Wednesday, 26 November 2008

Tips Menjadi Affiliate dari Banyak Merchant

asb-banner-fb-01 Materi hari ini Menjadi Affiliate dari Banyak Merchant diambil dari E-course hari ke-14 dari BelajarBisnisInternet.com (materi hari 8-11 tentang Word Press dan materi 12-13 tentang toko online wordpress tidak saya tulis ulang). Dalam affiliate marketing program, kita belajar menghasilkan uang dengan menjual produk atau jasa orang lain.

Secara sederhana, menghasilkan uang melalui menjadi program affiliate marketing dibagi menjadi 3 langkah:
1. Mendaftar menjadi affiliate merchant yang kita pilih
2. Melakukan promosi produk merchant di website, iklan, atau email dengan affiliate link yang telah kita dapatkan di langkah 1
3. Membuat banyak orang melihat promosi yang telah kita lakukan di langkah 2. Di langkah 3 ini kita harus berusaha mendatangkan traffik / visitor.

Jadi bila kita ingin memperoleh komisi dari program affiliate marketing, kita harus mendaftar , memenuhi persyaratan dan diterima mengikuti program affiliate marketing tersebut (ada kemungkinan pendaftaran kita ditolak). Karena itu sebaiknya kita pelajari dulu agar kita tidak salah memilih program affiliate dan peluang kita diterima semakin besar.

Dilihat dari cara pengurusan program affiliate management, ada 2 jenis affiliate program:
1. In-house affiliate program
- Perusahaan mengurus sendiri management affiliasi programnya
- Kita melakukan pendaftaran langsung ke merchant. Di website merchant ada petunjuk dan form untuk sign-up menjadi affiliate.
- Contoh In-house affiliate program: Amazon.com, eBay.com, Implix (perusahaan yang terkenal dengan produk autoresponder melalui email GetResponse)

2. Affiliate Network
- Perusahaan tidak melakukan sendiri management affiliasi programnya melainkan melakukan outsourching ke perusahaan lain yang mengurusi seluruh aspek administrasi, teknis, tracking dan pembayaran komisi affiliate.
- Kita bergabung dahulu ke affiliate network setelah itu daftar / apply menjadi affiliate merchant melalui menu di affiliate network bukan melalui website merchant.
- Contoh affiliate network: Commission Junction, linkshare, shareasale, ClixGalore, TradeDoubler, double click performics
- Contoh affiliate network populer yang fokus ke produk digital seperti ebook, software, course adalah Clickbank, click2sell, paydotcom, nregnow
- Affiliate network yang mengkhususkan pada Pay Per Lead (PPL) adalah Hydra, Copeac, Azoogle, ClickBooth

Dalam melakukan affiliate marketing, ada 2 pendekatan dalam menentukan merchant mana yang mau dipromosikan:
1. Kita sudah tahu produk / jasa mana yang mau dipromosikan, tinggal mencari merchant yang bagus, kemudian mendaftar menjadi affiliate-nya.
- Misalnya menjelang Hallowen (31 Oktober) di negara Barat banyak orang yang merayakan dan mencari kostum Hallowen. Bila kita ingin memanfaatkan momen tersebut, 1 bulan sebelumnya daftarkan diri menjadi affiliate costume Haloowen. Untuk mengetahui merchant yang memiliki program affiliate untuk kostum Hallowen ini, dapat dilakukan dengan search di Google. com, Ketikkan hollowen costume + affiliate + program, klik search maka akan tampak hasilnya.

- Misalkan kita ingin menjadi affiliate dari aksesoris ipod maka search di Google.com ketikkan ipod accessories + affiliate + program, klik search.

- Ada merchant yang hanya mau menerima affiliate yang memiliki website yang relevan dengan produk / jasa yang mereka jual, tetapi ada pula merchant yang menerima semua affilate yang mendaftar.

2. Kita belum tahu produk / jasa yang mau dipromosikan sehingga bergabung ke Affiliate Network untuk mencari merchant atau produk yang bagus untuk dipromosikan.
- Hampir semua affiliate network mensyaratkan kita memasukkan alamat website saat melakukan pendaftaran. Hal ini sering menjadi salah satu kriteria diterima / tidaknya pendaftaran kita.

- Dalam pendaftaran ke Shareasale misalnya kita diminta untuk mengisi nama website utama kita yang harus memenuhi kriteria:
a. Menggunakan top level domain seperti .com, .net, .org, .info, .biz, dan sejenisnya.
b. Website menggunakan bahasa Inggris
c. Website yang sudah selesai pembuatannya, bukan website yang masih underconstruction
d. Tidak menggunakan web hosting gratisan
e. Jika Anda menggunakan proteksi WHOIS di nama domain Anda, lepaskan proteksi tersebut sementara agar pihak affiliate network atau merchant bisa mengecheck bahwa nama domain tersebut memang milik Anda.

Sebelum menentukan program affiliate mana yang hendak kita ikuti, sebaiknya kita mempelajari dulu persyaratannya dan berusaha memenuhinya. Selain website berbayar, ada beberapa affiliate merchant yang mensyaratkan kita memiliki PayPal. Sebaiknya kita mulai membuatnya sekarang karena proses verifikasinya membutuhkan waktu. PayPal sekarang sudah support bahasa Indonesia sehingga lebih mudah bagi kita untuk mendaftar. Untuk mendaftar PayPal dibutuhkan credit card, bagi yang belum memilikinya bisa mulai membuat atau bagi yang merasa sulit memenuhi persyaratan pembuatan credit card, bisa menggunakan Virtual Credit Card (VCC).


Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



2 comments:

Zona Blogger said...

Hi.. lam kenal..
Nice blog, ijin copy link yaa

Belajar Internet Marketing said...

Hai Zona blogger,
Enggak masalah ngocpy artikelku asal ada link ke blog ini...
Salam kenal dan salam sukses ya

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online