Monday, 9 March 2009

Trend Internet Marketing di Indonesia

Bagi teman-teman yang ingin belajar internet marketing tapi masih bimbang atau ragu, ingin mencari informasi tambahan, yuk coba kita simak beberapa fakta berikut ini:

1. Tahukah Anda kalau internet marketing saat ini sedang booming di Indonesia? Bahkan Indonesia merupakan negara / region nomer 1 di tingkat dunia untuk kata kunci internet marketing. Tidak percaya? Coba ke Google Trend, ketikkan kata kunci internet marketing dan lihat hasilnya:
a. Untuk region: posisi nomer 1 Indonesia, nomer 2 Malaysia, nomer 3 Singapore
b. Untuk cities: posisi nomer 1 Jakarta, nomer 2 Kuala Lumpur, nomer 3 Singapore
c. Languages: posisi nomer 1 Indonesia, nomer 2 English, nomer 3 Dutch

2. Bila kita masuk ke Google Insight
a1. Search term internet marketing, Filter: Wordwide, 2004-present, all categories, hasilnya:
Regional interest for internet marketing: Negara nomer 1 tetap Indonesia, nomer 2 Nigeria, nomer 3 Zimbabwe (Malaysia di nomer 5 dan Singapore di nomer 6). Lho kenapa hasilnya berbeda jauh dengan Google Trend? Kayaknya parameter waktunya deh yang beda.

a2. Bila jangka waktunya diubah menjadi 90 hari terakhir urutan negara lain berubah, tapi yang nomer 1 tetap Indonesia (urutannya Indonesia, India, Malaysia, Singapore).

Silakan ubah varibel waktu, variabel negara, categories-nya untuk melihat grafik interest over time dan mempelajari trendnya.

b1. Search terms related to internet marketing : marketing online, internet marketing online, web marketing
b2. Bila filternya diubah menjadi negara Indonesia, last 12 months, maka hasil untuk search terms related to internet marketing adalah: Indonesia internet marketing, bisnis internet.

Untuk mendapat hasil riset yang lebih mendalam, silakan ubah parameter sesuai kebutuhan Anda.

3. Bila Anda ingin mengetahui kata kunci apa yang berhubungan dengan keyword internet marketing yang dicari oleh orang Indonesia, coba gunakan tools Google Adword: Alat Bantu Kata Kunci dengan kata kunci internet marketing, bahasa Indonesia, negara Indonesia.

Hm ternyata hasilnya: adsense, internet marketing, bisnis online, cari duit, cari uang, Anne Ahira, Asian Brain, bisnis di internet, bisnis internet, cari uang di internet, kerja dari rumah, mesin uang, dan uang gratis adalah sebagian kata kunci yang lumayan banyak dicari orang melalui internet (search engine Google).

Dari tiga tools tersebut kita dapat melihat fakta kalau di negara Indonesia dengan bahasa pengantar Indonesia, topik internet marketing sedang naik daun. Kelihatannya banyak orang yang sedang penasaran, ingin mencari tahu lebih jauh, ingin belajar mengenai topik internet marketing terutama mengenai adsense (Google Adsense), Asian Brain sebagai tempat kursus internet marketing, Anne Ahira pendiri, guru sekaligus pemilik Asian Brain. Selain itu banyak orang Indonesia tertarik uang dari bisnis online karena bisa menjadi mesin uang dan bisa dikerjakan dari rumah.

Nah sekarang pertanyaan berikutnya sudahkah Anda memanfaatkan dengan baik momen ini? Apakah Anda masih merasa bimbang dan ragu untuk belajar internet marketing? Hal apakah yang sudah Anda persiapkan untuk menyambut beberapa tahun lagi, saat semakin banyak orang Indonesia mengenal dan memanfaatkan belanja melalui internet (toko online)? Coba bayangkan hasil apa yang akan Anda peroleh bila Anda take action belajar internet marketing saat ini atau menundanya beberapa tahun lagi saat hampir semua pebisnis memiliki toko online atau bisnis online.

Seandainya Anda tidak punya keinginan atau bayangan membuka toko online sendiri, kemampuan internet marketing Anda tetap akan berguna. Saat Anda sudah mahir, mungkin akan datang tawaran pembuatan website / blog, Anda dapat menjual kemampuan Anda membuat sales letter, membuat ebook, kemampuan promosi online, kemampuan membuat blog dan artikel menduduki posisi atas di search engine, kemampuan otak-atik template blogger / themes wordpress, dsb. Bahkan mungkin ada yang sekedar membuat email dan membuat blog saja masih belum mengerti. Akan banyak pintu kesempatan yang terbuka lebar bagi orang yang terlebih dahulu menguasai suatu tehnologi.

Bu Guru Ahira bilang saat ini banyak sekali celah (niche) di Indonesia yang belum digarap. Untuk kursus internet marketing, Asian Brain sudah berhasil menjadi tempat kursus yang terbaik, terbesar, ternama di Indonesia. Saat ada yang bertanya di mana tempatnya bila kita ingin belajar internet marketing? Sebagian besar orang akan menjawab Asian Brain. Kalau e-course gratis mungkin orang akan teringat pada BBI (BelajarBisnisInternet.com).

Sebenarnya toko online di Indonesia sudah mulai bermunculan. Seperti misalnya Jepara mebel yang menjual mebel Jepara dan produk affiliasi mebel dari Amazon store, Barang Baru yang menjual baju, kutukutubuku.com menjual aneka buku fisik secara online, dsb.

Tapi masih banyak bidang lain yang belum tergarap atau belum optimal promosinya. Misalkan ada yang bertanya di mana saya bisa membeli keperluan bayi online? Dimana toko online yang menjual pernak-pernik pernikahan yang terbaik dan terlengkap? Website mana yang menyediakan keperluan design rumah dan interior terbaik? Di mana saya bisa membeli aksesori mobil secara online, dsb. Dapatkah Anda menjawabnya secara cepat dan pasti?

Masih ada banyak celah yang bisa kita masuki di mana kita membuat bisa membuat brand name sehingga orang akan mengingat nama merk kita sebagai nama produk. Seperti kita mengucapkan Aqua untuk semua air minum kemasan, Sanyo untuk semua pompa air. Tidakkah Anda tertarik memanfaatkan momentum ini? Belajarlah selagi masih ada waktu untuk mempersiapkan diri dengan baik. Sayang sekali kalau kita hanya menjadi penonton atau konsumen saat semakin banyak orang orang mengenal bisnis internet marketing dan banyak orang Indonesia bertransaksi melalui internet.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



12 comments:

Syamsul Alam said...

Wew.. heuheuheue..... aku tahu klo hal ini mulai marak, tapi ga nyangka klo sepesat ini.... wkwkwkwkwk........

Belajar Internet Marketing said...

Hai Alam, saya rasa posisi Alam enak banget tuh, masih muda tapi kemampuan internet marketing sudah bagus. Masih punya banyak kesempatan untuk pensiun di usia 21 :). Selamat berjuang, semoga sukses.

SUGIANA said...

Kita berharap semua itu bukan hanya hangat-hangat tahi ayam, rame sebentar terus ilang, saya agak pesimis dengan perilaku orang-orang kita yang cenderung latah dan ngikuti trend saja. Mudah-mudahan rasa pesimis saya ngga jadi kenyataan, mudah-mudahan ini memang gairah dan kesadaran kita semua untuk berubah dan bangkit.
Salam sukses.

Belajar Internet Marketing said...

Ehm...komentar Anda membuat saya jadi berpikir...Kayaknya sih seleksi alam mungkin terjadi. Saat ini begitu banyak orang yang tergiur iklan dan buku (baik berbentuk fisik maupun ebook) yang menjanjikan cara cepat kaya melalui internet.
Setelah mencoba, banyak yang akhirnya sadar kalau perjuangan mencari uang lewat internet tidak mudah. Ada yang menyerah tapi ada yang bertahan dan meraih sukses.
Beberapa tahun lagi semakin banyak perusahaan yang go online. Tentunya mereka butuh tenaga yang handal yang mengerti bisnis internet marketing. Saat itu orang yang menguasai tehnologi dan internet marketing akan menuai hasilnya.
Hanya sekedar analisa saya, bisa aja salah...
Salam sukses juga untuk Anda.

SH Terate Sragen said...

mau yg lbh menguntungkan lagi...?

bonusnya gede lho...?

mau gabung silahkan di DAFTAR

jika butuh bantuan silahkan hubungi :
E-mail : kusuma_net@yahoo.co.id
YM : pg_cooler
HP : 085641788054

Belajar Internet Marketing said...

Lebih menguntungkan dibanding apa ya? Kayaknya di artikel Trend Internet marketing di Indonesia saya enggak promosi produk tuh...

Anonymous said...

ember sis..emang bener..
masih buanyak banget peluang2 yang terbuka, kunci kalo ingin bisnis online adalah konsistensi, fokus dan komitmen terhadap kualitas produknya, baik produk jasa maupun barang,
nah sis..nambah lagi nih..peluang bukan hanya jasa "jualan barang" tapi jasa2 lainnya juga banyak..
hehehe gimana rencana jadi SERP Maker? dah siap blom..hiehieiehe keren kali yah kalo sukses..belajar lebih giat ya biar jadi ahli SEO trus ntar kita bikin PT SERP MAKER INDONESIA
wahhh..bukan ide kosong pasti kalo ada niatan kesana..
jika ada yang nemukan ide, segeralah bikin langkah2 pastinya..mumpung blom banyak saingan nih..semakin cepat kita masuk semakin matang bbrp tahun kedepan..
ok sis..itu dulu yah..lagi otak atik onspeed hihihi koq bingung sendiri..
sukses sis..

Belajar Internet Marketing said...

Selain konsistensi, fokus, komitmen, kata bu Guru kuncinya konten, keyword dan backlink.
Asyik banget tuh kalau bisa jadi SERP maker, andai aja aku tahu cara mudah tapi halal untuk mendatangkan trafik tertarget dari search engine...
Ayo bagi ilmunya dong...

Yudi said...

u're absolutely correct sister! hisk..aku masih jauh nih sis..boro2 jadi nambah pinter..info2 baru aja dapet dari kamu hhihihi..ketauan saking fokus mikirin kontent ampe lupa nyari ilmu yg baru..
sok aja atuh sis..kalo ada yg aku bisa silahkan tanya saja..sapa tau bisa jawab..
kayak emailku tiap saat,
"Jika masih ada informasi tambahan yang dibutuhkan, silahkan jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami"
dan menurut aku kalo online "Knowlegde is FREE 4 epriwan"

pecinta jilbab said...

ummm.......
caranya mendapat penghasilan secara cepat dri program2
semacam adsense, TLA, adbrite dll gmn ya?

Belajar Internet Marketing said...

Sayangnya kebanyakan cara cepat merupakan blackhat yang rawan banget kena banned.
Salah satu contoh cara cepat mendapatkan penghasilan dari adsense menggunakan metode adsense black magic produk Welly Mulia tapi resikonya account Anda kena banned....
Salam kenal dan salam sukses.

ican said...

nambah motivasi nih buat belajar lebih dalam mengenai bisnis internet marketing...

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online