Friday, 2 January 2009

Internet Marketing Indonesia (Bagian 2)

Pada Internet Marketing Indonesia (bagian 1) kita membahas mudah atau sulit sih mempelajari internet marketing dan mencari uang lewat internet di Indonesia. Menurut saya kalau kita membatasi hanya menggunakan bahasa Indonesia, pilihan yang ada lebih terbatas. Tapi hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang secara melimpah hanya dengan pangsa pasar Indonesia dan produk berbahasa Indonesia.

Sebagai contoh ebook Formula Bisnis yang fenomenal itu, yang akhir-akhir ini diparodikan menjadi ebook sampah. Ebook tersebut menggunakan bahasa Indonesia, pangsa pasar juga orang Indonesia. Formula Bisnis meraup sukses yang besar, meski isi sales letternya dianggap menipu, karena dianggap tidak sesuai dengan isi ebooknya. Tapi banyak tuh yang bersedia menjadi tenaga reseller-nya (termasuk saya?).

Apakah membuat ebook dan menjadi tenaga reseller itu mudah? Hm tergantung kemampuan dan kemauan seseorang juga sih. Dalam membuat ebook butuh proses mencari ide, topik apa yang dipilih, mencari dan mengumpulkan konten yang mau ditulis di ebook, memikirkan bagaimana sistem yang digunakan, dsb. Dalam menjadi tenaga reseller dibutuhkan kemampuan meyakinkan orang kalau produk yang dijual adalah produk yang bagus, yang menarik. Mungkin dengan teknik rayuan, iklan yang menggoda, iming-iming hadiah, dsb yang tujuannya membuat orang tertarik mau membeli.

Sebenarnya kalau kita simak sebagian besar cerita para internet marketing Indonesia yang telah sukses, perjalanan yang mereka alami tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada kisah perjuangan menuju sukses.

Bila ada yang mengatakan saya butuh waktu 1 tahun untuk mendapatkan rahasia atau formula ini. Sekarang rahasia itu saya beritahukan ke Anda sehingga Anda bisa dalam waktu 24 jam menjadi sukses, menghasilkan uang melimpah dari internet (misalkan). Benarkah demikian? Bisakah kita belajar secepat itu bila sudah dapat formula ajaibnya, bila rahasia sudah terkuak, dibeberkan di depan Anda?

Jawabannya adalah bisa kalau Anda sudah punya dasar ilmunya sebelumnya. Bagi orang yang sudah mengenal internet marketing, suatu rahasia kecil bisa menjadikannya sukses besar. Mungkin bahkan bisa kurang dari 24 jam. Tapi bagi orang yang masih pemula, yang pengetahuan internet marketing masih nol? Hm kayaknya susah ya... Bisakah Anda mengajari anak Anda perkalian padahal angka 1 - 10 saja dia belum paham?

Hal inilah yang seringkali membuat para pemula frustasi. Katanya belajar internet marketing dan menghasilkan uang lewat internet itu mudah. Kenapa saya enggak berhasil juga? Jawabnya adalah karena belajar itu suatu proses. Ada orang yang cerdas, proses belajarnya cepat. Sekali diterangkan langsung mengerti. Tapi ada pula orang yang butuh pengulangan, berkali-kali membaca dan praktek baru paham. Kenali kemampuan diri Anda.

Sebagai ilustrasi. Saat kuliah di jurusan Teknik Kimia, terutama di semester akhir, banyak mahasiswa yang pusing dan jadi kurus. Hal ini karena materinya pelajarannya berat: perancangan alat, perancangan pabrik, Operasi Teknik Kimia, matematika teknik, tugas akhir, skrpisi, dsb. Wah saya sudah agak lupa nih, ada pelajaran yang dosennya dari luar (bukan dosen dalam), kuliahnya sore hari. Tak ada yang meragukan kemampuan dosen tersebut dalam mengajar.

Tapi memang materinya sulit dan dosen tersebut kalau ngomong (mengajar) cepat banget. Karena itu banyak mahasiswa yang rajin datang cepat biar bisa mendapat bangku di depan. Ada mahasiswa yang bingung mencatat (termasuk saya), ada yang memilih mendengarkan saja (nebeng fotocopy catatan mahasiswi rajin aja), ada juga yang saking pinternya cukup membuat catatan-catatan kecil. Mahasiswa yang pintar tersebut cukup dengan menyimak baik-baik penjelasan dosen, sedikit mencatat, banyak berpikir dan mengangguk-angguk tanda mengerti.

Nah termasuk tipe yang manakah Anda? Bagi mahasiswa yang cerdas dan pintar, hanya dengan menyimak baik-baik dan membuat catatan seadanya, dia sudah mampu mengerjakan tugas dengan baik. Tugasnya itu kemudian di copy oleh sebagian besar angkatan. Ada yang menyalinnya persis sampai ke titik komanya (duplicate content), ada yang dengan modifikasi.

Saya termasuk orang yang rajin mencatat karena memang saya enggak mampu mengerti dan menangkap pelajaran dalam sekali dengar. Bahkan pernah sampai ikut kuliah yang sama 2 kali. Terus pulang menyalin catatan, itu pun enggak langsung bisa mengerjakan soal. Butuh contoh, dipelajari lagi, baru paham. Yang penting tujuan akhir kita tercapai khan, kalau kuliah mungkin mendapat nilai A atau sekedar lulus?

Demikian pula di dunia internet marketing ini. Bagi Anda yang memang cerdas dan kreatif, bersyukurlah. Gunakan kecerdasan Anda dengan baik. Tapi bagi Anda yang merasa ilmu internet marketing ini susah, jangan menyerah. Internet marketing suatu ilmu yang bisa dipelajari asalkan kita tekun, tidak mudah putus asa, dan menemukan guru yang tepat.

Saat ini masih banyak guru internet marketing yang menyarankan kita belajar dan menggarap produk di luar negeri dulu, terutama Amerika. Karena internet marketing di USA sudah berkembang pesat. Di USA hampir semua produk ada affiliatenya. Beda sekali dengan di Indonesia. Diharapkan suatu ketika saat pasar Indonesia sudah tumbuh dan berkembang pesat, kita bisa langsung ambil bagian karena sudah punya pengalaman sebelumnya. Sudah tahu teknik yang tepat. Mungkin hanya perlu sedikit adaptasi, disesuaikan dengan karakter masyarakat Indonesia.

Semoga Internet marketing di Indonesia cepat berkembang. Terutama di produk affiliasinya. Semoga makin banyak ragamnya dan ada affiliate networknya. Semoga kita semua dapat berhasil dalam belajar internet marketing dan sukses dalam menghasilkan uang dari internet.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



1 comments:

Affiliate Marketing Business said...

This is a good posting....about Internet Marketing.
Thanks..

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online