Wednesday, 25 February 2009

Bagi yang Putus Asa di Bisnis Internet Marketing

Adakah diantara Anda yang sedang merasa putus asa? Rasanya sudah berbulan-bulan bahkan mungkin sudah bertahun-tahun lebih bergelut dengan bisnis internet marketing tapi belum menampakkan hasil yang berarti? Kalau iya, jangan menyerah dulu ya, yuk coba kita belajar dari cerita si penebang pohon berikut ini.

Beberapa tahun lalu teman saya pernah bercerita tentang kisah seorang penebang pohon. Kapak yang digunakan oleh penebang pohon tersebut sudah tumpul, jadi meskipun dia sudah bekerja keras sekuat tenaga hasilnya tetap tidak maksimal. Ada seorang kawan yang meilhat hal itu menasehatkan si penebang kayu untuk berhenti sejenak untuk mengasah kapaknya atau membeli gergaji listrik. Tapi si penebang kayu menolak, dia bilang dia terlalu sibuk untuk berhenti.

Sekarang coba kita pelajari kejadian di atas:
1. Si penebang kayu tetap meneruskan pekerjaannya dengan kapak tumpulnya
Dia akan bekerja dengan keras tanpa hasil yang sepadan, entah sampai kapan pohon tersebut akan tumbang dan dia bisa menebangnya untuk dijadikan kayu bakar. Semakin lama kapak itu akan makin tumpul dan makin sulit untuk digunakan. Setuju?

2. Si penebang kayu mau beristirahat sebentar untuk mengasah kapaknya
Tentunya dia akan kehilangan waktu beberapa saat. Dia harus meninggalkan pekerjaannya sejenak untuk mengasah kapak. Namun setelah kapak selesai diasah pekerjaannya menjadi lebih cepat.

3. Si penebang kayu tersebut memutuskan membeli gergaji listrik
Di sini bukan saja waktu yang terbuang namun juga uang. Kalau dia pergi sendiri membeli gergaji listrik itu tentu dia harus meninggalkan pekerjaannya untuk jangka waktu yang lebih lama daripada sekedar mengasah kapak. Harga gergaji listrik tentunya juga relatif mahal dibanding harga kapak baru. Namun apa hasil yang akan didapat:

a. Seandainya si penebang kayu hanya membeli alat gergaji listrik tersebut tanpa mempelajari cara penggunaannya. Apa yang akan terjadi? Mungkin dia akan bingung karena tidak mengerti cara kerjanya. Mungkin dia tidak tahu agar dapat berfungsi dia butuh listrik. Kalau sudah begitu bisakah dia bekerja?
Memiliki alat yang mahal tapi kalau kita tidak tahu cara kerjanya juga percuma khan?

b. Seandainya penebang kayu tersebut orang yang bijaksana tentunya dia tidak sekedar membeli gergaji listrik namun juga belajar bagaimana cara menggunakannya. Hal ini tentu membuat lebih banyak lagi waktu yang terbuang (kelihatannya pada awalnya). Namun dengan mengerti cara kerja alat gergaji listrik tersebut, tentunya dia jadi bisa menggunakannya dan pada akhirnya pekerjaannya terselesaikan dengan jauh lebih cepat.

Nah apa yang bisa kita pelajari dari cerita di atas:
Kalau saat ini Anda merasa jalan di tempat atau mengalami kemunduran di bisnis internet marketing Anda, mungkin penyebabnya semangat Anda yang kendor atau "alat / ilmu" yang Anda gunakan perlu diupdate. Perkembangan dunia internet marketing sangat pesat. Kalau dulu orang begitu gampangnya meraih posisi atas di search engine result page (SERP), sekarang tentunya persaingan semakin ketat. Saat ini kalau kita dianggap melakukan teknik black hat, Google tidak segan-segan memasukkan kita ke penjara sandbox. Ada peraturan-peraturan baru yang terus berkembang.

Untuk mengupdate ilmu kadang kita butuh istirahat sejenak dari rutinitas kita. Mengevaluasi hal apa yang perlu diperbaiki. Kadang kita butuh investasi lebih entah itu untuk beli alat seperti ebook, belajar dengan mengikuti kursus internet marketing, beli domain untuk membuat website di hosting yang berbayar, dsb.

Pada awalnya investasi itu mengakibatkan Anda harus berkorban waktu dan uang. Tapi coba pikirkan hasil yang akan Anda raih setelah Anda berhasil. Sama seperti si penebang kayu yang harus meninggalkan rutinitasnya sejenak untuk membeli dan mempelajari cara kerja gergaji listrik, saat kita mengambil kursus internet marketing yang berbayar, di Asian Brain misalnya, ada investasi awal yang harus kita keluarkan. Tapi sekedar ikut kursus tanpa benar-benar praktek juga percuma, seperti si penebang kayu yang beli gergaji listrik tanpa mengerti bagaimana menggunakannya.

Setelah menguasai cara penggunaan gergaji listrik, apakah Anda setuju kalau si penebang kayu akhirnya akan berhasil mengalahkan penebang kayu lainnya yang masih menggunakan kapak? Begitu pula di dunia internet marketing, bila Anda sudah menguasai ilmunya, mau mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh, investasi awal Anda akan terbayar. Anda akan dapat menikmati hasilnya. Ayo siapa takut mengikuti tantangan 120 hari berpenghasilan $100/hari dari Anne Ahira pemilik Asian Brain?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



13 comments:

Syamsul Alam said...

hm....... saya juga punya tulisan mengenai hal ini..... heuheuehue......... Kurang lebih sama dengan yang ini, dan tentunya dalam topik pengembangan diri... heuehuehue.....

yudi said...

great posting..smoga membantu buat temen2 yg udah mulai ngedrop..
pasti yg punya blog ini semangatnya tinggi yah..
salut buat yg punya blog..
met kenal yaaa

Belajar Internet Marketing said...

To Syamsul: yang mana nih tulisannya? Kok enggak dikasih link. Tadi sudah nyari-nyari ke sana enggak ketemu...Mau ngeliat nih letak kesamaannya :)

To Yudi: Tulisan ini sekaligus buat memotivasi diri sendiri githu hehe.

SUGIANA said...

Yusi, tulisanya bagus banget mampu memberikan motivasi dan inspirasi. Semua hal yang kita lakukan perlu pengorbanan termasuk dalam bisnis pasti perlu investasi apapun bentuknya dan berapapun jumlahnya. Makin besar bisnisnya makin besar investasinya. Yusi...bagus dech.
Salam sukses.
----------------
Inspirasi dan Peluang Bisnis

Belajar Internet Marketing said...

Tulisan di blog Anda juga bagus :)
Benernya investasi di bisnis internet marketing ini cenderung kecil: biaya koneksi internet, biaya sewa domain, hosting,dan kalau bisnis Anda sudah maju butuh autoresponder. Mungkin ditambah biaya kursus ya bagi yang ingin proses belajarnya lebih cepat.
Kalau dihitung-hitung jauh lebih murah dari bisnis konvensional khan...
Salam sukses juga untuk Anda.

sehat dengan reiki said...

Betul juga Jeng Yusi bilang. Untuk berhasil dalam satu hal perlu pengorbanan baik materi dan non materi.
Saya sendiri juga demikian, sekarang baru merasakan hasilnya walau pun belum sebanyak Bocah Ajaib Ponari yang dalam 1 hari praktek pengobatan saja meraup 300 juta. Bayangkan baru praktek 2 bulan sudah segitu, apalagi nanti kalau sudah bertahun-tahun. Semuanya butuh proses, pengorbanan yang membutuhkan ketekunan dan semangat tinggi dalam belajar.
Tulisan di atas memotivasi siapa pun agar jangan patah semangat dalam belajar. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Belajar Internet Marketing said...

Yup, kadang kalau kita merasa kemajuan kita berkurang, kita harus melakukan evaluasi diri.

Salut nih dengan Pak Djoko yang fokus menekuni Reiki. Ayo Pak belajar terus pantang mundur. Saya yakin Bapak pasti berhasil. Salam sukses.

dewazildjian said...

Bagus nih untuk motivasi saya, MAJU TERUS PANTANG MUNDUR.
Please SEE Feriska on Feriska blog

Belajar Internet Marketing said...

Yup, kita harus terus semangat nih agar dapat sukses.

ARIEF MAULANA said...

gimana mau sukses, kalau sukanya putus asa. Btw artikelnya bagus sekali mbak. Saya save page ini dulu!

Belajar Internet Marketing said...

Tulisan Arief lebih bagus tuh, jauh lebih berbobot motivasinya. Thanks ya. Salam sukses juga.

mebelanda.com said...

saya termotivasi dengan ilustrasi anda. trims.

Belajar Internet Marketing said...

Thanks untuk mebelanda yang begitu rajin mengunjungi blog ini dan berkomentar. Salam sukses untuk Anda

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online