Sunday, 16 November 2008

Strategi Memilih Niche (Ceruk Pasar)

Dalam berbisnis, baik itu online maupun konvensional. kita tentunya perlu menentukan niche atau ceruk pasar mana yang mau kita kerjakan. Selain itu kita perlu memikirkan siapa sih target market yang hendak kita tuju. Siapa yang akan menggunakan / membeli produk atau jasa yang kita jual. Niche blog ini mengenai strategi internet marketing. Target market blog ini orang yang tertarik hendak membuat blog, terutama di blogger (blogspot), atau para blogger pemula yang ingin memulai membuat blog dengan cara yang benar dan belajar cara menghasilkan uang melalui internet.

Jadi apa sih niche atau ceruk pasar itu?
Niche atau ceruk pasar adalah segmen pasar di suatu industri yang menjadi target market. Sedangkan niche marketing berarti memasarkan produk / jasa tertentu di suatu niche / kebutuhan pasar tertentu.

Niche di bisnis internet tidaklah terbatas. Ide bisnis baru bermunculan setiap hari. Namun untuk dapat sukses, kita perlu mengerti strategi, tips, dan kriteria dalam memilih niche dan target market yang bagus.

Kesalahan dalam memilih niche dan target market seringkali menjadi penyebab kegagalan pemula di bisnis internet. Strategi yang perlu kita ingat dalam memilih niche:
1. Jangan memilih niche karena alasan niche tersebut menghasilkan paling banyak uang
Contoh niche yang kompetitif dan menghasilkan banyak uang adalah mortgage (kredit rumah), insurance (asuransi), kartu kredit, forex, stock trading, weight loss (menurunkan berat badan), dan internet marketing. Bila Anda ingin ambil bagian dalam niche yang menghasilkan paling banyak uang, Anda harus siap berkompetisi. Karena banyaknya pesaing, tentunya diperlukan action plan yang lebih matang.
Aduh ternyata internet marketing termasuk niche yang kompetitif nih. Bisa menghasilkan banyak uang, tapi tingkat persaingannya pun sangat ketat. Berarti kalau kita mau sukses harus banyak belajar, harus punya strategi yang matang agar dapat memenangkan persaingan.

2. Jangan memilih niche di bidang yang tidak kita kuasai / tidak ada pengalaman sebelumnya
Wah berarti saya melakukan kesalahan nih. Dalam membuat blog ini, topik yang saya ambil strategi internet marketing, hal yang sama sekali baru bagi saya. Akibatnya? Kemajuan blog ini jadi lambat deh, sejalan dengan pengetahuan saya.

3. Jangan memilih niche yang tidak ada kompetisi sama sekali
Niche yang kompetisinya hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali seringkali memang tidak berprospek bagus. Mungkin karena produk / jasa di niche tersebut itu jarang dibeli secara online, target marketnya terlalu kecil, tidak ada produk bagus di niche tersebut, atau karena alasan lainnya. Umumnya niche yang tidak ada kompetisinya karena tidak profitable atau tidak memiliki prospek yang bagus untuk dikerjakan.

Untuk mengetahui apakah suatu niche profitable / tidak, banyak kompetisi / tidak, dapat kita lakukan dengan cara search di google.com. Ketik saja kata kunci / keyword umum yang digunakan untuk mencari niche tersebut. Bila hasil google result sangat banyak dan ada banyak pula iklan adwords (itu tuh iklan Google yang muncul di sebelah kanan dalam Google search), berarti niche tersebut banyak kompetisinya, profitable dan banyak uang yang dikeluarkan di niche ini.

Apakah mungkin newbie / pemula menemukan niche yang punya potensi luar biasa (high search volume) tapi belum ada kompetisi? Hal tersebut sangat mungkin terjadi di jaman awal internet marketing, sekitar awal tahun 2000. Namun untuk saat ini sulit sekali menemukan niche baru yang belum ditemukan marketer. Saat ini biasanya jika suatu niche tidak ada kompetisi, berarti niche tersebut tidak ada prospek. Jika banyak kompetisi artinya banyak uang di niche tersebut.

Strategi di bisnis internet adalah berusaha mengambil dari sepotong kecil dari kue yang ukurannya besar, atau berusaha mengambil sepotong besar dari kue yang berukuran kecil. Oh ada kabar baik nih, katanya kita tidak boleh takut dengan kompetisi. Bila kita mengerti internet marketing dengan baik dan memiliki minat atau pengalaman yang bagus di suatu niche yang kompetitif, kita katanya bisa mengalahkan 80% lebih kompetitor.

4. Jangan memilih niche yang banyak free seeker tapi tidak ada buyer
Bila Anda menggunakan Keyword Tools menemukan niche yang high search volume, coba lakukan riset lebih lanjut. Mayoritas pencari niche tersebut free seeker (orang yang mencari sesuatu yang gratis) atau buyer yang bersedia mengeluarkan uang. Caranya adalah dengan mengecheck apakah banyak advertiser atau pengiklan di Adwords untuk keyword utamanya. Bila sepi pengiklan maka berarti banyak free seeker-nya. Hal ini karena tidak ada pengiklan yang memasang iklan Adwords yang hanya dicari oleh free seeker, bukannya buyer.

5. Jangan memilih niche yang terlalu luas atau umum.
Bila kita memilih niche yang terlalu luas, dibutuhkan dana yang sangat besar untuk membangun brand jangka panjang. Lebih baik kita memilih niche yang lebih spesifik sehingga kita bisa lebih fokus dan untuk sukses dana yang dikeluarkan juga jauh lebih kecil.

Bila Anda ingin memilih Niche yang terbaik, pilihlah yang berdasarkan:
a. Minat atau pengalaman
b. Komunitas niche yang merupakan online buyers

Artikel ini tercipta setelah saya membaca E-course hari ke-4 dari BelajarBisnisInternet. Saya merasa sangat terbantu mengikuti kursus gratis 29 hari ini. Saya berharap Anda pun merasa demikian. Bagi Anda yang ingin mengetahui materinya secara detail silakan daftarkan nama dan alamat email Anda di BelajarBisnisInternet (sst mumpung masih gratis lho). Setelah ini saya akan belajar mengenai belajar membuat rencana bisnis (business plan). Hm saya sudah tidak sabar nih...

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



17 comments:

Belajar bisnis online said...

menemukan niche kita bisa bermain-main dengan long tail keywords atau mempromosikan brandname akan lebih mudah.
Tuker link donk :p

Belajar Internet Marketing said...

Ok artis dan politikus Sam seneng banget bisa tukaran link dengan Anda. Artikel Anda berbobot tapi ada juga yang kocak. Tuh link Anda juga sudah saya pasang.

Apa itu long tail keywords? kata kunci yang memiliki ekor panjang? Aduh ajarin dong, saya belum ngerti tuh.

Ardy Pratama said...

dari BBI yah? Hehehehehe... kbarx taon dpan ada bootcamp loh,klo jadi qt ktemu dsana ma tmen2 lain juga

Sam Indrajaya said...

long tail itu keyword yang memiliki beberapa kombinasi kata ditambah dengan kata kunci utama, keyword tool yang bisa menarik ribuan kata kunci biasanya bisa kasih banyak long tail, tool spt keyword country, kw elite, wordtracker paid edition. Ah anda becanda aja masih sih ndak tau hehe keliatanya udah lebih jago IM nya dari saya wakakaa

Belajar Internet Marketing said...

To ardy: Iya materi ini dari BBI kursus hari ke-4. Sekalian nulis ulang sambil belajar juga. Ntar kalau sudah ada info bootcamp-nya kasih kabar ya. Thanks.

To Sam: Yee beneran nih saya masih bau kencur, eit maksudnya masih bener-bener baru di IM. Posting aja baru bisa di blogspot doang. Paypal belum punya. Makanya ajarin dong...hehe gratis ya... Thank you

Arief Maulana said...

Nice Artikel mas. Rupanya ABers juga ya. Saya cuma 2 bulan ikutnya, ngga kut bayar

Belajar Internet Marketing said...

Wah saya kok dipanggil Mas lagi ya, aduh fotonya meragukan tha?
Hee saya ABers bulan ke-3, sekarang ikut BBI juga hari ke-5.
Sukses buat Anda.

SEFT Spiritual Emotional Freedom Technique said...

Salam Hormat,

Perkenalkan, saya Endy. Kebetulan saya menguasai sebuah teknik yang diberi nama SEFT (Singkatan dari Spiritual Emotional Freedom Technique). Teknik ini saya pelajari dari penemu dan pendiri SEFT, yaitu Ahmad Faiz Zainuddin. Beliau sekarang terus mengembangkan Teknik SEFT. Untuk itu ia mendirikan LoGOS Institute ( www.LoGOS.co.id ). Dengan semangat : Try it on everything ... Maka Insyaalloh Teknik SEFT ini juga bisa digunakan seseorang untuk menurunkan atau meningkatkan berat badannya.

Jadi bagi siapapun yang mengalami kasus ini, silahkan saja datang ke LoGOS Institute. Setiap hari Minggu (jam 10:00 - 13:00) ada Preview Gratis mengenai SEFT ini. Bisa langsung coba terapinya juga. Jangan kuatir. Free of Charge. Syaratnya, Anda tinggal ketik NAMA ANDA kemudian kirimkan ke SMS Center LoGOS Institute di 081807788120. dan langsung datang di Hari Minggunya dengan Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 24 Kavling K. Jakarta Timur. Telp. 021-86605151 ext 0. Penjelasan mengenai SEFT juga bisa dilihat di http://LOGOSSEFT.Blogspot.com
Semoga Informasi Ini Bermanfaat
Salam Sejahtera
Wassalam Wr. Wb.,

Endy Fatah Joesoef
http://logosseft.blogspot.com/
Hp. 0818991915

Belajar Internet Marketing said...

To Endy thanks infonya tapi kenapa promosinya di sini ya? Apa dari foto saya kelihatan saya lagi mengalami masalah berat badan?

Anton said...

Hehehe, mbak ini ada ada saja :D

Kalau dari foto memang kelihatan koq, wiks, becanda mbak. Lari....

Btw makasih mbak tutorialnya

Belajar Internet Marketing said...

Hehe, ok thanks juga sudah mampir, mau membaca artikel di blog ini, dan mau ngasih komentar.
Sukses buat Anda. Jangan jenuh lagi ya...

MasRoy said...

Kalo mo nyari keywords tools untuk pasar lokal ada nggak ya?

Belajar Internet Marketing said...

Coba tools ini:
http://www.google.com/insights/search/#
kita bisa milih negara, tahun, kategori. Atau bisa search.

https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
kita juga bisa pilih negara dan bahasa, bisa untuk Indonesia.

PAK_PeNGHULU said...

ting tong...
hai cantik, pa kbr? udh sarapan belon?
km kuk pinter ci... suka ngemil keyboard yua?
hahah...
13 mei 09 pak peng dapat materi hari ke empat ini
salam_goal

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal buat Pak Penghulu
Lagi belajar di Belajar Bisnis Internet ya
Salam sukses...

Partisimon.Com said...

Thanks tipsnya gan. Ohya, apakah ada contoh ceruk pasar yang pencarinya banyak tapi penyedia kontentnya sedkit (dalam bahasa inggris)?

thanks, and sukses selalu

Belajar Internet Marketing said...

To Partisimon:
Untuk mencari ceruk pasar tsb dibutuhkan riset. salah satu contohnya kata kunci "cure for infertility", pesaing yang menyajikan konten tsb masih sedikit.
Kalau mau lebih jelas, ebook Pak Edy Sihombing menjelaskan dengan detail. http://ambil.info/panduanclickbank1

salam sukses juga

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online