Friday, 26 December 2008

Proses Belajar Internet Marketing dan Rencana ke Depan

fsb-banner-fb-01 Tak terasa saat ini kita sudah di penghujung tahun. Banyak yang menasehatkan akhir tahun saat yang tepat bagi kita untuk merenungi dan refleksi kegiatan apa saja yang kita lakukan, apa kesalahan kita, kemajuan apa yang telah kita capai, dsb. Kemudian kita membuat rencana ke depan. Hm kilas balik ini saya batasi tentang kegiatan ngeblog aja. Perkembangan saya dalam belajar strategi internet marketing dan rencana saya di tahun 2009.

Seperti yang sudah sering saya ceritakan, saya belajar cara ngeblog di blogger dari buku Adam Pahlevi (akhir Agustus 2008), tapi faktor penggerak saya mulai membuat blog setelah saya mengikuti kursus di Asian Brain (1 September 2008), soalnya sebelum ikut kursus internet marketing bingung enggak punya ide topik apa yang mau ditulis di blog.

Dengan mengikuti kursus di Asian Brain, pikiran saya mengenai pembelajaran internet marketing mulai terbuka. Gambaran ini semakin diperjelas saat saya mengikuti E-course 29 hari. Menurut saya materi di Asian Brain dan E-course Belajar Bisnis Internet sifatnya saling melengkapi. Saya jadi memiliki gambaran mengenai apa itu internet marketing, bagaimana mindset sukses, pentingnya mengorganisir komputer, mencari ide niche, membuat rencana bisnis, Google AdSense, manfaat SEO, Google Adwords, pentingnya sistem autoresponder, affiliate marketing, dsb.

Pada awalnya saya merasakan perkembangan yang cukup pesat. Blog ini misalnya dari pengunjung hitungan jari per hari, meningkat menjadi belasan, di atas 20, 40, bahkan pernah sampai 100 kunjungan / hari. Namun seiring dengan berjalannya waktu, bukan berarti perkembangannya terus membaik. Saat ini kunjungan menurun rata-rata 40 - 60 kunjungan per hari. Pengetahuan saya dari nol juga meningkat, namun baru sekedar membaca dan banyak hal yang belum dipraktekkan, jadi banyak yang masih abstrak. Saking banyaknya informasi kadang bingung juga mana nih yang harus dilakukan lebih dahulu...

Kadang saya berpikir kenapa ya saat ini rasanya stagnan. Kalau diibaratkan pohon, saat awal benih ditanam sampai sedikit muncul di permukaan dapat dianalogikan saat mencari ide topik untuk blog, menulis artikel dan menunggu blog terindex di search engine. Setelah blog terindex dan menerapkan sebagian teknik SEO, perkembangan yang pesat mulai terlihat. Jadi pohonnya mulai tambah tinggi, daunnya hijau, cepat banget perkembangannya. Setelah mencapai tinggi tertentu, rasanya pertambahan tinggi pohon itu pelan banget, stagnan. Seperti juga kemajuan saya. Apakah ini saat pohon memperkokoh keberadaannya? Kelihatannya pohon tidak bertambah tinggi namun akar pohon membesar, diameter batang juga membesar. Apakah hal itu juga yang sedang terjadi pada perkembangan belajar internet marketing saya? Semoga deh.

Saat ini saya sedang mengalami kebingungan dalam mengatur waktu dan karena membengkaknya biaya internet. Begitu banyak materi yang harus dipelajari, sebagian besar materi masih baru sehingga tidak dapat langsung dipahami.

Ada beberapa blog yang masih bayi, yang belum sempat saya optimasi, trafiknya jangan ditanya deh, artikelnya juga jarang diupdate. Hm kayaknya perlu dibuat jadwal to do list, biar enggak kacau seperti ini, biar bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Sekarang ke rencana di tahun 2009:
1. Mengorganisir waktu dengan lebih baik. Harus diatur waktu untuk belajar, waktu untuk praktek hasil pembelajaran, waktu untuk posting artikel (dibuat jadwalnya untuk masing-masing blog).
2. Meningkatkan trafik pada blog yang sudah ada dan meningkatkan kualitasnya.
3. Lebih menurut pada para Guru dan orang yang sudah ahli dan berpengalaman di bidang internet marketing.
4. Lebih fokus. Sadari kemampuan diri. Lebih baik mengerjakan 1 hal tetapi berhasil, daripada mengerjakan banyak hal tapi tidak ada hasilnya. Ehm saya pilih fokus ke tantangan 120 hari berpenghasilan 100 US $ per hari dari bu Guru Ahira. Karena saya masih pemula, saya mulai dari 1 website berbahasa Inggris aja deh, ikuti langkah-langkah yang diberikan Bu Guru Ahira.

Mungkin ada teman-teman yang heran, kenapa saya masih mau bertahan di Asian Brain, padahal sudah beberapa bulan membayar uang kursus dan belum kelihatan hasil yang berarti. Ini beberapa alasannya:
a. Karena saya merasa internet marketing ini menarik dan layak untuk dipelajari dengan sungguh-sungguh, bisa menghasilkan pasive income kalau cara yang kita lakukan benar.

b. Saya tahu kemampuan diri saya. Karena saya bukan orang yang pintar, terlebih dalam mempelajari hal-hal yang baru, maka saya beri waktu lebih pada diri saya untuk belajar. Saya yakin ilmu internet marketing ini sesuatu yang bisa kita pelajari, asal kita mau tekun belajar dan menemukan guru yang tepat.

c. Menurut saya cara pengajaran Bu Guru Ahira menarik, tidak membosankan, materi yang diajarkan bagus. Terlebih di materi persiapan tantangan 120 hari, materinya jauh lebih mendetail. Bu Guru Ahira orang yang risetnya kuat, terorganisir, dan sudah terbukti berhasil di bidang internet marketing.

d. Karena adanya tantangan 120 hari berpenghasilan 100 US$/ hari. Untuk mengikuti tantangan ini membutuhkan konsistensi kita, kemauan mengerjakan tugas, meluangkan waktu khusus 1-2 jam per hari. Kita akan dibimbing persiapan apa yang perlu dilakukan. Setelah itu setiap hari ada tugas yang harus kita kerjakan dan ada contoh yang diberikan oleh Bu Guru Anne Ahira. Kita tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Hal ini sangat berguna untuk pemula seperti saya yang kesulitan mengorganisir waktu, jadi bisa lebih terarah dan pasti belajarnya.

Ok deh sekarang waktunya belajar dan mengerjakan tugas lagi. Semoga tahun depan kita semua dapat lebih berkembang dan berhasil dalam mempelajari internet marketing. Terutama dalam menghasilkan uang baik rupiah maupun dollar dari kegiatan kita di internet.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

sehat dengan reiki said...

Saya doakan semoga Jeng Yusi tetap eksis dengan Asian Brain nya dan segera terbukti dalam mendapatkan pasive income melalui internet.Saya salut atas keputusan Anda tetap bertahan ditengah keheranan teman-teman Anda kenapa masih bertahan di Asian Brain? Sebagian alumni tanpa izasah dari Asian Brain sudah pada mengundurkan diri termasuk saya ini.Kendatipun belum menghasilkan pasive income saya berani memutuskan just for 3 bulan belajar dengannya setelah itu pamit, sebagaimana saya sadar 200 ribu amat berat dan siswa diikat terus dalam Asian Brain tapi tetap membayar kendatipun materi pembelajaran sudah mentok selesai kurikulumnya. Jadi 200 ribu ini sekarang saya alokasikan untuk membayar internet yang tak terbatas pemakaiannya.
Memang menarik membaca blog Mas Hengky tentang Asian Brain Sekolah Mahal.
Semoga tahun 2009 membawa pencerahan Internet untuk Jeng Yusi, selamat

Belajar Internet Marketing said...

Ehm semoga saja keputusan yang saya ambil tidak salah. Saya sangat berharap dapat mengikuti tantangan 120 hari dengan baik dan sukses. Thanks atas doanya. Semoga Anda juga sukses di jalan yang Anda pilih.

benny said...

postingannya sangat membangun sekali.makasih dah memeri suntikan semangat kepada bloger newbi kayak saya

Johar said...

Artikel anda sedikitnya mampu memberikan sedikit motivasi untuk bisa membagi waktu antara Pekerjaan di dunia nyata dan di dunia maya internet.. Thanks :)

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online