Thursday, 11 December 2008

Strategi Belajar Internet Marketing

Tak terasa sudah 3 bulan lebih sejak saya belajar internet marketing. Meski mencari uang di internet ini bukan suatu hal yang mudah, tapi menurut saya menarik banget untuk dipelajari. Bila dibandingkan dengan model bisnis konvensional, banyak kelebihan bisnis internet marketing ini, antara lain:
1. Modal yang kita keluarkan untuk belajar bisnis internet ini jauh lebih sedikit.
Kita cukup bermodalkan komputer / laptop, sambungan internet, kemauan untuk belajar dan praktek. Kalau ingin proses belajar lebih cepat, cari guru yang membimbing kita, atau cari panduan buku / ebook yang bagus. Oh ya nantinya kita juga butuh modal untuk membeli domain, hosting, software, mesin autoresponder, dll tapi tenang aja itu bertahap kok dan harganya jauh lebih murah dibanding beli mesin-mesin pabrik :)

2.Bisnis internet marketing ini juga fleksibel, dapat kita kendalikan sendiri.
- Jam kerja bisa diatur sendiri
- Lokasi kerja juga tidak menjadi masalah, asalkan ada komputer / laptop dan jaringan internet.
- Kita dapat melakukan segalanya sendiri. Namun bila kita kesulitan di suatu bidang misalnya kita lemah dalam mendesain website, hal ini masih bisa diakali, dengan cara mendelegasikan pada orang yang lebih ahli. Ada banyak jasa pembuatan website. Demikian pula bila kita merasa lemah dalam bahasa Inggris, kita dapat menggunakan jasa penterjemah.

3. Bisnis internet tersedia selama 24 jam, 7 hari per minggu.
Mungkin ada yang membantah, di bisnis konvensional banyak juga pabrik yang berjalan selama 24 jam non stop, 7 hari per minggu. Ok hal itu benar. Tapi tidak seperti di bisnis konvensional di mana kita perlu memantau dengan ketat, perlu dibuat shift, perlu tenaga kerja, dsb. Di bisnis internet marketing ini kita hanya perlu kerja keras di awalnya, setelah situs dan sistem berjalan dengan baik, meskipun kita tinggal tidur, pergi ke luar kota, dsb bisnis internet marketing dapat tetap berjalan lancar tanpa perlu kita awasin secara terus-menerus (hanya butuh sedikit campur tangan manusia).

4. Bisnis internet marketing sangat memungkinkan menjadi passive income
Tentu saja persyaratannya harus dipenuhi, kerja keras di awal, membangun sistem otomatisasi. Selanjutnya kita tinggal menikmati hasilnya, tinggal melakukan sedikit kontrol dan pekerjaan ringan.

Mungkin ada yang berpikir marketing itu khan berhubungan dengan pemasaran suatu produk atau jasa. Bagaimana kalau kita tidak memiliki sesuatu untuk dijual / dipasarkan? Hm inilah menariknya bisnis internet marketing. Meskipun kita tidak memiliki produk / jasa milik kita sendiri, kita bisa menjadi affiliate marketing, semacam makelar githu. Jadi kita membantu menjualkan produk orang lain. Di internet, terlebih di luar negeri banyak banget produk affiliate yang dapat kita bantu penjualannya. Tinggal dipikirkan saja bagaimana strateginya agar kita bisa menang melawan persaingan yang sudah ada.

Bagi yang sudah memiliki produk, seperti UKM juga terbuka peluang memasarkan produk melalui media internet. Misalkan dengan membuka toko online. Hal ini sangat menunjang bisnis offline Anda. Apalagi bila diikutkan program affiliasi, dimana penjualan Anda akan dibantu oleh makelar-makelar di dunia internet. Anda hanya perlu memberi komisi bila terjadi penjualan. Menarik bukan?

Bagaimana, apakah Anda tertarik? Eit tunggu dulu. Ada sedikit kabar buruk nih. Sayangnya tidak semua orang bisa sukses di bisnis internet marketing ini. Nah coba simak beberapa fakta berikut, semoga Anda tidak termasuk dalam kategori ini ya:
a. Orang yang alergi dengan komputer dan sama sekali tidak ingin belajar
b. Orang yang buta huruf
c. Orang yang tidak peduli pada kemajuan tehnologi, tidak mau tahu apa itu internet.
d. Orang yang hanya mau belajar tanpa pernah mau mempraktekkannya
e. Orang yang cepat putus asa dan menyerah sebelum mencapai keberhasilan.
f. Orang yang tidak fokus dalam belajar dan praktek. Termasuk dalam kategori ini orang yang tidak memiliki pendirian sendiri, suka mengikuti arus. Tahu A sukses di AdSense ikut mengerjakan AdSense, eh baru nulis beberapa artikel bahasa Inggris sudah merasa kesulitan. Terus melihat tuh B bisa sukses dengan jualan ebook berbahasa Indonesia, ngikut ah. Tapi C bilang ebook sudah terlalu banyak saingan, mending buka toko online saja, dst. Karena di internet banyak sekali informasi, bila kita tidak fokus dan hanya mengikuti arus, maka sulit bagi kita untuk berhasil. Begitu banyak yang ingin dikerjakan, satu hal belum selesai sudah pindah ke lainnya. Akibatnya pasti tidak akan maksimal.

Terus, gimana nih caranya agar kita dapat sukses, gimana sih strategi belajar internet marketing ini? Kayaknya sih yang paling gampang ya kita belajar dari orang yang sudah berhasil, orang yang terus mengikuti perkembangan bisnis internet marketing ini. Kenapa? Karena bisnis internet ini terus berkembang. Strategi yang cocok diterapkan pada awal tahun 2000-an bisa jadi sudah ketinggalan jaman. Jadi carilah guru yang benar-benar menguasai bidang ini, bukan hanya teori semata, melainkan sukses di prakteknya.

Setelah menemukan guru yang cocok, ikuti ajarannya dengan baik. Belajarlah untuk fokus, yang berarti kerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh, jangan seperti kutu loncat yang tidak tahu arah tujuan. Selain itu jangan lupa praktek. Hanya dengan membaca materi modul sampai hafal tidak akan membuat kita berhasil, yang penting prakteknya. Jangan takut membuat kesalahan. Kita harus bisa belajar dari kesalahan tersebut dan melangkah maju. Hal yang tak kalah penting adalah jangan putus asa dan berhenti sebelum mencapai keberhasilan. Kita tidak akan pernah gagal jika kita tidak menyerah. Ok?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

Diajeng said...

memang tidak ada bisnis yg mudah ya mba..semua melalui proses belajar....:)

Belajar Internet Marketing said...

Yup betul itu. Apalagi bila kita mempelajari hal yang baru, butuh proses pembelajaran dan praktek. Thanks ya sudah mampir dan berkomentar. Ditunggu postinganmu, jadi khan ikut kontesnya? Semoga sukses deh.

sehat dengan reiki said...

Jeng Yusi, selamat pagi semoga hari ini Anda dan keluarga senantiasa dalam keadaan sehat, murah rejeki, amin.
1. Saya ingin menanyakan Jeng? bagaimana caranya membuat background warna dasar pada blog kita?
2. Bagaimana caranya membuat catagories dalam tulisan kita?
3. Cara merubah template dari bawaan ke template hasil download gratisan? bisa jelaskan?
Oh, ya jangan lupa olah raga, misal jalan kaki minimal 1 jam jarak tempuh 4 s/d 5 km di sekitar tempat tinggal sambil menghirup udara pagi yang sejuk. Semoga udara pagi yang sejuk ini dapat memberi inspirasi dalam ngeblog. Salam dan sukses selalu, amin.

Belajar Internet Marketing said...

To Pak Djoko:
1. Coba masuk ke tata letak, font dan warna. Dari situ kita dapat mengubah warna sesuai selera kita.
2. Dalam setiap postingan artikel kita perlu menambahkan tags / label. Jadi isi label untuk entri ini sesuai dengan kategori yang ingin Bapak buat. Untuk menampilkan di sidebar: masuk tata letak, elemen halaman, tambah gadget, pilih label. Nah judul label boleh diganti dengan kategori. Jangan lupa klik simpan.
3. Untuk mengubah template bisa dibaca di http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/template-blogger-3-kolom.html
Ok selamat mencoba.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online