Thursday, 29 January 2009

Blog Masuk Sandbox dan JumlahPengunjung turun

Pernahkah Anda mengalami kejadian tiba-tiba jumlah pengunjung blog Anda menurun drastis? Setelah Anda check melalui alat pendeteksi statistik pengunjung seperti Histats, ternyata pengunjung dari search engine nol dan hal itu berlangsung selama beberapa hari. Saat Anda check kata kunci yang menjadi andalan blog Anda, yang biasanya bertengger di halaman 1, ternyata tidak ditemukan padahal Anda sudah mencarinya sampai capek dan bosan di SERP (Search Engine Result Page).

Bila hal tersebut terjadi ada kemungkinan blog Anda masuk sandbox atau penjara sementara Google. Mungkin ada suatu kesalahan yang Anda perbuat yang menyebabkan Google mengambil tindakan tersebut. Beberapa hari yang lalu saya mengalaminya. Blog saya yang http://yusisetiawati.blogspot.com, yang mengulas tentang permasalahan anak, tahu-tahu sangat sepi pengunjung. Saya check ternyata sudah berhari-hari tidak ada pengunjung dari search engine, nol.

Karena memang pada bulan ini saya jarang mengupdate blog tersebut dan hampir tidak pernah blogwalking dengan meninggalkan jejak menggunakan link blog permasalahan anak tersebut, akibatnya pengunjung dari website hampir tidak ada. Pelanggan setia mungkin juga jengkel tidak menemukan artikel baru pada blog tersebut akibatnya enggan berkunjung, jadi no refferer juga sangat minim. Lengkaplah sudah. Jumlah pengunjung total per hari menjadi sekitar 2-5 orang, dari yang sebelumnya 20-30 lebih per hari.

Saya akui semua itu kesalahan saya. Blog tersebut saya anak tirikan. Makin lama saya makin kehilangan arah, bingung apa yang mau ditulis. Tapi mengetahui efek yang ditimbulkan itu, rasanya enggak tega juga membiarkan blog tersebut mati suri. Saya paksakan diri update, menulis minimal 1 artikel per hari, setelah selesai menulis artikel melakukan ping melalui jasa pingomatic dan melakukan blogwalking ke beberapa website dengan menggunakan link blog permasalahan anak tersebut.

Kemarin dulu saya lihat di shoutbox ada pesan dari Mas Yudi pemilik Jepara Mebel. Dia menulis kalau temannya curhat, "Yud, anak guwe nakal banget, anak tetangga kemarin ditonjokin terus ngambil duit temannya.". Mas Yudi menjawab dengan simple," loe baca aja deh yusisetiawati.blogspot.com." Mas Yudi juga menulis kalau dia lebih menyukai artikel saya di blog tersebut.

Ajaib deh, kalimat tersebut membuat semangat saya timbul. Di kepala saya mendadak jadi penuh ide. Saya berpikir ingin menyajikan artikel yang langsung mengenai sasaran saat teman Mas Yudi datang ke blog tersebut, biar dia enggak bingung mencarinya. Dengan penuh semangat saya tulis artikel dan ada beberapa internal linking ke artikel-artikel lama.

Sorenya ketika saya mengunjungi blog tersebut, saya kaget. Jumlah pengunjung ada 25, hah enggak salah lihat nih. Saya klik link menuju histats. Ternyata Google sudah enggak marah lagi. Situs saya sudah dikeluarkan dari penjara sandbox-nya. Total pengunjung kemarin 35 dan total pages 99. Bukan jumlah yang luar biasa memang, tapi... setelah sekarat berhari-hari, rasanya lega banget melihat blog tersebut enggak jadi mati.

NB: Ralat nih, ternyata sandbox itu untuk situs baru yang terlalu cepat teroptimasi. Kalau ini namanya Google dance, karena Google sedang melakukan update di servernya. (untuk lebih jelasnya baca komentar Sam Bisnis Online di kolom komentar). Thanks ya Sam atas koreksinya :)

Pesan saya bagi teman-teman yang mengalami kejadian serupa, yang merasa kenapa pengunjung blog saya enggak ada. Jangan putus asa. Mungkin ada hal yang perlu Anda lakukan:
- Update blog secara teratur (kalau enggak teratur algoritmanya Google jadi kacau juga katanya)
- Lakukan ping setelah Anda memposting artikel baru agar search engine tahu kalau ada postingan baru di blog Anda.
- Perlajari teknik SEO karena hal tersebut sangat membantu mendatangkan trafik tertarget ke blog kita dengan gratis.
- Lakukan blogwalking terutama ke pemilik blog yang rajin melakukan kunjungan balik, tulis komentar di sana, kalau bisa jaring juga pengunjung blog tersebut mengunjungi blog Anda.
- Lakukan langkah-langkah kreatif lainnya misalnya ke forum, mengirim artikel ke artikel direktori, menggunakan social media site seperti facebook, dsb.

Ingat kuncinya jangan putus asa. Seringkali kalau kita lagi bersemangat kita bisa menghadirkan tulisan yang menarik. Saat kita kehabisan ide, kalau kita paksakan menulis hasilnya tulisan kita terasa hambar. Saya kadang kala menyiasatinya dengan mencari buku atau artikel yang menarik kemudian menulis ulang. Tentu saja jangan lupa sertakan sumbernya. Anda tentu tidak suka juga khan kalau ada orang yang copy paste artikel Anda tanpa izin dan tanpa memberi link pada artikel Anda... Salam sukses untuk Anda semua. Terima kasih banyak buat Mas Yudi yang berhasil membangkitkan semangat saya. Semoga mebelnya makin laris :)

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



20 comments:

tukang edit video said...

Kalau putus asa sebaiknya dengarkan lagu Koes Plus yang akan manggung di Balai Sarbini Jakarta 31 Januari 2003 dengan tema 3D Koes Plus dengan formasi baru.
Saat saya menulis komentar ini tepat jam 01.00 dinihari Jumat 30/01/09 posisi Hit Stat Jeng Yusi visited today 66, on line 1.
Selamat semoga tidak masuk sand box Google lagi ya? Kenapa saya kasih komentar ketika pemilih blog ini mungkin sudah terbuai mimpi indah, saya terkesan dengan kalimat yang memotivasi agar kita tidak putus asa. Nah karena saya baru tiba di rumah dari kantor (dinas siaran malam) dan tidak pernah putus asa maka saya buka internet dan membaca postingan ini. Boleh dikata saya adalah pengunjung pertama (1) Jumat 30/01/09 dinihari ini.Siapa menyusul di pagi ini? Hayoo berkunjung ya....salam

Belajar Internet Marketing said...

Hehe yang masuk sandbox bukan blog yang ini Pak dan mudah-mudah jangan pernah deh. Sudah cukup pengalaman di blog yang permasalahan anak itu.

Wah Pak Djoko ngelembur nih sudah dini hari kok masih sempat-sempatnya buka internet...Salam sukses deh.

Syamsul Alam said...

Wah.... keren juga nih post... hueheuheuheu.....

blogku yang di blogspot juga pernah masuk sandbox.. wkwkkwkwkwkwkwk...... gara2 buatin halaman khusus orang yg mau tukeran link. Jadi dianggap linkfarm deh.....

Untung kebanyakan visitorku adalah loyal visitor... heuheuehuehue........

Belajar Internet Marketing said...

Ihik ihik masuk sandbox kok keren? Tapi untuk deh enggak terlalu lama dipenjaranya.
Wah blog Alam Pintar pernah masuk sandbox juga?

Yah pelajaran berharga deh. Mudah-mudahan enggak terulang lagi...Thanks ya, salam sukses.

YUDI said...

hehehehehhehehe...jadi malu :) ayo ayo..sapa lagi sapa lagi..kualitas I harga murah bergaransi hahahahaha *malah promosi* maap yaa..
memang sih kadang2 kita mendapat inspirasi dari external diri kita asalkan kita sendiri emang msh ada kemauan..selamat yaa..tetap semangat!!!
aku lagi hepi nih..kayaknya SERP situsku getting better..di Search engine (kecuali google) untuk keyword jenis produknya ada diurutan 1..kalo google ya setidaknya masih di halaman 1 udah beruntung..tapi hampir sebagian besar dipage 1-2...pengunjungnya sehari rata2 diatas 50orang..baru 2bulan bikin webnya loch..
bolehlah menyenangkan diri sendiri..ternyata SEO yang aku pelajarin trus aku praktekin dapat berguna..dan untungnya ada efek loh ke order yg masuk heheheh..tentunya order bukan hanya karena SEO saja..kebetulan karena aku jualan produk tentunya kualitas dan service purna jual adalah kunci utama order.
ada yg lucu nih..selama 2 minggu aku bingung kenapa yahoo index + link cuman 100-an..tapi hari ini..tiba2 koq index jadi 1400an dan backlink yahoo jadi 1300an..wehehehe kaget juga..bisa cepet brubah gitu..oh ya aku ada trick membuat 1000 yahoo back dalam semalam FREE! tertarik ga?

gwe said...

jangan dipublish ya..ada bbrp link yg error.contoh http://www.blogger.com/strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/10/hore-berhasil-search-situs-dan-artikel.html
tadi nemu 2 cuman yg 1 mana ya..apa dah dibenerin?

Belajar Internet Marketing said...

Wah menarik banget tuh infonya mau dong...
Heran nih apa sih tipsnya kok bisa disayang sama Yahoo? Belajar SEO nya dari mana nih sumbernya, mau ikutan belajar juga nih...
Tertarik banget, ayo bagi ilmunya...
Ntar kudoain deh biar mebelnya makin sukses hehe

Belajar Internet Marketing said...

To Mas Yudi, komentarnya otomatis ke pubish tuh. Thanks banget nih bantu ngecheck error link. Saya enggak teliti nih, ada 3 malahan errornya. Itu artikel lama, kemarin nyarinya dari Google, enggak perhatian kalau ada www.blogger.com, itu yang membuat error.
Thanks banget atas koreksinya.

Sam Bisnis Online said...

Sandbox itu biasanya merefer untuk situs yang baru dibuat, Google membuat ini untuk menentukan kualitas dari situs yang bersangkutan untuk mencegah link spamming atau black hat marketing lainnya, Google perlu waktu untuk menentukan link quality dari situs yang baru, dan menentukan rankingnya, sementara itu situs baru akan berada di sandbox, kalau situs yang sudah lama berjalan atau sudah cukup lama mendapatkan traffic dari Google itu bukannya gara2 Google marah, tapi biasanya karena Google Dance, atau Google sedang melakukan update di servernya, karena Google memiliki server di berbagai lokasi maka kadang2 dalam proses update akan mempengaruhi posisi kita sebelumnya di Google index.

Belajar Internet Marketing said...

Oh githu penjelasannya. Iya sih di modul Asian Brain Bu guru njelasin sandbox waktu nerangin situs yang baru dibuat yang terlalu cepat teroptimasi. Sempat juga baca tentang google dance di blog orang lain. Tapi waktu itu cuman ada istilahnya, enggak ada penjelasannya.
Thanks banget atas koreksinya. Salam sukses.

suakcot said...

gtu yeee heheh

Belajar Internet Marketing said...

Hehe tahu deh Google dance atau sandbox ;)

SH Terate Sragen said...

selamat mlm...?

ikutan jual pulsa yukkk....?

bonusnya gede lho...?

mau gabung silahkan DAFTAR DISINI

jika butuh bantuan silahkan hubungi :
E-mail : pg_terate@yahoo.co.id
YM : pg_cooler
HP : 085641788054

cara dapat duit said...

aku newbi di internet, blog ini adalah blog pertamaku lalu aku optimasi, tiga minggu kemudian blogku nangkring dihalaman pertama nomor delapan di google, eh.. seminggu kemudian hilang tuh blogku. Aku kaget kok bisa gak ada sampai aku cari sampai halaman 25 tapi ternyata gak ketemu.Blogku masih terindex di google tp gak tahu halaman berapa trus aku tanya sang senior SEO ktnya blogku masuk sandbox (sedih rasanya, tp jgn putus asa akan kucoba lagi he...he...

Belajar Internet Marketing said...

To Cara Dapat Duit:
Iya saya lihat blog Anda masih terindex di Google. Soal posisi yang naik turun untuk blog baru adalah hal yang biasa.
Saran senior SEO itu sudah betul, saat blog kena Google dance atau masuk sandbox, jangan putus asa, terus lakukan update konten secara teratur. Cari backlink tapi jangan over, sewajarnya aja.
Salam sukses ya.

Service Komputer said...

Oke, infonya sangat bermanfaat

madd said...

jadi sandbox tuh bisa diatasi ya?

Belajar Internet Marketing said...

Tergantung kasusnya juga sih. Google dance biasanya lebih mudah diatasi dibanding google sandbox.
salam kenal dan salam sukses

jabon sosis said...

bagaimana cara melakukan ping artikel baru ya sobn,coz biasanya saya diamkan saja setelah nulis artikel

Belajar Internet Marketing said...

Anda dapat melakukan ping melalui pingomatic.com

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online