Wednesday, 10 December 2008

Perlukah Menggunakan Promosi Berbayar Seperti Adwords

Bila kita perhatikan di sekeliling kita, sering kita lihat adanya iklan. Baik itu di televisi, di majalah, koran, jalan-jalan, radio, bahkan di internet juga. Sebagian besar iklan-iklan tersebut berbayar dan seringkali biayanya tidak murah. Tapi kenapa perusahaan-perusahaan itu mau mengeluarkan uang untuk biaya iklan tersebut ya?

Di internet ada iklan yang bernama AdWords, milik Google, masih punya kerabat dengan AdSense. Sebagian besar pemula seperti saya mempertanyakan ngapain sih kita harus keluar uang untuk iklan? Kenapa tidak menggunakan teknik SEO saja, khan lebih enak tuh, gratis. Para guru internet marketing memberi jawaban, sama halnya dengan iklan yang kalian lihat di media cetak, televisi, di jalan-jalan, mereka mau mengeluarkan biaya untuk itu karena memang menghasilkan bagi si pemasang iklan. Saya terdiam dan berpikir, emang bagaimana sih cara kerja Adwords ini? Apakah benar biaya yang kita keluarkan bisa tercover bahkan memberi hasil yang berlimpah? Jawabnya iya kalau kita tahu bagaimana caranya. Hm, daripada bingung yuk coba kita cari tahu.

Di hari ke-16 e-course BBI ada suatu website yang menarik perhatian saya, alamatnya http://valentine.day-gift-ideas.com/. Dari judulnya saja pasti kita sudah bisa menduga kalau website ini tentang ide pemberian kado untuk hadiah Valentine. Sst pilihan hadiahnya romantis lho...Website tersebut dibuat oleh Pak Sukarto, launching 14 hari sebelum hari Valentine. Membuatnya juga terburu-buru (kurang dari 1 minggu). Bagaimana hasil penjualan dari website tersebut? Wow dalam 14 hari website tersebut menghasilkan komisi hampir US$500. Hm gimana ya caranya?

Coba teman-teman pikirkan, seandainya dalam mempromosikan website valentine tersebut kita menggunakan teknik SEO, bisa maksimal enggak ya hasilnya. Waktunya mepet banget lho. Hanya 14 hari, dan seperti yang kita ketahui, kalau moment-nya sudah lewat ya sudah website ini sedikit sekali pengunjungnya, tunggu tahun depan lagi...Nah strategi promosi apa yang bisa kita lakukan? Jawabnya iklan jenis PPC seperti AdWords. Bagi mereka yang sudah paham cara penggunaannya, PPC tidak saja terbukti menghasilkan tetapi merupakan media iklan tercanggih dan terhebat saat ini. Dengan PPC iklan dapat dilihat oleh target market yang berada di seluruh dunia dalam waktu kurang dari 30 menit.

Eh bentar semua sudah tahu khan apa sih Adwords itu? Ok deh biar persepsi kita sama, Adwords merupakan salah satu jenis iklan PPC. Bedanya dengan AdSense adalah AdSense tampil di blog atau website. Sedangkan Adwords tampil saat kita search di Google, biasanya di bagian atas yang warnanya agak berbeda, semu pink dan di bagian kanan. Untuk lebih jelasnya coba masuk ke Google.com, ketikkan kata kunci Canon Camera Ixus. Arahkan mata Anda ke bagian atas yang terlihat berbeda dan bagian kanan (eh dilihat aja ya, jangan diklik). Itulah Adwords.

Apa yang membuat Adwords berbeda? Karena orang membayar untuk penempatan iklan Adwords ini, maka Adwords pun diletakkan di tempat spesial. Di tempat yang mudah ditemukan, yaitu di bagian atas dan kanan di pencarian search engine Google. Kalau kita mengklik salah satu iklan Adwords tersebut, maka si pemasang iklan harus membayar pada Google untuk klik tersebut. Karena itu kalau kita enggak benar-benar ingin membeli atau butuh informasi tersebut, jangan iseng mengklik Adwords tersebut ya, kasihan si pembayar iklannya.

Berikut ini alasan mengapa PPC seperti AdWords ini merupakan media iklan yang hebat dibanding media lainnya:
1. Iklan hanya muncul di hadapan orang yang sedang mencari produk / jasa yang Anda miliki.
Dalam menggunakan iklan AdWord, kita harus memikirkan kata kunci yang tepat. Untuk itu diperlukan serangkaian riset kata kunci kalau kita berniat menggunakan Adwords. Iklan PPC ini hanya muncul saat seseorang mengetikkan keyword yang kita bidding atau kita inginkan. Hal ini sangat berbeda dengan media iklan lain yang target audiens-nya sangat luas.

2. Kita hanya membayar jika mereka mengklik iklan
Tidak seperti media iklan lain dimana kita harus mengeluarkan uang agar iklan kita dapat dilihat orang, di iklan PPC kita hanya mengeluarkan biaya jika audiens atau target market mengklik iklan kita.

3. Harga iklan ditentukan oleh mekanisme pasar yang efisien dan real time
Di media iklan konvensional, biaya iklan ditentukan oleh pemilik media. Di Adwords, biaya iklan ditentukan oleh mekanisme pasar. Kita bisa membayar murah suatu iklan pada keyword yang tidak kompetitif dan tidak banyak pemasang iklannya.

4. Bisa memperoleh feedback yang cepat untuk keperluan testing
Karena iklan Adwords dapat dengan cepat ditayangkan (kurang dari 30 menit) dan dengan mudah kita bisa memperoleh feedback atau respon, maka kita bisa melakukan testing dan evaluasi dengan cepat untuk pemilihan produk, penawaran harga, garansi, dan aspek marketing lainnya.

5. Begitu kita menemukan kombinasi keywords, text ads, landing page, dan ROI yang tepat, sangat mudah melakukan scalable / melipatgandakan hasil.

6. Selain itu karena Adwords dan AdSense sama-sama milik Google, maka orang yang pernah mengikuti adwords jauh lebih mudah diterima saat mendaftar AdSense.

Kelihatannya menarik ya, tapi masalahnya belajar tentang Adwords ini bukan sesuatu yang mudah. Kalau kita lihat, orang yang sukses dalam bidang Adwords merupakan orang yang penuh perhitungan, kuat di bidang riset. Mereka tidak sembarangan dalam membuat campaign iklan mereka. Semua bid diperhitungkan dengan teliti, kata-kata apa yang ditampilkan juga melalui riset. Untuk belajar ini butuh proses dan pengetesan. Terus, perlukah kita menggunakan promosi berbayar seperti Adwords ini? Jawabnya tergantung kebutuhan juga khan...Adwords merupakan jenis iklan yang sangat menarik bila digunakan oleh orang yang sudah menguasai tekniknya.

Bagi yang ingin mempelajari Adwords secara lebih mendalam, dapat dilihat di materi hari ke-25 dan 26 e-course 29 hari BelajarBisnisInternet.com. Kalau di Asian Brain materi ini ada 6 modul, diajarkan pada bulan ke-3. Kalau ingin bertanya tentang Adwords ke teman terutama tentang teknik riset pasar, kelihatannya Sam (www.imgaul.com) bisa menjelaskan dengan lebih detail. Info Adwords lain? Coba aja deh search di Google, pasti banyak tuh yang membahasnya. Ok?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



6 comments:

Julong said...

Hi,Its good blog.

Belajar Internet Marketing said...

Hi, nice to meet you. Wow you have so many blog...

Anonymous said...

Internet Marketing

Bisnis Internet

Belajar Internet Marketing

Belajar Forex

Forex

Sarang Walet

Walet

Cd Walet

Best Forex Robot

Best Forex Robots

GUDANG DOWNLOAD MODULE ISO,HRD,HSE said...

tapi saya masih segan pake adwords karena budget yang terbatas takut tekor nantinya kalau pakai adwords..

Anonymous said...

hi,saya ada satu soalan.begini,baru-baru ini saya mendapat voucher google adword $150.saya mahu menggunakannya tetapi saya juga mahu tahu jika selepas habis $150 tersebut,adakah google akan memaksa saya membayar untuk adword seterusnya?harap jawapan dr anda.terima kasih.

yahaya said...

nice tips..tq

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online