Wednesday, 21 January 2009

Tips Menarik Perhatian Yahoo

Setelah belajar mengenai Google Search Engine dan Tips SEO Google, sekarang coba kita intip tips untuk menarik perhatian Yahoo! Dulu Yahoo! sempat menjadi raja direktori dan penyedia trafik besar, sebelum posisi ini digeser oleh Open Directory Project (ODP).

Pada artikel Blog yang disukai Yahoo! telah dibahas ciri-ciri blog yang disukai dan tidak disukai Yahoo!. Kali ini kita akan mempelajari beberapa faktor penting lain yang harus kita perhatikan:
- Memilih nama domain yang tepat
memilih nama domain yang memiliki nilai jual dan mudah dikenali merupakan suatu keharusan untuk meraih rangking atas di Yahoo! Secara alami Yahoo! memberi relevansi lebih banyak pada situs yang menggunakan keyword penting untuk nama domain.

- Meneliti keyword yang tepat sebelum submisi webiste
Lakukan riset secara teliti sebelum memasukkan website ke Yahoo!. Cari keyword yang berpeluang besar memberikan ranking lebih tinggi sehingga situs kita bisa masuk seksi direktori "Most Popular".

- Faktor Regional
Yahoo! memperhitungkan lokasi regional situs kita. Karena kita berada di Indonesia maka kita daftarkan situs ke Yahoo! Indonesia (www.yahoo.co.id). Selanjutnya kita bisa mnegajukan permohonan untuk memasukkan situs kita ke www.yahoo.com sehingga masuk listing tingkat global.

- Menempatkan situs pada struktur lebih tinggi
Situs yang ditempatkan pada struktur direktori Yahoo! akan diberi relevansi lebih tinggi daripada situs-situs yang ditempatkan di level bawah.

- Jangan melakukan Spam
Yahoo! cukup ketat dalam menerima submisi status. Yahoo! tidak memasukkan situs ganda, situs yang kekurangan konten unik yang substansial dan situs yang tidak mengikuti peraturan Yahoo! Secara umum kita hanya memiliki satu kesempatan untuk submisi. Formulir perubahan memang disediakan tapi biasanya sangat sulit untuk berubah.

- Memberi deskripsi singkat
Pstikan situs kita diberi deskripsi singkat namun tepat sehingga hanya memberi sedikit kesempatan bagi editor Yahoo! untuk mengubah deskripsi situs kita.

- Pertimbangkan untuk mengikuti Program Sponsor Listings
Sponsor Listings memungkinkan situs komersial yang sudah terdaftar di Yahoo! Direktori daat meningkat posisinya secara drastis. Tapi program ini tidak gratis, biayanya sekitar $50 - 300 per bulan. Yahoo! menyediakan program Sponsor Listing hanya untuk kategori komersial (Business and Economy).

- Yahoo! tidak melakukan spider untuk menentukan ranking
Yahoo! menyusun ranking situs berdasarkan keyword dalam nama domain, titel, dan deskripsi. Jadi metatag tidak membantu meningkatkan ranking. Semua situs / URL diperiksa tim editor yang akan menentukan diterima tidaknya situs kita. Editor memberikan deskripsi yang tepat pada setiap situs yang didaftarkan.

- Jangan menaruh keyword berlebihan dalam deskripsi
Editor Yahoo! terkenal selektif, sering memotong deskripsi yang dianggap berlebihan atau tidak tepat. Hindari kata-kata nomer 1, dijamin, paling hebat, dsb. Pastikan juga heading homepage sama dengan deskripsi situs.

- Pastikan nama domain dan nama bisnis kita menggunakan nama yang sama karena Yahoo! menggunakan nama bisnis sebagai titel pada listing kita.

- Pastikan situs kita termasuk content rich
Hal ini agar situs kita diterima Yahoo! dan mendapatkan listing yang tinggi. Content rich berarti informasi yang diberikan dalam situs kita berguna bagi target audiens, banyak dicari pengunjung. Yahoo! menghitung popularitas website dari jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung pada website tersebut.

Sumber: 164 Trik Jitu Mempopulerkan Situs Web karangan Ganesha Progress dan Rahmat Rafiudin. Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



17 comments:

yudi said...

Setuju..SERP yahoo lebih stabil daripada google..i love yahoo more than google..tapi sayang, pengunjungnya banyakan google..
Gondok gw ma google..posisinya naek turun..ga bisa stabil diatas trus..nice post mba!

Belajar Internet Marketing said...

Iya nih pengunjungku juga kebanyakan dari Google. Habis buat postingan tentang Google kok kayaknya dia senang, pengunjung ada sedikit peningkatan. Sekarang gantian ngerayu Yahoo, berhasil enggak ya...
Google kayanya sih suka sama backlink.
Thanks ya sudah mampir dan berkomentar. Semoga tambah sukses dengan mebel Jeparanya.

Syamsul Alam said...

Hihihihi.... aku sampe sekarang belum di index yahoo.... wkwkwkkwkwk.... yahoo tuh ruwet bgt.... ampe males akunya. Klo aku sih, lebih suka yang dinamis kek google. Semuanya serba cepet... wkwkkwkwkwk......

Nice post. Tapi ada beberapa hal yang jadi kelemahan yahoo.... kek nama domain. Hiks2....

Belajar Internet Marketing said...

Memang Google lebih dinamis, lebih banyak artikel yang bisa keindex di Google yah meski posisinya enggak stabil.
Makasih ya tawaran sup kodoknya, tapi enggak deh thanks a lot

Umar Hadi said...

adar buku refrensi terkeni yang saya dapatkan, kita tidak perlu mensubmit ke SE, karena mereka akan memasukkannya ke databse mereka sendiri karena malu dikatakan databasenya nggak komplit

Belajar Internet Marketing said...

Bukunya Lutvi Avandi ya, Kiat Menjadi Top 10 di Google dengan Wordpress, halaman 128?
Salam kenal dan salam sukses ya...

CHIKO said...

Nah betull..saya juga dah baca bukunya.. lumayan nambah2 ilmu pengetahuan.. hehehe

Belajar Internet Marketing said...

Hai Chiko. Salam sukses ya. Semoga cepat lulus juga :)

Anonymous said...

jeng Susi..kirim email ke aku ya..admin@jeparamebel.com aku ada trik lucu buat bikin 1000 backlink yahoo dalam semalam FREE! hieheiehiehi syaratnya beli mebelku dulu ya..hahahaha..canda..aku tunggu emailnya..malu kalo posting disini

Belajar Internet Marketing said...

Lho harusnya khan bangga tuh kok malah malu? Hehe ok deh. Thanks ya

yudi said...

dulu aku pernah gondok sama yahoo..kenapa koq situsku ga keindex2..keindex cuman 3 index.php sitemap.xml sama sitemap.xml.gz.
puter puter otak atik..ketemu tulisan yang gini
- yg penting banget adalah submit sitemapnya ke yahoo
- pagenya harus sukses lolos validasi xhtml http://validator.w3.org/ sama cssnya juga http://jigsaw.w3.org/css-validator/ ..hayo hayo..yg punya web ini sapa yah..errore wuakeh 687 Errors, 433 warning(s)..
- yang ke 3 struktur alamat url paling bagus 2 aja katanya..misal domain.com/blabla/index.htm nah.
- jangan lupa bookmark situs2 kita ke social bookmark kayak digg technorati delcious dll..katanya biar lebih cepet diindex..minimalnya ya dapet backlink gitu..
kayaknya itu aja yg aku lakukan..heuheue ngasal ya..tapi tenang aja..ada buktinya loh..dari regist domain 5/des/08 GIP skrg 3190 YIP 1467 MSN 115 <-- nah ini tantangan nih..kenapa msn telat..terpaksa blajar lagi..hiks..
mohon kalo ada yg salah dibenerin ya..tengkyu..*maklum masih pemula juga*

Belajar Internet Marketing said...

Aku masih belum ngeh sama yahoo, jarang banget pengunjung yang datang ke blog-ku dari yahoo. Terus MSN juga tuh susah sekali. Untungnya search engine terbesar Google...
Ntar kalau udah nemu triknya, bagi-bagi info ya. Thanks info yang kemarin besok deh kubaca lagi.Sudah ngantuk nih.

Andy Stone Cold said...

Makasih bro atas informasinya and salam kenal...

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal dan salam sukses juga buat Andy.

hanum said...

yup.. yang penting isi content alias artikel original tidak copas, kreatif dan unik :D

Belajar Internet Marketing said...

Setuju konten original perannya besar banget tuh. Salam sukses ya

Tenun Troso Jepara said...

konten original paling mudah and cepet dibaca mbah google,.................

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online