Tuesday, 16 December 2008

Website di Wordpress dan Analisa Pesaing

Beberapa waktu lalu saya ke toko buku untuk mencari buku panduan membuat website dengan menggunakan wordpress. Sebenarnya tutorial ini sudah ada sih baik di modul Asian Brain maupun di E-course 29 hari. Tapi karena membuat website enggak segampang membuat blog di blogger, saya seringkali kesulitan dan butuh panduan. Aduh yang membahas cara upload file ke server hosting di modul / materi mana ya? Kemarin baca cara menginstal plugin, di modul yang mana ya? (sst ketahuan deh belajarnya enggak langsung praktek). Saya pikir kalau ada buku yang membahas secara lengkap lebih enak belajarnya dan lebih praktis.

Sayangnya saat itu buku yang dari judulnya mencerminkan isi panduan membuat website dengan wordpress tidak saya temukan, yang banyak pakai Joomla. Akhirnya saya memilih buku "Kiat Menjadi Top 10 di Google dengan WordPress". Ya sudah enggak apa-apa deh, ada teknik SEO-nya , kayaknya menarik juga tuh buat dipelajari.

Setelah saya baca buku tersebut, untung deh saya enggak salah pilih. Isi buku tersebut enggak mengecewakan, bahkan bagus. Ternyata pengarang buku tersebut Lutvi Avandi pemilik cafeblogger, bekerja sama dengan Jimmy Wahyudi Bharata, dan Al Kalam. Hm kalau blogger asli yang membuat buku berdasarkan pengalaman dan benar-benar dari hasil praktek, beda deh. Ayo dong blogger senior lainnya jangan mau ketinggalan.

Panduan membuat website menggunakan wordpress tidak tercantum di pembahasan di belakang buku, dan tidak tercermin dari judulnya. Namun ternyata dibahas kok di buku tersebut (bukunya dibungkus plastik, jadi saat di toko buku saya cuman bisa membaca yang tertulis di sampul depan dan belakang).

Di buku tersebut saya mendapat tambahan ilmu, terutama mengenai analisa pesaing. Ya ampun sampai sebegitu jauh ternyata cara-cara yang digunakan untuk memenangkan persaingan. Saya tertegun ketika membaca kalimat "Kita ambil peringkat teratas untuk kita teliti kelebihan dan kekurangannya sehingga dapat disingkirkan dengan mudah" (halaman 83).

Saya jadi teringat ada artikel saya yang dulunya pernah menduduki peringkat atas (3 besar), bahkan beberapa kali di nomer 1. Artikel tersebut berjudul Templete Blogger 3 Kolom. Namun setelah saya ulas di Catatan Pribadi Review Blog Umur 2 Bulan, herannya tidak lama setelah itu saya amati di histats saya tidak ada lagi pengunjung yang datang dengan kata kunci template blog /blogger 3 kolom, mengubah blog menjadi 3 kolom, blogger 3 kolom atau kata-kata yang sejenis itu. Nah karena artikel tersebut yang selama beberapa waktu mendominasi pencarian di blog saya, akibatnya jumlah pengunjung dari Google pun menurun drastis. Penasaran, saya coba check kata kunci itu di Google, di halaman 1 tidak ada, 2 juga tidak, 3 masih tidak ada. Wow jauh banget ketendangnya, sampai penasaran apa kesalahan yang saya lakukan...

Setelah membaca tentang analisa pesaing di buku "Kiat Menjadi Top 10 di Google dengan WordPress" saya jadi sadar, seandainya memang benar ada yang mau menyingkirkan artikel saya dari Google ya gampang banget . Hm tambah hari tambah banyak orang pintar, persaingan makin ketat nih...Apalagi setelah teknik rahasia menyingkirkan pesaing dibocorin...Kayaknya beberapa waktu lagi sekedar menjadi top 10 di Google aja bakal tambah susah deh. Berarti kita enggak boleh berhenti belajar ya...

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



10 comments:

thefachia said...

betul sekali mas...


mantpas sharingnya.. :)

Belajar Internet Marketing said...

Hai salam kenal, tapi kok Mas sih...

Ardy Pratama said...

Hehehehe... sis yusi dblng mas :) prsaign smkin ktat, tpi yg brmain fair yg bkal trus brthan :) Sis ad PR di blog saya, tlng dliat yah

Belajar Internet Marketing said...

Aduh kirain saya enggak bakal kena PR ini, eh saya salah deh...

Syamsul Alam said...

yups... bener banget kata mas ardy. Yang main fair yang pasti bakal menang!

Selamat dah dapet PR..... huehuehue,,,,, selamat ato sukurin yah seharusnya....

Belajar Internet Marketing said...

Yeee pe-er nya sudah dikerjakan kok, tapi pasti dapat nilai jelek deh, soalnya cuman dapat 6 blogger dan saya pakai stuntman :)

Tabloid Internet said...

Wah..wahh... beberapa saja saya off... postingannya sudah ada yang terbaru. Salut buat mab' Sys.

Belajar Internet Marketing said...

Makasih buat Pak Esaul Daris yang sudah berkunjung ke blog saya.

jaka said...

jika ada yang tahu script pop up window untuk set ke blog, kasih tahu saya dong ...

Belajar Internet Marketing said...

To Jaka,
Coba pelajari di
http://javascript.internet.com/generators/popup-window.html
Salam sukses

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online