Thursday, 6 November 2008

Selamat Ulang Tahun Kliksaya.Com

Tanggal 12 November 2008 merupakan tanggal istimewa bagi Kliksaya.Com. Kenapa? Karena Kliksaya.Com akan merayakan ulang tahunnya yang pertama. :~ Kalau kita lihat kondisi saat ini, Kliksaya.Com adalah PPC (Pay Per Click) Indonesia yang terbesar. Ternyata usaha ini dimulai dari nol lho. Dari penjelasannya di artikel Menyambut Ulang Tahun Pertama Kliksaya.Com, dijelaskan bahwa pada saat pertama kali launching tanggal 12 November 2007, kondisi Kliksaya.Com jauh berbeda dengan saat ini. Saat launching situs Kliksaya.Com tidak memiliki pengunjung. Penerbitnya hanya satu, yaitu situs yang sudah di-launching sebelumnya Blog Keuangan Pribadi.

Tiga bulan pertama merupakan masa sulit bagi Kliksaya.Com. Komisi tidak dapat dibayar karena tidak ada peminat dari pemasang iklan. Komisi penerbit baru dapat dibayar sejak bulan Februari 2008. Kondisi tersebut sangat berbeda dengan saat ini. Hanya selang setahun saja, Kliksaya.Com sudah menjadi PPC terbesar di Indonesia. Total penyajian iklan 4,4 juta page impression per hari. Total iklan aktif di seluruh zona sebanyak 4.700. Wah suatu kemajuan yang sangat pesat.

Nah bagi blogger pemula, kita harus belajar dari kisah sukses Kliksaya.Com. Jangan cepat menyerah. Saat ini karena Kliksaya.Com sudah merupakan PPC yang terkenal, tidak mudah bagi blogger pemula untuk ikut ambil bagian. Syarat utama untuk dapat menampilkan iklan Kliksaya di blog kita adalah 10.000 pageview per bulan. Posisi iklan juga harus disetujui oleh admin.

Selain itu Kliksaya.Com juga menerapkan aturan yang cukup ketat. Blog akan mulai menghasilkan uang setelah ada pemasang iklan yang tertarik memasang iklan di blog kita. Selama menunggu respon dari pemasang iklan, seluruh zona iklan akan berisi tulisan "Pasang Iklan Disini". Untuk publisher yang nakal, Kliksaya.Com memberlakukan sistem denda untuk pelaku fraud click (melakukan klik iklan pada situs kita sendiri). Dendanya lumayan besar juga yaitu Rp 2000 per klik yang langsung dipotong dari komisi penerbit. Bayangkan untuk setiap klik yang diakui valid, komisi yang didapat pemilik blog hanya Rp 150. Berarti 1 fraud click akan memotong hampir 14 klik yang valid. Sayang sekali bukan gara-gara 1 kecurangan, 14 kali komisi kita hilang. Apalagi kalau denda lebih besar dari komisi, penerbit akan di-banned. Hm ketat juga ya persyaratannya.

Terus bagaimana dengan penerbit yang menggunakan komputer yang di-share dengan orang lain seperti komputer kantor atau warnet? Untuk mengatasi masalah ini Kliksaya.Com menyarankan melakukan blokir IP. Cara blokir IP dapat dipelajari di sini. Dengan memblokir IP maka saat IP yang diblokir mengakses blog kita, maka iklan yang tampil hanya berupa tulisan "Pasang Iklan Disini". Tulisan ini boleh diklik siapa saja tanpa kuatir terjadi fraud click.

Meskipun menerapkan peraturan yang cukup ketat, namun karena banyak kelebihan yang dimilikinya, menjadikan Kliksaya.Com sebagai PPC yang paling diminati di Indonesia. Pembayaran selalu tepat waktu, bahkan lebih cepat dari yang dijanjikan, sistem pembayaran juga transparan. Kita dapat melihat bukti transfer komisi per bulan. Untuk komisi bulan September 2008, komisi penerbit mencapai Rp 39.717.300 yang tersebar ke 136 penerbit. Komisi penerbit tertinggi Rp 3.097.550. Ada 8 orang jumlah penerbit yang komisinya mencapai 7 digit, sedang yang 6 digit ada 61 orang. Wow ternyata program PPC beneran bisa menghasilkan uang ya. Kapan ya bisa sukses seperti itu?

Pak David Ciang, selaku pengelola Kliksaya.Com rajin membalas komentar dan pertanyaan dari orang-orang yang ingin tahu lebih jauh mengenai Kliksaya.Com. Pak David Ciang juga menerapkan disiplin yang tinggi. Beliau melakukan kewajibannya dengan baik, seperti membayar komisi tepat waktu. Sebagai timbal baliknya, kita juga diajari cara berbisnis yang benar, segala kecurangan seperti melalukan klik pada iklan sendiri (fraud click) ada sanksi yang memberi efek jera.

Nah bagi blogger pemula yuk kita tingkatkan jumlah pengunjung agar bisa memenuhi pageview minimum 10.000 per bulan. Apalagi dalam menjadi penerbit PPC seperti Kliksaya.Com jumlah pengunjung blog erat sekali kaitannya dengan jumlah klik. Lagipula khan tidak setiap pengunjung yang datang pasti mengklik iklan... Wah harus meningkatkan aplikasi SEO untuk meningkatkan trafik.

Blogger pemula yang belum memenuhi persyaratan menjadi penerbit di Kliksaya.Com jangan sedih dulu dong, ingat Kliksaya.Com juga mulai dari nol. Hanya dalam 1 tahun sudah bisa sukses. Ayo kita ikuti jejak suksesnya. Oh ya ada kabar baik nih meski kita belum bisa jadi penerbit, kita dikasih kesempatan ikut kontes menulis Kliksaya.Com lho. Kontes ini terbuka untuk semua blog, tidak peduli berapapun jumlah pageview, PR, ataupun alexa rank dari blog kita. Bahkan yang belum punya blog tapi ingin mengikuti kontes ini segera saja daftar ke Blogger.com. Bila masih bingung bagaimana cara membuat blog coba baca artikel Hari Gini Belum Punya Blog?

Hadiahnya lumayan Rp 100.000 per pemenang, ada 30 pemenang kontes, dibagi dalam 3 periode. Bulan Desember 2008 ada 10 pemenang pertama, tahap berikutnya Januari 2009 untuk 10 pemenang berikutnya, dan Februari 2009 untuk 10 pemenang tahap terakhir. Setiap orang boleh mendaftar lebih dari 1 artikel (jumlah artikel yang diikutkan lomba tidak dibatasi). Hm Rp 100.000 itu setara dengan berapa kali klik ya? :d Kalau 1 kali klik dihargai Rp 150 berarti Rp 100.000 setara dengan 667 kali klik. Wow lumayan khan. :~

Tidak ada salahnya khan mencoba ikut Kontes menulis Kliksaya.Com. Jarang lho ada kontes yang syaratnya gampang dan bisa diikuti semua blog. Selamat Ulang Tahun Kliksaya.Com. Semoga tambah sukses. :~ Ayo bagi kiat suksesnya juga, terutama sharing saat-saat sulitnya. Biar blogger pemula tambah semangat dan tidak mudah putus asa. ;)

Peserta Kontes Menulis KlikSaya.Com

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

Feri said...

Susahnya bgt ya buat pemula untuk jadi publisher di kliksaya.com :(

Belajar Internet Marketing said...

Hehe ya itulah tantangannya. Mungkin Kliksaya.Com ingin menyaring publisher yang bener-bener serius ngurus blog-nya. Yuk jangan nyerah, terus berjuang.

yulia said...

tak ada kata menyerah sebelum terbukti berhasil...tapi ngurus blog sambil bekerja yg lain lain gak mudah memang

Belajar Internet Marketing said...

Wah Mbak Yulia hebat banget, sambil bekerja tapi bisa mengelola 3 blog. Apa nih rahasianya? Kalau online sampai malam juga ya...
Memang enggak mudah sih, tapi saya yakin orang setangguh Mbak Yulia pasti bisa. Sukses ya Mbak. Thanks sudah mampir dan ngasih komentar.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online