Saturday, 14 March 2009

Bukti Ampuhnya Teknik Promosi Melalui Subscriber Email

Selama ini saya sudah sering mendengar kalau kita perlu membangun list (daftar nama) dari subscriber email (orang yang secara sukarela mengisi nama dan alamat emailnya baik untuk berlangganan artikel gratis atau untuk mendapat ebook gratis). Hari ini saya benar-benar takjub karena melihat buktinya sendiri pada blog saya.

Sudah 4 hari ini Google kembali melakukan Google Dance di blog yusisetiawati.blogspot.com. Traffic yang biasanya berkisar 18 - 38 visit per hari yang sebagian besar berasal dari search engine Google, berubah menjadi nol kunjungan dari Google. Saya akui semua itu salah saya juga. Blog yang belum optimal tidak saya update dengan konsisten. Akibatnya Google juga enggak konsisten dalam memberikan traffic-nya. Kadang ada banyak artikel yang ada di halaman depan SERP, kadang artikel-artikel tersebut entah hilang ke mana dari search engine Google.

Nah siang tadi saya heran banget waktu mengetahui ada 54 kunjungan di blog tersebut. Malam ini kunjungan tersebut meningkat menjadi 114. Waktu saya check histats terlihat kalau Google masih belum selesai ngambeknya. Belum ada traffic dari search engine. Terus dari mana datangnya traffic?

Ternyata sebagian besar traffic berasal dari website. Waktu saya klik histats untuk melihat lebih jauh ternyata ada 6 traffic yang berasal dari http://kerjakeras.com, ada 2 traffic dari blog catalog, 14 traffic dari gmail, dan sisanya ada banyak trafik dari mail yahoo dengan berbagai kode yang tidak saya mengerti.

Saya periksa di blog kerjakeras.com, ternyata hari ini Pak Kusuma memuat artikel "Saya Menemukan....Tempat Belajar Bisnis Internet Gratis 29 hari" dan di artikel tersebut ada link ke blog saya yusisetiawati.blogspot.com. Selain itu ternyata Pak Kusuma mengirim email ke para subscribernya, sekitar 5000 menggunakan autoresponder Aweber dan 5000 lagi menggunakan Get Response. Dari pembaca email tersebut ada yang merespon dengan mengklik blog saya tersebut. Jadilah saya mendapat banyak pengunjung gratis dari subscriber Pak Kusuma. Terima kasih banyak ya Pak...

Dari cerita di atas, kita bisa belajar pentingnya membangun list (daftar nama) dengan autoresponder. Pantas deh para blogger profesional bisa memanfaatkan list yang mereka miliki untuk jualan produk dan laku dalam hitungan menit atau jam. Hm hari ini saya melihat sendiri bukti pentingnya autoresponder dalam membantu tugas kita dan dalam mendatangkan trafik ke artikel / website / blog yang kita inginkan. Bagi teman-teman yang membuat produk / ebook sendiri, jangan lupakan sekretaris handal yang tidak pernah mengeluh bekerja 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu tersebut, siapa lagi kalau bukan autoresponder...

Oh ya menurut para guru, karena begitu bernilainya (list) daftar nama yang kita bangun, sebaiknya mulai dari awal kita bersikap profesional menggunakan autoresponder yang berbayar. Yang terbaik Aweber, di Indonesia dipasarkan oleh Asian Brain sehingga menggunakan nama AsianBrainFollowUp. Yang kedua terbaik adalah GetResponse. Banyak yang menasehatkan daripada kita menggunakan autoresponder gratis, lebih baik kita menggunakan versi trial autoresponder ternama.

Saat menggunakan barang gratisan, bila ada masalah dan bila tiba-tiba perusahaan tersebut tutup kita enggak bisa protes. Seringkali daftar nama yang sudah dibangun dengan susah payah hilang begitu saja di tangan autoresponder gratis. Padahal daftar nama adalah aset yang berharga. Sedangkan perusahaan yang ternama umumnya menjaga nama baik dan kredibilitas mereka. Aweber dan GetResponse merupakan autoresponder yang banyak disarankan. Selamat membangun daftar nama...

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



9 comments:

deja-vu said...

Bisa juga manfaatin Social Networking mbak. Mungkin akan saya bahas di salah satu posting-an saya terkait juga request mbak yusi di blog saya.

Sukses terus yacH.. :)

Belajar Internet Marketing said...

Ok saya tunggu ya postingannya. salam sukses.

munawar am said...

bener tuuhhh,
blogger pro byk kedatangan trafik dari subscriber...dari blogger-blogger pemula;
yang pemula musti membangun sendiri sebab blogger pro enggan ikut nge-subscribe....

Belajar Internet Marketing said...

Tuh saya sudah daftar subsribe RSS blog Kang Nawar...
Kalau artikel kita menarik banget mungkin bisa menarik blogger pro, kalau artikelnya kayak punya saya ya tujuannya ke pemula aja deh...

sudarto said...

Wah, hebat Pak Kusuma. Sangat dermawan, kasih trafiic yang sangat mengejutkan pemilik blog ini. Makasih pula posting blog ini, sangat bermanfaat dan diperlukan.

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal buat Pak Sudarto.
Iya nih buat blogger profesional traffic itu biasa tapi buat blogger pemula trafik merupakan barang mewah yang patut diperjuangkan hehe.
Salam sukses juga...

SH Terate Sragen said...

selamat mlm...?

ikutan jual pulsa yukkk....?

bonusnya gede lho...?

mau gabung silahkan DAFTAR DISINI

jika butuh bantuan silahkan hubungi :
E-mail : pg_terate@yahoo.co.id
YM : pg_cooler
HP : 085641788054

Belajar Internet Marketing said...

Hai Yusi,

Kirain ngomongin siapa diatas... :) ternyata...

Thanks yah, saya juga nggak nyangka loh Yus kalau efek dari daftar nama itu dahsyat bukan main kayak gitu. Emang segala sesuatu kalau ada test dan tracknya bagus yah, jadi ketahuan banget kalau ada yang nggak wajar.

Saya salut banget sama Yus yang tiap blog tahu banget dengan detail berapa jumlah kunjungannya. Memang kalau mau besar mesti perhatian ama hal-hal kecil, gitu kan kata ibu guru? :)

Penjelasan diatas BAGUS banget Yus, kita semua jadi tahu, bagusnya menggunakan autoresponder dan membangun daftar nama.

Untuk Sudarto, salam kenal, Biyangnya bagus. :)

Yusi Setiawati said...

Wah nickname saya dipakai Pak Kusuma nih :)
Iya tuh subscriber itu dahsyat banget, pantesan blogger profesional bisa jualan dan laku dalam hitungan menit atau jam.
Bagus tuh Pak Kusuma sudah punya banyak daftar nama, berarti kalau Pak Kusuma jualan produk langsung diserbu dan laku ya...
Salam sukses.

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online