Monday, 17 November 2008

Sudahkah Anda Membuat Rencana Bisnis (Business Plan)

Wah materi hari ke-5 E-couse di BelajarBisnisInternet tentang pentingnya membuat rencana bisnis (business plan) mulai membuat saya pusing nih. Ternyata bisnis internet itu rumit juga ya. Katanya fakta membuktikan 90% orang memulai bisnis internet tidak membuat rencana sama sekali, itu sebabnya 90% lebih orang gagal dalam membangun bisnis internet. Waduh! Ehm sebenarnya saya punya rencana sih, tapi cuman di angan-angan, dan belum ada target yang jelas. Aduh kenapa persentase kegagalannya tinggi banget ya? Yah sudah terlanjur nyemplung, sayang nih kalau gagal gara-gara tidak adanya rencana bisnis (business plan). Oke deh saya mau belajar membuat rencana bisnis.

Membuat rencana bisnis itu ibaratnya kita membuat peta untuk mencapai tujuan (aduh, saya sering kesulitan nih kalau disuruh melihat peta, apalagi membuatnya). Saat membuat peta, kita harus tahu :

1. Di mana kita sekarang berada dan mana tujuan terdekat kita.
- Saya sekarang masih dalam taraf membuat blog di blogger (blogspot). Tujuan terdekat terus mengupdate blog ini dan menyelesaikan blog berbahasa Inggris untuk didaftarkan ke Google AdSense.
- Program afiliasi yang telah saya ikuti Formula Bisnis dan Asian Brain. Tujuan terdekat memperoleh prospek sebanyak mungkin dan mengubah prospek menjadi klien.
- Program PPC yang saya ikuti AdSenseCamp, Kumpul Blogger, PPC Indo. Tujuan terdekat memperoleh trafik yang banyak dan menyediliki gimana sih caranya membuat orang tertarik mengklik iklan-iklan tersebut?
(Ehm bener enggak nih kayak gini petanya. Aduh, ampun nih materi ini membuat saya tersiksa. Tapi bayangan 90% orang yang tidak membuat rencana bisnis akan gagal menghantui. Gimana nih? Help! Help!)

2. Bagaimana cara mencapai ke sana, apa alternatif jalan yang ada dan mana rute yang lebih nyaman.
Cara mencapai ke sana?
a. Dengan belajar dari orang yang sudah berpengalaman sebelumnya di bisnis ini. Untuk itu saya ikut kursus internet marketing di Asian Brain, guru saya Anne Ahira lho.
b. Masih kurang pede, haus ilmu nih soalnya, saya ikut E-course 29 hari di BelajarBisnis Internet, gurunya Bapak Sukarto dan Bapak Hianoto ( yang ngasih tugas sulit ini lho).
c. Selain itu saya langganan RSS dari blog-blog yang saya anggap bagus (coba check feedburner Anda, alamat email saya sudah terdaftar belum, kalau sudah berbanggalah berarti blog Anda saya anggap bagus. Eit kalau blog Anda bagus tapi saya belum mendaftar RSS-nya tolong kasih tahu ya).

Alternatif jalan yang ada dan rute yang lebih nyaman?
Aduh ini maksudnya apa ya. Beneran lho saya pusing nih...

3. Setelah tujuan tersebut tercapai, tentukan tujuan berikutnya, bagaimana cara mencapainya, dst.
Kalau sudah sukses dengan Google AdSense, saya kepingin belajar Pay Per Lead. Katanya sih lebih mudah daripada Pay Per Sale. Dengan Pay Per Lead cukup dengan memperoleh data orang kita sudah mendapat penghasilan (jadi dengan dapat prospek saja kita sudah dibayar tuh). Cara mencapainya, ya pelajari lagi deh materi bulan ke-3 Asian Brain dan materi di IM Fact and Strategies, kalau belum praktek khan belum tahu. Siapa tahu di kursus E-course ini ada materi yang membahas ini juga, lumayan buat nambah ilmu. Oh ya langkah selanjutnya belajar membuat website juga nih.

4. Bagaimana cara melakukan langkah pertama itu? Melakukan sendiri atau menyuruh orang melakukannya?
Kalau langkah pertama membuat blog sih melakukan sendiri tapi dengan belajar dari berbagai sumber: buku, kursus, blog orang lain, dsb. Kalau untuk langkah membuat website masih gelap nih.

Hm, sekarang masuk materi berikutnya. Membangun bisnis internet dalam 3 langkah:
1. Membuat content (artikel, news, forum, post, dll) atau offering (penawaran suatu produk / jasa, baik itu produk sendiri maupun produk orang lain).
Contohnya:
- copywriting (eit bentar cari tahu dulu, apa sih copywriting itu? nih sudah nemu katanya sih copywriting itu menulis tulisan secara persuasif dengan tujuan mencapai tujuan atau penjualan. Sebagai contohnya tukang bikin naskah untuk iklan, internet content, blog dll),
- ilmu membuat artikel review yang bagus sehingga orang tertarik membeli suatu produk.

2. Menampilkan content atau offering di website dengan cara tertentu sehingga sasaran yang diinginkan tercapai. Tujuannya:
- Membuat visitor mengklik iklan (contextual advertising)
- Membuat visitor membeli produk yang ditawarkan
- Sasaran lainnya
Contohnya ilmu tentang layout website sehingga dapat meningkatkan convertion rate.
Wah yang ini menarik untuk dipelajari nih...

3. Mendatangkan visitor / pengunjung ke website dengan berbagai strategi traffic generation
contoh:
- Menggunakan YouTube untuk mendatangkan visitor ke website
- Menggunakan social web media seperti friendster, facebook, dsb untuk meningkatkan visitor ke website.

Membuat Rencana Bisnis Internet:
1. Business Summary
Berisi penjelasan secara singkat mengenai bisnis kita, apa yang dilakukan untuk menghasilkan revenue / penghasilan, siapa target market, apa tujuan / sasaran yang ingin dicapai.

Ehm blog ini berisi panduan dasar bagi orang awam yang ingin belajar membuat blog atau pemula yang ingin mengoptimalkan blog-nya. Hal yang dilakukan untuk menghasilkan revenue dengan mengikuti program affiliasi Asian Brain, Formula Bisnis, Amazon, program PPC (AdsenseCamp, KumpulBlogger, PPC Indo). Tujuan / sasaran yang ingin dicapai tentunya membuat orang yang membaca blog ini paham akan tutorial yang ada dan saya bisa mendapatkan penghasilan dari nge-blog.

2. Competition Analysis
Menulis tentang hasil analisa terhadap semua kompetitor utama. Dalam bisnis untuk unggul kita perlu menjadi pioneer (yang memulai pertama kali) atau menjadi lebih baik daripada pesaing.

Wah yang dianalisa apa nih? Blog saya ini, aduh ampun deh. Yang jelas bukan pioneer, tapi untungnya juga bukan yang terakhir (kalau jadi yang terakhir pasti tutorial tentang cara membuat blog tidak laku deh karena semua orang sudah bisa membuat blog. Nah selama masih ada yang belum tahu cara membuat blog di blogspot, artikel ini masih ada yang mencari khan...). Lebih baik dari pesaing? Yah belum bisa nih, pesaingnya berat-berat, kelas kakap. Blog ini masih jadi kelas teri. Ya sudah saya lebih tertarik menganalisa affiliate marketing yang saya ikuti Asian Brain dengan E-couse 29 hari ini.

Analisa Kompetitor:
a. Kualitas produk yang dijual
Kalau menurut saya sih Asian Brain kualitas produknya bagus. Yang jadi masalah di harganya tuh. E-course 29 hari ini kalau tetap gratis bisa jadi kompetitor utamanya (prospek yang sudah berminat gabung jadi pikir-pikir setelah melihat ada yang gratisan, kalau yang sudah gabung sih tergantung sudah menghasilkan belum, umumnya sebagian besar murid Anne Ahira setuju materi yang diajarkan berbobot).

Asian Brain adalah pioneer kursus internet marketing pertama di Indonesia dan terbesar saat ini. E-course 29 hari dari BBI menggebrak dengan memberikan kursus yang katanya seharga Rp 1.500.000 secara gratis, modul pelajarannya juga berbobot, dikirim setiap hari melalui email. Janjinya setelah 29 hari kalau kita mengikuti dan menjalankan semua panduan yang ada kita bisa sukses, apa pun produk atau jasa yang kita jual. Yuk kita lihat bersama persaingan kedua kursus internet marketing online ini. Akankah Asian Brain sebagai pioneer tetap bisa memenangkan persaingan atau akankah E-couse 29 hari dari BBI bisa menyalip?

b. Siapa target market kompetitor
Baik target market Asian Brain maupun E-couse 29 hari kayaknya sama deh, orang yang berminat belajar internet marketing secara serius. Bedanya di Asian Brain butuh modal untuk mengikuti kursusnya, sedang di BBI masih gratis (Pak Sukarto dan Pak Hianoto, tolong berikan kesempatan bagi saya menyelesaikan kursus 29 hari ini dengan gratis ya, please. Jangan terburu-buru membuatnya berbayar :) ). Jadi BBI lebih dapat diikuti semua kalangan (semua orang tidak peduli kaya atau miskin masih doyan yang gratisan khan, apalagi kalau materinya berbobot, siapa yang nolak?).

c. Cara Menampilkan produk di websitenya
Karena Bu Guru Anne Ahira sudah mendirikan Asian Brain selama bertahun-tahun, tampilan websitenya lebih meyakinkan dengan adanya testimonial dan kesaksian para member. Selain itu Bu Guru Anne Ahira lebih terkenal karena banyaknya media baik koran, majalah, televisi, dsb yang pernah meliput beritanya.

Meskipun BelajarBisnis Internet masih baru, ternyata sudah ada testimonialnya juga .
Profil pendirinya Bapak Sukarto dan Bapak Hianoto . Di website dicantumkan ringkasan hal-hal yang kita pelajari selama mengikuti kursus 29 hari ini. Hal yang paling membuat tertarik ketika saya memutuskan mau mengikuti kusus ini adalah kata "gratis". Mungkin ini memang strategi yang digunakan BBI.

d. Cara order barang, apakah mudah / sulit / membingungkan
Menurut saya sih baik Asian Brain maupun E-couse BBI ini sama-sama mudah, tinggal mengisi data diri. Bedanya di Asian Brain untuk bergabung perlu transfer uang, kirim bukti transfer. Di BBI cukup isi nama dan alama email. ;)

e. Content / penjelasan yang diberikan
Di Asian Brain content-nya tentang Belajar Internet Marketing bersama Anne Ahira. Nama Anne Ahira ini sudah menjual karena Bu Guru Ahira terkenal sebagai internet marketer kelas dunia. Penjelasan pada modul bulanan yang diberikan lebih menekankan pada belajar bersama Anne Ahira, internet marketer kelas dunia. Kepada murid-muridnya di Asian Brain Bu Guru Anne Ahira membuka rahasia-rahasia suksesnya, hampir setiap modul ada penjelasan beserta contoh-contohnya. Bu Guru Ahira juga sangat kuat di risetnya dan benar-benar seorang praktisi, semua yang diajarkan di modul sudah dibuktikan terlebih dahulu keberhasilannya.

Di E-couse BBI content-nya Sukses Berbinis Internet Dalam 29 hari, dan yang lebih menariknya secara gratis (selama pemiliknya belum berubah pikiran). Penjelasan materi diberikan secara harian, dikirim melalui email selama 29 hari. Materi cukup mendetail disertai tugas yang harus dilakukan. Kalau benar semua peserta kursus yang benar-benar menerapkan ilmu yang diajarkan bisa sukses dalam 29 hari, wah pasti bakal membeludak nih peminatnya.

f. Bagaimana cara membangun kepercayaan dari pengunjung agar mau membeli
Pada awal pendiriannya, Anne Ahira yang dulunya pendiri Elite Team, memberi keanggotaan gratis selama 6 bulan pada mantan anggota Elite Team. Kemudian karena adanya sistem affiliate, semakin banyak orang yang tertarik. Mereka yang telah berhasil diminta membuat testimonial yang diharapkan bisa menginspirasi prospek agar tertarik bergabung menjadi anggota (membeli keanggotaan Asian Brain).

Pendiri BBI cukup cerdas dan kreatif dengan membangun kepercayaan dengan cara memberikan E-course selama 29 hari ini secara gratis (apalagi ada tulisan kursus ini seharusnya seharga Rp 1500.000 dan pemiliknya sewaktu-waktu bisa berubah pikiran). Suatu saat kelak bila memang kursus ini terbukti bermanfaat, orang yang telah mencoba E-course dan merasakan manfaatnya tentunya tak segan lagi mengeluarkan uang untuk membeli produk lain dari BBI.

g. Testimonial dari customer
Di Asian Brain karena sudah cukup lama berdiri, tentu sudah banyak testimonial yang masuk. Tuh dapat dilihat di sini.

Meski E-course BBI masih terbilang baru, ternyata sudah ada testimonialnya . Dengan memberikan E-course ini secara gratis dapat menarik orang mencoba produk sekaligus untuk feedback dan pengumpulan testimonial.

h. Money Back Guarantee
Di Asian Brain money back guarantee berlaku selama 10 hari. Tapi Bu Guru Anne Ahira dengan cerdik meletakkan materi Google Adsense tepat pada hari ke-10. Jadi bagi yang meminta refund uang kembali belum bisa mengintip rahasia sukses Anne Ahira dengan Google Adsense-nya.

Untuk E-course dari BBI ini karena gratis jadi ya tidak perlu adanya money back guarantee.

i. Kualitas jawaban dan layanan customer service terhadap pertanyaan yang diajukan prospek / pengunjung toko online
Di Asian Brain karena kursus ini sudah besar, maka sudah terorganisasi. Bu Guru Anne Ahira sudah tak mungkin lagi menanggapi semua pertanyaan calon prospek maupun murid-muridnya. Maka dibentuklah team khusus, yang diberi nama Asian Brain Support Team. Team ini dibagi menjadi bermacam-macam departemen. Kualitas jawaban dan layanannya secara umum baik. Tapi ada departemen yang memberikan jawaban dengan sangat memuaskan dalam waktu singkat, ada pula yang butuh waktu 1-2 hari baru pertanyaan dijawab.

Di BBI saya pernah mengajukan pertanyaan meminta ijin penulisan materi E-couse BBI di blog saya. Pak Sukarto dengan segera membalas email saya dengan jawaban yang menyejukkan hati. Terima kasih banyak Pak, dengan menulis ulang ini saya jadi lebih bisa memahami modul.

j. Kelebihan dari toko online kompetitor dibanding kompetitor lain

Kalau kelebihan Asian Brain menurut saya: pioneer, gurunya Anne Ahira internet marketer kelas dunia, modul pelajarannya sudah teruji, banyak murid Anne Ahira yang sudah berhasil.

Kelebihan E-course BBI menurut saya: masih gratis (tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendaftar dan mengikuti kursus), materi dapat diselesaikan dalam 29 hari, pendirinya care terhadap perkembangan dan kemajuan E-couse ini, materinya terjadwal setiap hari, cocok bagi orang yang mau serius mengikuti semua modul dan mempraktekkannya setiap hari (kalau benar-benar mau sukses di hari ke-30).

Itu menurut saya analisa kompetitor antara Asian Brain dan E-course 29 hari dari BBI. Soalnya kalau blog ini belum bisa dianalisa sih. Kompetitornya banyak banget dan tidak sebanding.

3. USP (Unique Selling Proposition)
Cara agar produk kita lebih unik, lebih unggul, dan lebih diingat oleh orang lain dibanding pesaing. Bila tidak ada bedanya maka kita akan dilupakan. Setelah mengetahui USP ini komunikasikan ke prospek / customer.

Wah apa ya USP blog ini? Ehm blog ini karena dibuat oleh pemula maka ditujukan untuk pemula juga. Nah di blog ini dibahas mulai dari hal-hal yang mendasar seperti cara membuat blog, cara menambah daftar link, cara mendaftar ke google, cara membuat sitemap, dsb. Semua ilmu dari dasar. Bagi pemula juga tidak perlu malu untuk bertanya, karena saya masih ingat persis bagaimana rasanya kebingungan mempelajari hal baru seperti ini. Selain itu blog ini isinya apa adanya, tidak dilebih-lebihkan. Kemajuan, kebingungan saya, dsb tertuang dan dapat Anda baca di blog ini.

4. Website Development Plan
Rencana pengembangan website, meliputi desain dan coding website.
Wah ya ini susah banget, lanjut dulu deh.

5. Content Development Plan
Rencana pembuatan isi website. Sebuah website yang bagus adalah website yang up to date. Hal ini sangat penting terutama di website dengan model bisnis contextual advertising yang perlu fresh content setiap saat.

6. Traffic Generation Plan
Bagaimana mendatangkan traffik / visitor ke website. Tanpa traffik, website menjadi tidak ada manfaatnya. Di traffic generation plan perlu dijelaskan mengenai:
a. Apakah akan menggunakan free traffik (articles, directories, SEO, dll) atau paid traffic (PPC, banner, iklan, dsb).
b. Strategi traffik apa yang akan diterapkan
c. Apakah akan dilakukan sendiri strategi mendatangkan traffik ini atau outsourcing ke pihak lain.
d. Berapa budget / bulan yang dialokasikan untuk mendatangkan traffik generation
e. Bagaimana sistem tracking dan statistik yang diterapkan sehingga tahu berapa banyak traffik dari masing-masing sumber.
f. Hal-hal yang berhubungan dengan traffik lainnya.

Wow panjang dan melelahkan materi hari ke-5 ini. Saya masih hutang materi tentang rencana pengembangan website dan rencana pembuatan isi website. Masih bingung nih...Ternyata belajar strategi internet marketing ini butuh perencanaan yang matang juga ya.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



11 comments:

tantan said...

Wah artikel panjang baget nich :lol: sy jadi ikutan pusing nich.
Barusan semangat baca artikel ini karna dapet dari BBI. Btw, break dulu bacanya ;)

Belajar Internet Marketing said...

Hehe sorry nih sudah membuat pusing. Salam kenal dan semoga sukses.

Irawan_ary said...

Wah mantab benar nih review compare ke dua sumber belajar bisnis internet...

Semoga bermanfaat buat yang lainnya yach...
Salam kenal boss.....

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses juga. Btw saya bukan boss nih...:)

Anonymous said...

salam kenal bu.....setelah saya baca kolaborasi antara asian brain vs BBI aduh seru banget nich...
jadi tertarik pengen ikutan bisnis di internet,cuma kendalanya dari mana saya harus memulainya?trs apakah semua isi contentnya hrs membahas mslh bisnis internet?mohon pencerahan bu,buat saya yg awam ini.....tankb4...

Dedi Suyitno said...

salam kenal bu.....setelah saya baca kolaborasi antara asian brain vs BBI aduh seru banget nich...
jadi tertarik pengen ikutan bisnis di internet,cuma kendalanya dari mana saya harus memulainya?trs apakah semua isi contentnya hrs membahas mslh bisnis internet?mohon pencerahan bu,buat saya yg awam ini.....tankb4...(tuh yg diatas aja bingung mo ksh nm mlh lupa...maaf y bu..)

Belajar Internet Marketing said...

Hai Dedi,
Salam kenal juga. Weda course milik Anda dan teman-teman ya. Tuh buktinya Anda sudah mulai melangkah :)
Bisnis internet itu luas kok cakupannya. Bisa ke blog, website, ebook, toko online, dsb.
Yang paling gampang membuat blog, isi contentnya terserah bisa dari hobby, keahlian, hal yang bisa menghasilkan uang dari internet, dsb.
Bisnis handphone, pulsa,laptop pun bisa.
Untuk belajarnya pun Anda punya pilihan, mau yang gratisan ada, yang berbayar juga ada. Tergantung sikon Anda juga. Kalau Anda serius ingin belajar dan siap modal (sekitar 2 juta untuk 1 tahun, untuk uang kursus plus domain dan hosting) coba Asian Brain. Belajarnya jauh lebih terarah, ada tantangan 120 harinya juga. Tapi harus siap buat blog bahasa Inggris ya.
Salam sukses.

Andhika Wijaya Kurniawan said...

Salam kenal,

Artikel yang luar biasa sekali. Dapat membantu para Newbie Internet Marketer untuk memulai. Kembangkan terus bu dan Maju Terus Internet Marketer. ^_^

Salam Action & Go Success,
Andhika Wijaya Kurniawan
[www.andhikawijayakurniawan.co.nr]

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga buat Andhika
Materi ini diperoleh dari Belajar Bisnis Internet, dulu materinya diberikan secara gratis lewat internet, sekarang bukunya dijual di toko buku.
Salam sukses ya

leemonzz said...

wow artikelnya keren-keren...
makasih infonya, artikel yang ditulis di blog ini sangat membantuku buat yang masih newbi..
hahaha
jadi tertarik buat baca semua artikelnya satu per satu..
@_@' panjang-panjang...

makasih banyak yah, sukses selalu. GBU

handout said...

terimakasih sudah berbagi
semoga sukses selalu..
kunjungi saya di..
BLOG SAYA
lirik juga..
REPOSITORY

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online