Wednesday, 19 November 2008

Belajar Webhosting

Bagi Anda yang ingin mulai membuat website, tentunya perlu memikirkan nama domain dan hosting apa yang hendak Anda gunakan. Pada artikel terdahulu kita sudah belajar mengenai Tips Memilih Nama Domain. Sekarang kita akan belajar mengenai Webshosting.

Selama ini kalau kita memakai blog yang gratisan seperti blogger (blogspot), kita tidak perlu ribet memikirkan masalah hosting. Kenapa? Karena hostingnya sudah disediakan langsung oleh vendor software blog tersebut. Seperti yang kita ketahui, blogger milik Google.

Nah lain lagi kalau kita ingin membuat website, prosedurnya lebih ribet. Ini sih sebenarnya materi di Asian Brain bulan pertama, tapi karena saya pingin yang gratis dan simple, materi ini saya lewati. Saya pilih belajar membuat blog di blogger dulu. Eh di E-course BBI ketemu lagi materi ini, di hari ke-6 dan 7. Ehm jadi mikir nih...


Sebenarnya cukup enggak sih kita cuman punya blog saja tanpa memiliki website? Kata Bu Guru Ahira kalau kita pakai yang gratisan kesannya tidak profesional dan tidak serius dalam menjalankan bisnis online. Tapi untung di materi Google AdSense Bu Guru mendukung muridnya membuat blog di blogger. Alasannya karena blogger milik Google, jadi untuk pendaftaran AdSense lebih dipermudah. Masalahnya program penghasil duit di internet bukan cuman AdSense khan? Di beberapa program mensyaratkan kita memiliki website bukan blog gratisan. Jadi kalau memang mau bener-bener serius di bisnis internet marketing, kita harus berani invest untuk membuat website, keluar modal untuk beli nama domain dan sewa hosting.

Sewa hosting ini sistem pembayarannya bisa per bulan, per tahun, 2 tahun sekali, 3 tahun sekali, dst. Semakin lama paket yang Anda pilih, harganya makin murah. Eh ada info nih ada juga hosting gratis. Di internet banyak sekali hosting-hosting gratis mulai dari yang tidak ada fasilitas database hingga yang berfasilitas database. Mulai dari gratis space 5 M sampai gratis space 100 MB. Salah satu hosting yang gratis adalah 000webhost.com .Perusahaan hosting ini benar-benar menyediakan hosting yang 100% gratis. Bahkan kita dapat mengarahkan domain kita ke server mereka, sehingga pengunjung tidak mengetahui kalau kita menggunakan server gratisan (info ini saya baca dari Buku Easy Money from Internet, Meraih Penghasilan dengan Google AdSense, karangan Fahrizal Alamsyah dan SmitDev Community). Bagi teman-teman yang sudah pernah mencoba, bagi dong pengalamannya? Gimana, bagus enggak? Bermasalah enggak?

Kadangkala yang gratisan itu memang enak, tapi kalau ternyata bermasalah dan tahu-tahu data kita hilang? Wah bisa gigit jari tuh. Oh ya, dari tadi nulis, saya belum menjelaskan tentang pengertian webhosting ya? Sorry.... Nih webhosting adalah perusahaan yang menyediakan layanan penyimpanan web bagi perorangan atau perusahaan. Atau definisi lainnya webhosting adalah layanan jasa penyewaan tempat kita meletakkan file-file yang dibutuhkan oleh situs kita sehingga bisa diakses oleh pengunjung lewat internet selama 7x24 jam. Ya gampangannya sih tanpa adanya webhosting website kita tidak bisa diakses pengunjung, karena itu biar bisa tampil di internet kita perlu sewa jasa webhosting.

Berikut ini tips dalam memilih webhosting:
1. Layanan support 24 jam / hari
2. Kemudahan pembayaran dan konfirmasi pembayaran
3. Kontrol di tangan Anda
Sebaiknya kita meminta username dan password untuk mengontrol domain name. Hal ini diperlukan saat kita ingin meng-upgrade server.

4. Lokasi server yang ditawarkan
Pilihlah lokasi server berdasarkan target pasar website Anda. Bila targetnya orang Indonesia, server yang diletakkan di Indonesia menjadi pilihan utama. Pilihlah server webhosting Indonesia yang terhubung dengan IIX ( Indonesia Internet Exchange). Hal ini akan membantu kecepatan akses bagi pengunjung situs.

Namun jika kita mengharapkan pembaca global, pilihlah server yang berada di titik strategis misalnya di Amerika (USA).

5. Space dan bandwidth yang ditawarkan
Disk Space hosting biasanya berdasarkan kapasitas disk (ruang penyimpanan) pada sebuah hosting. Mis disk space hosting 15 MB, artinya hanya dapat menyimpan dengan maksimum besar kapasitas file 15 MB.

Bandwidth: Jumlah arus transfer data dalam waktu tertentu yang telah ditetapkan. Semakin sering suatu website dikunjungi, semakin sibuk aktivitas download dan upload, makin besar bandwidth yang dibutuhkan. Jika penggunaan bandwidth per bulan melebihi kapasitas maksimum, maka website tersebut tidak bisa dibuka, muncul pesan error "Bandwidth Limit Exceeded).

Wah susah juga ya, di satu sisi kita pasti senang kalau banyak pengunjung, di sisi lain kita harus memperhitungkan juga masalah bandwidth ini. Pada awal situs berdiri mungkin tidak masalah karena pengunjung masih sedikit, namun seiring dengan meningkatnya pengunjung kita mungkin kehabisan bandwidth. Saat memilih hosting ini kita harus mengetahui berapa biaya yang dikenakan bila terjadi kelebihan bandwidth. Katanya ada perusahaan yang mengenakan biaya yang mahal untuk kelebihan bandwidth ini.

6. CPanel
Salah satu fitur penting dalam memilih hosting adalah control panel, karena melalui control panel kita dapat mengelola website kita. Control panel yang terkenal CPanel. Pastikan webhosting Anda memiliki CPanel.

Mengenai pemilihan Webhosting, BBI menganjurkan Bluehost dengan alasan:
a. Bluehost memiliki statistik Server Uptime >99%, artinya dalam sebulan 30x24 jam, Bluehost tidak down lebih dari 7 jam
b. Fasilitas hosting yang lengkap: unlimited space dan unlimited domain, script yang tersedia lengkap (Fantastico, simple script, dll), free site builder, dll.
c. Harga yang terjangkau. Biaya share hosting (artinya server tersebut juga melayani pelanggan-pelanggan lain) $8.95 per bulan untuk pembayaran langsung 12 bulan, bila membayar 24 bulan langsung, biaya menjadi $ 7.95 per bulan, bila membayar 36 bulan langsung biaya menjadi $6.95 per bulan.
Karena 1 account bisa digunakan untuk domain dan website yang tidak terbatas, biaya ini akan murah bila Anda memiliki banyak website.
d. Bluehost.com memiliki reputasi dan track record yang bagus
Berdiri tahun 1996, direkomendasikan oleh perusahaan besar dan top marketer dunia, bahkan WordPress.org, platform blog terpopuler saat ini.
e. Technical yang handal dan mudah dihubungi
Ada FAQ (Frequently Asked Question) dan knowledge base yang lengkap, email dan ticket system, live chat.

Bila Anda berminat bisa mendaftar melalui http://belajarbisnisinternet.com/go/bluehostpdf dengan bonus video tutorial tentang penggunaan Control Panel Bluehost, dukungan teknis melalui private forum. Tutorial cara memasukkan domain ke Bluehost silakan dipelajari di materi E-course BBI hari ke-7.

Bentar nih, Bluehost merupakan share hosting, menurut Bu Guru Ahira, layanan shared hosting diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam 1 server bersama pelanggan-pelanggan lainnya. Cara ini lebih hemat dalam investasi awal tapi menjadi masalah saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta makin banyak pengaksesnya. Apalagi bila ditambahkan dengan file besar seperti stream-video.

Selain shared hosting, ada colocation hosting dan dedicated hosting. Wah jadi bingung nih, mana yang terbaik ya? Teman-teman bagi pengalamannya dong?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

Siswanto,M.Kom said...

Kalo mau hosting gratis yang administratornya siap dikontak kapan aja untuk bantuan konsultasi, kunjungi saja http://cmsindo.com, Satu-satunya penyedia web hosting gratis yang standby melayani konsultasi dan bantuan real dalam kendala hosting di cmsindo.com

Belajar Internet Marketing said...

Wah terima kasih banget atas tanggapan dan infonya, juga kesediaan Bapak memberi konsultasi gratis. Hm menarik nih.
Domainnya *.info ya? Kalau gratis gini berarti enggak usah bingung perpanjangan juga khan? Maksudnya gratis selamanya atau cuman tahun pertama misalnya? Maaf kalau pertanyaannya o-on banget, habis masih belajar nih.
Thanks banget ya Pak...

Anonymous said...

coba
http://lihat-sekitar-kita.blogspot.com

Belajar Internet Marketing said...

Blog lihat-sekitar-kita.blogspot isi artikelnya menarik, tampilannya juga bagus. Hm saya disuruh apa ya? Salam kenal ya, semoga sukses selalu.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online