Friday, 19 December 2008

Kunci Sukses Blogger Profesional

Sebagai blogger yang ingin menghasilkan uang lewat internet tentunya kita sering bertanya-tanya, program apa sih yang paling ampuh untuk membuat uang mengalir melalui blog kita? Nah saya baru saja membaca sebuah E-book gratis yang menarik. Ternyata para blogger profesional pola berpikirnya justru berbeda. Di sana dijelaskan sebelum kita berpikir mengenai uang, kita harus tahu apa sih yang dicari oleh sebagian besar orang lewat internet? Orang mengetik kata kunci lewat Google atau Yahoo, apa sih yang mereka cari? Jawabnya adalah informasi.

Nah sekarang tugas kita mencari tahu, informasi apa yang banyak dicari orang tersebut. Di antara informasi yang dicari itu, mana yang dapat kita bantu. Nah sajikan itu di blog kita. Berikan informasi yang bernilai tinggi dan bermanfaat bagi pembaca. Ingat konten adalah raja. Tanpa konten (isi blog baik berupa artikel, foto, audio, video) yang bermanfaat dan dibutuhkan, kita sulit untuk mendapatkan pengunjung. Nah tanpa adanya pengunjung, kita tidak dapat melakukan pre-selling. Tanpa pre-selling, kita tidak dapat melakukan monetisasi (menghasilkan uang lewat blog).

Sekarang bagaimana caranya agar informasi atau konten kita bisa menarik perhatian pengunjung? Ternyata kuncinya adalah kita harus berbagi dengan tulus. Jadilah diri sendiri, tampilkan citra diri yang tulus ingin memberi dan berbagi. Hm saya jadi ingat member suatu forum. Di sana dulu ada seseorang yang selalu berbagi informasi tanpa pamrih. Karena informasinya akurat, lama-lama mayoritas forum mengidolakannya. Semua pertanyaan ditujukan pada orang tersebut. Nah, kalau sudah mendapat kepercayaan seperti itu enak banget deh, misalkan orang tersebut jualan sesuatu yang berkaitan dengan keahliannya, orang-orang berbondong-bondong memesan. Waktu orang tersebut membuat blog dan menginformasikannya lewat milis, pengunjung blog-nya langsung banyak. Padahal itu blog baru yang belum terindex di search engine. Itulah enaknya jadi orang yang sudah dipercaya, tapi ingat perlu waktu juga untuk membangun kepercayaan dari orang-orang.

Untuk membuat posisi blog kita kuat di mata search engine, kita harus membangun backlink (link tautan dari blog lain ke blog kita). Kita dapat melakukannya dengan membuat dummy blog yang kita beri tautan link satu sama lain. Cara lain dengan melakukan tukar link antar blog sejenis terutama blog yang berkualitas, yang memiliki PR tinggi. Selain itu dapat juga dengan cara membuat artikel yang bermutu / konten pilar yang bermanfaat dan benar-benar dibutuhkan sehingga blogger lain mau menautkan link tanpa diminta atau dapat juga kita kirimkan artikel kita ke blog direktori.

Ternyata meski kita sudah melakukan semua langkah di atas, tugas kita belum selesai. Sebagus apa pun artikel kita tapi kalau tidak ada orang yang tahu juga percuma khan. Sekarang tugas kita mencari trafik. Ada 2 macam trafik, yang gratis dan yang berbayar. Trafik gratis bisa kita dapat dari search engine (untuk itu kita perlu melakukan teknik SEO agar artikel kita bisa menempati posisi atas search engine). Selain itu kita dapat memperoleh trafik gratis dari social media, social bookmarking, forum, iklan baris gratis, dsb.

Sedangkan trafik berbayar dapat kita peroleh dari iklan PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense, Kliksaya, Adsensecamp, kumpul blogger, PPC Indo, dsb. Pada umumnya trafik berbayar ini sifatnya hanya sementara. Pengunjung akan meningkat drastis pada saat Anda memasang iklan yang menarik perhatian. Tapi setelah budget iklan habis, bila Anda tak mampu membuat mereka menjadi pengunjung setia yang datang berkala ke blog Anda, trafik Anda akan menurun lagi. Karena itu sajikan konten yang semenarik mungkin agar pengunjung betah. Update artikel Anda agar ketika mereka berkunjung kembali ada sesuatu yang baru.

Layani pengunjung blog Anda dengan baik. Buat mereka percaya pada Anda. Hal ini banyak dilakukan oleh para blogger profesional. Mereka tidak gembar-gembor dalam menawarkan produk mereka. Yang dilakukan kelihatannya hanya memberi dan memberi. Setelah mendapat kepercayaan dan kredibilitas, setelah kemampuan mereka diakui oleh banyak pihak, baru mereka melakukan pre-selling. Nah karena dasar yang mereka bangun sudah kuat, proses selanjutnya menjadi mudah. Apabila mereka launching produk baru, pasar langsung merespon positif, produk laku keras. Ini khan yang ingin kita capai? Yuk kita belajar memberi terlebih dahulu, memberikan yang terbaik bagi pembaca blog kita.

Bagi yang ingin membaca secara utuh isi E-book tersebut, silakan mendownloadnya di http://www.blogguebo.com/. Ide artikel ini didapat dari ebook Pilar CTPM: Kunci Monetisasi Blog. Selain ebook ini, di blog tersebut masih banyak lho ebook gratis yang bisa kalian peroleh. Tips-tipsnya juga menarik. Hm bener juga ya, kalau orang memberi dengan tulus, dengan mudah kita menyebarkan info / kabar baik ini. Dengan menulis artikel ini saya secara tidak langsung sudah memberikan backlink gratis lho ke Blogguebo. Yuk kita ikuti cara di atas memberilah dengan tulus, maka suatu saat kita akan menuai hasilnya.



Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



2 comments:

news in television said...

Karena yang dibahas dalam ngeblog adalah informasi apa yang perlu diketahui pengunjung, izinkanlah saya meminta informasi bagaimana caranya membuat account di GMail, cara mendaftarnya, nama URL nya GMail agar saya bisa mendaftar ke Google. Kiat agar pasword dan user langsung match.Apakah perlu membuat user baru yang berbeda dengan versi Yahoo? terima kasih Jeng dan selamat malam Minggu, semoga sukses selalu.

Belajar Internet Marketing said...

Hm kayaknya kepanjangan jawabannya kalau ditulis di sini. Saya muat dia artikel aka deh. Lagi buat blog bahasa Inggris untuk didaftarin Adsense?

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online