Friday, 5 December 2008

Study Kasus Sistem Asian Brain vs Formula Bisnis

Teman-teman pernah kepikiran enggak, gimana ya cara membuat sistem di bisnis internet marketing? Kalau suatu saat kita akan membangun bisnis sendiri, enggak ada salahnya khan kalau kita mulai belajar. Apa saja sih yang harus dipersiapkan? Yuk kita coba study kasus sistem di Asian Brain dan Formula Bisnis.

Kenapa saya pilih Asian Brain dan Formula Bisnis:
1. Karena baik Asian Brain maupun Formula Bisnis merupakan pioner di bidang bisnis intenet marketing di Indonesia. Asian Brain dengan kursus internet marketingnya, Formula Bisnis dengan ebook-nya. Sampai sekarang kedua bisnis ini masih bertahan, bahkan berkembang pesat.

2. Karena kedua sistem ini, baik Asian Brain maupun Formula Bisnis, sudah berjalan bertahun-tahun dan minim komplain (NB: yang dibahas di artikel ini sistemnya, jadi maksudnya komplain karena sudah bayar uang tapi belum menerima ebook / modul).

3. Karena kedua bisnis internet marketing ini didirikan oleh orang yang pada mulanya minim pengetahuan tentang internetnya. Namun berkat ketekunan dan kerja keras mereka akhirnya berhasil. Asian Brain didirikan oleh Anne Ahira dan Formula Bisnis oleh Joko Susilo.

4. Mereka mendesain sistem bisnisnya dengan sungguh-sungguh, melalui riset dan perhitungan yang matang.

5. Karena saya affiliate di kedua bisnis tersebut, jadi paling enggak ada bisa ngintip dikit untuk memperoleh gambaran :)

Yuk kita mulai. Kita lihat dulu ya gimana sih cara Asian Brain dan Formula Bisnis mendesain sistemnya:
1. Saat kita masuk ke website utama
Di Asian Brain kita akan melihat website yang terkesan profesional. Di halaman utama kita bisa membaca Kesaksian para member, di sebelah kiri ada menu yang bisa kita klik untuk membaca informasi lain seperti materi belajar Asian Brain, lamanya waktu belajar, dll. Coba lihat di saat kita membuka website Asian Brain pusat perhatian kita tertuju pada apa?
a. Panah merah yang menjauh dan mendekat pada free modul. Anda lihat? Yup memang diharapkan pengunjung tertarik untuk mengisi data dan sebagai balasannya Anda akan mendapat free modul.
b. Kata-kata yang tercetak tebal atau yang diwarnai.
Kata-kata yang seolah-olah diberi stabilo kuning: Tidak Semua Orang Tahu Bagaimana Caranya!
Kata-kata yang dicetak tebal: "Mulai Hari ini Saya Akan Membimbing ....Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Melalui Internet!"
Kata-kata yang digaris bawah: ribuan, bagaimana caranya, secara detail
Warna merah: ANDA, secara detail
Warna biru: Anne Ahira

Di Formula Bisnis kita akan melihat:
a. Kalimat yang seolah-olah diberi stabilo kuning: Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang di Internet Akhirnya Terungkap...
Kalimat yang diberi warna merah: Jika Anda Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda sudah Memiliki Syarat yang Cukup untuk Menghasilkan Uang Melimpah dari Internet...Hanya Jika Anda Tahu Caranya!
b. Coba turunkan scroll mouse Anda ke bawah, lihat tuh ada yang mengikuti, maksud saya kotak di sebelah kiri yang berjudul View Important Report. Selama tidak ada klik tanda silang di pojok kanan atas kotak tersebut yang ada tulisan close, kotak itu ikut turun, seiring dengan scroll mouse. Hm apa nih tujuannya? Yup, sangat diharapkan pengunjung mau meluangkan waktu sejenak mengisi nama dan alamat email. Sebagai balasan mengisi data tersebut, dapat gratis data free report. Anda masih mau membaca dulu, tidak masalah, kotak View Important Report setia menunggu.

Sekarang kita lihat kenapa menggunakan stabilo, menggarisbawahi kata, memberi warna yang berbeda? Karena itu kata / kalimat yang penting. Headline tersebut sengaja dibuat seperti itu, agar mata kita tertegun dan tertarik membaca kalimat-kalimat selanjutnya. Mereka dalam menyusun kata dan kalimat juga enggak sembarangan lho, sudah melalui serangkaian riset, trial error, dsb.

Kenapa free modul dan subsribe free report gratis itu penting? Karena baik Anne Ahira maupun Joko Susilo tahu bahwa 98% bahkan lebih orang yang mendatangi website mereka pertama kali tidak melakukan pembelian. Diperlukan upaya-upaya tambahan untuk membuat prospek tertarik dan bergabung, salah satunya adalah follow up. Dengan memiliki data calon pelanggan, mereka memperoleh informasi berharga. Dari sisi konsumen, biasanya orang tertarik dengan kata-kata gratis, jadi ditawarkan free modul untuk Asian Brain dan free report gratis di Formula Bisnis.

Ok, apa yang bisa kita pelajari: kalau kita ingin menjual produk melalui internet:
-buatlah website yang profesional
-buatlah kalimat yang membuat orang penasaran dan tertarik membaca lebih lanjut.
-Jangan lupa sediakan tempat bagi pengunjung yang tertarik untuk mengisi data mereka. Ini penting banget lho sebagai upaya dalam melakukan serangkaian follow-up.

2. Saat Anda tertarik mengisi data diri
Coba periksa email Anda. Tuh ada email baru, bila tidak ada di inbox coba check di bagian spam/junk/bulk mail. Aktifkan (klik link konfirmasi) email itu maka Anda akan mendapat yang telah dijanjikan sebelumnya. Di Asian Brain free modul, sedang di Formula Bisnis free report.
Baik di Asian Brain maupun Formula Bisnis sudah merancang serangkaian email follow-up. Jadi tunggu saja, setiap beberapa hari sekali secara berkala akan terkirim ke alamat email yang telah Anda daftarkan. Karena menggunakan mesin autoresponder, email-email itu telah disetting dan terkirim secara otomatis sesuai jadwal.

3. Saat Anda memutuskan untuk menjadi anggota
a. Anda belum melakukan transfer pembayaran
- Segera setelah Anda mengisi data untuk menjadi member, Anda akan menerima email ucapan terima kasih dan pemberitahuan langkah apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Ke rekening mana uang tersebut harus ditransfer, berapa jumlahnya, dsb.
- Saat Anda mengisi data diri, selain mengirim email ke Anda, mesin autoresponder juga mengirim email pemberitahuan ke affiliate (orang yang mengajak / yang link affiliate-nya tercantum di website saat Anda mendaftar). Email itu berisi pemberitahuan tentang adanya prospek baru.
- Saat Anda mengisi form pendaftaran, kembali affiliate mendapat email yang memberitahu kalau ada klien bergabung.

b. Anda telah melakukan transfer pembayaran
Anda mendapat email ucapan terima kasih / selamat bergabung. Email ini tidak seperti email-email lain yang langsung mendapat tanggapan. Kenapa? Karena untuk memproses ini masih butuh tahapan pengechekan oleh manusia. Benarkah Anda sudah melakukan transfer pembayaran? Apakah jumlahnya sudah sesuai, dsb. Setelah benar, baru keanggotaan Anda diaktifkan.
Affiliate juga mendapat email pemberitahuan kalau klien sudah melakukan pembayaran.
Di Asian Brain karena urusan keuangan sudah dihandle admin keuangan, komisi akan ditransfer setiap bulan sekitar tanggal 24.
Di Formula Bisnis, member langsung mentransfer uang ke 2 rekening yaitu rekening Joko Susilo selaku owner, dan rekening affiliate. Karena komisi 50% maka jumlahnya sama. Untuk memudahkan dalam identifikasi, Pak Joko Susilo menggunakan angka unik. Untuk mencegah anggota yang curang, ada langkah pemblokiran rekening.
Email follow-up akan berhenti setelah Anda menjadi anggota.

4. Bila Anda tetap tidak ingin menjadi anggota
Email follow-up akan Anda terima sampai jangka waktu tertentu. Bila Anda ingin menghentikannya, klik aja unsubscribe yang biasanya terdapat di bagian bawah email tersebut.
Bila Anda berhenti berlangganan (unsubsribe) maka Anda tidak akan menerima email dari mereka lagi. Namun bila Anda tidak melakukan tindakan apa-apa, mungkin pada waktu-waktu tertentu ada penawaran lain dari mereka.

Nah apa yang kita pelajari dari sistem Asian Brain dan Formula Bisnis? Ternyata banyak juga ya tahapan yang harus dipikirkan dalam membuat suatu sistem bisnis internet marketing. Hal ini sangat penting diperhatikan terutama untuk mensetting mesin autoresponder. Semakin baik sistem kita, semakin sedikit complain yang terjadi dan semakin banyak pelanggan yang puas. Sudahkah Anda mendapat gambaran mengenai sistem yang akan Anda terapkan di bisnis internet marketing Anda?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



6 comments:

Diajeng said...

waduh pelajaran yg bagus...thanks mba yusi, hari ni diajeng dapet ilmu baru...:)
met weekend ya mba...salam sukses selalu

Belajar Internet Marketing said...

Hai, thanks sudah mampir. Di blog-mu saya juga dapat palejaran bagus...Happy weekend dan sukses juga buat Diajeng

Eman said...

Salut untuk Penulis,
Artikel yang luar biasa !

Dan bagi Pembaca lain, saya juga ada gratis, Ebook bagus buat Anda,
Barangkali bisa bermanfaat Silahkan Anda Download.

Klik Kanan ( Save Target As.....) Link berikut ini :

Metode terbaru Cara hasilkan uang mudah Lewat Pos :

http://www.internetmudah.net46.net/Jadi%20Jutawan%20Dengan%20Bisnis%20Via%20Pos.pdf

Membuat Uang Beranak Pinak secara Mudah,Murah ,dan Halal.

http://www.internetmudah.net46.net/Beternak%20Uang%20di%20Internet.pdf


Sukses Selalu Blogger Indonesia !

Belajar Internet Marketing said...

Eman itu sama ya dengan Surahman? Selamat nih Anda sekarang sudah memiliki produk sendiri.
Kalau boleh ngasih saran tuh belum ada tempat untuk mengisi data pengunjung. Katanya itu penting banget lho, biar Anda bisa mendapatkan data pelanggan dan melakukan serangkaian follow up.
Kalau mau bisnis berjalan lebih cepat, Pak Joko menggunakan viral marketing, yaitu merekrut affiliate, jadi ada banyak orang yang membantu mempromosikan ebook Anda.
Ok deh, sukses ya...

FAIZAL said...

Studi Kasus .. tapi ga ada deskripsi perbandingan signifikan. apakah kelebihan kedua affiliate tersebut. Mana yg paling direkomend diantara keuduanya. ini cuma reportase aja ya?

Apakah mungkin karena mba Yusi member keduanya ya? hehehehe...Slam kenal mba.. Sy belom gabung dg keduanya jd perlu explorasi banyak soal mereka..

Belajar Internet Marketing said...

Hai Faizal, salam kenal...
Artikel ini khusus membahas sistemnya. Kalau tentang isi program dan pendirinya coba baca http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/asian-brain-anne-ahira-vs-formula.html

Faizal pingin belajar apa? Di Formula bisnis khusus belajar cara membuat ebook dan teknik promosinya (cenderung ke pasar dalam negeri). Sedangkan di Asian Brain belajar macam-macam mulai riset, micro niche, Google Adsense, berbagai program affiliasi, teknik SEO, dsb cenderung ke pasar luar negeri.

Kalau ditanya rekomendasi, yang memilih Asian Brain. Salam sukses.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online