Saturday, 25 April 2009

Belajar Teknik SEO dan Strategi Optimasi Keywords

Bagi Anda yang ingin belajar teknik SEO, pilih kata kunci yang hendak ditarget, lalu lakukan optimasi keywords. Strategi optimasi pertama adalah on page SEO, yaitu Search Engine Optimization yang dilakukan pada halaman blog Anda, yaitu saat Anda menulis artikel. Berikut beberapa tips yang bisa membantu cara optimasi kata kunci di blog Anda:

1. Usahakan meletakkan kata kunci yang hendak ditarget pada paragraf pertama. Akan lebih baik hasilnya bila keywords yang hendak dioptimasi tersebut diletakkan di awal kalimat.

2. Beri cetak tebal (bold) kata kunci yang hendak dioptimasi tersebut (cukup satu kali saja di awal artikel). Selain cetak tebal, optimasi kata kunci dapat juga dilakukan dengan teknik memberi garis bawah atau cetak miring.

3. Sebar keywords yang hendak dioptimasi tersebut dalam artikel yang Anda tulis. Isi content situs usahakan memuat 3-8% kata kunci yang disebar secara merata. Usahakan optimasi kata kunci ini terlihat natural, sehingga tidak membuat kalimat Anda terasa aneh saat dibaca manusia. Ingat yang menentukan peringkat situs kita robot search engine, tapi yang membaca situs kita adalah manusia. Jadi kita harus bisa membuat artikel yang disukai robot dan manusia.

4. Dalam optimasi kata kunci, Anda juga bisa menggunakan sinonim kata kunci kunci yang hendak Anda bidik. Hal ini bertujuan memperkaya variasi kata kunci / keywords yang hendak Anda target. Misalkan orang yang ingin belajar SEO pergi ke search engine mungkin mengetik kata kunci "tips belajar SEO", "strategi SEO", "teknik belajar SEO", "tips optimasi keywords", "cara optimasi", dsb. Dengan banyaknya variasi kata kunci dalam artikel blog Anda yang telah dioptimasi, semakin besar peluang pegunjung bisa masuk ke blog Anda.

5. Pemilihan judul, penggunaan meta tags, meta description juga besar pengaruhnya. Untuk blog yang menggunakan Wordpress, biasanya orang menggunakan plugin SEO All in One. Sayangnya di blogger belum tersedia plugin yang bisa membantu pengoptimalan situs / kata kunci dalam artikel blog.

6. Anchor text atau teks yang berbentuk tulisan yang bisa diklik dan ngelink ke halaman artikel lain / blog lain juga berpengaruh pada pengoptimalan kata kunci atau optimasi teknik SEO. Beri internal linking atau link antar artikel di blog Anda untuk membantu pengoptimalan kata kunci yang Anda target.

7. Bila Anda menggunakan gambar / image, jangan lupa memberi Alt tag untuk mendeskripsikan gambar apa yang ada di situs kita. Hal ini karena robot paham dengan gambar, jadi harus dibantu dengan kode Alt tags.

Kadangkala hanya dengan melakukan pengoptimalan di situs / blog kita, optimasi kata kunci kita sudah berhasil membuat keyword yang kita target menduduki posisi atas di Google search engine. Hal ini bisa terjadi bila memang tingkat persaingan tidak ketat. Mungkin situs pesaing tidak terlalu mengoptimalkan kata kunci tersebut.

Pada saat kata kunci yang Anda optimasi masih juga gagal menduduki posisi atas di Search Engine Result Page, berarti Anda memerlukan strategi off page optimization. Dalam off-page optimization, kita berusaha melakukan optimasi di luar situs kita. Caranya antara lain dengan mencari backlink yang bisa Anda lakukan melalui meninggalkan komentar di forum, di blog (lebih baik blog do follow yang setema dengan situs Anda, lebih baik lagi bila blog tersebut ber-PR tinggi), submit artikel, melakukan tags and ping, submit di social bookmarking, dsb.

Semoga tips belajar teknik SEO dan strategi optimasi keywords di atas dapat membantu Anda dalam mengoptimasi kata kunci yang Anda bidik. Akan lebih baik hasilnya bila cara ini Anda padukan dengan analisa pesaing dan riset kata kunci yang banyak pencarinya namun sedikit pesaingnya. Selamat mencoba, semoga dengan menerapkan tips cara optimasi keywords ini, artikel Anda sukses berada di peringkat atas Google search engine dan membantu meningkatkan trafik / pengunjung blog Anda.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



9 comments:

Anthony Harman said...

Tips bagus neh. Saya dah mulai putus asa utak-atik kata kunci. Heheh3

Belajar Strategi Optimasi Keywords said...

Selamat nyoba mempraktekkannya. Semoga sukses.

belajar internet marketing said...

terimkasih mbak,,sharingnya,, iya sipp,, sepertinya memang itu kunci-kunci dari SEO On Page,,salam kenal

Belajar Teknik Optimasi Kata Kunci said...

Salam kenal Mas Erwin Susetya
Salam sukses juga. Gantian saya mau baca artikel di blog Anda :)

ZiELDi network said...

salam kenal ya, saya pemula yang lagi belajar teknik SEO
terimakasih untuk ilmunya

Zieldi
http://vacancyadvertising.blogspot.com/

Belajar Internet Marketing said...

Wow blog Anda banyak banget...
Salam kenal dan salam sukses ya

Walsabri Tumangger said...

oooo msukan yng bagus ni.. q bingung juga uda berusaha nulis sebaik mungkin tpi pengunjung rata-rata per hari kurng dri 1 orng.. thnks sharenya mbak... :)
http://www.walsabri.co.cc
(ninggalin link gni satu contoh kn mbk..?)

anie said...

wah.... maksih pencerahannya ya... blog saya sudah buat tapi pengunjungnya masih sepi,bagaimana kalau artikel yang sudah dibuat di edit lagi dengan teknik SEO ini bisa merubah peringkat ngak atau harus buat artikel baru mana yang baik, makasih ya mbak.....

Belajar Internet Marketing said...

Hai Anie, salam kenal
Artikel lama masih bisa diedit lagi kok untuk meningkatkan peringkat. Coba buat antar artikel saling ngelink. Terus butuh backlink yang banyak, mis submit ke social bookmarking, tulis komentar, article submission, dll.
kalau pakai bahasa Inggris persaingannya jauh lebih ketat. Coba riset cari micro niche (kata kunci yang pencarinya banyak tapi tingkat persaingannya masih sedikit).
Good luck ya

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online