Saturday, 20 December 2008

Cara Membuat Google Mail (Gmail)

Saat ini nama Google terkenal sebagai search engine nomer satu. Sebenarnya selain mesin pencari (search engine), banyak aplikasi lain yang dimiliki oleh Google. Blogger yang kita lihat dan gunakan ini juga milik Google lho. Gmail merupakan singkatan dari Google mail, merupakan layanan email milik Google juga. Selain itu ada Google Analytic, Google Webmasters Tool, Google AdSense, Google Adwords, dsb. Alangkah baiknya bila kita mengintegrasi layanan Google ini dengan memiliki account email di Gmail.

Proses pendaftaran di Gmail mudah kok dan asyiknya kapasitasnya begitu besar dan terus bertambah sehingga kita tidak perlu bingung menghapus email yang lama. Sebagai contoh saat ini saya menggunakan 228 MB account Gmail, itu katanya masih 3% dari total kapasitas 7275 MB. Jadi tenang aja, Gmail bisa digunakan untuk memuat file-file yang perlu didownload yang membutuhkan kapasitas besar.

Berikut langkah-langkah pendaftaran ke Gmail:
1. Ketikkan di browser Anda alamat URL Gmail: http://mail.google.com (tekan enter)
2. Klik Sign up for Gmail
3. Isi First name dengan nama depan Anda
4. Isi last name dengan nama akhir Anda
5. Desired login name merupakan alamat email kita, sekaligus sebagai username pada beberapa layanan Google lain (Blogger, Google Webmaster Tools, Google Analytics, dsb)
6. Check avaibility: tekan tombol ini untuk memastikan / mengecheck apakah alamat email yang kita daftarkan masih tersedia atau tidak. Jika berwarna biru berarti alamat email tersebut bisa kita gunakan. Sedangkan bila berwarna merah berarti kita perlu mencari alternatif nama untuk alamat email kita.
7. Choose a password: isi password Anda dengan minimal 8 karakter. Password yang baik adalah yang sulit ditebak, sebaiknya gunakan kombinasi huruf besar dan kecil ditambah dengan angka. Tapi jangan terlalu sulit sampai Anda sendiri tidak dapat menghafalnya.
8. Re-enter password: isikan kembali password yang tadi telah Anda ketik. Anda bisa menggunakan opsi "remember me on this computer" bila komputer / laptop yang Anda gunakan milik pribadi dan Anda yakin akan keamanannya.
Centang juga "Enable Web History" sehingga Google bisa memberikan saran pada saat kita butuh mengisi form alamat email.
9. Security Question: pilih pertanyaan rahasia yang akan berguna saat Anda lupa password.
10. Answer: tuliskan jawaban dari pertanyaan rahasia di nomer (9).

11. Secondary email: Isi dengan alamat email lain (jika Anda punya). Hal ini berguna bila suatu saat kita lupa password Gmail, Blogger, maupun jasa-jasa layanan Google lainnya, password dapat dikirim ke email cadangan ini.
12. Location: pilih negara tempat kita tinggal, Indonesia
13. Word verification: ketik teks / kode yang Anda lihat di layar komputer Anda. Hal ini berguna untuk mengantisipasi spam.
14. Term of service: TOS ini merupakan perjanjian yang wajib kita patuhi. Jika kita melanggar TOS kita bisa dihentikan sebagai partner Google. Tekan tombol "I Accept. Create my account".

Selesai sudah tahapan pembuatan email di Google mail (Gmail). Klik link yang berwarna biru. I'm ready - show me my account. Selanjutnya kita dapat melihat tampilan halaman Gmail.

Bila Anda menggunakan account Gmail ini untuk berbagai keperluan, akan banyak email yang masuk. Tentunya diantara email-email tersebut ada yang penting. Alangkah baiknya bila kita membuat pengelompokan / label, sehingga suatu saat kita tidak kesulitan bila kita mau mencari suatu email yang penting. Cara membuat pengelompokan atau memberi label email di Gmail:
1. Di sebelah kiri ada kotak-kotak kecil. Beri tanda centang dengan cara melakukan klik pada email-email yang sejenis. Misalkan beri tanda centang pada semua email dari BelajarBisnisInternet (e-course 29 hari).di
2. Klik tanda panah pada bagian more action (letaknya di tab bagian atas).
3. Klik new label. Isikan dengan nama pengelompokan yang ingin Anda buat. Misalkan beli label Belajar Bisnis Internet
4. Klik Archive. Maka email yang Anda centang tadi sudah terkelompok dalam 1 label.
5. Lakukan untuk email-email lainnya.

Untuk selanjutnya bila Anda menerima email dari BelajarBisnisInternet yang perlu Anda lakukan hanya memberi tanda centang di kotak sebelah kiri, klik more action, pilih label Belajar Bisnis Internet, klik archive. Mudah bukan? Email Anda menjadi lebih terorganisir. Selamat mencoba.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

news in television said...

Terima kasih atas tutuorial G-Mail Minggu pagi ini, semoga dapat saya aplikasikan dengan baik. Tutorial yang begitu lengkap, runut gaya bahasa penyajiannya, mudah dimengerti oleh pemula yang baru on air...eh bukan on line di internet.
Semoga blog ini senantiasa dapat menjadi acuan bagi pengunjung yang membutuhkan informasi tutorial seputar blog/web site. Di tunggu penyajian berikutnya, terima kasih.

Belajar Internet Marketing said...

Ok selamat mencoba membuat email di Gmail. Semoga sukses selalu.

news in television said...

E mail Gmail sudah saya daftarkan, tapi kalau mau chating sesama pengguna Gmail bagimana caranya? Link blog ini sudah saya tambahkan ke kedua blog saya. Semoga semakin dikenal oleh pengguna internet tutorialnya. Terima kasih.

Belajar Internet Marketing said...

Kalau Anda buka Gmail, lihat di sebelah kiri di sana ada compose mail, inbox, starred, chats,..
Nah klik aja tulisan chats:
1. cari nama orang yang Anda inginkan untuk chatting
2. klik nama orang tersebut
3. tulis pesan Anda, tekan enter
4. Tunggu respon dari orang yang Anda ajak chat
Selamar mencoba, semoga sukses.
Thanks backlink-nya.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online