Friday, 14 November 2008

Tips Memilih Model Bisnis Terbaik

Tips Memilih Model Bisnis Terbaik berikut ini saya ambil dari materi E-course sukses berbisnis di internet dalam 29 hari : Panduan praktis langkah demi langkah membangun bisnis internet yang sukses dalam 29 hari apapun produk atau jasa yang Anda jual. E-course ini dikelola oleh Bapak Sukarto dan Bapak Hianoto Santoso. Bagi Anda yang tertarik mengikuti kursusnya, silakan masukkan nama dan alamat email di belajarbisnisinternet.com. Kursus ini sebenarnya seharga Rp 1.500.000. Tapi ada kabar baik nih, sementara ini diberikan secara gratis, dikirim dalam file setiap hari ke alamat email Anda. Silakan baca ringkasan materi ini dan bila Anda merasa materi ini bagus, jangan tunda lagi untuk mendaftar. Bagaimanapun membaca secara utuh akan membuat Anda mengerti dengan lebih baik.

Di hari pertama kita diajari tentang Pentingnya Mindset Sukses. Nah di materi hari kedua diajarkan tentang berbagai model bisnis yang populer di internet. Sebenarnya peluang dan cara menghasilkan uang di internet tidak terbatas. Hal ini berarti kabar baiknya peluang sukses setiap orang untuk sukses di bisnis internet sangatlah besar. Jumlah peluang / cara menghasilkan uang di internet begitu banyak sehingga setiap orang yang baru memulai bisnis internet akan menemukan peluang yang akan menjadi jalannya menuju kesuksesan. Namun kabar tidak baiknya adalah karena begitu banyaknya peluang, seringkali orang yang baru mulai akan kebingungan peluang / cara manakah yang ingin dikerjakan.

Hal tersebut menjadi penyebab utama orang berpindah dari satu model bisnis ke model bisnis lain, hanya berdasarkan mana yang paling mudah dan paling cepat menghasilkan uang paling banyak. Tetapi memilih model bisnis hanya berdasarkan hal tersebut merupakan cara yang keliru dalam memilih bisnis.

Seperti di bisnis konvensional, dalam bisnis internet kita perlu memilih model bisnis yang mempunyai prospek bagus, tetapi yang lebih penting kita memilih yang sesuai dengan minat, pengetahuan dan pengalaman. Inilah cara yang benar dalam memilih bisnis internet. Hal yang juga penting adalah memilih niche / ceruk pasar ataupun memilih produk / jasa yang mau kita pasarkan.

Setiap pribadi unik sehingga cara setiap orang untuk mencapai kesuksesan juga unik. Yang terbaik buat si A belum tentu menjadi yang terbaik buat kita. Setiap orang harus mencari yang terbaik bagi dirinya. Jadi yang perlu dicari bukan model bisnis yang paling baik melainkan yang paling cocok dan terbaik buat diri kita.

Untuk menemukan yang terbaik, kita perlu mencoba melakukan beberapa model bisnis, baru akhirnya dapat menentukan yang terbaik bagi kita. Kenali kelemahan dan kekuatan diri, serta aktifitas yang dilakukan di setiap model bisnis. Filter / saring model bisnis yang tidak cocok sejak awal agar tidak sampai membuang waktu dan energi untuk belajar dan melakukan model bisnis yang tidak cocok.

Lima kategori model bisnis di internet:
1. Sell your own product : menjual produk kita sendiri atau produk orang lain yang kita stock, ada beberapa cara:
a. Melalui website / blog kita. Contoh search di Google toy trains online store. Untuk pasar Indonesia toko buku online.
b. Melalui website populer seperti eBay, portal perdagangan atau website populer lainnya. Contoh AliBaba.com (orientasi ekspor import, perdagangan antar bisnis ke bisnis / B2B). Untuk market Indonesia bisa menggunakan bekas.com, iklanbaris.com.
c. Menjual E-book / elektronik book, yaitu buku yang berupa file (umumnya PDF) yang bisa dibaca melalui komputer / PDA tapi bisa juga kita print, misalkan weight loss ebook. Di Indonesia kebanyakan ebook mengambil topik menghasilkan uang dari saham, forex, internet marketing.
d. Menjual Multimedia Course berupa video / audio misalkan photoshop video course
e. Menjual software, cari yang biayanya dibayarkan periodik, setiap bulan atau setiap tahun, misalnya software antivirus yang perlu diupdate, software email autoresponder (seperti Aweber.com, GetReponse.com) yang membutuhkan biaya bulanan / tahunan agar kita tetap bisa mengirim email ke seluruh database prospek / pelanggan. Hal ini merupakan cara cerdas karena dari satu penjualan, penghasilan dapat diperoleh terus secara pasif.
f. Menjual akses keanggotaan / membership misal membership untuk club, fitnes, golf, cooking membership site.
g. Menjual produk yang right / haknya Anda miliki: Resell Right (kita memiliki hak untuk menjual kembali produk ke end user dan menerima 100% uang yang dibayarkan, tapi end user tidak boleh menjualnya kembali). Sedangkan di Master Resell Right customer diperbolehkan menjual kembali produk dengan kompensasi 100% untuk dirinya. Coba cari di Google fat loss resell right.
h. Menjual produk hasil packaging ulang dari produk PLR (Private Label Right). Kita boleh mengedit, mengubah, bahkan mencantumkan nama kita sebagai pemilik produk. Coba cari di Google golf ebook plr

2. Sell your own services : menjual servis / jasa kita.
Outsourcing Marketplace : perantara antara penyedia jasa dan yang membutuhkan jasa. Ada yang bersifat umum, ada yang spesifik ke jasa tertentu seperti coding / pemrograman atau jasa desain. Jasa yang banyak dibutuhkan : jasa desain grafis, jasa pembuatan website, jasa coding / pemrograman software / script, jasa menulis artikel, jasa copywriting, jasa ghostwriting, jasa membuat transkrip, jasa penerjemah, jasa virtual assistant, jasa melakukan SEO (Search Engine Optimization), jasa mengelola iklan PPC.

3. Affiliate Marketing : menjual / mereferensikan produk / jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead / prospek yang diberikan (Pay Per Lead), atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click). MLM atau network marketing online juga termasuk affiliate marketing.

4. Contextual Advertising : kita membuat website / blog dengan content / informasi yang menarik sehingga banyak pengunjung, penghasilan diperoleh dari iklan berupa teks, banner, video yang relevan dengan isi / content website / blog.

5. Site Flipping : transaksi jual beli website

Bagi Anda yang ingin mengetahui penjelasannya lebih mendalam, jangan lupa mendaftarkan nama dan alamat email Anda di belajarbisnisinternet.com untuk memperoleh materi kursus ini secara gratis. Sst katanya sih mereka sewaktu-waktu bisa berubah pikiran dan kursus ini tidak gratis lagi lho. Makanya jangan tunda-tunda lagi deh.
Reblog this post [with Zemanta]

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



3 comments:

Yopan Prihadi said...

Untuk saat sekarang saya lebih fokus kepada bisnis affiliate sebelum merambah bisnis yang lain..
Memang diperlukan sekali keseriusan dan fokus kepada bidang yang kita jalani.
Makasih banyak infonya...menarik sekali buat saya.

Belajar Internet Marketing said...

Kalau info yang ini sih dari belajarbisnisinternet.com, sengaja saya tulis ulang di blog biar banyak orang tahu dan biar saya lebih paham juga :-)

Wah saya jadi tertarik membaca blog Anda nih...
Thanks atas kunjungan dan nasehatnya.

handout said...

terimakasih sudah berbagi
semoga sukses selalu..
kunjungi saya di..
BLOG SAYA
lirik juga..
REPOSITORY

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online