Sunday, 1 February 2009

Persiapan Membuat Website di Wordpress

Bagi teman-teman yang ingin belajar membuat blog atau website dengan nama domain sendiri di hosting yang berbayar, kalian bisa mencobanya dengan menggunakan WordPress. Hal ini karena WordPress merupakan salah satu Content Management System(CMS) yang efektif dan relatif mudah pengoperasiannya. Berikut persiapan untuk membuat website di wordpress:

Karena kali ini kita sudah berniat untuk mengeluarkan uang untuk membeli domain dan sewa hosting, maka lakukan persiapan dengan sungguh-sungguh. Saat menggunaan blog gratis seperti blogger, wordpress, dsb, jika kita salah memilih nama blog, kita bisa dengan mudahnya menghapus blog tersebut atau membiarkannya begitu saja dan membuat blog baru.

Tidak demikian halnya bila kita membeli domain. Jika kita salah memilih nama, kita tidak dapat meralatnya. Tentunya kita tidak ingin uang hilang percuma khan? Karena itu lakukan persiapan yang matang agar Anda melangkah di jalan yang benar.

1. Tentukan Ide
Ide ini bisa Anda dapatkan dari berbagai macam sumber. Misalkan dari Google Trend, eBay, Amazon, dsb. Dapat juga berasal dari keahlian, pekerjaan, atau hobby Anda. Jika Anda memiliki keahlian, pekerjaan atau hobby di suatu bidang tertentu, mungkin hal itu bisa dikembangkan menjadi bisnis online yang menguntungkan.

2. Lakukan riset
Kita perlu melakukan riset untuk mengetahui dan meyakinkan diri kita bahwa ide kita tersebut dapat menghasilkan uang. Sebaiknya kita masuk ke pasar yang banyak peminatnya namun belum banyak digarap oleh orang. Jika kita menemukan suatu pasar yang menarik tapi banyak pesaing, maka kita perlu belajar mencari sela-selanya agar bisa menang dalam persaingan. Untuk itu diperlukan riset yang mendalam. Diharapkan dari hasil riset tersebut kita bisa menentukan siapa target market kita, siapa saingan kita, dan berapa banyak orang yang mencari topik / kata kunci yang kita bidik.

3. Kumpulkan konten
Dari hasil riset yang telah kita lakukan, kita akan mendapatkan kumpulan kata kunci yang akan kita bidik. Sekarang tugas kita mencari konten baik berupa artikel, foto, audio, video yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

4. Beli nama domain

Pelajari Tips memilih nama domain. Ingat tidak ada garansi uang kembali untuk pembelian nama domain. Biasanya nama domain berlaku untuk 1 tahun. Setelah itu bisa diperpanjang. Untuk pembelian nama domain ini lebih praktis bisa kita membelinya di tempat yang sama dengan pembelian hosting. Kadangkala harga pembelian bundle domain + hosting dalam 1 paket lebih murah. Sebaiknya pelajari terlebih dulu sebelum memutuskannya.

5. Beli hosting untuk meng-online-kan Website Anda
Info ini dapat dibaca di artikel Belajar Webhosting. Sebagai tambahan:
a. Sebaiknya pilih webhosting yang menyediakan fitur CPanel dan Fantastico. Hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam menginstall website Anda.

b. Pilih yang layanan support 7 x 24 jam. Sebaiknya pilih webhosting yang customer service selalu online, bisa diajak chatting.

c. Faktor pelayanan merupakan hal yang penting juga dalam memilih webhosting. Saat kita pertama kali belajar sesuatu, tentu masih bingung, ragu, bahkan kadang melakukan kesalahan. Untuk itu kita butuh bimbingan orang yang sudah ahli di bidangnya. Jadi pilihlah webhosting yang karyawannya mau menjawab pertanyaan Anda dengan ramah, mau menjelaskan dan membimbing sampai kita bisa mandiri.

d. Kemudahan dalam pembayaran dan konfirmasi pembayaran juga merupakan hal yang kelihatannya sepele tapi penting juga. Bayangkan jika hanya untuk melakukan pembayaran saja Anda harus pergi ke bank yang jauh dari rumah, tidak praktis bukan. Setelah itu harus melakukan fax bukti pembayaran, dsb. Membuang-buang waktu, uang, dan tenaga. Karena itu pelajari dulu apakah pembayaran dapat dilakukan melalui transfer, melalui bank apa saja, apakah konfirmasi dapat melalui email atau sms, dsb.

e. Seringkali ada webhosting yang kelihatannya murah, memberikan fasilitas subdomain unlimited, FTP / email account unlimited, biaya per bulannya pun murah. Tapi... setelah dipelajari lebih jauh, ternyata MySQL terbatas, misalkan hanya 2. Hal ini berarti bila kita membuat website menggunakan wordpress kita hanya dapat memiliki 1 domain + 1 subdomain. Bila Anda menginginkan membuat subdomain unlimited, Anda harus membuat website yang tidak menggunakan database (MySQL) misal dengan program Frontpage atau Dreamweaver.

f. Pelajari juga rincian biaya yang ada. Kadang ada yang menjual harga domain dengan harga super murah, namun ternyata ada komponen biaya lainnya, misalkan biaya registrasi. Jika komponen biaya tersebut ditambahkan, harga domain tersebut tidak terlihat sebegitu murah lagi.

g. Hal lain yang perlu diperhatikan juga lokasi server (tergantung target market Anda), space dan bandwidth yang ditawarkan, dsb.

6. Buat Situs Anda

Bila Anda sudah memilih hosting yang ada fitur CPanel dan fantastico, hanya dengan beberapa langkah Anda sudah dapat memiliki situs di WordPress.


Untuk membuat blog / website di WordPress dapat dipelajari di Panduan Belajar WordPress dan Bisnis Online atau bagi Anda yang berlangganan eCourse gratis BelajarBisnisInternet, materi WordPress dibahas di hari ke 8-11. Sebenarnya bila Anda telah terbiasa membuat blog di blogger atau WordPress.com, masalah posting bukan suatu hal yang sulit. Mungkin Anda hanya butuh waktu untuk adaptasi, belajar cara upload dan extract plugin, dan sedikit otak-atik CSS dan php bila diperlukan.

7. Posting Artikel dan Promosikan situs Anda
Setelah Anda memiliki website dan meng-online-kannya, tahap berikutnya adalah melakukan posting artikel dan promosi agar situs Anda dikenal orang dan traffik berdatangan. Promosi ini bisa melalui promosi berbayar, iklan baris gratis, pendaftaran ke berbagai blog direktori, atau terutama pengoptimalan situs dengan teknik SEO.

8.
Cari program affiliasi
Untuk mendukung tujuan kita menghasilkan uang melalui internet, sebaiknya kita mencari program affiliasi yang sesuai dengan ide bisnis kita.


Setelah mengetahui tahapan yang harus dilakukan, Anda dapat mulai memikirkan, mempelajari lebih lanjut, dan mempersiapkan website Anda. Selamat mencoba, semoga sukses.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

Syamsul Alam said...

Huheuheuheu.... habis huruf kok angka? Hihihihi....... hm, mbak Yusi kliatannya pintar sekali teori membuat websitenya. Wah..... harus banyak belajar dari mbak nih kliatannya......

Belajar Internet Marketing said...

Bener khan, yang huruf itu poinnya nomer 5 tentang webhosting. Sedangkan yang angka langkah-langkah secara garis besar step yang harus dilakukan untuk persiapan membuat website.

Hm apa enggak kebalik tuh? Masih inget khan waktu aku bingung terus kontak kamu dulu? Aku sih baru sekedar bisa posting, untuk otak-atik CSS dan php masih harus banyak belajar nih...

Thanks ya sudah mampir, jadi sungkan nih,aku belum kunjungi blog Alam, tadi baca artikelnya dari email. Ok sekarang deh aku ke sana...

belajar seo said...

betul, cri yg pke fasilitas fantastico, biar lebh enk install script yang diinginkan

Belajar Internet Marketing said...

Yup Cpanel dan fantastico sangat membantu banget, terutama untuk pemula.
Salam kenal untuk belajar SEO. Salam sukses selalu.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online