Tuesday, 28 April 2009

Bukti Ampuhnya Strategi Optimasi Keywords dengan Backlink

Backlink merupakan strategi search engine optimization (SEO) off page. Menurut teori dengan semakin banyaknya backlink yang berkualitas dari situs yang relevan, posisi kata kunci yang Anda bidik akan semakin kuat di mata search engine Google. Berarti strategi optimasi keywords Anda berhasil. Benarkah demikian?

Beberapa hari lalu, teman saya pemilik jeparamebel.com membuat artikel di blognya. Keywords yang dibidiknya "cara optimasi kata kunci". Dengan bangga dia bercerita kalau artikel tersebut berhasil menduduki peringkat pertama di Google search engine. Saya coba check dan ternyata analisa pesaing keywords "cara optimasi kata kunci" tidak banyak.

Saya ingin mencoba mengalahkan posisi artikel tersebut. Saya buat artikel Cara Optimasi Kata Kunci di Blog. Ada beberapa jam perbedaan waktu antara postingan di blog Jepara mebel dengan postingan tandingan saya. Selama beberapa jam tersebut teman saya sudah membookmark artikelnya di Digg dan membuat beberapa komentar dengan anchor text kata kunci yang ingin dioptimasinya. Karena dia menggunakan wordpress di hosting dan domain yang berbayar, tentunya ada beberapa plugin wordpress yang sangat mendukung teknik SEO, seperti otomatis ping, All in one SEO pack dimana kita dapat memberi title, description, dan menulis keywords yang ditarget.

Karena saya memakai blogger, ada beberapa perbedaan. Selesai memposting artikel, saya lakukan ping melalui pingomatic.com. Setelah itu saya bookmark artikel saya di Digg.com. Selang 5 menit kemudian, di Google saya lihat artikel yang saya bookmark di Digg sudah muncul, namun posisinya kalah dengan artikel asli dari blog jepara mebel. Beberapa waktu kemudian artikel saya juga muncul di Google, namun tetap saja keywords "cara optimasi kata kunci" tetap dimenangkan oleh Jepara mebel, yang menduduki posisi 1.

Pertandingan berlanjut. Kata kunci yang diperlombakan diperluas menjadi:
1. cara |teknik | tips | strategi optimasi keywords
2. cara | teknik | tips | strategi optimasi kata kunci
Saat saya membuat artikel, saya berusaha membuat banyak variasi kata kunci. Jadi saat dicheck kata kunci "strategi optimasi keywords" saat itu artikel saya menduduki posisi 1. Hampir di semua variasi kata kunci artikel Cara Optimasi Kata Kunci di blog ada di halaman pertama Google, meski tidak semua variasi kata kunci menduduki posisi 1.

Hal ini sangat berbeda dengan blog Jepara Mebel yang saat itu hanya menduduki peringkat 1 untuk kata kunci "cara optimasi kata kunci" dan "optimasi kata kunci". Hal ini karena memang mulanya pemilik jeparamebel.com hanya menargetkan keywords "cara optimasi kata kunci" . Untuk memperbaikinya, pemilik jepara mebel berusaha menyisipkan kata "teknik" ,"strategi", "keywords" di title / judul artikel, permalink, mengotak-atik title, deskripsi, keywords di All in one SEO pack (plugin wordpress) dan memperkuat posisinya dengan menggunakan teknik backlink. Sedang saya memilih membuat artikel baru lagi yang berjudul Belajar Teknik SEO dan Strategi Optimasi Keywords.

Hasilnya:
- Penggantian title, permalink, meta title, meta description, dan tags secara nyata langsung membuat posisi kata kunci yang ditarget blog Jepara mebel melejit di halaman pertama Google search engine.
- Sesaat setelah artikel baru saya posting, banyak kata kunci yang saya target menduduki peringkat atas.
- Pemilik Jepara mebel mengimbangi pertandingan dengan terus berusaha mencari backlink.
- Posisi kata kunci yang ditarget sempat mengalami naik turun. Namun semakin kuat backlink, semakin susah untuk menggoyahkan posisi.
- Sebelum artikel ini diposting blog jepara mebel berhasil unggul hampir di semua kata kunci (kecuali yang mengandung kata tips karena belum / kelupaan dioptimasi).

Bila Anda ingin membuktikan ampuhnya strategi optimasi keywords dengan menggunakan teknik backlink, silakan coba ketikkan kata kunci yang ditarget tersebut di Google search engine (cara optimasi keywords, teknik optimasi keywords, dst). Bila blog Jepara mebel masih tetap unggul (berada di peringkat atas search engine Google) di hampir semua kata kunci yang ditarget, berarti terbukti teknik backlink benar-benar sulit dikalahkan.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



16 comments:

Jepara Furniture said...

hu hu hu hu..strategi posisi 1 koq sekarang..
apa yg harus aku lakukan yah? any idea sis?

Belajar Strategi Optimasi Keywords said...

Enggak tuh kata kunci strategi | cara optimasi keywords, teknik optimasi kata kunci Jepara mebel menang.
Cara optimasi kata kunci, tips optimasi kata kunci blog ini menang.
Tuh Jepara masih unggul banyak...

masdogan said...

wah... bingung nih bagi blogger pemula sepertinya masih harus banyak belajar (apa tuh back link)(apa tuh seo) bengonggggg,.... kalo mas dogan yah... tulis blog sekadar iseng... tapi setelah baca ini pengen tuh dapet peringkat di google

Belajar Internet Marketing said...

Hai Mas Dogan,
SEO itu Search Engine Optimatization, tujuannya agar kata kunci yang kita bidik bisa berada di peringkat atas search engine, terutama Google.

Sedangkan backlink salah satu strategi SEO, caranya antara lain dengan meninggalkan komentar di blog orang lain seperti yang Mas Dogan lakukan ini :).

Salam sukses ya...

iskandaria said...

Wah, ulasannya seru banget mbak. Nggak bikin bosen pas dibaca, walau agak panjang. Patut dicontoh nih teknik penulisan artikelnya.

Oya, setelah saya cek di google, pada keyword 'cara optimasi kata kunci' ternyata postingan mbak berada di posisi 1 dan 2. Ngalahin jeparamebel yg ada di urutan ke-3. Begitu pula keyword 'cara optimasi kata kunci di blog'.

Tapi untuk keyword 'cara optimasi keyword', postingan mbak kalah (urutan 2 dan 3). Untuk keyword 'optimasi keyword', postingan mbak di urutan ke-6. Tapi gak masalah, karena judul yg mbak buat cukup menjual atau menarik untuk diklik.

Jadi intinya, spanjang artikel kita masih bisa tampil pada halaman pertama dan punya judul yg menarik, potensi untuk diklik oleh pengunjung tetap besar.

Thx buat sharingnya yg berbobot.

Belajar Teknik Optimasi Kata Kunci said...

Wah Mas Iskandaria enggak sekedar membaca ya, thanks sudah mambantu mengecheck posisi kata kunci.
Setelah saya membuat artikel ke-3 (dengan menggunakan strategi internal linking), posisi Jepara mebel untuk beberapa kata kunci mulai bisa digoyahkan.

Kalau kita ingin menarget lebih banyak pengunjung kayaknya perlu mengoptimasi berbagai variasi kata kunci.

Kata kunci "keyword" kurang saya optimalkan. Akibatnya posisi "optimasi keyword" dengan "optimasi keywords" jauh berbeda.
saat ini "optimasi keywords" posisi 1 sedangkan "optimasi keyword" posisi 5 :)

Kalau sekedar untuk mendatangkan pengunjung artikel di halaman pertama sudah cukup, tapi kalau untuk tanding / kontes SEO posisi sangat menentukan prestasi :)

Salam sukses buat Mas Iskandaria. Thanks komentarnya.

iklan baris instant said...

mantap artikelnya. Thanks, wawasan saya semakin bertambah tentang dunia SEO :)

Thanks

Belajar Internet Marketing said...

Hai iklan baris instant,
Thanks sudah berkunjung dan thanks atas komentarnya.
Salam kenal dan salam sukses.

Lukman said...

berbicara seo tak akan ada habisnya dengan backlink...apalagi bisa dapat backlink gratis....

Belajar Internet Marketing said...

Hai Lukman,
Thanks info backlink gratisnya.
Menarik tuh blog Anda. Salam sukses ya

kota semarang said...

ikutan nimbrung... ane juga lagi bidik keyword ini

kota semarang said...

la no follow apa dofollow tuh ngaruh gak to di SERP?

Belajar Internet Marketing said...

Salam kenal untuk kota Semarang.
Do follow dan no follow erat kaitannya dengan backlink.
kalau Anda berkomentar di blog do follow, Anda akan mendapat backlink gratis bagi blog / website Anda.Backlink ini berpengaruh erat di SERP.
Salam sukses ya

yusuf said...

saya pernah utak-atik content blog, terus serp nya semakin turun tajam. apa penggantian meta title tag, permalink, judul postingan, meta description bisa juga mempengaruhi serp???

Belajar Internet Marketing said...

yup penggantian judul, meta tag, meta description bisa mempengaruhi serp.

Dewi MD said...

Dear Mbak Yusi yang pintar..
Saya juga sedang belajar SEO dan membaca tulisan mbak Yusi saya jadi tambah ilmu nih.. Thanks ya..
Mau tanya nih, kalo kita pake blogspot untuk optimasi dengan meta tag, baik meta judul, meta deskription dan meta keyword caranya bagaimana ya mbak? apakah setiap kali posting dioptimasi atau cukup halaman utama saja yang dioptimasi?
Terima kasih sebelumnya ya

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online