Friday, 28 November 2008

Menjadi Affiliate dari Merchant di Shareasale

asb-banner-fb-01 Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel Tips Mendaftar ke Shareasale. Nah setelah kita bergabung ke affiliate network shareasale, sekarang kita akan belajar mengenai pemilihan merchant dan proses apply menjadi affiliate dari merchant yang tergabung di affiliate network Shareasale.

Karena Shareasale merupakan affiliate network, maka untuk dapat mempromosikan produk dan jasa merchant, kita masih perlu apply atau mendaftar ke masing-masing merchant yang kita inginkan. Sebagian merchant akan menggunakan informasi mengenai website dan strategi marketing yang kita isikan saat pendaftaran ke affiliate network untuk menentukan diterima / tidaknya kita. Namun banyak pula merchant yang menerima semua affiliate yang mendaftar.

Setelah kita menerima email pemberitahuan yang menyatakan proses pendaftaran kita diterima, kita dapat melakukan proses apply ke merchant.
Langkah 1. Login ke Shareasale melalui alamat URL http://www.shareasale.com/a-login.cfm
Gunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran.

Langkah 2. Klik menu View and Search Merchant List
Di Shareasale ada fasilitas lengkap dalam mencari merchant dengan berbagai kriteria:
a. A new program in the last 20 days: jika di klik maka Shareasale akan menampilkan merchant-merchant yang baru bergabung selama 20 hari terakhir. Bila kita mempromosikan merchant yang baru bergabung keuntungannya tidak terlalu banyak kompetisi dengan affiliate lain.

b. All program
Jika diklik akan tampil seluruh merchant, tapi hal ini membutuhkan loading yang sangat lama.

c. Pay-Per-Sale
Jika diklik maka akan terlihat merchant yang memiliki affiliate program yang jenisnya Pay Per Sale. Komisi akan kita terima bila kita berhasil melakukan penjualan / sale. Jenis ini yang terbanyak.

d. Pay-Per-Lead
Jika diklik maka akan terlihat merchant yang memiliki affiliate program yang jenisnya Pay Per Lead (PPL) atau sering disebut juga CPA (Cost Per Action), kita akan mendapat komisi jika visitor mengisi data sehingga menjadi lead (prospek).

e. Pay-Per-Click
Link ini untuk menampilkan affiliate program yang jenisnya Pay Per Click. Kita akan mendapat kompensasi jika mengirim visitor ke merchant. Jenis affiliate program ini sudah jarang dan biasanya komisinya relatif kecil.

f. New Program Activated in November, 2008 (atau bulan lain).
Kita dapat juga memilih menampilkan merchant atau affiliate program yang baru aktif pada bulan tertentu.

g. Program Exclusive to the Shareasale Network
Jika link ini diklik maka akan ditampilkan merchant atau affiliate program yang ekslusif hanya di Shareasale. Kadangkala suatu merchant bergabung di beberapa affiliate network dalam mempromosikan produk atau jasanya. Bahkan kadang kompensasi yang diberikan berbeda untuk setiap affiliate network. Di website merchant, di bagian penjelasan tentang affiliate program, umumnya merchant menjelaskan di affiliate network mana mereka bergabung. Dari data ini kita dapat membandingkan berapa komisi di shareasale dibanding komisi di tempat lain untuk merchant yang sama.

h. Basic Keyword Search
Jika link ini diklik maka akan muncul kotak. Di sini kita bisa mengetikkan keyword nama merchant atau nama produk yang kita inginkan. Misal kita mengetik ipod, maka akan tampil semua merchant yang mengandung kata ipod.

i. Advanced Search
Fasilitas pencarian merchant dengan berbagai kriteria. Fasilitas advanced search di shareasale ini termasuk lengkap.

Langkah 3. Mendaftar ke Merchant yang ingin Anda promosikan
Jangan lupa membaca TOS (Term of Agreement) sebelum Anda mempromosikan / bergabung dengan suatu merchant. Pilih merchant yang Anda inginkan klik Join Program. Bila ada merchant yang menampilkan enroll in program, artinya Anda sudah tergabung dalam merchant tersebut.

Langkah 4. Tulis strategi marketing Anda dalam mempromosikan mereka. Hal ini akan mempengaruhi diterima / tidaknya Anda. Bila Anda tidak punya gambaran apa yang ingin diisikan, berikut arahan dari BBI (Belajar Bisnis Internet):
Mostly we will build review site about your product and a little bit comparison between similar products. We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major Article Directory like Ezinearticles and doing SEO (Search Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords.

Setelah itu cawang di bagian bawah I have read and agree to the Program Agreement for Affiliates, klik join program.

Anda akan menerima email yang berisi diterima / tidaknya applikasi Anda. Biasanya bila aplikasi kita ditolak, kemungkinan besar karena kita tidak memiliki website yang cukup relevan dengan produk merchant tersebut. Untuk meningkatkan kemungkinan diterimanya Anda, cantumkan seluruh atau beberapa website Anda di Shareasale. Saat membuka account memang kita hanya diminta mengisi website utama. Tetapi setelah aplikasi diterima, kita bisa menambahkan website lain ke dalam account shareasale.

Caranya dari menu utama Shareasale, pilih di bagian Account Setting, lalu klik menu edit account setting. Scroll ke bawah untuk mencari form isian untuk menambah website. Semua website itu akan tampak oleh merchant yang menerima pendaftaran affiliate kita dan menjadi bahan pertimbangan apakah website yang kita miliki relevan atau tidak. Dengan menambah portofolio website ini, membantu kita agar dapat diterima di banyak merchant. Selamat mencoba.
NB: Sumber materi ini dari E-course BBI hari ke 15. Bagi Anda yang ingin memperoleh secara gratis materi E-couse 29 hari melalui email, caranya mudah masuk aja ke website BelajarBisnisInternet, isi nama dan alamat email Anda.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



9 comments:

Sam Indrajaya said...

hmm ikutan juga ya shareasale...good good...saya lagi fokus ke CJ ama clickbooth.

Belajar Internet Marketing said...

Sst saya belum buat website jadi belum bisa daftar di Shareasale. Wow Sam ternyata pakar AdSense, pakar CJ dan clickbooth lagi. Gimana nih pendaftaran jadi murid sudah diterima belon? :-)

Sam Indrajaya said...

"Sumber materi ini dari E-course BBI hari ke 15" wakakakak gak ngeliat tadi kirain dari pengalaman km. Tapi gak susah2 amat koq daftar ke sana, gak kayak Hydra atau CB yang musti ditelponin dulu buat verifikasi, tapi once udah join itu asik bgt loh, banyak niche2 kecil lucu dan menggemaskan di sana yang convertnya tinggi.
Jadi murid? situ kan ada guru Ahira yang levelnya dah jauh di atas saya wakaka

Belajar Internet Marketing said...

Hehe kalau kita kuliah khan dosennya banyak :-) apalagi untuk bisnis internet marketing yang susah ini, butuh banyak guru nih...
Eh kok blog Sam gak diupdate sih, lagi nyari postingan tentang domain dan hosting yang murah tapi bagus. Punya saran? Thanks ya

Esaul daris said...

Informasi bagus untuk para blogger pemula di seluruh indonesia.

O.. ya.. comment anda di http://www.tabloidinternet.com/merchandise-gratis-dari-tabloid-internet.html#comment-7

Untuk para blogger Indonesia yang mau berbagi pengetahuan dan pengalamannya di media cetak Tabloid Internet, silahkan gabung sebagai Kontributor Tabloid Internet sekarang juga.
Caranya Register di Tabloidinternet.com dan posting artikel atau berita anda disana. Dan kami akan memuat artikelnya di tabloid Internet versi cetak.

Hitung-hitung promo gratis. Ya gak?

Tabloid Internet diterbitkan 5,000 exemplar per bulan untuk para pengguna internet Indonesia (terbit nasional).

Belajar Internet Marketing said...

Terima kasih banyak Pak Esaul Daris. Semoga dengan adanya Tabloid Internet ini bisnis internet marketing Indonesia semakin berkembang pesat dan banyak pengusaha yang tertarik memasarkan produknya melalui internet.
Sukses buat Anda dan Tabloid Internet.

Gudang Inspirasi said...

Terima kasih banyak atas ilmu yg anda berikan.
sukses terus.

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses untuk Anda juga. Semoga blog Anda bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Abdul Munir said...

Wah, ini memang yg sy cari...kebetulan blog ini pas no.1 di Google dg dg kata kunci "Strategi memilih merchant dan produk di Shareasale". makasih

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online