Monday, 29 December 2008

Social Network (Situs Jejaring Sosial)

Bagi Anda yang ingin mencari teman-teman lama atau menambah teman baru, coba gunakan jasa social media site atau social network atau situs jejaring sosial. Ada beberapa social network, yang paling tua umurnya dan memiliki member paling banyak adalah friendster. Membernya tersebar di seluruh dunia. Sedangkan social network yang fiturnya lebih menarik dan akhir-akhir ini melejit adalah facebook. Tahukah Anda kalau ada versi mobile dari social network tersebut? Ya kita dapat mengaksesnya melalui handphone.

Info ini saya baca dari Tabloid Pulsa Edisi 146 th VI/2008 / 11-24 Desember. Banyak social network yang mulai mengembangkan portalnya ke format mobile. Tampilan dan beberapa fitur dipangkas supaya akses data lebih ringan dan disesuaikan dengan kemampuan browser ponsel. Namun, fasilitasnya tetap sama layaknya versi WEB yang biasa dilihat di PC.

Beberapa situs jejaring social yang ada versi mobile-nya:
1. Friendster
- Merupakan situs social network yang bermarkas di Mountain View-California.
- Portal jejaring sosial pertama
- Memiliki member paling banyak
- Tersebar hampir di seluruh dunia
- Fokus utamanya memberikan kemudahan bagi anggotanya untuk berkomunikasi dan mencari teman baru secara virtual.

Sejak pertengahan 2008, Friendster mengembangkan versi mobile yang bisa diakses dari semua tipe ponsel yang mendukung jaringan internet. Untuk mengunjunginya ketik m.friendster.com di browser ponsel. Tampilan tak selengkap versi PC, tapi Anda tetap bisa mengisi data pribadi, upload foto, membuat testimonial dan fasilitas standar lainnya.

Anda juga akan mendapat notifikasi via SMS jika ada Friend Requests, Messages, Comments, Bulletins, dsb. Anda juga bisa membuat Post Shoutout, Approve Friend Request, Send Message, Post Bulletin, dll via SMS. Friendster telah bekerjasama dengan beberapa operator lokal seperti Telkomsel, Hutchison, Flexi, dan Excelcom dalam memberikan layanan ini.

2. Facebook
- Situs jejaring sosial ini didirikan 4 Februari 2004
- Merupakan ajang kumpul-kumpul virtual.
- Gaungnya baru santer beberapa bulan belakangan ini
- Dari segi tampilan lebih atraktif daripada friendster. Kita dapat menampilkan beragam komentar, aktivitas, serta RSS blog.
- Untuk bisa melihat profile lengkap orang lain, kita harus mendapat persetujuan / konfirmasi sebagai teman.

Saya menyukai fitur facebook. Dari salah satu teman di facebook, saya bisa melihat siapa saja yang sudah berteman dengannya. Adakah diantara orang-orang tersebut yang juga merupakan teman saya, jika ada saya bisa menambahkannya sebagai teman. Setelah dikonfirmasi, saya baru dapat melihat profilnya, album foto, dengan siapa saja dia berteman, adakah diantaranya yang merupakan teman saya juga, dst. Asyik rasanya bisa kembali mengetahui kabar teman-teman lama. Kita juga dapat menulis pesan, baik pesan yang dapat dibaca oleh semua teman, maupun pesan private. Ada juga fasilitas chatting. Kita dapat mengetahui siapa teman yang online dan mengajaknya chatting.

Nah untuk mengakses versi mobile-nya, ketik m.facebook.com. Tampilannya lebih sederhana dibanding model PC. Di bagian atas Anda bisa melihat notivikasi yang masuk, bisa berupa pesan maupun even yang dikirim teman. Di bagian bawahnya terlihat informasi seputar aktivitas yang berlangsung di profile Anda. Melalui versi mobile, Anda bisa mengotak-atik profile account, mulai upload foto, mengganti status, memberi komentar ke teman hingga menampilkan tulisan dari blog.

3. Multiply
- Multiply sebenarnya lebih condong ke urusan berbagi file daripada social networking
- Peminat di Indonesia lumayan banyak, kebanyakan sebagai forum seputar hobby musik dan video
- Selain diskusi, Anda juga dapat menuliskan komentar di file upload orang lain yang ada di jaringan Anda. Atau bisa juga pada orang lain yang Anda ketahui link account multiply-nya.
- Kita juga dapat menulis tentang blog di situs ini.
- Untuk mendaftar atau mengecheck account, ketik m.multiply dari browser handphone / ponsel. Isi username dan password.

4. Flickr
- Portal Flickr merupakan bagian dari Yahoo!
- Seperti Multiply, Flickr menawarkan layanan upload foto yang bisa diakses banyak orang.
- Anda dapat saling bertukar foto melalui link yang diberikan rekan Anda, termasuk memberikan komentar seputar foto yang diupload.
- Untuk masuk layanan Flickr gunakan account Yahoo! yang telah Anda miliki. Karena sifatnya terintegrasi dengan Yahoo! portal, maka ketika login akan terlebih dahulu dibawa ke layanan Yahoo!
- Di struktur menu paling bawah, ada sejumlah link yang merupakan fasilitas turunan dari situs Yahoo!, salah satunya adalah Flickr. Alamat aksesnya m.yahoo.com atau m.flickr.com.

5. Hi5
- Seperti Friendster dan Facebook, Hi5 menawarkan kemudahan untuk bersosialisasi secara virtual.
- Situs social network Hi5 bermarkas di San Francisco-California.
- Hi5 merupakan situs jejaring sosial yang dipublikasikan pertengahan 2003, merupakan salah satu yang terbesar di kawasan Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Afrika.
- Didukung dengan kemampuan menampilkan lebih dari 37 bahasa nasional masing-masing negara.
- Secara keseluruhan, tampilan dan fasilitas yang ditawarkan Hi5 tidak jauh berbeda dibanding Facebook. Anda bisa dengan mudah memantau seluruh aktivitas yang dilakukan semua anggota komunitas yang tergabung dalam jaringan.
- Anggota Hi5 diberi kemudahan untuk berkreatifitas mendesain profile account masing-masing. Anda dapay menambahkan foto, testimonial hingga menghadirkan tulisan-tulisan yang berasal dari blog pribadi.
- Anda juga dapat membuat group khusus yang disesuaikan dengan hobi maupun minat yang sama dari tiap-tiap anggota dalam satu jaringan.
- Untuk mengakses situs Hi5 via ponsel, ketikkan m.hi5.com di browser handphone / ponsel Anda.

Menarik bukan Tips dan Trik dari Tabloid Pulsa tersebut? Semoga dengan mengikuti beberapa social media site tersebut Anda memiliki semakin banyak teman dan dapat meningkatkan traffik blog Anda. Silakan mencobanya. Semoga sukses.



Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online