Monday, 17 November 2008

Email dari Pak Sukarto Pengelola BBI

mto-banner-fb-01 Tadi selesai membuat tugas materi E-course Belajar Bisnis Internet hari ke-5 saya menulis email kepada Pak Sukarto, berikut isi email saya:
Pak, masih ingat enggak dengan saya? Orang yang meminta ijin menulis ulang materi E-course Bapak di blog saya. Hari ini saya membaca modul hari ke-5, aduh susah banget nih. Bikin pusing :). Materi tentang website masih saya abaikan. Untuk materi tentang kompetitor karena kompetisi blog saya terlalu ketat, saya jadi lebih tertarik membandingkan Asian Brain dengan E-course 29 hari dari BBI. Bila Bapak ingin tahu, bisa dibaca di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/sudahkan-anda-membuat-rencana-bisnis.html
Kalau ada kesalahan atau kata-kata yang tidak berkenan, mohon dimaafkan ya. Tolong juga dikritik bila ada kesalahan biar saya bisa membetulkannya. Terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan dalam mengikuti kursus Bapak secara gratis. Semoga kebaikan hati Bapak dibalas oleh Tuhan.

Eh tidak lama kemudian langsung ada jawaban atas email saya itu lho. Barangkali ada di antara pembaca yang ingin tahu, nih saya copy paste jawaban dari Pak Sukarto:

Hi Yusi,
tentu masih ingat ;)

Saya gak heran kalau modul hari ke 5 akan bikin puyeng banyak orang ;) Tapi itulah test pertama apakah seseorang serius atau gak untuk terjun ke bisnis internet. Dan saya gembira Yusi membuktikan dirinya adalah orang yang serius dgn berusaha untuk tulisannya di blog dan sekalian membandingkan BBI dan Asian Brain, wah luar biasa tulisannya ;) Santai tapi mengena ke sasaran.

Point-point yang disampaikan sudah cukup bagus, hal itu membuktikan Yusi sudah mulai pintar menganalisa suatu bisnis. Memang seperti itulah caranya mempelajari kompetitor. Kita lihat apa alasannya dia melakukan ini, mengapa dia melakukan itu, mengapa caranya dia seperti ini dan banyak pertanyaan lainnya.

Membuat bisnis plan itu sebenarnya tidak perlu rumit, tetapi membuat kita jadi berpikir hal-hal yang semula tidak kita pikirkan. Apakah untuk menghasilkan uang perlu bisnis plan? Saya jawab tidak perlu, kalau uang kecil he..he.. Tapi kalau uang besar, pasti perlu :)

Saya tidak ada saran untuk tulisannya di blog, setiap orang punya gaya dan keunikannya sendiri. Tulisan adalah seperti masakan (kebetulan saya senang makan ;) punya khas dan keunikan sendiri-sendiri. Tidak bisa dibilang bagus atau tidak.

Saran saya adl untuk menuntaskan bisnis plan. Di bagian akhir tulisan, Yusi sudah mulai memikirkan apa USP nya blog. Itu sudah langkah awal yang bagus. Punya keunikan itu sangat penting, baik itu bisnis online ataupun offline.

Lihat saja di banyak kota, ada satu jalan yang semuanya jualan barang yg sama. Di Surabaya ada satu jalan yg jualan rujak manis semua. Kalau semua orang jualan barang yg sama, bagaimana membuat orang memilih bapak A atau lainnya ? Ya jadi untung-untung an, tergantung nasib dan karma baik, orang yg lewat akan berhenti dimana.

Tapi pedagang yg pintar dan mengerti USP, akan membuat suatu yg unik, misal dia pasang papan "Setiap beli Rujak bonus kerupuk 1 bungkus", saya gak tahu rujak manis cocok gak dimakan pakai kerupuk :) Tapi dgn hanya spt itu, dia jadi unik. Saya yakin prosentase orang yang mampir di kiosnya pasti meningkat tajam. Kalau di bahasa internet marketing, istilah, conversion rate nya jadi naik.

Itulah yang Yusi perlu lakukan. Baik melakukan blogging, affiliate marketing ataupun menjual info product.

Semoga saran ini bermanfaat.
PS: bagus juga kali ya kalau jawaban saya diatas saya masukkan di blog BBI, sekalian nambah visitor ke blog Yusi :)

Ehm tujuan saya menuliskan email itu biar teman-teman ikut semangat belajar juga. Bagi yang ingin belajar internet marketing secara sungguh-sungguh, sudah jangan terlalu banyak mikir. Mumpung ada kesempatan, ada kursus gratis kenapa enggak dimanfaatkan? Lihat tuh pemiliknya begitu care khan, mau menanggapi permasalahan kita. Kenapa masih ragu?

Saya ingin kita bisa memiliki banyak teman untuk berbagi, berkeluh-kesah. Belajar internet marketing ini khan gampang-gampang susah. Ada saat-saat kita penuh semangat, ada saat kita putus asa. Nah dengan adanya teman yang saling mendukung, di saat kita jatuh, ada yang mengingatkan dan menarik kita supaya berdiri lagi. Mari kita saling dukung...

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

Ardy Pratama said...

mari kita saling dukung... dengan harapan bangsa ini bisa mlek internet, bisa paham kalau bisa mencari uang di internet. Terkadang ada tmean saya yang bingun kalau saya menyebutkan 'blog'.. Saya gak heran :)

Blog ini sdah sangat bagus mnrt saya, dengan pngemasan dan bhasa yang mmikat. Luar biasa... :) Sukses untuk Anda mbak Yusi

Belajar Internet Marketing said...

Terima kasih atas dukungannya, sahabat...
Iya memang benar, di saat anak SMP - SMA sudah melek blog, ternyata banyak sarjana yang masih bingung sama sekali tidak mengerti blog.

Yuk, kita ajak teman dan sahabat kita belajar internet marketing, agar bangsa Indonesia diperhitungkan di dunia internet...
Sukses untuk Anda juga Ardy, sahabat kita semua.

Belajar Bisnis Online said...

Ih bagus banget yah jawaban dari Pak Sukarto.

Kelihatan banget kalau orangnya pembelajar dan banyak makan asam garam di dunia bisnis.

Bahasanya wise banget. :)

Dan yang hebat lagi si Yusi, karena bisa menampilkan jawaban pak Sukarto menjadi postingan yang enak dibaca seperti rujak manis. :)

Salut--salut---deh Yusi!

Belajar Internet Marketing said...

Yup setuju banget. Pak Sukarto orangnya care dan baik hati banget. Beruntung banget bisa ikut E-course yang masih gratis ini, langsung ditanggapi pembuat modul lagi.

Soal tulisan ini cuman copy paste dari email kok. Tinggal nambahin embel-embel dikit hehe.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online