Friday, 2 January 2009

Internet Marketing Indonesia (Bagian 1)

Tahun telah berganti. Selamat Tahun Baru 2009. Bagaimana rencana Anda di tahun ini, terutama mengenai kemajuan belajar internet marketing? Apakah menurut Anda internet marketing Indonesia akan berkembang pesat di tahun 2009 ini?

Kelihatannya sih di tahun 2009 ini internet marketing di Indonesia akan makin booming. Hal ini terkait dengan semakin banyak orang yang mengenal dunia internet. Bahkan internet sudah masuk ke dunia pendidikan, menjadikan anak SD pun sudah mulai pintar mengakses internet. Terlebih dengan banyaknya buku dan ebook tentang cara mudah dan cara cepat menghasilkan uang di internet, membuat semakin banyak orang tergoda untuk belajar membuat blog dengan harapan blog-nya bisa berubah menjadi mesin pengeruk uang.

Buku dan ebook penjual mimpi tentang betapa mudah dan cepatnya mencari uang di internet begitu laris. Tapi ternyata setelah dibaca isinya tidak seindah judul atau sales letternya. Setelah mencoba beberapa waktu dan tidak membuahkan hasil secepat dan semudah janjinya, sebagian besar orang menjadi kesal. Di sinilah seleksi alam akan terjadi.

Ada orang yang menjadi berpandangan negatif, menganggap bisnis internet itu penipuan. Mereka yang merasa tertipu ada yang bersikap vokal ada pula yang memilih diam saja. Namun mereka yang gigih terus berusaha, baik yang belajar autodidak, maupun yang mendapatkan guru yang benar, yang menurut pada ajaran orang yang memang sudah ahli di bidang internet marketing Indonesia, itulah yang akan berhasil.

Sebenarnya bagaimana sih internet marketing di Indonesia? Apakah benar cari uang di internet itu mudah atau justru sulit?

- Internet marketing di Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lain, tapi justru saat ini kalau Anda lihat di Google Trend dengan kata kunci internet marketing, yang nomer 1 adalah Indonesia. Hal ini berarti internet marketing sedang booming di negara kita, Indonesia. Saat ini banyak orang Indonesia yang tertarik untuk belajar internet marketing.

- Dari sisi jenis usaha yang bisa kita jalankan bila kita membatasi hanya mau menggunakan bahasa Indonesia, pilihannya masih terbatas.

Untuk pendaftaran Google AdSense, misalnya mengharuskan kita membuat blog berbahasa Inggris.

Program affiliate marketing di Indonesia juga terbatas sekali jenisnya. Yang paling banyak affiliate ebook, affiliate webhosting, dan affiliate kursus internet marketing. Affiliate produk fisik masih terbatas.

Belum ada affiliate network besar yang tertarik mempersatukan UKM yang sudah punya website. Belum ada affiliate network dan in house affiliate versi Indonesia yang menonjol.

Paid review berbahasa Indonesia masih tidak seimbang antara advertiser dengan publisher. Jauh lebih banyak pemilik blog yang menawarkan diri mereview daripada orang yang minta direview.

Pay per lead versi Indonesia juga belum terdengar gaungnya. Kalau pay per click sih sudah banyak, mulai dari yang pendaftarannya mudah sampai yang sulit.

Nah sekarang benarkah cari uang di internet itu mudah?

Hm iya bagi orang yang kreatif. Hal ini bisa berkonotasi positif maupun negatif. Bagi ebook penjual mimpi misalnya, dengan sales letter mereka memukau orang. Banyak yang tertarik membeli tapi ternyata isi ebook tak sesuai dengan yang dibayangkan. Seandainya Anda tahu kalau isi formula bisnis adalah panduan dalam membuat ebook, masihkah Anda berminat membelinya? Berapa persen orang yang jadi batal untuk membeli?

Sebagian besar orang tertarik karena iming-iming mudahnya mencari uang. Cukup dengan bisa mengetik dan mengakses internet? Wah banyak banget dong yang memenuhi kriteria tersebut. Tapi apakah membuat ebook benar semudah itu?

Mungkin menjadi tenaga reseller mudah bagi sebagian orang. Bila pembeli ebook Formula Bisnis Anda karena dia pingin belajar cara membuat ebook sih enggak masalah. Tapi kalau yang beli karena tertarik iming-iming mudahnya mencari uang di internet, apakah mereka tidak akan kecewa? Tidakkah hati nurani Anda sebagai tenaga reseller terusik? Aduh mudah-mudahan yang beli ebook Formula Bisnis saya sukses dalam membuat ebook tandingan...

Seandainya sales letter Formula Bisnis dengan jujur menjelaskan kalau isinya panduan membuat ebook serupa, mungkin penjualannya tidak sefenomenal ini, tapi orang tidak akan merasa tertipu dan membuat parodi ebook sampah. Banyak pemilik ebook yang sukses meraup banyak uang di internet, terlebih dibantu oleh tenaga reseller. Apakah ini termasuk cara mudah mencari uang di internet?

Wah sudah terlalu panjang ya artikel ini. Berlanjut ke Internet Marketing Indonesia (bagian 2) aja ya.


Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



0 comments:

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online