Thursday, 2 April 2009

Bangunlah Pipa Air Sebelum Anda Memerlukannya

Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah mendengar cerita tentang si pembangun pipa air dan pengangkut ember. Bagi yang belum tahu secara garis besar begini ceritanya: Di suatu daerah yang kesulitan air ada 2 orang pria yang bekerja sebagai tukang angkut air. Setiap hari mereka bangun pagi-pagi sekali sambil membawa ember kosong menuju sumber air yang letaknya jauh dari desa mereka.

Mereka mengisi ember tersebut dengan air hingga penuh kemudian kembali ke desa menjualnya. Dalam 1 hari mereka bisa beberapa kali bolak-balik dari desa ke sumber air kembali ke desa lagi, dst.

Penghasilan sebagai tukang angkut air tersebut sebenarnya lumayan, apalagi air merupakan kebutuhan fital. Air yang mereka bawa pasti laku, bahkan masih banyak orang yang tidak dapat terlayani dengan maksimal.

Suatu hari salah satu tukang angkut air tersebut berpikir, jika dia terus bekerja seperti itu, berapa lama dia mampu bertahan? Semakin lama dia semakin tua, badannya sudah tidak sekuat dulu lagi. Belum lagi kalau dia jatuh sakit, tidak bekerja berarti tidak ada pemasukan. Dia terus berpikir dan akhirnya menemukan suatu ide cemerlang. Dia mendapat ide untuk membangun pipa saluran air yang menghubungkan air dari sumber mata air menuju desanya. Jika pipa tersebut sudah terhubung, hanya dengan membuka keran, air akan mengalir.

Diceritakannya ide membuat pipa saluran air tersebut pada temannya yang juga tukang angkut air, tapi...temannya justru menertawakan ide tersebut. Karena itu dia berusaha mewujudkan mimpi itu sendirian.

Saat dia mulai membangun pipa air, banyak orang yang mencibir, mencemooh, dan menganggapnya aneh. Tapi karena tekadnya sudah bulat, dia tak lagi mempedulikan semua hinaan yang ditujukan padanya. Setiap hari dia tetap menjadi tukang angkut air, tapi setiap selesai bekerja dia sisihkan waktu untuk membangun jaringan pipa.

Pembangunan pipa saluran air ini tidaklah mudah, terlebih dia harus mengerjakannya seorang diri. Kadangkala dia membuat kesalahan sehingga proses penyelesaiannya memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Tapi dia tidak mau putus asa. Dengan tekun dipelajarinya kesalahan tersebut, diperbaikinya, kemudian dilanjutkannya pekerjaan tersebut.

Akhirnya ketekunannya berbuah hasil, pipa saluran air dari sumber mata air telah tersambung ke desanya. Hanya dengan memutar keran air, mengalirlah air. Penduduk desa bersuka cita. Semua hinaan berubah menjadi pujian, dia dielu-elukan.

Sekarang bagaimana nasib si pengangkut air satunya? Saat air sudah dapat diperoleh hanya dengan memutar keran, penduduk desa tidak lagi berebut air yang dijual pengangkat ember air tersebut. Si pengangkut ember air menjadi kehilangan mata pencaharian.

Pelajaran yang bisa kita dapat dari cerita di atas:
1. Kalau kita melihat si pembangun pipa air, kita lihat betapa keras perjuangan yang dilaluinya saat pipa air tersebut belum jadi. Begitu banyak orang yang menghinanya, meremehkan, menganggapnya aneh. Mungkin dia juga pernah mengalami saat-saat putus asa di saat kegagalannya, namun karena tekadnya sudah bulat, segala kesulitan mampu diatasinya.

2. Proses membangun pipa tidaklah mudah. Demikian juga perjuangan di bisnis online ini. Banyak tahapan di bisnis online yang harus dilakukan agar kita dapat berhasil. Mulai dari menentukan tema / topik, riset, memilih nama domain, belajar cara membuat website, praktek, menulis artikel, belajar teknik SEO, mendaftar ke search engine, blog direktori, feed submission, article directory, social bookmarking, menulis komentar, aktif di forum, dsb. Tak jarang hasilnya tak signifikan karena ketatnya persaingan, adanya kesalahan yang kita lakukan atau kurang optimalnya situs.

3. Tetapi setelah Anda bisa mengatasi semua kendala, lihatlah seperti pada pipa saluran air yang mengalirkan air dari sumber mata air menuju desa tersebut, di bisnis online Anda akan dapat menikmati uang yang mengalir ke rekening Anda.

Manakah yang ingin Anda lakukan, terus menjadi pengangkut ember atau mulai membangun saluran pipa? Ingat prosesnya memang tidak mudah tapi selalu arahkan pikiran Anda pada tujuan akhir. Bayangkan kondisi saat Anda sukses saat saluran pipa uang Anda telah berhasil mengalir menuju rekening Anda. Selamat berjuang, semoga sukses selalu.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



10 comments:

Anonymous said...

wah..bagus banget mbak postingnya, saya jadi bersemangat.kesuksesan memang butuh perjuangan, ga ada yang mustahil bila kita tetap Percaya.
keep posting

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal juga. Semoga sukses selalu. Yup kesuksesan memang butuh perjuangan. Jangan nyerah ya...

SUGIANA said...

Semua orang ingin seperti si pembangun pipa air, namun kadang kita tidak siap untuk bekerja keras dan bekerja cerdas seperti si pembangun pipa air. Padahal membangun "pipa air" memerlukan bukan hanya kerja keras dan kerja cerdas tetapi juga perlu ketekunan, fokus serta setia pada proses. Memang tidak mudah tetapi kalau kita ingin sukses saya setuju dengan Mba Yustisia, jadilah si "pembangun pipa air".
Sukses terus mba Yustisia.
Dahsyat!!!

Belajar Internet Marketing said...

Yup setuju, kalau membayangkan uang mengalir terus sih rasanya asyik banget tapi...ternyata prosesnya enggak mudah.
Yuk kita saling membantu, tukar info dan saling memberi semangat agar saluran pipa air yang kita bangun bisa cepat selesai.
Salam sukses selalu.
Oh ya namaku Yusi bukan Yustisia :)

sehat dengan reiki said...

Memang untuk sukses dalam bidang tertentu dibutuhkan kemauan,tekad untuk tidak pantang menyerah, tidak putus asa dan yang terpenting arahkan usaha kita ini dengan dibarengi Doa Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Dalam doa setelah kita bekerja keras,bergelimang peluh diri sendiri,memupuk tekad kita dengan modal semangat tak pantang menyerah sebelum mati berkalang tanah,selanjutnya pasrahkan harapan kita kepada-NYA.
Insya Allah Kasih-NYA akan meneteskan berkat/rahmat terhadap apa yang telah kita usahakan dalam perjuangan ini. Memang hidup kita ini sebaiknya kita arahkan menjadi berkat juga bagi orang lain yang juga sama-sama berjuang menentukan nasibnya sendiri.
Dari prolog artikel di atas tadi saya jadi ingat cerita petani dan sebatang bambu yang ditanam petani dikaitkan dengan sumber mata air untuk mengairi sawah sang petani.
Sang bambu rela dibelah-belah buluhnya oleh petani sekalipun dengan rasa sakit yang tak tertahankan, sang bambu rela berkorban nyawa demi mewujudkan impian petani mengalirkan air dari mata air tanpa sang petani capai mengangkut air lagi dan menggantinya dengan buluh bambu yang terhubung antara mata air ke ladang/sawah sang petani.
Ibaratnya sang bambu ini sudah jadi berkat bagi sesama dan itulah tujuan hidup sesungguhnya. Mau berkorban sekalipun menyangkut diri sendiri.
Oh ya...Jeng Yusi apakah blog ini sudah menganut faham DO FOLLOW? Jika sudah syukur, bila belum coba ya ubah ke DO FOLLOW?

Belajar Internet Marketing said...

Hai Pak Djoko, menarik banget tuh kisah sebatang bambunya...thanks sudah berbagi cerita.
mengenai do follow sampai sekarang masih timbul pro kontra mengenai efeknya. Blog ini masih belum saya ubah, masih ngikut versi blogger no follow.
Thanks infonya.

model furniture minimalis 2009 said...

taruhan deh..ngeliat si tukang pembuat pipa air yang ternyata berhasil, pasti abis itu pada ikut2an bikin pipa air..
setelah mulai rame2 pada bikin pipa saluran air..akhirnya si pembuat pipa air pertama itu alih profesi..dia jualan pipa airnya..trus pada ikut2an jualan pipa air..wahh ga ada abisnya pasti..
posisiku dimana yah sis..hahahhaha

Belajar Internet Marketing said...

Hehe betul tuh, orang biasanya latah ngikutin jejak orang yang sukses.
Posisi Mas Yudie? Kayaknya untuk mebel Jepara yang dijual secara online dan pemiliknya ngerti cara optimasi website Mas Yudie masih menang tuh. Ntar mungkin bakal banyak orang yang minta tolong dibuatin toko online serupa? Terus gantian Mas Yudie alih profesi jadi pembuat website toko online :) ?
Salam sukses ya...

Fotomodel jeparamebel.com said...

hahahhaa amiinn sis..
enaknya kerja didunia online adalah kita tidak perlu ketemu fisik secara kontinyu..ketemu fisik sangat dibutuhkan paling pada saat2 tertentu aja..misal deal2an atau memastikan kesepakatannya..selanjutnya..tinggal kita dirumah aja ketak ketik dikit ngucur deh kayak pipa air..simpel ya keliatannya..
sis..aku lagi ngebayangin nih..ISP ada paket khusus blogger, isinya akses unlimited,domain,webhosting,tips/ecourse SEO online..hihihiehiehie keren kali yah..
sayang lom punya ISP sendiri..

Belajar Internet Marketing said...

Wah asyiknya yang pipa saluran uangnya sudah mengalir...Memang di bisnis online memungkinkan banget tuh.
Ayo kapan nih ISP yang ada SEO-nya diluncurkan?
Wah makin ngetop tuh foto modelnya...

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online