Tuesday, 2 December 2008

Menjadi Affiliate dari Merchant di Paydotcom

Setelah selesai mendaftar ke Affiliasi Network Paydotcom, sekarang kita belajar bagaimana menjadi affiliate dari merchant di Paydotcom, yang menjual produk digital seperti ebook, course, software, dan produk digital lainnya.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Login atau sign in ke https://paydotcom.com/login.php. Isikan username dan password Anda.
Account yang kita buat di Paydotcom bisa berfungsi sebagai affiliate, bisa juga berfungsi sebagai vendor atau merchant. Jika kita hanya ingin menjadi affiliate, statistik yang perlu diperhatikan hanyalah yang berhubungan dengan affiliate.
Jika kita bukan vendor atau merchant di Paydotcom, kita juga tidak perlu membeli "Premier " Package.

2. Untuk mempromosikan produk sebagai affiliate, pilih menu Promote Product lalu pilih Form Marketplace (di baris Create a new campaign). Kita bisa melihat berbagai kategori di Paydotcom dan memilih salah satu kategori yang sesuai dengan niche yang kita pilih.

3. Klik kategori pilihan Anda, maka akan tampil produk yang ada di kategori tersebut, urut dari yang paling populer.
- Link Visit Salespage digunakan bila kita ingin melihat website merchant.
- APS merupakan angka perhitungan relatif yang menjunjukkan seberapa banyak produk tersebut dibeli orang.
- Jika kita klik tombol promote maka kita telah sign up ke merchant sebagai affiliate di produk tersebut dan tercatat ke daftar produk yang kita promosikan.

4. Pilih produk yang akan kita promosikan, maka kita dapat melihat lebih jauh tentang detail produk, harga, komisi, statistik dari campaign dan affiliate link standar (default campaign).

5. Setelah menemukan produk yang sesuai untuk dipromosikan, klik teks create new campaign (di sebelah kanan affiliate link). Isi nama campaign dan keterangan. Misalnya :
nama campaign: direct linking with adwords.
description: get visitor using PPC Adwords direct linking to merchant website.
Setelah itu tekan tombol submit.

6. Kita bisa melihat nama campaign dan deskripsinya terlihat di bagian atas. Untuk setiap produk kita dapat membuat campaign sebanyak yang kita mau. Misalkan dengan strategi Article Maketing di Ezine Article. Pastikan memberi nama dan keterangan yang berbeda untuk setiap campaign, agar kita dapat membedakan campaign yang satu dengan yang lain. Setiap campaign yang kita buat, akan diberikan affiliate link yang berbeda atau unik. Hal ini memudahkan kita untuk mengetahui penjualan kita berasal dari campaign yang mana.

7. Untuk melihat daftar produk / affiliate yang sudah terdaftar, klik menu Promote Products, pilih As an Affiliate (di baris create a new campaign). Kita tidak bisa menghapus merchant atau produk di mana kita telah bergabung (sign up) tapi kita bisa menyembunyikannya dengan meng-klik text link Hide yang ada di samping nama produk.
Untuk melihat daftar campaign yang telah kita buat untuk merchant tertentu, klik text link Create / View Campaigns.

Menjadi affiliate merchant di Paydotcom memang lebih sederhana dibanding menjadi affiliate merchant di Shareasale. Di Paydotcom tidak ada proses approval affiliate atau merchant menolak permohonan affiliate tertentu (semua affiliate diterima).

Tips Memilih Merchant yang Bagus:
a. Lihat Tampilan Website Merchant
Apakah profesional atau amatir? Apakah Anda akan membeli dari website tersebut? Biasanya orang membeli dari website yang bisa dipercaya, yang tampilannya tampak profesional.

b. Struktur Navigasi
Apakah menu dan navigasinya memudahkan atau membingungkan visitor? Website yang membingungkan visitor cenderung akan ditinggalkan, kecuali produk tersebut hanya dijual oleh merchant tersebut. Contoh website e-commerce yang bagus struktur navigasinya adalah Amazon.com.

c. Ordering Process
Apakah proses ordernya mudah atau membingungkan? Proses order yang rumit membuat orang batal membeli produk. Cari tahu juga cara pembayaran yang ditawarkan merchant.

d. Good conversion rate
Bila suatu merchant memiliki tingkat konversi yang bagus artinya banyak visitor yang datang ke website merchant tersebut membeli produk (menjadi customer). Semakin tinggi conversion rate semakin bagus.

Seringkali conversion rate dihitung berdasar dari 100 visitor yang dikirim ke website merchant, berapa persen yang menjadi customer dan berapa penjualan yang terjadi. Angka ini dinamakan EPC. Di Shareasale dan Commision Junction angka EPC ini bisa kita lihat. Angka EPC ini dapat memberikan gambaran apakah merchant memiliki conversion rate yang bagus atau tidak.

Angka EPC yang tinggi memberi informasi visitor yang dikirim ke website merchant banyak yang membeli produk. Tapi harus dilihat juga rata-rata nilai barang yang dibeli tinggi atau tidak. Merchant yang menjual produk murah tapi EPC tinggi maka conversion rate-nya pasti bagus juga.

Di Clickbank angka yang menunjukkan produk lagi populer dibeli atau tidak bisa dilihat dari angka gravity, sedang di Paydotcom ada APS. Perhitungannya agak berbeda tapi informasi ini bisa membantu kita memilih merchant yang bagus.

e. Testimonials
Testimonial seringkali dapat meningkatkan conversion rate. Jika cukup banyak testimonial yang menarik, apalagi disertai nama dan foto, akan membuat visitor lebih percaya membeli produk dari merchant tersebut.

f. Reputasi Merchant
Reputasi merchant berasal dari kumpulan pengalaman orang yang membeli dari merchant tersebut. Semakin banyak customer yang puas, maka semakin baik reputasi perusahaan tersebut, demikian pula sebaliknya.
Untuk in house affiliate program, kita perlu lebih hati-hati dalam memilih merchant, check reputasinya. Pastikan tidak ada berita negatif dari merchant tersebut baik dari sisi affiliate maupun dari sisi customer.

h. Kapan dan cara pembayaran
Pelajari kapan dan bagaimana cara pembayaran merchant. Ada merchant yang mensyaratkan pembayaran komisi setelah nominal tententu atau minimal penjualan tertentu. Waktu pembayaran komisi menjadi faktor yang penting diperhatikan terutama jika kita menggunakan paid traffic seperti PPC. Jika pembayaran terlalu lama, cash flow kita akan terganggu.
Jika merasa tidak cocok dengan prosedur dan ketentuan pembayaran komisi, jangan pilih merchant tersebut untuk dipromosikan.

i. Lama cookie
Jarang sekali visitor yang langsung memutuskan melakukan pembelian suatu produk/jasa saat pertama kali datang ke website merchant. Biasanya setelah membanding-bandingkan, baru orang memutuskan membeli. Karena itu cookie yang tersimpan di komputer menjadi hal yang penting.

j. Besar komisi
Tidak selalu merchant yang memberikan komisi besar (seperti produk digital) pasti lebih bagus dibanding merchant yang memberi komisi lebih kecil. Percuma bila komisinya besar, tapi produknya berkualitas jelek atau tidak sesuai dengan keinginan pasar (tidak laku). Sebaliknya walau komisi tidak terlalu besar tapi bila high demand dan populer, secara total komisi yang dihasilkan bisa jauh lebih besar.
Jika kita menggunakan PPC untuk mendatangkan visitor, kita harus mengetahui perkiraan cost dari keyword utama produk yang dijual merchant. Bila keyword mahal tapi komisinya kecil, akan sulit bagi kita membuat campaign atau promosi yang menguntungkan.

NB: Materi mendaftar ke Affiliasi Network Paydotcom diambil dari materi E-course BBI hari ke-14, sedangkan menjadi affiliate dari merchant di Paydotcom dari materi E-course BBI hari ke-15. Bagi yang ingin langsung mendapat materi dari BBI caranya gampang masuk ke BelajarBisnisInternet.com, isi nama dan alamat email Anda. Bila ingin berdiskusi, bisa masuk ke forum.belajarbisnisinternet.com.


Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online