Friday, 24 April 2009

Cara Optimasi Kata Kunci di Blog

Blogger yang mengerti cara optimasi kata kunci di blog dan mengusai teknik SEO akan berusaha agar artikel yang dibuatnya bisa menduduki peringkat atas di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman depan di Google search engine. Banyak orang yang beranggapan kalau kata kunci yang kita target bisa ada di halaman pertama Google, bahkan di peringkat pertama maka otomatis traffic blog kita akan meningkat. Benarkah anggapan ini? Yuk kita belajar bareng.

Saat kita berusaha mengoptimasi suatu kata kunci, kita perlu mengetahui menganalisa pesaing, berapa jumlah pesaing dan berapa jumlah pencari kata kunci tersebut. Bila kita menemukan kata kunci yang banyak pencarinya namun sangat sedikit pesaingnya, wah asyik banget tuh. Jumlah pencari yang banyak (> 1000) dengan pesaing yang sedikit

Apa pengaruhnya bila jumlah pencari terlalu sedikit (kurang dari 1000 orang per bulan)?
Kalau jumlah pencari (search) di bawah 1000, berarti kata kunci tersebut bukan termasuk kata kunci yang populer. Meskipun kita berhasil menduduki peringkat pertama di search engine untuk kata kunci tersebut, tapi kalau pencarinya terlalu sedikit, trafik yang kita harapkan juga tidak dapat maksimal.

Bagaimana bila jumlah pesaing untuk suatu kata kunci terlalu banyak?
Bila Anda menemukan suatu kata kunci yang menarik tapi pesaingnya terlalu banyak, cobalah mencari turunan kata kunci tersebut, cari long tail keywords-nya. Misalkan untuk kata kunci search engine, bila kita check di www.google.co.id (Google Indonesia), saat ini pesaingnya ada 247.000.000 (type broad tanpa tanda petik). Bila kita mau tahu exactnya, beri tanda petik pada pencarian di Google menjadi "search engine", hasilnya masih banyak pesaingnya ada 228.000.000. Jumlah sebanyak ini sangat sulit dikalahkan. Terlebih bila website / blog yang menduduki peringkat atas adalah situs yang teroptimasi dengan baik.

Coba cari turunan kata kunci tersebut, misalkan "manfaat search engine":
1. Type broad: Ketikkan langsung di Google tulisan manfaat search engine tanpa tanda petik. Lihat pesaingnya hanya 427.000
2. Type exact: ketikkan di Google tulisan "manfaat search engine" (beri tanda petik). Wow lihat jumlah pesaingnya sedikit sekali, hanya 132. Wah gampang banget tuh untuk mengalahkannya.
3. Lihat dengan menambah kata "manfaat" pada keyword "search engine", pesaing blog berbahasa Inggris menghilang, tinggal blog berbahasa Indonesia.

Tuh lihat dengan long tail keywords kita bisa menyingkirkan banyak pesaing. Sekarang tugas Anda untuk mencari long tail keywords yang banyak dicari sehingga Anda bisa secara optimal mengoptimasi kata kunci di blog.

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah kata kunci yang hendak kita optimasi banyak dicari orang / berapa jumlah pencarinya per bulan adalah dengan menggunakan situs https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
1. Bila blog Anda berbahasa Indonesia, pastikan setting bahasa dan negara Indonesia, Indonesia (kalau belum benar, klik edit).
2. Selanjutnya masukkan kata kunci yang ingin Anda bidik. Anda bisa memasukkan beberapa kata atau frasa.
3. Klik gunakan sinonim
4. Isi captha atau tulisan/huruf yang terlihat di layar komputer Anda.
5. Klik dapatkan ide kata kunci.
6. Tunggu sebentar, Anda akan melihat kata kunci yang Anda bidik dan sinonim kata kunci tersebut ada berapa pencarinya. Dari sana Anda bisa mendapatkan ide kata kunci mana yang paling baik untuk dioptimasi karena jumlah pencarinya lumayan banyak.
7. Bila ingin tahu jumlah pesaing, masuk ke Google, ketikkan kata kunci tersebut, lihat jumlah pesaing untuk type broad dan type exact.
8. Dengan menggunakan metode ini Anda akan mendapatkan kata kunci yang banyak pencarinya namun sedikit pesaingnya. Optimasi kata kunci ini agar bisa menduduki posisi atas SERP.
9. Bila ingin hasil yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan tools misalkan market samurai.

Sebenarnya metode ini dan standar suatu kata kunci disebut micro niche tersebut lebih cocok digunakan untuk blog berbahasa Inggris yang memang tingkat persaingannya sudah ketat. Untuk blog berbahasa Indonesia, seringkali kita akan menemukan banyak kata kunci yang masih belum banyak pesaingnya. Berarti blogger Indonesia yang mengerti teknik optimasi kata kunci masih memiliki banyak peluang menduduki peringkat atas di SERP untuk banyak pilihan kata kunci (kecuali untuk kata kunci yang sedang dalam kontes misalnya Kampanye Damai Pemilu Indonesia, Internet Marketing Indonesia, dsb dan kata kunci yang sudah dibidik oleh para pakar internet marketing Indonesia seperti belajar wordpress, belajar internet marketing, dsb).

Bila Anda ingin tahu lebih lanjut cara optimasi SEO kata kunci di blog Anda, coba pelajari lebih mendalam teknik SEO dan manfaat SEO. Selain on page optimization, Anda juga perlu melakukan off page optimization. Terlebih bila tingkat persaingan cukup ketat. Semakin banyak backlink yang berkualitas akan memudahkan Anda menduduki posisi atas di Google search engine. Ingat tips SEO Google , Google itu suka dengan konten, keywords, dan backlink. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengoptimasi kata kunci di blog Anda serta membantu strategi dan tips mendatangkan pengunjung di blog Anda.

Sphere: Related Content

Related Posts by Categories



24 comments:

Cara optimasi kata kunci bahasa indonesia said...

prok prok prok! aduh..baca tulisanmu koq aku jadi bengong gitu sis :))
Tulisanmu lebih lengkap dan bagus..

Belajar Internet Marketing said...

Sementara jepara mebel masih unggul tuh di posisi 1 Google. Artikel blog ini belum nongol. Tapi artikel yang kusubmit di digg dalam hitungan menit sudah di posisi 5 Google dengan keywords optimasi kata kunci.
Tunggu besok deh. Ayo Google jangan lama-lama dong ngindex-nya...

Kursi Tamu said...

wehhh..udah ke index sis..kurang dari 1jam keindexnya..hihi tapi nomor 2 :))
kalah cepet kali yah..

Belajar Internet Marketing said...

Iya nih masih kalah, hm sekarang coba dengan teknik backlink...

SUGIANA said...

Mba Yusi, kalau kata kuncinya lebih dari 3 kata kunci apa ngga kepanjangan yah, sebab sepengetahuan saya orang paling sering pake 2 kata aja n jarang juga yang pake spasi. Gimana solusinya nih, kalau nemui yang kayak gini?
Salam sukses.

Belajar Strategi Optimasi Keywords said...

Hai Sugiana, coba Anda pasang histats (http://www.histats.com) sehingga bisa menganalisa pengunjung masuk ke blog dari search engine dengan kata kunci apa, nih contoh kata kunci yang mengantar pengunjung ke blog ini:
cara mendaftar affiliate amazon, blogspot cara mengetahui jumlah pengunjung, cara memasang statistik pengunjung, dsb. Tuh lihat lebih dari 2 kata khan.

Arief Maulana said...

wah ilmunya bu guru ahira eluar semuaneeh.
Mntaps

Joko Susilo said...

Ingin berpendapat. Bila kemudian semua telah belajar SEO, pastinya tingkat persaingan "keyword paling dicari" akan sangat sengit.
Karena itu, menurut saya penting memakai "blue ocean strategy" dalam SEO. Ciptakan keyword-keyword baru dan biarkan keyword tersebut menjadi populer sehingga banyak orang menggunakannya.
sekedar contoh, saat dulu merintis "Formula Bisnis" sama sekali tak ada yang mengetikkan kata tersebut di search engine. Namun sekarang kondisinya sudah berbalik arah.
Salam ACTION!

Belajar Teknik Optimasi Kata Kunci said...

To Arief: Aku lagi lomba optimasi keywords sama teman. Aku mengutamakan startegi optimasi kata kunci on page, dia backlink (teknik off page). Ternyata on page cuman menang sesaat waktu artikel baru dipublish. Selanjutnya backlink yang menentukan. Mungkin karena itu update konten itu penting ya...

To Pak Joko: Memang benar Pak, saya sudah merasakannya di blog bahasa Inggris, persaingan ketat banget.
Untuk blog bahasa Indonesia masih banyak banget celah untuk menduduki halaman pertama Google. Apalagi kalau pakai blue ocean strategi, kayak strateginya Nintendo Wii.
Thanks atas masukannya.

tipis said...

waduh para pakar semua nih yg diskusi, jadi malu mo komen. baca2 aja ah :)

btw market samurai mahal amirrrr kagak kuaat hehe :D

dalphine said...

hallo mbak yusi, aku newbie di sini, salam kenal... aku juga sedang belajar tehnik SEO, aku baca postingan2 mbak Yusi, manfaatnya gedhe banget buat aku, thanks ya... btw salam buat ibu guru Anne...

Belajar Internet Marketing said...

Hai Dalphine,
Salam kenal nih. Lagi belajar teknik SEO ya? Apa nih alamat blognya kok enggak bisa dikunjungi?

Thanks buat komentarnya. Salam sukses juga.

patty said...

keren juga

Anthony Harman said...

udah 70% pengunjung ke blog saya berasal dari search engine, tetapi tingkat bounching makin tinggi

Belajar cara optimasi kata kunci said...

To Tipis:
Sorry kelewatan baca komentarnya. Yee saya sih bukan pakar kok.
Tentang market samurai, pakai aja versi trialnya. Lumayan buat alat bantu riset, terutama blog bahasa Inggris.

To Patty:
Salam kenal ya

To Anthony Harman:
Kalau 70% pengunjung dari SE, berarti bagus khan teknik SEO-nya. Blog Anda juga sudah PR 3. Mengenai bounch rate yang tinggi, mungkin kata kunci yang diketik pengunjung yang mengantarkan mereka ke blog Anda kurang sesuai artikelnya dengan yang dicari.
Kadang hal itu juga dikarenakan mereka mengklik iklan atau link lain pada blog Anda. Wajar kok, saya juga mengalaminya.
Salam sukses ya...

dalphine said...

mbak yusi, aku pengen tanya soal blog yang kita sertai adsense, boleh gak?

Belajar Internet Marketing said...

Hai Dalphine,
Blog untuk pendaftaran adsense harus memakai bahasa yang di support Google adsense. Sayangnya bahasa Indonesia belum termasuk nih.
Jadi sebaiknya Dalphine membuat blog berbahasa Inggris, isi minimal 7-10 artikel, di blogger aja biar lebih gampang keterimanya.
Nih panduannya:
http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/langkah-mudah-mendaftar-google-adsense.html
http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2008/11/verifikasi-email-dan-menunggu.html
Tapi katanya peraturan baru Google sekarang lebih ketat, infonya di
http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2009/04/peraturan-baru-amazon-dan google.html

Selamat mencoba, semoga sukses.

dalphine said...

thanks ya mbak yusi, aku coba dulu ya, btw ada user messenger ato facebook mbak? kemarin sih dah sempet coba bikin yang bahasa inggris, http://harleydavidsonclothes.blogspot.com
trus mo tanya lagi, buat blog lebih dari satu hukumnya apa? thanks

Belajar Internet Marketing said...

Lho blog Dalphine sudah ada adsense-nya. Sorry panduan tadi buat blog yang baru mau daftar adsense.
Enggak ada masalah kok punya blog lebih dari 1. Banyak orang yang punya blog puluhan juga gak masalah kok.
Untuk facebook tuh klik aja link yang ada di bawah foto.
Ok salam sukses ya

dalphine said...

mbak yusi mo tanya neh,
1.bagaimana sih caranya agar web/blog kita dapat trafik dr SE? apa saja yang harus saya lakukan?
2. apa maksud mbak yusi dengan menambah affiliasi lain karena google adsense tidak suka seolah2 blog cm dibuat adsense aja,
3. penempatan anchor text pada artikel juga pengaruh pada SEO? lalu anchor text kita arahkan kemana? thanks penjelasannya.

Belajar cara optimasi kata kunci said...

1. Pelajari teknik SEO, kita harus melakukan optimasi blog, optimasi kata kunci, memperbanyak konten, dan backlink.
2.Google tidak suka situs yang made for adsense, jadi saat mendaftar untuk Google adsense sebaiknya kita tambahkan affiliasi lain mis Amazon. Jadi situs kita tidak terlihat sengaja dibuat untuk pendaftaran adsense.
3. Yup. Sebaiknya anchor text dibuat di awal paragraf 1, beri bold / garis miring/garis bawah.
Anchor text juga dapat digunakan saat kita berkomentar. Mis saya ingin mengoptimasi "belajar cara optimasi kata kunci", itu saya buat anchor text, URL-nya saya arahkan ke artikel yang mau dioptimasi.

Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu. Salam sukses.

Lye said...

saya dah tau gambarannya tentang kata kunci, tap tlg kasih tau tepatnya apa sih kata kunci??
judul entri?
judul blog?
terimakasih...........

Belajar Internet Marketing said...

Kata kunci atau keywords itu kata yang ditarget untuk dioptimasi. Biasanya digunakan sebagai judul, disebar merata di kalimat, ditaruh di tags beserta kata kunci turunannya, dsb. Tujuannya saat orang mengetik kata tersebut melalui search engine, artikel kita bisa berada di posisi atas.

Semoga bisa dimengerti. Salam sukses.

omend_osbourne said...

wah hebat....makasih ya infonya sudah saya terapkan optimasi keyword ini....

maaf ya say juga minta izin nitip link ini.
blogger templates colorizetemplates.com

Post a Comment

blogger templates 3 columns | Make Money Online