Sunday, 21 December 2008

Cara Cepat tapi Beresiko atau Cara Lambat Tapi Pasti

Apakah yang Anda cari dari bisnis internet marketing ini? Uang melimpah dari internet dalam waktu sekejap tapi beresiko ataukah suatu bisnis yang tumbuh berkesinambungan tapi butuh waktu? Bisnis yang dimulai dari kecil, kemudian tumbuh menjadi besar, terus berkembang seiring berjalannya waktu dan pada akhirnya bisa menjadi passive income?

Hm kalau disuruh memilih sih saya condong ke pilihan kedua, bisnis yang tumbuh berkesinambungan. Apa gunanya kalau mendapat uang melimpah tapi hanya dalam waktu singkat, kemudian uang tersebut hilang lagi tak bersisa dan bahkan menimbulkan kerugian? Tapi... menunggu suatu bisnis yang kita bangun menjadi tumbuh dan berkembang ternyata juga membutuhkan kesabaran ekstra. Kadang gemes juga, kenapa lambat sekali perkembangannya. Pupuknya kurang bagus, tanahnya yang kurang subur, atau pekerjanya yang malas ya?

Tanah yang kurang subur di bisnis internet marketing ini bisa diartikan sebagai topik / tema / artikel yang kurang menarik, kurang banyak peminatnya atau malah terlalu banyak pesaing. Pupuk yang kurang bagus berarti kita kurang memberi sentuhan pribadi, teknik SEO yang kurang, kata kunci tidak tertarget, kurang membangun back link, dsb. Pekerja yang malas berarti mungkin kita jarang mengupdate situs, malas membangun hubungan dengan blogger lain, tidak kreatif dalam memikirkan ide-ide baru untuk kemajuan bisnis internet marketing ini.

Banyak orang yang mengatakan bila Anda ingin cepat dalam membangun bisnis internet marketing ini, cobalah cara yang berbayar. Cara ini bisa mendatangkan trafik yang melimpah dalam hitungan menit. Namun bila Anda tidak berpengalaman, hati-hati, karena cara ini beresiko juga. Bisa-bisa uang Anda habis tanpa ada hasilnya. Di mana letak kesalahannya? Biasanya pemula menggunakan iklan berbayar seperti Adwords sekedar coba-coba, asal tembak, ngawur tanpa perhitungan, tanpa pernah tahu berapa banyak persaingan di kata kunci tersebut. Berapa maksimal bid yang boleh diambil, yang masih dalam kategori aman? Apa kata kunci alternatif bila kata kunci yang kita bidik ternyata persaingannya terlalu ketat, dsb.

Sebaliknya para ahli internet marketing selalu melakukan riset yang mendalam sebelum mereka menembak kata kunci tertentu. Mereka mengincar kata kunci yang banyak dicari orang namun tingkat persaingannya rendah. Sehingga mereka bisa bid dengan harga yang murah. Kualitas landing page mereka pun bagus. Yang jelas mereka sudah mempersiapkan medan perang dengan matang, sehingga tahu berapa batas bid maksimal. Mereka bersikap proaktif. Seandainya mereka melakukan kesalahan pun, para ahli tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Nah untuk menjadi ahli di suatu bidang, tidak dapat dilakukan dengan langkah instan. Kita butuh menginvestasikan waktu kita untuk belajar. Belajar dari orang yang sudah ahli / guru, juga belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.

Dalam masalah trafik, cara lambat tapi pasti dikenal dengan teknik SEO. Untuk dapat menguasai teknik ini pun dibutuhkan waktu dan kemauan untuk belajar. Pada umumnya ahli internet marketing menguasai baik cara cepat mendapatkan trafik seperti teknik beriklan di Adwords, juga menguasai teknik SEO secara mendalam. Mereka tahu kapan harus menggunakan teknik SEO, kapan perlu menggunakan teknik Adwords.

Apakah Adwords beresiko? Jawabnya iya bagi yang tidak menguasainya, tapi ini menjadi jurus ampuh bagi yang sudah ahli di bidangnya. Demikian juga teknik black hat SEO yang katanya bisa membuat trafik kita meningkat dalam sekejap, membuat situs terindex dalam hitungan menit, dsb. Juga kalau kita mengklik iklan AdSense sendiri atau menyuruh orang lain, menggunakan trik-trik yang tidak diijinkan, itu semua merupakan cara cepat. Mungkin trafik Anda akan meningkat pesat, uang akan mengalir deras ke rekening Anda. Tapi sampai berapa lama hal itu akan berlangsung? Selalu ada resiko perbuatan curang kita ketahuan dan bila hal itu terjadi bisa-bisa uang itu diambil lagi, padahal kita belum sempat mencairkan ceknya.

Jadi cara mana yang Anda pilih? Cara cepat tapi beresiko atau cara lambat tapi pasti? Khusus untuk Adwords yang dimaksud cara cepat oleh para ahli adalah jika Anda sudah menguasai topik ini, Anda bisa dengan cepat mendatangkan trafik ke situs Anda. Tapi untuk belajarnya juga butuh waktu....

Nah untuk teknik black hat, trafik generator, mengklik iklan sendiri dan teknik-teknik curang untuk cepat kaya lewat bisnis internet marketing, sebaiknya tidak kita lakukan deh. Apa gunanya kita bisnis yang kita bangun dengan susah payah ini akhirnya hancur dalam sekejap? Oh ya teman-teman, kalau kalian menemukan sesuatu di sini yang termasuk black hat atau cara curang, tolong beritahu ya, siapa tahu tanpa saya sadari saya juga melakukan kesalahan tersebut...

Ok sekarang yuk kita belajar untuk bersabar, menunggu bisnis internet marketing ini tumbuh, tentu kita harus berupaya semaksimal kita, terus kreatif, memperbaiki kesalahan yang ada, terus belajar, memperbaiki strategi, dan tak lupa berdoa demi keberhasilan di bisnis internet marketing ini.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



7 comments:

Arif.Ust said...

Artikelnya bagus menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya…Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya, komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

Belajar Internet Marketing said...

Thanks sudah berkunjung dan berkomentar. Semoga sukses dengan kompetisinya.

Arif.Ust said...

terima kasih banyak.Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. Mampir ke blog saya dunk saya biz posting tadi. ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/02/11/fiber-optic/
jangan lupa komentarnya buat artikel saya.

Belajar Internet Marketing said...

Hm seandainya aja pujian Anda tulus...Selamat berjuang di kompetisi telkom speedy

E-PUBLISHINGMEDIA.COM said...

hmmm sama- sama belajar ya thanks artikelnya :
http://www.mycashonline.co.nr

Belajar Internet Marketing said...

Banyak juga tuh blog Anda. Yup yuk kita sama-sama belajar.
Salam kenal dan salam sukses.

mebelanda.com said...

lebih suka menggunakan cara lambat tapi pasti. lambat asal selamat sampai tujuan

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online