Monday, 22 December 2008

Ebook Sampah

Hari ini di blog zalukhu.com dan ekonurhuda.com orang-orang sedang seru membahas mengenai ebook sampah. Hm nama ebooknya aneh ya? Apa ada orang yang tertarik beli? Ehm memang ebook ini tidak bermaksud untuk dijual kok, tidak tersedia formulir pemesanan di sana. Ebook Sampah ini merupakan suatu parodi dari suatu ebook yang terkenal di Indonesia. Anda yang sudah agak lama berkecimpung di dunia internet pasti bisa menebaknya. Yup ebook Formula Bisnis.

Kenapa saya latah ikut-ikutan memposting artikel tentang ebook sampah ini? Karena saya termasuk reseller ebook Formula Bisnis dan widget Formula Bisnis sudah ikut nampang di blog ini selama beberapa waktu, dan kalau Anda pembaca setia blog ini pasti tahu ada beberapa artikel di blog ini yang mengulas tentang formula bisnis. Saya jadi mikir nih, selama ini info yang saya berikan ke teman-teman sudah fair belum ya? Apalagi saya sebagai affiliate ebook Formula Bisnis, yang mendapat komisi 50% jika berhasil menjual ebook tersebut...

Bagi yang pernah membaca artikel saya Asian Brain (Anne Ahira) vs Formula Bisnis (Joko Sulilo) bisa mengetahui kalau saya membeli ebook ini sudah lama, akhir tahun 2005. Apakah saya sudah sukses dari kaya raya dari ebook tersebut? Hohoho enggak tuh, gimana mau sukses kalau tak lama setelah dibaca ebook tersebut langsung saya lupakan, bahkan saat itu tak ada 1 orang pun yang saya beritahu kalau saya membeli ebook tersebut. Kenapa?

1. Saya tertarik pada ebook Formula Bisnis karena sales letternya yang menyatakan "Jika Anda bisa mengetik dan mengakses internet, Anda sudah memiliki syarat yang cukup untuk menghasilkan uang melimpah dari internet...Hanya jika Anda tahu caranya!"
Hm kalau sekedar mengetik dan mengakses internet sih saya bisa, berarti saya sudah memenuhi syarat khan...sekarang tinggal cari tahu caranya.

2. Ada banyak testimonial dan hasil print out yang membuat orang awam tergoda. Sales letter ini memberi kesan pertama yang cukup mendalam. Memberi harapan bagi orang yang sekedar bisa internet, seolah mencari uang di internet itu begitu mudahnya...

3. Saat itu akhir tahun 2005 (akhir bulan Desember), ada tulisan yang intinya kalau saya tidak segera mendaftar sampai tanggal tertentu, harga akan naik dan saat itu pendaftar dibatasi hanya kurang beberapa orang lagi sebelum harga naik.Berhubung saat itu akhir tahun, saya pikir ya mungkin juga sih ganti tahun ganti harga. Karena saya orangnya lugu, jadi terpengaruh juga. Emosi saya berhasil dipermainkan. Beli enggak ya, kalau enggak beli sekarang terus harga beneran naik gimana nih, rugi dong... Akhirnya saya putuskan untuk membeli ebook Formula Bisnis tersebut.

4. Sesuai perjanjian setelah uang ditransfer, saya bisa mendownload ebook Formula Bisnis. Terus terang setelah membaca ebook tersebut saya merasa kecewa, lho katanya gampang, sekedar mengetik dan mengakses internet aja bisa, kalau ini sih judulnya lebih pantas sebagai "Panduan membuat ebook". Aduh mau nulis tentang topik apa aja enggak ada ide kok... Saat itu saya sama sekali tidak tertarik mengikuti jejak sukses menjadi pembuat ebook (membuat produk ebook sendiri).

5. Hm masih ada alternatif kedua menjadi tenaga reseller (menjadi affiliasi). Membantu mempromosikan ebook Formula Bisnis dan setiap penjualan dari nama saya, komisi 50% langsung ditransfer ke rekening. Mungkin ini ya yang dimaksud Pak Joko Susilo dengan kalimat sekedar mengetik dan mengakses internet aja bisa... toh tugas kita hanya mendaftar ke berbagai search engine, promosi melalui berbagai situs iklan baris,...

6. Tapi ternyata bagi orang awam seperti saya 3 tahun lalu, cara mendaftar ke search engine aja saya enggak ngerti. Saya print bagian pendaftaran ke search engine dan ke iklan baris. Saya baca berulang kali tapi tetap saya tidak mengerti. Google, AltaVista, Excite, HotBot, Infoseek , Yahoo, dll itu khan search engine terus kalau saya ingin website formula bisnis yang ada nama saya tampil di sana gimana caranya, ke mana daftarnya?

Baru saja saya check ulang ternyata situs-situs tersebut tidak diberi link untuk tempat pendaftarannya, jadi ya wajar sih kalau saya yang lugu bin oon saat itu bingung. Mendaftar ke satu situs search engine saja enggak bisa, gimana mau mendaftar ke berbagai ke search engine...Saya baca berulang kali artikel tersebut tapi tetap saya otak saya buntu. Mungkin kalau saat itu saya lebih kreatif dan cerdas saya akan ke search engine Google atau Yahoo dan mengetikkan kata kunci cara mendaftar website ke search engine, tapi orang awam yang hanya sekedar bisa mengetik dan mengakses internet kayaknya sebagian besar enggak kepikiran ke situ deh.

7. Beberapa hari kemudian lewat dari tanggal yang katanya harga mau naik, dengan rasa penasaran saya masuk lagi ke website formula bisnis. Langsung saya scroll ke bawah, mencari tulisan harga. Apakah benar harganya naik? Lagi-lagi saya harus menelan kekecewaan, rasanya tolol banget deh kenapa saya bisa tertipu seperti itu...Harga masih tetap sama, hanya tanggalnya yang diundur.

8. Sudah cukup deh, ebook Formula Bisnis saya lupakan, fotocopy-an saya simpan di laci. Perasaan saya saat itu kecewa, merasa tertipu tapi untung deh saya belum cerita ke siapa-siapa...

Nah kenapa sekarang foto Pak Joko Susilo ikut nampang di blog saya? Setelah saya mengenal dunia internet marketing lebih mendalam (ikut kursus di Asian Brain), saya jadi teringat kembali akan ebook yang pernah saya beli. Saya cukup surprise melihat kemajuan dan keberhasilan Pak Joko Susilo. Saya jadi berpikir, apakah sikap saya dulu itu terlalu picik? Saya coba download dan baca lagi ebooknya. Harga ebook tersebut juga sudah meningkat 2 kali lipat dari harga beli saya. Di sana tidak tercantum lagi kalimat beberapa hari lagi harga akan naik. Banyak banget orang yang sukses dari Formula Bisnis, iklan formula bisnis ini juga ramai banget.

Benernya sih isi ebooknya cukup bermanfaat kalau kita sungguh-sungguh mau belajar internet marketing, terutama bila kita ingin membuat ebook. Tapi prosesnya enggak mudah. Tidak cukup hanya sekedar bisa mengetik dan mengakses internet. Mungkin kalau niat kita hanya menjual kembali ebook (tenaga reseller) prosesnya lebih mudah. Sekedar promosi, sukses, uang masuk ke rekening. Tapi pertanyaannya apakah orang yang tertarik membeli ebook tersebut merasa puas dengan isi ebook Formula Bisnis tersebut? Apakah mereka tidak merasa tertipu pada sales letternya yang begitu heboh?

Sekarang coba Anda ke Google ketik kata kunci kecewa formula bisnis. Coba lihat apa yang Anda temukan... Sebagian besar artikel yang berada di top ten merupakan artikel yang menjelaskan kalau Anda pernah kecewa di bisnis internet, Formula Bisnis solusinya...

Begitu pula kalau kita masuk ke www.jokosusilo.com, ada banyak sekali orang yang berkomentar positif, mereka berhasil meraih uang ratusan ribu hingga jutaan per harinya. Nah melihat begitu banyak orang yang sukses dalam menerapkan ebook Formula Bisnis dan dalam menjadi tenaga reseller, membuat saya merenung, apa sikap saya dulu terlalu naif? Ya sudah saya coba ikut mempromosikan sebagai reseller formula bisnis di blog ini.

Namun hari ini melihat parodi ebook sampah, saya kembali berpikir sebenarnya banyak mana sih orang yang merasa kecewa dan tertipu dengan isi ebook Formula Bisnis, atau orang yang merasa terbantu dan sukses?

Sales letter ebook dan judul buku yang begitu menggoda memang membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dan mau mengeluarkan uang untuk membelinya. Tapi bila banyak orang yang kecewa karena isi buku dan ebook tidak sesuai, kalau ternyata proses mencari uang di internet tidak semudah janjinya, tidakkah hati nurani kita sebagai tenaga reseller ikut terombang-ambing? Kalau ada yang berpikir khan ada garansi 200% kalau tidak puas kenapa tidak komplain aja? Soalnya garansi uang kembali 2 kali lipat itu berlaku jika Anda sudah menerapkan 3 langkah metode SMUO dengan benar namun belum mendapatkan profit melimpah. Sedangkan sebagian besar orang merasa kecewa atau merasa tertipu karena isi ebook tersebut tidak semudah yang dijanjikan, karena itu jangankan menerapkan 3 langkah, mulai melangkah aja belum tentu kok. Bener enggak?

Sekarang bagaimana menyikapi hal tersebut? Kalau saran saya sih, kalau Anda memang sedang berminat membuat ebook sendiri, Formula Bisnis bisa dijadikan panduan, tapi harap sabar karena semua usaha butuh proses. Sedangkan bagi Anda yang sekedar bisa mengetik dan mengakses internet dan mengharapkan keajaiban menjadi kaya dari membeli ebook Formula Bisnis, ehm saya no comment deh.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



8 comments:

tantan said...

Pengalaman adalah guru yg terbaik buat Mbak. Jadi ke depannya mbak Yosi bisa lebih kritis ;)

Belajar Internet Marketing said...

Thanks sudah mampir dan berkomentar. Nasehat yang bijaksana dan harus diingat-ingat nih biar enggak jatuh di lubang yang sama :)
Salam sukses untuk Anda.

Moh Yudhi Saputra T S said...

Bener tuh kata mas tatan, Pengalaman adalah guru yg terbaik buat Mbak. Jadi ke depannya mbak Yosi bisa lebih kritis ;)

Belajar Internet Marketing said...

Hm baru tahu tuh ada ebook seharga 10 ribu rupiah. Selama ini banyak yang mempertanyakan kenapa ebook dijual lebih mahal dari buku yang berbentuk fisik. Mas Yudhi beda tuh, menjual ebook dengan harga murah. Semoga sukses...

marlop98 said...

terima kasih udah sharing pengalaman. semoga tidak ada lagi yang merasa tertipu dengan membeli ebook2 sampah itu

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal. Yup semoga orang membeli ebook bukan karena ingin kaya mendadak dari internet. Salam sukses untuk Anda.

sarif husin said...

Kalau seperti itu sales leternya tetap itu namanya penipuan, Saya juga sama ni pernah beli produk gituan tapi yang lebih murah seharga 100 ribu. saya malah lebih kecewa dikasih sofware yang cara menggunkannya ga dijelasin.Saya juga disuruh jualan ebook.

Belajar Internet Marketing said...

Hai Sarif Husin,
Sales letter Formula Bisnis begitu menggoda, sampai banyak orang terhipnosis. Bagi yang bener-bener berniat membuat ebook, panduan di SMUO sungguh berguna. Tapi bagi yang ingin kaya dengan cara mudah dan cepat ya jadi merasa tertipu....

Salam kenal dan salam sukses.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online