harus kita perhatikan kalau kita ingin sukses. Semakin banyak pengunjung yang tertarget, semakin besar kemungkinan iklan Anda di-klik atau produk Anda laku terjual. Nah bagaimana caranya untuk mendatangkan trafik / pengunjung:

1. Blog kita harus sudah dioptimasi sehingga kita dapat mendatangkan trafik gratis dari search engine (untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel manfaat SEO / Search Engine Optimization). Untuk membuat blog Anda optimized pastikan blog Anda memuat artikel yang memiliki banyak kata kunci. Buatlah artikel yang memuat sekitar 400 -900 kata dan buat judul yang menarik dan usahakan judul tersebut memuat kata kunci yang sering dicari orang.

2. Konten adalah raja (Content is The King). Konten adalah isi / kandungan blog, dapat berupa artikel foto, video, audio. Search engine, terutama Google sangat memperhatikan konten blog Anda. Untuk menarik perhatian robot spider Google, buatlah artikel yang berkualitas, memuat informasi yang berguna, yang orisinil, bukan sekedar copy paste, dan terfokus pada suatu tema.

3. Submit artikel Anda ke artikel direktori atau social media sites seperti Reddit, Digg, technorati, bloggerparty, Social Marker, dsb. Bagikan artikel Anda yang terbaik, konten yang unik, memuat kata kunci yang tertarget, hasil karya sendiri. Dengan demikian Anda dapat mendatangkan link satu arah yang berkualitas untuk keperluan SEO dan 'mencuri ' trafik tanpa harus mengeluarkan biaya promosi.

4. Bergabunglah dengan program link exchange, tapi perlu diperhatikan pilihlah link partner yang berkualitas. Cari situs yang topiknya berhubungan dengan topik situs kita.

5. Mengikuti program joint ventures, online group, forum yang dapat membantu mempromosikan blog Anda. Jangan lupa sertakan URL blog Anda sebagai signature yang dapat dilihat oleh anggota lain sehingga dapat membantu mempromosikan blog Anda.

6. Gunakan free blog. Secara teratur posting informasi yang berkualitas dan jangan lupa melakukan ping ke berbagai search engine. Tool yang dapat Anda gunakan untuk melakukan ping diantaranya adalah ping-o-matic, mypagerank, atau technorati.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



11 comments:

djoko b. hermanto said...

Bisa dijabarkan cara mensubmit artikel blog kita ke artikel directori seperti Reddit,Digg dsb sebagaimana Jeng tulis point 3 di atas.Langkah-langkahnya sekaligus. Terima kasih.

Belajar Internet Marketing said...

Ehm kalau artikel kita berbahasa Indonesia kita juga bisa menggunakan artikel direktori Indonesia, misalnya Lintas Berita (seperti Digg tapi versi Indonesia). Prinsip kerjanya mirip Digg, sebagai layanan social content. Setiap pembaca akan memberi vote pada artikel yang dianggapnya menarik. Jika seseorang memiliki vote yang tinggi, pengunjung lain akan penasaran dan mengunjungi situs kita maka trafik kita akan meningkat.

Cara submit artikel ke Lintas Berita gampang banget:
1. Daftarkan dulu diri Anda ke http://www.lintasberita.com
2. Klik kirimkan media Anda
3. Isi alamat website sumber berita
4. Pilih jenis media berita / foto / video
5. Isi judul, konten, kategori. Jika sudah klik kirim sekarang

novie_bee said...

saya bingung pasang comment dimana...


hehe
terimakasih banyak ya,,hm
gimana caranya masukkan bloq saya ke google/ sejenisnya..
biar waktu di search bloq qta bisa ikut keluar

Belajar Internet Marketing said...

Cara mendaftarkan blog ke search engine bisa dilihat di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/melakukan-pendaftaran-ke-search-engine.html
Cara membuat sitemap http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/mendaftarkan-blog-ke-google-dan-membuat.html
Yang perlu diingat meski kita telah melakukan semua itu tetap butuh waktu sampai bisa disearch di search engine. Kadang 1 minggu, kadang 3 minggu, kadang lebih, jadi coba lebih sabar ya. Tetap aja nulis artikel, promosikan aja langsung ke teman-teman untuk tahap awalnya.
Ok, selamat mencoba.

Khairansyah said...

saya tertarik dengan penghasilan mencari uang di internet...serta untuk bisa mempromosikan blog saya

Belajar Internet Marketing said...

Wow blog Anda banyak banget...Benernya enggak masalah juga asal bisa memanfaatkannya dengan baik. Pilih 1 atau 2 blog yang menjadi blog utama Anda, buat blog lainnya nge-link ke blog utama tsb.
Mengenai penghasilan di internet ada banyak banget jenisnya. Menulis review, memasang iklan di blog, ikut affiliasi (membantu menjual produk orang lain), dsb. Coba pelajari dulu kemudian pilih mana yang sesuai dengan Anda.
Promosi blog bisa dengan cara menulis komentar di blog orang lain, ikut kontes, bergabung di forum, submit artikel, dsb. Yang paling enak sih kalau teknik SEO bagus, jadi kita bisa dapat pengunjung gratis dari search engine.
Bisnis internet marketing ini butuh proses, biar enggak tersesat sebaiknya cari guru. Bisa lewat kursus berbayar seperti Asian Brain, atau mau yang gratis dulu spt www.belajarbisnisinternet.com . Sukses buat Anda

neecya said...

masuk sini dunk http://www.moms-cake.blogspot.com

photography lessons said...

sebagai tambahan. bisa juga memanfaatkan social media sebagai sarana untuk meningkatkan traffic

detshu said...

y ...
q sebagai orang awam dalam nge-Blog
mengucapkan banyak terima kasih atas informasinya.

tetap sukses ya

gymfitness said...

matur suwun mbak infonya...aku dah lama mengharapkan banyaknya pengunjung ke blog ku...tapi sampai saat ini masih sepiiiiii.......gimana caranya yahh

erni said...

thanks buat infonya...q masih pemula dlm dunia bisnis..jgn lupa kunjungi blog q ya..
www.erni-anti.com

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online