Wednesday, 31 December 2008

Catatan Akhir Tahun 2008

Saat menjelang akhir tahun ini, banyak blogger menulis cerita kilas balik pengalaman mereka selama setahun. Membaca cerita-cerita mereka, bagaimana dulu mereka juga mengalami saat-saat blog sepi pengunjung, sepi komentar, bagaimana mereka bangkit dan akhirnya sukses, sungguh menginspirasi. Membuat blogger pemula seperti saya merasa oh jadi wajar ya yang saya alami ini, oh ternyata para blogger sukses enggak langsung berhasil dalam hitungan jam atau hari ya...

Saya merasa catatan akhir tahun Blogguebo.com dan Ekonurhuda.com menarik banget. Bagi blogger yang tidak disebut jangan marah ya, soalnya kuota Speedy saya membengkak banyak banget nih, paket IM2 yang Rp 100.000 sudah saya habiskan, beli speedy prepaid yang Rp 55 ribu eh masih kurang juga... jadi maaf banget enggak bisa blogwalking, yang saya baca hanya blog yang masuk ke email melalui langganan RSS.

Kenapa saya tertarik pada postingan Blogguebo dan Eko Nurhuda? Karena Eko Nurhuda menceritakan perjalanan suksesnya,
lika-liku yang dialami, malah ceritanya dibagi menjadi 3 epidose. Sedangkan Mas Medhy Blogguebo membuat kaleidoskop, membandingkan pencapaian tahun 2008 dengan 2007.

Saat ini saya melihat kedua blog tersebut cukup sukses, terutama dari segi pengunjung blog dan pemberi komentar. Ternyata hal itu tidak dialami dengan instan. Mereka juga pernah mengalami masa-masa sepi pengunjung, minim pemberi komentar. Terus kenapa mereka bisa sukses? Tentunya karena mereka tidak mudah menyerah, terus mencari cara untuk meningkatkan performa blog.

Blogguebo beberapa kali mengubah description tag blog-nya, mengubah blog menjadi do follow, mengadakan kontes, membagikan ebook gratis, dsb. Kelihatannya Mas Medhy merupakan orang yang teliti dan cermat. Catatannya begitu rinci dan rapi. Kemajuan blogguebo dari tahun 2007 sampai akhir 2008 sungguh pesat, peningkatan yang signifikan. Coba baca sendiri deh, pasti banyak hal yang bisa menginspirasi Anda.

Eko Nurhuda yang juga suka membagi ebook gratis ini berkali-kali mengganti themes atau template blog-nya. Tapi sekarang Mas Ecko sadar bahwa mengganti template merupakan kegiatan yang kelihatannya sepele tapi menghabiskan banyak waktu dan tidak berpengaruh besar pada kemampuan blogging. Berkat Bang Zalukhu, Mas Ecko belajar teknik menembak keyword. Hebatnya, dengan jujur Mas Ecko menceritakan proses menembak keyword saat awal belajar yang kurang sukses. Ada yang karena salah tulis, ada yang entah kenapa masuk ke 100 besar Google aja enggak...Kejujuran yang patut diacungi jempol. Membuat mata saya terbuka, oh ternyata untuk menjadi sukses di dunia blogger ini memang butuh perjuangan ya.

Kemauan mereka belajar dari kesalahan membuahkan hasil. Nah bagi para blogger pemula (termasuk saya nih), yuk belajar dari pengalaman mereka yang sudah berhasil. Lihat beberapa waktu lalu mungkin tak banyak yang mengenal mereka, tapi lihat mereka sekarang. Kalau mau berusaha keras, kita juga bisa menjadi seperti mereka, syaratnya jangan putus asa, teruslah berusaha. Cari kelemahan kita, perbaiki. Berpikirlah kreatif, cari ide-ide segar. Kalau saat ini kita belum berhasil, bukan berarti kita gagal, tapi karena kita belum tahu cara yang benar, kita belum menemukan pola yang pas, teruslah belajar sambil bekerja, dan jangan lupa berdoa (0ra et labora).

Kalau saya renungkan, banyak sekali kesalahan yang saya perbuat karena saya tidak menurut. Pinginnya cari jalan sendiri, menentang arus, memberontak. Akhir tahun ini baru kesadaran saya timbul. Lebih baik sebagai pemula kita belajar sungguh-sungguh dari orang yang sudah berhasil. Carilah guru yang dapat membimbing Anda, percayalah padanya. Kita harus yakin pada guru kita, mau nurut dan yakin kalau kita pasti sukses kalau dibimbing oleh guru tersebut. Sebagus apapun suatu guru dalam mengajar tapi kalau kita tidak menurut, hasilnya tidak akan maksimal.

Coba bayangkan saat Anda belajar berenang. Guru renang Anda meminta Anda untuk rileks, percaya pada dia, pasti dia akan menolong sehingga Anda tidak akan tenggelam. Nah kalau Anda tetap ketakutan dan tidak percaya pada guru tersebut, bahkan Anda punya prasangka jelek, apakah Anda bisa berhasil belajar dengan guru tersebut?

Hal itu berlaku untuk hampir semua bidang. Saat kita berpikir negatif tentang seseoerang atau tidak menurut dengan pengajarannya, kita akan berusaha mencari jalan sendiri, melakukan trial error sendiri. Terus apa gunanya dong kita mencari guru? Pada awal membuat blog saya berontak kenapa sih harus website berbayar, kenapa sih harus membuat website bahasa Inggris? Khan lebih enak membuat blog di blogger, blog berbahasa Indonesia, sudah gampang gratis lagi... Hm memang tidak ada yang salah membuat blog di blogger dengan menggunakan bahasa Indonesia, tapi bila kita tujuan kita menghasilkan uang dari internet ya hasilnya sulit untuk bisa melimpah. Akhirnya sekarang saya harus mulai belajar dari awal lagi, belajar wordpress, beli domain, sewa hosting, belajar posting pakai bahasa Inggris, tentukan ide, lakukan riset, dsb.

Selain itu kalau kita ingin berhasil, kita juga harus disiplin, mau konsisten meluangkan waktu dan bertanggung jawab atas keputusan yang kita buat. Ok sekedar catatan akhir tahun: pada tanggal 31 Desember ini jumlah pengunjung di angka 4 ribu-an dan pageviews di angka 8 ribu-an. Alexa Rank blog strategi internet marketing ini di angka 394.404 dan yang menggembirakan akhirnya setelah 3 bulan lebih menunggu, Google PageRank pecah juga telurnya. Tadi saya sampai enggak percaya, beneran tha Google PageRank blog ini menjadi 2. Surprise rasanya melihat ada sedikit garis hijau di PageRank. Terima kasih Google, ini kado yang indah banget untuk menyambut tahun 2009. Semoga bisa bertahan bahkan terus meningkat dan semoga blog teman-teman juga naik pagerank-nya.

Rencana tahun 2009 fokus ke pembuatan website bahasa Inggris, ikut tantangan 120 hari Anne Ahira. Harus nurut sama Bu Guru nih. Tahun 2009 harus bisa sukses menghasilkan uang dari internet. Harus bisa konsisten meluangkan waktu untuk belajar dan praktek. Berdispilin dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah dibuat.

Tuhan, bantu kami semua dalam mewujudkan cita-cita dan impian kami. Bantu agar kami dapat sukses. Bila ada kesulitan dan tantangan yang menghadang, bantu agar kami tidak mudah menyerah, bantu dalam mencari jalan keluar. Jaga kami selalu di jalan-Mu. Amin.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



13 comments:

sehat dengan reiki said...

Saya doakan Jeng Yusi semoga di tahun 2009 ini sukses dengan blognya. Untuk kata kunci di blog saya,saya mendapat tip dari redaktur senior Media Indonesia agar menggunakan kata kunci yang jumlah searchnya di Google sekitar 1000 s/d 13000. Alhamdullilah di penelusuran google kata kunci blog saya menduduki ranking 2 atau 3 di setiap halaman pencarian. Besok ganti halaman kata kunci tadi masih nongkrong di urutan 10 besar. Memang tip ini saya kira main-main tapi dalam prakteknya terbukti ampuh untuk mendatangkan traffict.

Sam Internet Marketer said...

semoga sukses di tahun 09 ini ya, dan menjadi seorang internet marketer international
-Sam

Belajar Internet Marketing said...

To Pak Djoko: emang sih kata kunci pengaruhnya besar banget, apalagi kalau bisa nemu yang jumlah pencari banyak tapi kompetitor sedikit. Semoga tahun 2009 makin sukses dengan Reiki-nya.
To Sam: Thank you, salam sukses juga buat Sam

Fajli Room's said...

Selamat Tahun Baru 2009.
Semoga ditahun yang baru ini semua yang diinginkan dapat tercapai..Amien..

Belajar Internet Marketing said...

Selamat tahun baru juga, semoga blogger Riau tambah sukses juga.

bisnisonlineku said...

selamat Yus..
Semoga tambah tahun tambah sukses
Aku banyak belajar dari kamu lho Yus..
Aku malah tidak tau kalo PR blog ku meningkat, taunya dapet email dari kamu tuh Yus.. aku dan Lis sbg pemilik blog malah kalah jeli dibanding kamu... Tetap semangat dan sukses menantimu di tahun baru

Belajar Internet Marketing said...

Hai Venita, thanks atas kunjungannya. Aku sih secara berkala mampir ke blog-mu.
Kemarin aku kaget dan nyaris enggak percaya waktu ngeliat PR blog ini jadi 2, terus langsung mampir ke beberapa blog teman untuk melihat perkembangan PR Google. Selamat blog-mu juga sudah pecah telurnya.
Tetap semangat posting ya. Semoga sukses menyertai kita semua.

Fortune Park Hotels Ltd said...

Alexa is a very important benchmark to determine the rankings and traffic of sites. Google is placed at the 2nd position as per Alexa rankings and traffic rankings and is facing tough competition from Live.com and of course Yahoo.

Belajar Internet Marketing said...

Alexa for traffic rank and Google for link?
Nice info. Thanks a lot.

Internet Marketing said...

Wow..info dan website yang mantap!

Anonymous said...

Internet Marketing

Bisnis Internet

Belajar Internet Marketing

Belajar Forex

Forex

Sarang Walet

Walet

Cd Walet

Best Forex Robot

Best Forex Robots

Ecko said...

duh, saya koq baru tahu sekarang ya ada posting begini bagus. :D Thanks sudah mengangkat nama saya, tapi saya masih jauh untuk bisa disejajarkan dengan Mas Medhy Blogguebo.com. Saya banyak belajar dari beliau sewaktu memulai blog dulu.

Belajar Internet Marketing said...

Lho kok Mas Ecko bisa mampir dan membaca postingan lama ini?
Thanks ya atas kunjungannya. Salam sukses.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online