Golden Life

peluang usaha

Friday, 20 February 2009

Uang dari Bisnis Online

Banyak orang yang tertarik pada bisnis internet tapi hatinya ragu. Apakah bisnis online itu nyata, benarkah bisnis online bisa menghasilkan uang? Sebenarnya dari melihat orang yang sukses di bisnis online keraguan itu tidak perlu terjadi. Hanya pertanyaannya bisakah kita sukses mengikuti jejak mereka?

Di kursus internet marketing Asian Brain diajarkan langkah demi langkah belajar internet marketing, kita dibimbing cara-cara menghasilkan uang melalui internet. Bahkan dalam Tantangan 120 hari Menghasilkan $100/hari, Bu Guru Anne Ahira menunjukkan secara detail, membuka isi dapurnya sehingga semua murid bisa melihat melalui video, bagaimana tahapan membuat website yang benar, persiapan apa yang perlu dilakukan, alat riset apa yang digunakan, plugin wordpress apa yang dipakai, dsb. Pertanyaan berikutnya apakah dengan mengetahui semua langkah bahkan sampai isi dapur Bu Guru Anne Ahira kita bisa sama suksesnya?

Karena istilah yang digunakan isi dapur, saya jadi teringat dengan koki. Anda tentunya tahu kalau koki itu mahir di dapur, urusan masak-memasak. Yuk kita buat perumpamaan. Anggap Bu Guru Anne Ahira adalah koki yang mahir. Kemudian ada 3 orang yang ingin belajar langsung dari koki tersebut:
1. Anda (anggap kemampuan memasak Anda tidak terlalu bagus)
2. Ibu Anda (lumayan jago masak tapi hanya tingkat keluarga)
3. Koki saingan

Sekarang Anda, Ibu Anda, dan koki saingan diajak ke dapur koki mahir tersebut. Di sana kalian bertiga bisa melihat apa bumbu yang dipakai, berbagai resep masakan, alat masak yang digunakan, dsb. Kalian juga melihat secara langsung bagaimana tahapan koki mahir tersebut dalam memasak, mempersiapkan bumbu, memotong daging, sayur, dsb. Bagaimana kira-kira hasilnya bila kalian bertiga disuruh meniru membuat menu yang sama?

Menurut pendapat saya. Seorang yang kemampuan masaknya tidak terlalu bagus yang membedakan antara jahe dengan lengkuas saja enggak tahu, pasti akan merasa bingung pada awalnya. Meskipun dia mencatat dengan serius, bahkan dengan membawa stopwatch menghitung waktu yang digunakan koki mahir tersebut dalam mempersiapkan bahan dan memasak, menimbang dengan tepat setiap gram bumbu yang digunakan, dsb hasilnya pada awalnya kayaknya kacau deh. Karena sudah mahir koki tersebut dapat memotong dengan sangat cepat. Kalau Anda mau mengikuti standar kecepatan koki mahir tersebut apakah bisa? Apakah dengan sekali lihat Anda sudah mampu langsung jadi jagoan juga?

Sekarang Ibu Anda yang memang sudah terbiasa masak untuk keluarga. Mungkin Ibu Anda hanya bingung pada bahan yang asing, yang belum pernah digunakan. Tapi dengan melihat saja Ibu Anda sudah mampu memahami dan meniru masakan koki tersebut, meski mungkin dari segi rasa dan tampilan kalah.

Lain lagi dengan si koki saingan. Mungkin dia enggak perlu melihat keseluruhan proses memasak. Dia hanya perlu tahu pakai merk apa sih bumbu yang digunakan. Hasilnya mungkin bisa menyaingi hasil masakan koki mahir tersebut.

Apakah Anda setuju dengan perumpamaan di atas? Begitu pula di internet marketing. Pahami dulu seberapa dalam kemampuan Anda. Orang yang mulai belajar internet marketing dari nol tentunya kewalahan jika harus bertanding dengan orang yang sudah mahir. Mungkin butuh beberapa kali membaca modul dan mengulang melihat video agar dapat mengerti dengan sungguh-sungguh.

Orang yang sudah memiliki dasar pengetahuan tentang internet marketing sebelumnya, dengan sedikit tambahan pengetahuan sudah langsung dapat mengaplikasikannya dengan sedikit trial error. Sedangkan orang yang sudah mahir langsung bisa menjadi pesaing.

Kemarin saya lagi belajar membuat aStore, coba otak-atik sendiri. Tapi...kok gambarnya enggak muncul ya? Terus saya masuk ke forum Asian Brain, baca-baca postingan di sana. Ternyata banyak tuh yang membahas aStore Amazon, bahkan ada rekomendasi blog Waroeng Betawi, blog milik Asian Brainers juga yang mengkhususkan diri membahas tentang Belajar Membuat Website Toko Online.

Ada banyak artikel tentang aStore Amazon di blog tersebut. Setelah membaca beberapa artikel, saya coba praktek lagi. Hehe ternyata gampang tuh kalau kita sudah tahu caranya. Tapi aStore saya ya hanya standar seperti aStore Amazon lainnya. Maklum masih pemula yang belum ngerti otak-atik kode CSS, PHP, dsb.

Kebetulan saya cerita pada Mas Yudi, pemilik Jepara Mebel. Tadi Mas Yudi nanya gimana cara membuat aStore, saya beritahu alamat blog Waroeng Betawi. Barusan saya ditunjukin hasilnya, wow inilah bedanya antara pemula dengan orang yang sudah mengerti bahasa pemrograman. Kalau mau tahu coba lihat Store Jepara Mebel.

Mau tahu kunci keberhasilan Mas Yudi, pemilik Jepara Mebel? Coba simak kalimat berikut ini:
" I really loved this activities..
Banyak orang yang melakukan sesuatu bukan karena kecintaan ke bidang yang dikerjakan, tapi karena dia terpaksa demi uang, nah kalo mencintai dengan yang kita kerjakan hasilnya akan lebih maksimal..karena target yang kita kerjakan bukan berupa uang..tapi dari proses sudah kita nikmatin..soal hasil urusan belakangan yang penting kita puas dengan yang kita kerjakan.."

Dari contoh di atas kita lihat para koki berhasil karena mereka benar-benar menikmati aktifitas dan proses memasak, menghias kue, dsb. Begitu pula blogger atau internet marketing yang berhasil. Bila kita ingin berhasil kita juga perlu menikmati proses pembelajaran, trial error, jatuh bangun, tidak kenal putus asa. Ingat juga cerita Thomas Alva Edison dan Kolonel Sanders.

Uang dari bisnis online itu nyata. Google akan membayar Anda jika pendapatan dari AdSense sudah mencapai $100, Asian Brain membayar komisi setiap tanggal 25 dengan pendapatan minimal Rp 50.000. Kumpul Blogger juga membayar Anda setelah hasil klik iklan Anda mencapai minimal Rp 10.000. Setiap affiliate memiliki aturan tersendiri. Memang ada program yang scam (tidak membayar), tapi ada banyak program yang sungguh-sungguh bisa membuat kita berpenghasilan.

Coba tanyakan langsung ke pemilik Jepara Mebel, gimana hasil dari toko onlinenya. Arief dengan program affiliasinya, Sam dengan Adsense, C J, Hydra, dsb. Mereka semua sudah menikmati hasil nyata dari bisnis online. Sekarang apakah semua pemula bisa mengikuti jejak mereka yang sudah sukses?

Kembali lagi ke cerita koki. Untuk menjadi koki Anda harus tahu bumbu dapur, proses memasak, penyajian yang menarik dan rasa yang enak. Anda tidak perlu bisa memasak semua masakan tapi paling tidak ada 1 masakan andalan yang menjadi ciri khas Anda. Dengan mengetahui secara gamblang semua resep koki mahir, bisakah Anda sukses bila ke dapur saja Anda alergi?

Begitu pula di internet marketing. Bagus bila Anda bisa menguasai semua materi, tapi seringkali orang yang fokus dan benar-benar menguasai bidangnya yang sukses. Sekarang tanyakan pada diri Anda, masuk tahapan mana Anda. Siapkah Anda belajar? Maukah Anda menikmati proses belajar tersebut?

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



4 comments:

SUGIANA said...

Saya setuju Mba Yusi, semua itu perlu proses pembelajaran ngga ada yang langsung lahir dan langsung lari kan? Dalam pembelajaran itulah nanti kita bisa tumbuh dan berkembang. Prinsipnya untuk sukses perlu proses dan pertumbuhan.
Salam sukses.

Belajar Internet Marketing said...

Thanks atas komentarnya. Barusan saya mampir ke blog Anda. Banyak artikel menarik di sana. Yuk kita berjuang untuk sukses.

cerita cinta said...

menarik juga...kadang seorang harus bersabar untuk menikmati apa yang menjadi kerasnya...sukses selalu :)

Belajar Internet Marketing said...

Thanks sudah mampir dan berkomentar. Selamat ya atas kelahiran anaknya. Ceritanya seru banget tuh...Salam sukses juga.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online