Saturday, 13 December 2008

Upaya Meningkatkan Traffik dengan Social Media Site

Ada banyak cara untuk meningkatkan traffik. Salah satunya dengan menggunakan website high traffic yang dikenal dengan Social Media Site yang dikenal dengan web 2.0 seperti YouTube, Facebook, Friendster, MyScape, dsb. Content atau isi dari Social Media Site umumnya berasal dari user generated content atau content yang berasal dari pengguna seperti kita.

Social Networking site yang paling cepat perkembangannya saat ini adalah Facebook. High traffic website seperti facebook dapat memberikan banyak peluang pada pebisnis internet. Beberapa hari lalu saya coba mendaftar ke friendster dan facebook. Hasilnya saya berhasil menemukan beberapa teman lama yang sudah bergabung terlebih dahulu di sana. Lumayan juga, kita bisa saling kontak setelah sekian lama terpisah, dan hal ini tidak dibatasi oleh negara. Tadi tahu-tahu ada teman SMA dari Philadelphia (USA) yang menyapa. Nah bagi teman-teman yang belum punya Friendster dan Facebook coba saja daftar.

Penggunaan social network lainnya seperti mybloglog dan blogcatalog juga terbukti dapat meningkatkan traffik. Berbeda dengan facebook dan friendster yang sifatnya lebih umum dan lebih memungkinkan kita bertemu dengan teman lama, mybloglog dan blogcatalog lebih spesifik ke orang-orang yang telah memiliki blog (komunitas blogger). Baik di mybloglog maupun blog catalog, kita dapat melihat statistik blog kita. Bahkan di mybloglog kita dapat melihat situs (darimana pembaca datang), URL (apa yang dilihat oleh pembaca), dan link (apa yang diklik oleh pembaca).

Selain itu baik di mybloglog maupun blogcatalog memungkinkan kita menjalin pertemanan dengan blogger di seluruh dunia. Kita dapat melihat blog apa saja yang dimiliki oleh mereka, bahkan kadang ada yang menawarkan exchange link, ada yang menyapa, dsb. Yang jelas kita jadi punya banyak teman dan komunitas sesama blogger dari seluruh penjuru dunia.

Hari ini O-om memperkenalkan sosial media lainnya, yaitu Google Friend Conect. Tadi saya sudah mencoba, lumayan gampang kok daftarnya.
1. Klik set up a new site
2. Pada jendela overview, klik continue
3. Isi site name dan home URL, jika sudah klik continue
4. Muncul download rpc_relay.html dan download canvas.html. Jika sudah klik continue.
5. Klik to finalize setup
6. Pada Add a member gadget to your site, klik get code for the member gadget
7. Set up the member gadget:
a. Pilih ukuran gadget (sesuaikan dengan ukuran sidebar tempat Anda meletakkan gadget ini)
b. Pilih warna yang sesuai dengan templete blog Anda
c. Pada create the HTML code, klik generate code
d. Copy kode tersebut ke blog Anda (block semua lalu tekan ctrl + C)
b. Silakan masuk ke blogger, seperti biasa untuk meletakkan kode tersebut kita ke tata letak, elemen halaman, tambah gadget, pilih HTML / java script. Paste kode tadi (ctrl + V). Jangan lupa klik simpan.

Selesai sudah, Anda tinggal memindahkan letak gadget itu sesuai keinginan dengan cari click and drag ke tempat yang Anda inginkan (untuk pemindahan gadget ini harus dilakukan di tata letak, elemen halaman). Lihat blog Anda, sekarang ada gadget baru Google Friend Connect. Untuk bergabung pada Google Friend Connect pada blog yang Anda inginkan caranya mudah, tinggal klik Join this Site dan ikuti langkah selanjutnya.

Silakan mencoba semua social media site ini. Semoga teman Anda bertambah banyak dan traffik blog Anda meningkat.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



11 comments:

Esaul Daris said...

Thanks infonya. Tabloid Internet untuk sementar barusan masuk di MyBlogLog.

Mudah-mudahan bisa masuk juga ke semua social network site. Abis gak waktu untuk ngurusin sampe ke sana. Mungkin nanti kalo ada waktu mo promo disana...

Thanks again mbak Yusi. Artikel-artikelnya oke2....

Belajar Internet Marketing said...

Iya Pak Esaul Daris MyBlogLog lumayan membantu meningkatkan traffik, kita jadi tahu juga foto-foto para visitor...

Saya yakin Tabloid Internet bisa sukses.

Sam said...

permisi...numpang lewat...mau ambil minuman...

Belajar Internet Marketing said...

Minuman? Aduh saya kok tambah bingung ya, dulu cahaya dibilang kereta api, terus sekarang numpang lewat, ambil minuman? Teka-tekinya susah banget sih...

Indra Meissa said...

Makasih udah join di google friend connect aku...

Belajar Internet Marketing said...

Punyaku rada gak beres nih. Munculnya cuman bentar terus menghilang tinggal bingkainya doang. Hm gemes deh. Apa karena proses downloadnya gak sempurna ya?

bareng Ngeblog said...

maaf mbak, lupa aku pasang GFC di blog saya nyang itu but diuasahain besok soalnya dah mo solat subuh, mo ngantor dulu...

78-indomedia said...

Increase the traffic of your blog/web at 78-indomedia.com

Belajar Internet Marketing said...

Thanks infonya, akan saya coba.

hendra said...

terimaskih sekali y sob, infonya, rupanya dari google juga ya sob, bagus sekali tu... slm kenal...

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses juga buat Hendra...

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online