Tuesday, 4 November 2008

Mengetahui Pengunjung Blog dengan Google Analytics

Untuk mengetahui data pengunjung blog, kita dapat mengunakan jasa Hit Counter seperti histats. Penggunaan histats sudah dibahas di artikel Mengetahui Statistik Pengunjung Blog. Bila kita menginginkan analisa yang lebih mendalam, Google Analytics dapat membantu pekerjaan kita tersebut. Penggunaan histats dan Google Analytics secara bersamaan akan membantu kita dalam meningkatkan kualitas blog kita.

Dengan mendaftarkan blog kita ke Google Analytics, kita dapat mempelajari dengan lebih lanjut tentang sumber pengunjung dan bagaimana interaksi pengunjung dengan blog kita. Ada 3 jenis sumber pengunjung:
1. Search engine
2. Referring sites
3. Direct traffic

Dengan mengetahui perbandingan sumber pengunjung, kita dapat mengetahui trafik / pengunjung blog kita yang terbanyak dari mana. Bila dari search engine berarti pengunjung tahu situs kita karena diarahkan oleh kata kunci yang diketik di search engine / mesin pencari. Sayangnya melalui Google Analytics kita tidak dapat menelusuri melalui search engine apa pengunjung datang (atau saya yang tidak tahu caranya ya?). Kelemahan ini dapat diatasi dengan memasang histats yang dapat membantu memberitahu melalui search engine apa dan kata kunci apa yang mengarahkan pengunjung ke blog.

Begitu pula dengan referring sites / situs yang mereferensikan blog kita. Di Google Analytics kita dapat mengetahui jumlah dan persentasenya. Hitstats juga dapat mengetahui hal tersebut, bahkan melengkapinya dengan melalui situs mana pengunjung tahu blog kita. Untuk direct traffic / pengunjung yang langsung datang ke situs kita baik Google Analytics dan histats hanya menampilkan jumlah dan persentasenya.

Baik histats maupun Google Analytics hanya menampilkan data pengunjung setelah alat tersebut dipasang. Penggunaan kedua alat ini bersifat saling melengkapi. Kelebihan Google Analytics yang tidak saya temukan di histats adalah analisa halaman dan bounce rate. Dengan Google Analytics, kita dapat mengetahui lebih detail artikel mana yang paling banyak dikunjungi, berapa page views, unique pageviews, time on page, bounce rate, % exit, $ index.

Nah bounce rate menjadi hal yang menarik di Google Analytics ini. Bounce rate digunakan untuk mengukur kualitas suatu halaman, berhubungan dengan keterkaitan keywords dan landing page. Semakin lama pengunjung di halaman berarti informasi yang terdapat di halaman artikel sudah sesuai dengan yang dicari di search engine. Bila ada artikel yang time on page 00:00:00, bounce rate 100%, % exit 100, berarti pengunjung yang menemukan artikel tersebut dengan kata kunci tertentu di search engine, merasa kecewa karena isinya tidak sesuai dengan harapan. Akibatnya artikel tersebut langsung ditutup tanpa dibaca lebih lanjut.

Jika kita rajin melakukan analisa dengan Google Analytics, kita akan mengetahui artikel mana di blog kita yang sudah sesuai dengan keinginan pengunjung blog, artikel mana yang paling banyak dicari, artikel mana yang paling mengecewakan, dsb. Katanya Google analytics bisa memudahkan peningkatan penghasilan secara online juga lho. Anda berminat mencobanya?

Reblog this post [with Zemanta]

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



14 comments:

IMABA Surabaya said...

Terimakasih atas ilmunya.
Salam kenal...

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga. Eit sorry banget saya komentar di artikel yang salah di blog Anda. enggak sengaja sungguhan. Sorry banget, kalau enggak terima boleh dibalas salah komentar di blog ini deh. Sorrry ya

suakcot said...

makasih yah atas saaranya tapi yang pusingnya e malah gmn cara liat artikel yang paling banyak dibaca ma diliat oleh pengunjung????
mhn penjelasannya

Belajar Internet Marketing said...

Kalau mau tahu artikel yang paling banyak dibaca sama dilihat oleh pengunjung pakai tools Google analytics jawabannya.
Tapi alat ini berfungsi setelah 1 hari lebih ya, datanya harian. Coba deh pasang, terus seminggu kemudian masuk ke website Google analytics lagi, ntar Suakcot bisa lihat artikel mana yang paling disenangi pengunjung. Selamat mencoba, sukses ya.

yoNgkY said...

lam knal ja mbak

moga sukses di dunia internet marketting

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses juga...

make money said...

mabk gmn cara daftar kumpul blogger, mohon caranya mbak.saya sudah coba ikuti petunjuk tapi ko ngga bisa ??? knp mbak!thank kiyu

Belajar Internet Marketing said...

1. masuk ke www.kumpulblogger.com
2. Klik register now
3. Isi alamat email dan kode captcha
4. Email Anda adalah userlogin, password dikirim lewat email.
5. Klik register.
6. Check email, catat password Anda
7. Login di kumpulblogger.com dengan username dan password tersebut
8. Daftarkan blog Anda, pilih script ukuran iklan, ambil kode HTML di sana untuk dipasang di blog Anda.
Semoga sukses

mukhlisin said...

maksih atas infonya,sangat berarti bagi saya, ada tambahan info untuk program pencari dollar di internet kunjungi http://wonosari.tk

Madd said...

saya akan mencoba belajar analytics

Dian said...

artikel yang bagus gan, tolong mampir ke blog ane ya... http://blora01.blogspot.com
atau siapapun yang ingin mencri tips trik berbisnis... cari solusinya di: http://blora01.blogspot.com

Marcel_Punk said...

Thank's yach

viksana said...

Thks atas infonya gan....
silahkan mampir ke http://fullydownloadzer.blogspot.com/

budi said...

info yg bagus gan, tukeran link yuk.. klo sempat liat liat blog ku ya gan,

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online