Tuesday, 18 November 2008

Tips Memilih Nama Domain

Materi E-couse Belajar Bisnis Internet hari ke-6 ini berjudul Cara Mudah Memiliki Domain. Topik ini disajikan oleh Bapak Hianoto Santoso. Ehm apa sih domain itu? Menurut Wikipedia nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet saat melakukan akses ke server, untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka IP address yang rumit. Nama domain ini juga dikenal dengan istilah URL atau alamat website.

Agar situs internet dapat dilihat dari seluruh pengunjung dari seluruh dunia, maka content / isi situs harus ditaruh di server dengan public IP address sehingga bisa diakses dari mana pun. IP adress adalah sederetan angka-angka yang mewakili alamat komputer di suatu jaringan sehingga komputer-komputer tersebut bisa saling berhubungan.

Sebagai contoh bila kita disuruh mengingat IP address 74.220.21.9.59 tentunya sulit bukan, itu baru 1 IP address, bagaimana jika 10, 20, dst? Namun setelah dengan bantuan DNS server IP address tersebut diterjemahkan menjadi BelajarBisnisInternet.com, tentunya kita dapat lebih mudah mengingatnya. Nah BelajarBisnisInternet.com itu lho yang kita kenal dengan istilah nama domain.

Kenapa sih kita kok repot-repot belajar domain ini?
Ehm, selama ini khan kita belajar membuat blog di blogspot, prosesnya memang mudah banget, tidak perlu ribet-ribet memikirkan nama domain, hosting, dsb. Nah langkah selanjutnya kita akan belajar membuat website. Ada sebagian program penghasil uang yang mensyaratkan kita memiliki website. Bila kita memang benar-benar berniat serius di bisnis internet marketing, selain menggunakan blog gratisan, kita harus memiliki website juga.

Nah untuk membuat website kita butuh nama domain dan hosting. Pembahasan kali ini meliputi cara mendaftar nama domain dan tips memilih nama domain. Sebelum memilih nama domain, sebaiknya Anda pikirkan baik-baik terlebih dahulu, karena kalau salah pilih nama, tidak bisa dikembalikan / ditukar. Selain itu pikirkan juga nama alternatif karena ada kemungkinan nama yang Anda pilih ternyata sudah digunakan oleh orang lain. Oh ya pada umumnya nama domain ini membutuhkan investasi yang harus dibayar / tahun.

Ada beberapa macam Domain name, ada yang Global Top Level Domain, ada pula yang spesifik untuk Indonesia. Contoh nama Domain untuk Global Top Level Domain:
- .com untuk perusahaan
- .net untuk ISP (Internet Service Provider)
- .org untuk organisasi
- .info untuk informasi
- .biz untuk bisnis

Contoh nama Domain yang spesifik untuk Indonesia (ccTLD : Country Code Top Level Domain)
- .co.id untuk perusahaan
- .net.id untuk ISP (Internet Service Provider)
- .ac.id untuk akademi / universitas
- .go.id untuk pemerintahan
- .or.id untuk organisasi
- .web.id untuk individu / pribadi

Bila kita hendak mendaftarkan domain name untuk Global Top Level Domain, Pak Hianoto dari Belajar Bisnis Internet menyarankan kita menggunakan layanan NameCheap.com dengan alasan:
1. Customer support bagus
2. Jasa layanan berkualitas
3. Harga relatif murah (belum tentu yang termurah lho)

Untuk mendaftarkan domain lewat NameCheap.com dapat dilakukan melalui:
http://belajarbisnisinternet.com/go/namecheappdf
Proses pendaftaran:
1. Ketik nama domain yang ingin didaftarkan (tanpa akhiran .com / .net /.info, dll)
2. Centang / tandai akhiran domain yang ingin dipilih mis .com
3. Klik tombol search

Maka akan nampak tabel yang berisi informasi apakah nama yang kita pilih masih tersedia dan ada alternatif untuk akhiran lain. Dari situ kita bisa tahu mana yang sudah dipakai orang, mana yang masih tersedia. Misalkan belajarbisnisinternet.com dan belajarbisnisinternet.net sudah diambil orang lain, tapi belajarbisnisinternet.info masih tersedia. Bila kita hendak memilih nama domain belajarbisnisinternet.info, centang / tandai nama domain tersebut, kemudian klik add to cart.

Wah ada info nih, bila kita mendaftarkan domain baru di NameCheap.com, sebaiknya kita memanfaatkan coupon code untuk mendapat potongan harga. Caranya search di Google name cheap coupon November 2008 (bulan dan tahun sesuaikan dengan waktu Anda waktu search).

4. Untuk menggunakan coupon code tersebut, ketik coupon code tersebut di bawah domain nama yang Anda daftarkan. Klik Apply coupon.

5. Setelah itu klik Express Checkout

6. Login ke account Anda dengan mengetikkan username dan password. Bila belum punya account, daftar dahulu dengan mengklik sign-up for a free account now.

7. Setelah login, masukkan informasi tentang pembayaran transaksi pendaftaran domain name. Ada 2 pilihan: dengan dana yang tersimpan di account atau dengan kartu kredit.

8. Bila Anda memilih dengan kartu kredit, masukkan data-data yang diperlukan, masukkan semua informasi dengan benar.

9. Klik tombol charge and process. Tunggu hingga transaksi selesai.

Tips dalam memilih nama domain:
a. Panjang karakter maksimum 63 karakter, namun sebaiknya tidak terlalu panjang dan mudah diingat.
b. Upayakan memilih nama domain yang mengandung kata kunci (keyword) untuk industri yang sesuai dengan website Anda. Hal ini selain memudahkan pelanggan dalam mengingat, juga membantu SEO (Search Engine Optimization) agar website tersebut menempati peringkat yang baik dalam hasil pencarian (Search Engine Result Page/ SERP)
c. Hindari nama domain yang mengandung merk terdaftar (registered trademarks) karena bisa jadi perusahaan pemilik merk terdaftar tersebut akan menggugat Anda di pengadilan.
d. Bila Anda telah mendapatkan nama domain yang cocok dan tepat untuk bisnis Anda, segera daftarkan. Anda terlambat, bisa jadi nama domain yang Anda incar sudah diambil orang lain.
e. Lakukan perpanjangan nama domain tepat waktu (sebaiknya lebih awal dari periode kadaluarsanya). Bila terlambat memperpanjang, resikonya kita akan kehilangan nama domain tersebut. Biasanya periode perpanjangan per tahun.

Materi selanjutnya adalah webhosting. Saat mendaftar webhosting, ada kemungkinan kita akan mendapat promosi domain name (mungkin gratis, mungkin ada diskon khusus). Yuk kita ikuti terus E-course ini. Masih kurang 23 hari lagi nih.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



8 comments:

Belajar Internet Marketing said...

Ihhh bagus banget reviewnya. :)

Kapan nih blog saya di review, seperti blognya Ardian dan belajarbisnisinternet. :)

Eh, kayaknya saya nemu commentnya Yusi dimana-mana yah? pas namanya sama lagi, saya pikir saya, eh tahunya Yusi. :)

Kayak kembaran yah. :P

Yusi Setiawati said...

Wah hari ini Pak Kusuma lagi blogwalking ya, mampir ke blog Ardy dan blog saya ya...
Ehm Pak Kusuma kalau ngasih komentar heboh deh, bikin orang lain penasaran, sedang yang dikomentari senang tapi pipi memerah karena malu...
Iya saya juga pernah tuh pas ngelihat Belajar Internet Marketing, kirain saya eh tahunya Pak Kusuma, kecele deh. Sempat bingung juga, kapan ya saya ngasih komen ini...

Belajar Bisnis Online said...

Terima kasih Yusi,

Iyah kadang mesti rajin blogwalking juga kan, supaya orang juga senang kita mampir, disuguhin ala kadarnya nggak apa.

Kalau cuman mau dimampiri nggak mau mampir, kan kecut juga :)

Heboh? maksudnya apa tuh? :) banyak pakai smile or? :)

Jadi kasih koment juga ada pelajarannya yah, biar, banyak yang berkunjung ke blog kita. :) baru ngeh loh sekarang.

Pipinya blossom karena shy. :)

Benar, karena sama, suka mikir itu diri sendiri... hahaha... padahal kembarannnya. :)

Belajar Internet Marketing said...

Iya nih di dunia blogging kita mesthi rajin saling berkunjung dan menyapa. Lumayan juga ya bisa dapat banyak teman dan sahabat.

Hehe kalau kita kasih komentar di blog yang rame, kayak blog Ardy, blog Bayu si Bocah Ajaib, coba deh bikin kata-kata yang membuat orang penasaran, ntar khan ada yang bakal mampir ke blog kita.

Komentarnya Pak Kusuma heboh, penuh pujian, penuh semangat. Beda deh dari yang lain.

Eh di blog Pak Hianoto kalau kita ngasih komen pakai nama Belajar Internet Marketing dianggap little spam lho, ganti nama asli baru bisa...

sehat dengan reiki said...

Di samping memberi komentar ke blog yang page rank nya gede ada baiknya kita juga menyempatkan face to face comunication by phone ke pemilik blog itu.Wah dengan cara ini kita sudah selangkah maju dalam berkomunikasi. Pertama komunikasi menggunakan bahasa tulisan melalui aktivitas ngeblog. Kedua komunikasi suara melalui telepon sekalipun kita tidak disuguhi secangkir teh hangat, sekerat roti donat dan sekedar say hello saja. Ketiga kalau kita beruntung disuruh mampir ke rumah pemilik blog untuk copi darat dan segala akomodasi beserta fasilitasnya ditanggung pemilik blog yang ngetop itu. Keempat saya masih berpikir, "Apa ya yang sebaiknya saya sarankan kepada bloger agar rajin berkunjung satu sama lain melalui dunia Maya Rumantir, eh...eh...bukan...maksud saya dunia Maya. Saya masih terus berpikir untuk itu....

Belajar Internet Marketing said...

Terima kasih pada Pak Djoko yang masih mau memberi komentar di blog yang PageRank-nya masih nol ini.
Mengenai temu darat blogger kayaknya yang sudah ada pesta blogger dan world camp ya? Ehm daripada salah info mending tanya ke blogger yang sudah lama deh. Di Madiun kayaknya sering ada pertemuan blogger, coba tanya Bayu Mukti si Bocah Ajaib. Di Surabaya Mas Cosa Aranda dan Medhy Blogguebo juga sering ngadain acara. Di Yogya coba tanya Ardy Pratama, Di Denpasar tanya Pak Kusuma, lainnya...
Sukses buat Anda

tika said...

mat kenal admin,blognya bagus dan menarik semangat para blogger,untuk kemajuan bersama.tp alexsa saya masih page Rankings 2.

Belajar Internet Marketing said...

Hai Tika, Blogmu bagus kok. Google index banyak tuh ada 701. Saat ini memang Google PR masih 0 dan Alexa rank 5.807.479.
Katanya sih Google sukanya sama keywords, konten dan backilink. Kalau Alexa katanya melihat traffic dari IP address yang berbeda yang memasang Alexa toolbar.
Terus aja posting secara teratur, kalau bisa ditambah dengan teknik SEO pakai internal linking dan memperbanyak backlink.
Salam sukses ya...

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online