Monday, 15 December 2008

Strategi Mendatangkan Pengunjung

Ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mendatangkan pengunjung. Pada artikel terdahulu sudah kita bahas penggunaan social media site. Bila kita menggunakan mybloglog dan Blogcatalog, kita menjumpai komunitas sesama blogger. Sedangkan facebook dan friendster lebih memungkinkan kita kontak kembali dengan teman-teman lama kita. Seandainya kita berhasil mengundang semua anggota di semua social media site tersebut, misalkan dengan broadcast yang menarik, mungkin traffik kita akan naik. Namun pertanyaannya peningkatan jumlah pengunjung ini hanya sesaat ataukah akan stabil? Jawaban atas pertanyaan ini tentu saja tergantung apakah blog kita menampilkan sesuatu yang memang menarik bagi pengunjung kita yang membuat mereka bakal balik lagi dan lagi? Apakah orang yang kita undang tersebut adalah targetted traffic kita? Apakah mereka sudah sesuai dengan target market kita?

Bagi orang yang sama sekali tidak berminat belajar membuat blog misalnya, sebagian besar isi blog ini pasti tidak menarik bagi mereka. Teman saya ada yang bilang aduh sekarang kok blog-mu isinya teknis banget, pusing aku. Nah hal itu berarti sekalipun saya berhasil membuat teman saya mengunjungi blog ini, namun karena dia merasa artikel di sini tidak relevan dengan apa yang ingin dibacanya, maka dia bukan target market saya. Mungkin suatu ketika jika tahu-tahu dia tertarik ingin membuat blog di blogger, yang pertama dia ingat adalah blog ini. Tapi tidak untuk saat ini dan jangan paksakan itu.

Strategi mendatangkan pengunjung dengan menggunakan iklan baik iklan baris maupun iklan yang berbayar juga merupakan strategi yang ampuh jika kalimat yang kita gunakan dalam iklan tersebut menarik bagi target market kita. Namun seringkali strategi ini juga tidak bertahan lama. Saat budget iklan kita habis atau bila kita tidak konsisten dalam memasang iklan, pengunjung pun akan menurun drastis.

Ikut kontes juga bisa membantu mendatangkan traffik, ya minimal banget dewan juri akan datang mengunjungi blog Anda. Kalau beruntung, apalagi bila kita ikutnya di awal kontes, kadang ada peserta lain yang pingin tahu seperti apa sih contoh artikel kontes yang sudah jadi. Namun ini juga sifatnya hanya sementara.

Terus strategi apa dong yang menarik untuk mendatangkan pengunjung? Sampai saat ini saya tetap menganggap traffik dari search engine, terutama Google adalah yang paling menarik. Hal ini karena pengunjung yang datang dari search engine datang karena dipandu oleh kata kunci yang mereka ketik. Memang sih meskipun Google sudah berusaha maksimal, kadangkala artikel tersebut tetap tidak tidak sesuai dengan apa yang kita / pengunjung inginkan.

Sebagai contoh beberapa waktu lalu ada pengunjung yang mengetik kata kunci "memilih wajan teflon" dan dia dibawa ke artikel "Kisah Anak Cowok yang Hobby main masak-masakan". Dalam hal ini Google tidak salah karena memang di artikel tersebut ada cerita yang intinya anak cowok tersebut suka sekali main masak-masakan. Karena wajan teflon di rumah rusak, saat di supermarket mereka membeli wajan teflon baru. Anak cowok yang hobby main masak-masakan tersebut ikut sibuk membantu memilihkan wajan teflon. Nah bener khan memang ada kata memilih wajan teflon dalam cerita artikel tadi, namun tentu saja yang dimaksud orang yang mengetikkan kata kunci itu bukan cerita tersebut. Berarti artikel tersebut tidak relevan. Tapi kalau dipikir-pikir lagi khan dari judulnya sudah sangat jelas kalau itu bukan artikel tentang tips memilih wajan teflon. Kenapa masih diklik ya...

Contoh lain saat kita mengetik kata kunci "knalpot Pegasus", hasil dari Google search untuk 3 artikel teratas justru isinya informasi kalau di depan bengkel Pegasus di Ngagel banyak yang jualan makanan enak, ada aneka penyetan, soto ayam jalan Arjuna, Pecel Keputran, pangsit mie Gajah Mada, dsb. Eh kok malah ikut promosi makanan nih...

Meskipun ada kemungkinan terjadi hal seperti cerita di atas, secara umum prosentase ketidakcocokan kata kunci dan artikel tidak terlampau besar. Jadi kita masih bisa mengharapkan traffik tertarget dari search engine Google. Strategi mendatangkan pengunjung melalui search engine Google ini sebaiknya kita lakukan dengan teknik Search Engine Optimization (SEO), tapi jangan yang black hat ya.

Strategi lain untuk mendatangkan pengunjung yang tertarget adalah dengan menulis komentar di blog yang sejenis, pilih yang pemiliknya rajin blogwalking atau membalas kunjungan. Ada juga orang yang suka berkomentar di blog yang do Follow. Coba Anda amati blog Bayumukti, Blogguebo, Kang Rohman, O-om. Blog-blog tersebut ramai banget komentarnya, bahkan banyak yang berlomba-lomba menjadi pertamax.

Nah agar para blogger senior tersebut mau mengunjungi ke blog kita, tentunya kita perlu menggunakan strategi. Jangan asal berkomentar, jangan spam, dan jangan numpang iklan. Baca dengan seksama isi postingan mereka lalu cobalah buat suatu komentar yang mengelitik yang akan membuat orang penasaran, siapa sih orang ini...Diharapkan bukan hanya pemilik blog yang berkunjung ke blog Anda, melainkan pengunjung blog lainnya juga tertarik dan hal ini dapat mendongkrak traffik Anda. Seandainya isi blog Anda memang menarik, ada kemungkinan Anda mendapat tambahan pembaca setia. Bila Anda memiliki pembaca setia, biasanya mereka akan membookmark atau menyimpan alamat blog Anda, mungkin berlangganan RSS blog Anda, dan mau diajak tukar link.

Strategi lain yang dapat kita gunakan untuk mendatangkan traffik adalah dengan menulis artikel di Tabloid Internet dengan mencantumkan link blog / website kita (menjadi kontributor). Kita dapat juga mendatangkan pengunjung dengan strategi direct traffic misalkan dengan cara mendistribusikan free PDF ebook yang mencantumkan link ke blog kita, mencantumkan alamat blog / website di kartu nama, membuat brosur, iklan.

Untuk mengetahui jumlah pengunjung blog kita, dapat digunakan alat penghitung statistik seperti Histats. Selain itu kita juga dapat menggunakan tools yang disediakan oleh Google yaitu Google Analytics. Itu beberapa strategi untuk mendatangkan pengunjung dan cara mengechecknya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. (Sst enggak ada khan teman dari friendster dan facebook yang enggak punya blog / website dan belum berminat membuatnya, yang membaca artikel ini sampai selesai?)

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



8 comments:

sehat berkat reiki said...

Jeng Yusi, mohon sarannya kalau menulis artikel di blogger ini supaya paragraf 1 dan 2 jadi satu halaman dan paragraf 3,4 dan 5 tersembunyi dan hanya bisa di klik Read More, bagaimana caranya? Menu posting di bloger sudah saya cari tapi ndak ketemu,bisa kasih jawaban? Ya seperti artikel Anda saat ini contohnya, trima kasih...

Belajar Internet Marketing said...

Untuk read more nih lihat di sini http://kolom-tutorial.blogspot.com/2007/05/membuat-read-more-2.html (untuk blogger template yang baru).
Kalau error biar enggak bingung lihat di sini http://trik-tips.blogspot.com/2008/11/tips-mengedit-html-blogspot.html
Di trik-tips.blogspot.com juga ada cara membuat read more, cari aja yang sesuai dengan template yang dipakai (inget ya ini khusus untuk blogspot).Selamat mencoba.

Diajeng said...

Siang mba Yusi...(*ambil bangku) numpang belajar ya....:)

Rendy BlogHeboh "Blog Dofollow" said...

blognya keren nih..
ikut baca2 yg terbaru,.
Salam kenal dari BLOG HEBOH..

Ngomong2 mohon doa dukungan supaya saya sukses dan lulus UAN.. Amin..

Oh iya silahkan berkunjung ke BLOG HEBOH dan silahkan berkomentar sebanyak-banyaknya biar dapet banyak backlink,kbetulan juga BLOG HEBOH udah ber-PageRank 1..

Salam sukses!!

Belajar Internet Marketing said...

Yup, setuju blognya memang heboh. Banyak artikel menarik.
Selamat mempersiapkan diri menghadapi ujian, semoga sukses ya.

ARTIKEL BISNIS said...

owh ... informasi yang menarik.

Anonymous said...

ini membuka mata saya, thanks

yousuf said...

strategi menarik pengunjung lain pasang foto menarik pasti koment

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online