Thursday, 15 January 2009

Google Search Engine

Google Search Engine merupakan mesin pencari raksasa yang terpopuler dan terbesar saat ini. Banyak orang berlomba-lomba untuk masuk peringkat atas di Google dengan mempelajari teknik SEO (Search Engine Optimization). Mengapa Google begitu populer? Kalau kita lihat desain websitenya, terkesan sangat sederhana. Tidak ada iklan, gambar, maupun animasi. Terus apa dong kelebihan Google?

1. Hasil pencarian dari search engine Google sangat relevan, akurat dan disajikan dengan cepat pula. Hal ini berkaitan dengan sistem algoritma Google dan tehnologi PageRank-nya.

2. Kecepatan Spider Google bisa diandalkan dalam mengindex dan melist website. Jika kita mendaftarkan alamat situs ke Google, waktu yang diperlukan sampai alamat situs kita terindex sekitar 1-2 minggu. Google juga secara reguler mengindex ulang URL situs kita.

3. Proses pengindex-an Google jauh lebih cepat dibanding search engine lain. Bahkan pengeditan yang kita lakukan misalkan mengubah judul, mengedit kalimat dalam postingan, distribusi keyword, dsb dapat dengan cepat dikenali dan di-update oleh spider Google.

Hal-hal yang perlu diketahui mengenai Google:
a. Google memperhatikan Title atau judul halaman
Google memberikan bobot yang banyak pada tag title halaman saat mencari keyword. Sebaiknya kita menulis teks judul yang mengandung keyword dengan kalimat yang mewakili konten dan mengundang perhatian pengunjung. Buat sesingkat mungkin

b. Google tidak menggunakan Metatag
Google tidak memperhatikan metatag seperti metatag keyword atau metatag deskripsi karena teks dalam tag tersebut tidak bisa dilihat pengunjung. Tapi kebanyakan search engine lain masih menggunakan meta tag.

c. Google memperhatikan deskripsi pada beberapa baris pertama halaman kita
Hal ini berarti kita harus memiliki keyword dan kalimat yang tepat / relevan di bagian atas halaman (paragraf pertama).

d. Google mempertimbangkan kerapatan keyword
Kemunculan keyword yang sering dapat mencuri perhatian Google. Kita sebaiknya menyebar keyword dalam artikel kita. Tapi jangan terlalu banyak karena bisa dianggap spam.

e. Google memberi bobot besar pada kata-kata diantara tag heading
Pastikan menyimpan kata-kata yang paling penting di dalam tag-tag heading, sesering mungkin di seluruh halaman. Buat juga keyword yang muncul dalam tag bold (dicetak tebal).

f. Google mengindex Tag alt-image
Dulu Google mengindeks teks dalam tag alternatif image atau alt-image. Tidak diketahui apakah algoritma ini masih berlaku atau tidak. Namun tidak ada salahnya jika kita menaruh keyword penting dalam tag ini.

g. Menaruh keyword di dalam link ke situs kita
Relevansi halaman juga dapat ditingkatkan dengan menaruh keyword di dalam link-link yang menuju situs kita.

h. Keyword dalam link berpengaruh kuat pada tebakan setiap orang
Jika Anda melakukan tukar link, gunakan kode HTML yang menyertakan keyword yang tepat

i. Pahami Google PageRank
Untuk memutuskan situs mana yang lebih baik, Google menggunakan sistem PageRank. Untuk mengetahui level PageRank, kita dapat menggunakan Google Toolbar .

j. Google tidak begitu saja menghitung jumlah incoming link di halaman web
Google menganalisis halaman yang mendapatkan vote apakah berbobot atau tidak.

Itu sebagian algoritma yang digunakan Google, terutama dalam menempatkan urutan suatu situs di Google search engine.

Sumber: 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web (Ganesha Progress dan Rahmat Rafiudin)

NB: Thanks untuk Novianti yang sudah berbaik hati memberikan buku tersebut.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



18 comments:

- s L i K e R s - said...

Waw pembahasan yang keren sekali nih.. Saya baru tau sekarang karakteristik google sperti itu.. btw, buku apa ya itu? Apakah bisa di download gratis? :p

Belajar Internet Marketing said...

Wah sayangnya buku cetakan tuh, buku fisik yang dibeli di toko buku. Kebetulan saya dikasih gratis sama teman :)

Septian said...

wah..penjelasan yang sangat rinci..
Mas, ada gak buku yang ngasi tips biar PR blog kita bisa 10? kalo ada tak beli dah..cash
Rp 1 juta..hihihi

Belajar Internet Marketing said...

Aduh kok saya dipanggil Mas terus sih :)
Wah enggak tahu tuh ada enggak ya, emang ada blog yang berhasil mencapai PR 10? Kalau sekedar tips aja percuma, yang penting buktinya khan...

putri solo said...

Bukunya itu dijual obralan di Gedung Kompas Jalan Palmerah Barat Jakarta Barat dalam pameran buku selama 3 hari di mulai tanggal 16 s/d 18 Januari 2009 ini. Saya cari siang ini tapi sudah ludes terjual cuma 5000 ribu rupiah sebagai buku obralan.
Kalau buku trik dan tip Blog seperti Jeng Yusi bahas dalam blog ini juga banyak dijajakan dengan beberapa pengarang Indonesia yang menguasai dunia perblogan. Buku ini dihargai 5000rb dan 10.000rb.
Sebelum buku-buku yang sudah terlalu lama ini tak laku dijual,maka 3 hari itu diobral sebelum nanti dihancurkan menjadi bubur kertas untuk bahan baku buku baru.

Belajar Internet Marketing said...

Wah ada Putri Solo :)
Wah saya gak tahu tuh, habis dikasih gratis...
Murah banget tuh kalau segithu, saya biasanya beli buku tentang blog paling murah 20ribu-an. Banyak yang harganya Rp 30 - 50 ribuan.
Tapi mending cari buku yang bagus deh, kalau murah tapi penulisnya sekedar tahu teori doang kadang nyebelin.
Ada buku yang katanya sih memuat rahasia cari uang di internet, tapi banyak yang enggak bisa diterapkan di Indonesia :) ketahuan tuh yang nulis belum praktek...

sam said...

"Google tidak memperhatikan metatag seperti metatag keyword atau metatag deskripsi"

Mau tambahin aja, Google masih memperhatikan Metatag koq, dan meskipun tidak memberikan bobot sebesar dulu untuk menentukan ranking, tapi ada baiknya kita tetap menuliskan meta deskripsi karena google spider tetap akan menampilkan ini pada hasil pencariannya. Dengan meta deskripsi kita dapat lebih membuat "teks yang lebih optimal" untuk menarik perhatian pengunjung, kalo bergantung pada teks konten bagi saya agak kurang optimal. Anyway just my 2 cents.

Belajar Internet Marketing said...

Thanks banget tambahan infonya. Hm ilmunya Sam banyak banget nih...

yudi said...

Setuju sama om Sam..google malah sangat memperhatikan title diskripsi dan keyword..beda sama yahoo yg baca text pertama di web..
1 bulan yg lalu saya bangun situs baru..
langkah yg pertama dilakukan adalah mencari kata yang berelasi dan sering dicari di search google lewat Google adword keyword tools.
Nah dari situ kita bisa tau dan menentukan title, diskripsi dan keyword apa yang paling bagus karena paling banyak dicari..
trus bikin sitemap.xml dan submit ke webmastergoogle..
hasilnya SERP langsung di page 1..heheh 6 hari naikin langsung ada order hehehhe..
skrg saya lagi nyoba-nyoba bikin random title dan diskripsi..logikanya biar semakin banyak content kita yg naik..bener ga yah? bagi2 ya kalo ada yg pernah coba..tengkyu Mas yusi :D

Belajar Internet Marketing said...

Kalau title (judul) dan keyword itu penting banget emang...
Soal metatag hm gini aja deh kita tetap aja pakai, karena search engine selain Google memperhatikan metatag (bahkan mungkin Google juga?).
Di buku 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web hlm 128 poin 140 dijelaskan alasannya metatag sering dikacaukan oleh webmaster yang menaruh kata yang tidak berhubungan di dalamnya dengan maksud menarik pengunjung lebih banyak.
Menurut saya sih alasannya cukup logis. Tapi mengingat Google sering banget mengubah algoritma dan tak seorang pun yang tahu secara pasti, info di atas jangan ditelan mentah-mentah.
Langkah yang MBAK Yudi :D lakukan bagus banget tuh, latihan sambil mempelajari langsung hasilnya.
Makin banyak niche keyword yang saling ngelink makin baik, tapi hati-hati jangan over di satu artikel tertentu, jangan terlalu ngebom dengan terlalu banyak keyword. Tanpa sengaja ada artikel saya yang dulunya ranking 1-3 ketendang jauh banget gara-gara terlalu bombardir keyword.
Thanks ya telah berbagi ilmu.

arif maulana said...

sy jg py buku 164 Trik Jitu tsb.
emang bgs bangets buat blogger mania..!

Belajar Internet Marketing said...

Buku apa ya yang Arief enggak punya? Wah koleksi bukunya Arief lengkap banget ya, bisa buka perpustakaan untuk blogger tuh... :) Salam sukses.

upload dapat duit said...

mas bagaimana cara membuat blog yang berguna dan mudah diindeks google, thank yo

Belajar Internet Marketing said...

Blog yang berguna? Cari aja topik yang Anda kuasai / suka dan banyak dicari orang.
Agar mudah diindex Google, coba buat postingan yang rutin, daftarkan ke blog direktori, search engine, lakukan bookmarking, dsb. Praktekkan teknik SEO juga. Google itu tuh suka dengan keywords, konten dan backlink. Selamat mencoba. Salam sukses.

tutorial bisnis internet pemula said...

Wah artikelnya bagus sekali mbak, thanks ya? jadi tambah ngerti SEO. add me on fb ya?

Belajar Internet Marketing said...

Hai Riyanto,
salam kenal ya. Tuh sudah ku add di FB.
Blog Anda juga sudah bagus tuh.
Salam sukses

Herry said...

wow manteb tutor nya,..
Sudi mampir atuh k blog saya, isi nya tentang memanfaatkan tools dan software gratis di Google, dan bagaimana cara memanfaatkan nya untuk mencari uang lewat internet.
http://herrypl4yon.blogspot.com
http://www.robotbisnis.com

Belajar Internet Marketing said...

Hai Herry,
Salam kenal dan salam sukses ya. Banyak info menarik tuh di blog Anda.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online