Tuesday, 3 February 2009

Belajar Optimasi SEO dari Dhinatacom

Tanggal 1 Februari lalu Dhinatacom mendapatkan award tingkat nasional sebagai juara 1 dalam Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3 dengan tema Jadilah Sahabat bumi. Yang menarik, Dhinatacom mau memberitahu strategi cara optimasi SEO yang menjadi kriteria 30% dalam kompetisi tersebut.

Info lain yang tak kalah menariknya, Yoki Dhinata, pemilik situs tersebut termasuk terlambat dalam melakukan optimasi SEO. Kompetisi dimulai sejak awal Desember 2008, namun DHINATACOM sendiri bagi mempublish artikel tentang kompetisi pada tanggal 5 Januari 2009. Karena ketinggalan start dari peserta lainnya posisi SERP blog pada awalnya sangat jeblok di google.co.id dan google.com.

Tanggal 10 Januari optimasi dimulai, secara perlahan-lahan Dhinatacom mulai naik dihalaman dua. Pada tanggal 18 Januari 2009, Google melakukan update backlink sehingga blog tersebut langsung meluncur keposisi 4 besar. Nah sekarang yuk kita pelajari apa sih strategi atau teknik optimasi yang dilakukan oleh Yoki Dhinata. Secara garis besar teknik SEO yang dilakukan dibagi menjadi 2 macam:
1. On Page SEO
a. All in One SEO Pack
Karena Dhinatacom menggunakan WordPress, plugin satu ini memang yang tidak boleh ketinggan. Dengan All in One SEO Pack, kita dapat mengatur secara manual title, deksripsi, dan keyword pada tiap halaman.

b. Strategi internal linking
Beberapa backlink internal juga dibuat pada bagian homepage dan semua halaman. Hal ini juga membantu mendongkrak SERP.

c. Menggunakan plugin Related Post / Artikel terkait

2. Off Page SEO

Selain optimasi di dalam situs kita (On page SEO), kita perlu melakukan optimasi di luar situs. Untuk melakukan optimasi diluar blog/website kita (Off Page SEO), backlink sangat diperlukan. Berikut ini yang dilakukan Dhinatacom:
  • 7 backlink dari 3 blog di blogspot (posting dan blogroll).
  • 2 backlink dari Friendster.com
  • 3 backlink dari geocities.com (posting)
  • 5 backlink dari 1 blog di wordpress.com (posting dan blogroll)
  • 9 backlink dari 4 blog wordpress self hosting (posting dan blogroll)
  • 5 backlink dari 5 Forum diskusi (tread dan signature)
Meskipun telah melakukan optimasi, posisi SERP (Search Engine Result Page) masih bisa naik turun. Hal ini karena peserta lain juga melakukan optimasi, karena Google dance, frekuensi mengupdate blog, dsb.

Selamat buat Yoki Dhinata yang sudah menjadi juara 1 dan terima kasih atas kesediaannya berbagi strategi teknik optimasi SEO yang mengantarkan blog Dhinatacom menjadi pemenang lomba. Nah bagi teman-teman yang ingin belajar teknik SEO, saya rasa kita bisa belajar pentingnya optimasi On Page SEO dan OFF page SEO.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



22 comments:

yud said...

wehhh..hebat euy...
Memang setiap postingan selain kontent menarik juga harus pinter2 bikin title tagsnya yg bener2 paling bagus biar dapat ditemukan sama orang..
minimalnya page 1 di searh enging..
Yo ora Sis?

Anonymous said...

Sis..tanya donggggg..
alexa ku koq ranknya tetep ya..2.3 mulu..dulu khan bikin awal 5/12 - 01/01 dari 3.9 jadi 2.3jt
lah ini udah 5/2 koq masih tetep 2.3jt ga brubah..kirain tiap bulan brubah..
coba deh cek http://www.alexa.com/data/details/traffic_details/jeparamebel.com
minta komentarnya ya...
emang nunggu brapa lama kalo dia brubah..dan dengan trafic yg aku punya kemungkinan kedepan aku akan jadi brp traficnya..dan kapan updatenya?
tengkyu Sis..

Belajar Internet Marketing said...

Yup kalau artikel blog kita bisa nongkrong di halaman 1 rasanya seneng deh, apalagi kalau nomer 1 :)
Mengenai Alexa, hm enggak tahu tuh kenapa kok sekarang lambat banget update-nya. Dulu dalam hitungan hari lho update-nya.
Saran saya sih enggak usah terlalu dipikirin deh. Yang penting pengunjung website ada dan penjualan mebel lancar. Itu khan yang lebih penting :)
Beberapa waktu lalu saya sebel sama Google, berbulan-bulan PR tetap 0, akhirnya saya cuek. Eh tahu-tahu Google update PR dan PR blog ini jadi 2 rasanya surprise banget.
Kita tetap harus berusaha, tapi jangan terlalu terbebani. Siapa tahu Alexa sekali update website Jepara Mebel langsung drastis turun nilai AlexaRank-nya. Salam sukses.

Anonymous said...

nah itu dia sis..hubungan antara PR dengan SERP..apakah dengan keyword yang sama trus PR yang lebih tinggi itu dapat mempengaruhi SERP kita..misal jadi lebih diatasnya..
intinya sih SERP bukan PR apalagi alexa..eh salah..intinya visitor banyak yang masuk dan tertarik dengan content kita karena didukung oleh SERP yang bagus..kalo PR/Alexa khan hanya efek dari yang kita lakukan dan pengunjung yang datang..
tengkyu sis doanya..ternyata bisnis online lewat internet amazing!!! asal kualitas bener2 dijamin trus SERP kita bagus wahh..aku aja ga nyangka sis rame gini..HIDUP BISNIS ONLINE!!!

Belajar Internet Marketing said...

Wah asyiknya yang punya toko mebel online, jadi penasaran nih apa strateginya?
Biasanya sih kalau website yang besar punya PR tinggi, kita susah mengalahkan untuk keyword utamanya. Karena itu kita harus cari celahnya, pakai long tail keyword.
Cari kata kunci yang berupa frasa yang pencarinya lumayan banyak tapi pesaingnya dikit. Kalau kita bisa optimasi kata kunci tersebut, hanya dengan internal linking misalnya sudah bisa masuk halaman 1 bahkan nomer 1.
Eh kenapa enggak buat blog/ forum yang mendukung jepara mebel, buat di subdomain atau subfolder aja jadi enggak perlu beli domain lagi. Salam sukses.

Anonymous said...

aku lagi coba sis..kalo kita pake frasa keyword dan sigle keyword bedanya apa? kebetulan dengan single keywordpun kita dapat posisi bagus koq..tinggal klik kanan keliat semua deh isi dalemannya..hekehekekehe katanya sih kalo kita mo samain title/diskripsi/keyword persis plek dengan situs yg bagus posisinya..kita bisa loh dibawahnya dengan cara nyontek plek mega tagsnya..hehehhehe katanya sih..aku lom nyoba..
nanti sis kalo dah agak nyante yahh..kebetulan kalo blogging khan harus konsisten jangan anget2 doang..kebetulan target tantangan blom dapet nih..jadi sementara konsen capai target tantangan dulu hehhehe..ok tengkyu Sis..good luck 4u2..

Belajar Internet Marketing said...

Kalau single keyword sudah dapat posisi bagus artinya kabar baik tuh, saingan kita enggak banyak dan mudah dikalahkan. Tapi ada kata kunci tertentu yang susah banget dikalahkan mis Google, SEO, Yahoo, wikipedia, wordpress,dsb. Untuk bisa dapat posisi atas kita harus pakai frasa.

Nyontoh situs lain kalau situs tersebut belum dioptimasi memang gampang banget dikalahin apalagi kalau backlink-nya dikit. Tapi kalau situs besar yang sudah kuat ya dan pesaingnya banyak masih susah nih...

Ok deh selamat berjuang. Sukses ya.

SUGIANA said...

hebat...Yusi, tips and comment-nya bagus banget, sangat bermanfat untuk mendevelop blog supaya cepat melesat. mungkin sekarang kalau single keyword sudah agak susah ya, saya perhatikan mereka mainya sudah pada di frasa, mungkin sudah jenuh untuk single keyword, sudah padat sekali sehingga susah bagi kita tuk bisa masuk. Frasa masih lumayan apalagi peluang masih cukup besar.
Salam sukses.
-----------------
Inspirasi dan Peluang Bisnis.
(http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com)

Belajar Internet Marketing said...

Untuk topik internet, marketing, internet marketing wah saingannya emang sudah padat banget. Semakin hari semakin banyak orang yang belajar SEO. Apalagi untuk market luar negeri wow saingan ketat susah banget nembusnya.

Kita harus berusaha lebih keras (punya banyak backlink) atau mengincar frasa (long tail keyword) atau cari topik yang niche atau micro niche yang belum banyak pesaingnya.

Bu Guru Ahira bilang seringkali kita tahu suatu topik menghasilkan / tidak justru setelah kita mencobanya.

Salam sukses juga.

icang69 said...

Bagus juga tipnya. nanti sya coba deh

Belajar Internet Marketing said...

Hai salam kenal dan salam sukses untuk Icang69

web design India said...

thanks u r information

Increase Traffic Website Income said...

Want some awesome IM Sutra BONUS???
Making Money with CPA system, Get a lot of visitor
to your website or blog, Get money from Forum,
Get the TOP on Google, and many more
You'll get many IM Sutra BONUS that never you got...
I can't calculate my current IMSutra BONUS price
because there are too much price of those IMSutra
BONUS that I'll give you FREE....

belajar bisnis online said...

Terma kasih atas postingan yang bermanfaat ini..

Syam Oby said...

oh.. tp klo di blog gimana caranya kaka??
http://zona-ketawa-kita.blogspot.com/

Belajar Internet Marketing said...

Untuk blogspot memang enggak ada plugin nya. jadi di on page SEO lakukan internal linking dengan postingan lama yang sudah terindex. Untuk off page SEO cara di atas bisa digunakan.
Salam sukses.

tarunaonline said...

Salam Kenal, Trims ya untuk informasi mengenai SEO-nya..Tapi itu khan yang menggunakan wordpress..Bagaimana untuk SEO yang menggunakan blogspot.com? Soalnya saya perlu juga neh untuk ikutan kontes. Trims wat infonya.

Belajar Internet Marketing said...

Coba search di Google dengan kata kunci strategi menang kontes SEO, SEO untuk blogspot, optimasi SEO blogspot, dsb. Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan Anda tsb.
Good luck!

cahyo nugroho said...

wah mantap ni..
btw gimana kalo yang pake blogspot?

BLog Peluang Bisnis said...

Bukan mengucilkan bagi blogger gratisan. tapi yang gratis, selalu dapat fasilitas yang kurang..mau cepat sampai tujuan, harus gunakan yang berbayar

Blog Peluang Bisnis |Luxury Perfume, Jual Parfum Original dan Murah

mebel jepara online said...

toko mebel jepara online
harga kaki5 kualitas bintang5

Javahostindo Web Hosting Indonesia said...

Ilmu SEO yang bermanfaat...trims

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online