Saturday, 8 November 2008

Tutorial Membuat Blog di Blogger dan Cara Optimasi

Bagi blogger pemula atau calon blogger (yang kepingin banget membuat blog tapi masih bingung bagaimana caranya), artikel berikut ini mudah-mudahan dapat membantu Anda. Untuk menjadi blogger persyaratan paling utama adalah memiliki blog. Susah enggak sih membuat blog itu? Tenang aja, gampang banget kok. Anda bisa mulai dari blog gratisan, contohnya blogger ini (yang berakhiran blogspot.com itu lho). Untuk membuatnya cukup dengan 3 langkah mudah.

Sebelum Anda mulai lebih baik persiapkan dulu topik apa yang ingin Anda tulis di blog, judul blog, dan alamat blog Anda. Untuk alamat blog ini pikirkan beberapa alternatif, karena bila topik Anda banyak saingannya, ada kemungkinan alamat blog yang Anda incar sudah terpakai.

Kemudian sebaiknya Anda memiliki alamat account email di Gmail (Google mail). Hal ini memang bukan suatu keharusan, tapi memiliki alamat email di Gmail akan memudahkan Anda. Gmail milik Google, search engine no 1 saat ini, banyak sekali program yang terintegrasi. Dengan memiliki account email di Gmail akan memudahkan Anda saat register Google AdSense, Google Analytics, Google Webmaster Tools. Jadi lebih baik dari awal Anda mendaftar dengan Gmail. Bila belum punya coba daftar di mail.google.com.

Setelah itu Anda masuk ke www.blogger.com. Sekarang Anda bisa mulai membuat blog:
1. Langkah pertama: Create a Google Account / Buat Akun
yang dimaksud di sini adalah membuat email di Gmail.

2. Langkah kedua: Name your blog / Beri nama blog Anda
a. Blog title / Isikan judul blog
b. Blog Address /Alamat blog (URL). Bila sudah diisi coba check availability (cek ketersediaan). Bila terdapat tulisan Maaf, alamat blog ini tidak tersedia, berarti Anda harus mengganti dengan alternatif nama lainnya.
c. Verifikasi kata: ketik kata yang Anda lihat di layar monitor Anda
Klik lanjutkan.

3. Langkah ketiga: Choose a template / Pilih template Anda.
Silakan pilih dulu template yang tersedia di sana. Tenang saja template ini nantinya bisa kita ubah lagi kok nantinya, misalkan mau diupgrade menjadi template blogger 3 kolom, atau template lain yang Anda inginkan.

Selesai sudah. Sekarang Anda sudah memiliki blog dan bisa memulai posting artikel Anda. Bila Anda merasa tidak puas dengan template Anda dan ingin mengubahnya coba baca artikel Template Blogger 3 Kolom. Di sana ada beberapa referensi situs yang menyediakan template gratis.

Nah setelah Anda memposting beberapa artikel, Anda bisa mulai mendaftarkan blog Anda ke Google dan membuat sitemap. Tujuannya agar robot Google lebih mudah dan lebih cepat mengenali blog kita dan mengindex-nya. Hal ini akan berpengaruh pada pencarian situs / artikel kita di search engine Google.

Bila Anda ingin mengetahui statistik pengunjung blog Anda, gunakan Histats, hit counter yang gratis, memuat berbagai informasi dan mudah penggunaannya. Selain itu daftarkan juga blog Anda ke Google Analytics. Penggunaan Histats dan Google Analytics bersifat saling melengkapi sehingga Anda dapat melakukan analisa yang lebih mendalam mengenai pengunjung blog Anda dan statistiknya. Banyak informasi yang bisa diperoleh dari kedua alat ini, kita jadi dapat mengetahui:
1. Berapa pengunjung blog Anda saat ini, data per jam, per hari, per bulan, dst.
2. Artikel mana yang paling banyak dibaca, berapa lama rata-rata pengunjung membaca artikel tersebut.
3. Dari daerah mana mereka berasal, bahasa apa yang mereka gunakan, operating systems apa yang mereka gunakan, dsb.
4. Berapa banyak pengunjung Anda yang berasal dari search engine, apa kata kunci yang mengarahkan mereka ke artikel pada blog Anda.
5. Berapa pengunjung yang datang dari referensi website lain (mungkin karena Anda pernah meninggalkan komentar di blog lain, atau dari direktori blog, atau karena iklan Anda, dsb). Kalau Anda melakukan promosi dengan berbagai media, dengan menggunakan tools ini Anda dapat mengetahui media promosi apa yang tingkat keberhasilannya paling tinggi.
6. Berapa banyak yang langsung datang (tanpa referensi, mungkin teman Anda / pengunjung yang pernah datang sebelumnya dan telah menyimpan alamat blog Anda).
7. Dsb.

Anda sebaiknya juga melakukan optimasi blog Anda, dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO) yang sangat bermanfaat agar artikel Anda bisa menempati urutan atas di search engine bila disearch dengan kata kunci tertentu. Selain itu daftarkan juga blog Anda ke search engine dan berbagai layanan gratis, mendaftarkan blog ke Technorati, gunakan fasilitas Feedburner, submit artikel ke berbagai artikel direktori.

Bila Anda ingin mendatangkan pengunjung blog coba baca tipsnya. Coba pelajari juga Aplikasi SEO untuk meningkatkan trafik Blog. Jangan lupa pelajari juga tips meningkatkan alexa rank. Alexa rank ini berguna bila kita ingin menghasilkan uang dari blog karena banyak program yang mensyaratkan nilai minimum Alexa Rank. Bila ingin mengetahui apa beda Alexa rank dengan Google PageRank dapat dibaca pada artikel Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank.

Bagi yang suka utak-atik blog, ada trik dan tips yang mudah diikuti. Kita tinggal copy paste kode HTML dan mengikuti petunjuk yang ada, untuk itu dapat dipelajari di:
1. Blog Kang Rohman dengan kolom tutorialnya. Penjelasannya detail cocok untuk blogger pemula.
2. Blog Mas Kendhin dengan trik-tips blogspot. Kalau yang ini kadang dalam menjelaskan lucu banget, penuh humor. Banyak sekali trik dan tips yang tersedia.

Bagi yang ingin belajar secara mendalam mengenai internet marketing, salah satu caranya adalah belajar dari ahlinya. Anne Ahira, internet marketer kelas dunia membuka kursus internet marketing online. Bagi yang ingin belajar dapat mendaftar di Asian Brain. Dapatkan modul gratis hanya dengan mengisi data diri Anda.

Nah, sekarang silakan dipraktekkan deh. Selamat otak-atik blog. Kasih kabar ya bagaimana hasilnya. :)

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



2 comments:

Martin said...

The journey of Alexa- The Web Information Company has never been a smooth one. Alexa that has been in the scenario almost from the start of the Web had seen immense growth and popularity and then a pretty morbid phase. However, it went back to the drawing board and sketched out new ways to pull back the company to steadiness. Several new innovations and changes have been made to Alexa since the time of its inception partly to stay in sync with the changing times and demands and partly to combat its competitors. As for example, till some time back the popularity of various websites was measured by the data collected from the users of the Alexa toolbar. However, the company went for a change in April 2008. Today other factors, apart from the Alexa toolbar, are also taken into account to determine the popularity and traffic of a given website. However, the point to ponder is that the “other sources” that are determinant of a websites Alexa rankings are not clearly cut out. They are vague and misty. Nevertheless, Alexa is still one of the most credible and powerful players of the web.

Tutorial Blog said...

lengkap juga ya tutorial blog nya....
salm kenal sob!

Tutorial Blog

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online